7 Alasan Mengapa Kejarcita.id Menjadi Pilihan yang Tepat untuk Guru

edukasi Jan 22, 2021

Hampir satu tahun lamanya sekolah dilaksanakan secara daring. Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu, membuat anak-anak harus belajar secara jarak jauh atau yang biasa disebut PJJ (pendidikan jarak jauh), dimana dilakukan secara daring. Selama PJJ banyak sekali metode yang digunakan guru agar bisa menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. Salah satunya menggunakan layanan edutech Kejarcita.id.

Pendidikan Jarak Jauh

Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan formal yang berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya

Pada dasarnya pendidikan jarak jauh merupakan metode dimana peserta didik dengan pengajar berada di lokasi yang berbeda, sehingga diperlukan sistem telekomunikasi yang interaktif untuk dapat terhubung satu dengan lainnya. Pada pendidikan jarak jauh, peran teknologi sangatlah dibutuhkan, mengingat pembelajaran dilakukan secara daring atau online.

Di Indonesia sendiri, PJJ telah ada sejak lama dan telah dilakukan oleh beberapa kampus, Universitas Terbuka merupakan salah satu pelopor pendidikan jarak jauh di Indonesia.

Saat terjadi pandemi covid 19, maka kementerian pendidikan dan kebudayaan memberikan kebijakan untuk melaksanakan metode PJJ. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat diadopsi menjadi permanen. Permanen dalam arti kata PJJ tetap digunakan meskipun pandemi sudah berakhir namun prosentase hanya sedikit, misal 10 persen online dan 90 persen tatap muka, itu juga tergantung kebijakan dari sekolah masing-masing.

Penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Indonesia tidak dimaksudkan untuk menggantikan sistem pendidikan konvensional secara tatap muka karena tujuan penyelenggaraannya adalah untuk memberikan layanan pendidikan tinggi kepada masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka dan memperluas akses serta mempermudah layanan pendidikan tinggi sebagaimana termaktub dalam Permendikbud nomor 109 tahun 2013.

Jenis-jenis PJJ

Ada beberapa cara yang berbeda untuk melaksanakan pendidikan jarak jauh:

1. Konferensi video

Format paling umum, dengan kelas dan pemberian pelajaran disajikan lewat panggilan konferensi atau seminar online atau webinar melalui Zoom.

2. Pembelajaran Melalui Aplikasi Chatting

Aplikasi chatting seperti WhatssApp juga menjadi sarana saat PJJ. Metode pembelajaran seperti ini dimulai dari guru yang membuat grup WA untuk setiap mata pelajaran. Grup WA tersebut berfunsgi sebagai ruang kelas. Guru menyampaikan materi dan tugas dalam grup tersebut. Siswa juga mengumpulkan tugas dan melakukan presensi kehadiran melalui grup tersebut.

3. Televisi

Beberapa sekolah menggunakan televisi sebagai media belajar saat PJJ. Hal ini sesuai dengan anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Melalui TVRI, Kemendikbud membuat program Belajar dari Rumah. Dimana dalam program tersebut tersedia materi belajar dan tugas yang bisa diakses oleh siswa. Ada jadwalnya dan tersedia untuk semua jenjang pendidikan. Mulai dari TK hingga SMA.

4. Edutech

Munculnya PJJ juga membuat banyaknya layanan edutech yang bisa dimanfaatkan oleh guru. Salah satu edutech yang bisa membantu guru dalam melaksanakan PJJ adalah Kejarcita.id.

Tentang Kejarcita.id

Kejarcita adalah solusi teknologi yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita, sebuah badan usaha sosial yang didirikan pada tahun 2017. Visi dari Kejarcita adalah kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia.

Kejarcita memiliki misi  memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. Komitmen Kejarcita dilaksanakan dengan membangun kumpulan materi berkualitas baik orisinal maupun dengan bekerjasama dengan pihak ketiga. Akses untuk sebagian besar materi ini diberikan secara gratis kepada publik. Selain itu, Kejarcita juga mengadakan program bimbel sosial untuk menyalurkan materi tersebut pada anak-anak yang membutuhkan.

Materi yang ada di Kejarcita didesain oleh tim yang berpengalaman di bidang pendidikan dengan memperhatikan standar nasional dan internasional.

Alasan Kejarcita Menjadi Pilihan yang Tepat untuk Guru

Kejarcita.id memiliki banyak kelebihan yang bisa membantu guru untuk melaksanakan PJJ. Berikut 7 alasan mengapa Kejarcita.id menjadi pilihan yang tepat bagi guru.

1.      Video pembelajaran yang interaktif

Saat PJJ, materi belajar menggunakan video menjadi pilihan yang baik. Video pembelajaran yang menarik akan membuat siswa lebih mudah memahami materi belajar. Di Kejarcita.id, sudah tersedia video pembelajaran yang interaktif yang bisa di download oleh guru. Jadi nantinya guru bisa segera membagikan video tersebut ke murid-muridnya.

2.      Tersedia rangkuman materi belajar

Bila menggunakan Kejarcita.id, guru tidak lagi repot menyusun materi belajar. Di Kejarcita.id tersedia rangkuman materi belajar yang bisa digunakan sebagai bahan ajar untuk menyampaikan materi dan pegangan siswa untuk dibaca maupun sebagai bahan latihan yang praktis di rumah. Rangkuman materi sudah disusun sesuai dengan materi yang ada pada kurikulum dan dikemas dengan ringkas, rapi, dan menarik.

3.      Soal HOTS

Di Kejarcita.id tersedia layanan soal HOTS. Soal-soal latihan HOTS (Higher Order Thinking Skills) menguji kemampuan analisis dan evaluasi murid, bukan hanya menghafal dan mengingat. Tidak hanya itu, tapi soal-soal jenis ini makin banyak ada di ujian sekolah maupun nasional (Asesmen Kompetensi Minimum). Guru juga dapat mengambil inspirasi dan menggunakan bank soal HOTS untuk menyiapkan materi ajar bagi murid-muridnya.

4.      Manajemen latihan soal dan ujian otomatis

Di Kejarcita.id, guru bisa menggunakan layanan manajemen latihan soal dan ujian otomatis. Guru bisa  membuat soal kuis baik secara mandiri atau diambil dari bank soal yang dimiliki kejarcita. Kemudian guru juga bisa menjadwalkan waktu latihan atau ujian tersebut, durasi, serta rincian mata pelajaran dan topik ujian.

Guru kemudian bisa membagikan link kuis yang sudah dibuat pada berbagai platform pembelajaran yang digunakan seperti Google classroom, Whatsapp Group  dengan mudah.

Ketika murid selesai mengerjakan latihan soal atau ulangan yang sudah dibuat tadi, hasil skor seluruh murid akan keluar secara otomatis dan akan terlihat urutan (ranking) dari yang memperoleh nilai tertinggi sampai terendah. Selain itu juga ada pembahasan lengkap pada setiap jawaban baik benar maupun yang salah sehingga para murid bisa langsung belajar dan mengoreksi kekeliruannya.

Tentu ini sangat membantu tugas guru dalam menyediakan ujian bagi murid-muridnya. Dan juga membantu guru dalam melakukan input nillai.

5.      Tersedia worksheet

Jika menggunakan Kejarcita.id saat PJJ, guru tidak perlu repot untuk membuat worksheet sendiri. Di Kajarcita.id tersedia banyak worksheet yang sudah disesuaikan dengan materi yang ada pada kurikulum dan dikemas dengan ringkas dan menarik.

Panduan Guru Menggunakan Kejarcita.id untuk PJJ
Dalam pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing tanpa tatap muka secara langsung. Untuk melancarkan kegiatan pembelajaran, Kejarcita memiliki beberapa fitur yang dapat membantu guru dalam mengajar.

6.      Gratis

Sebagian besar layanan yang ada di Kejarcita.id bisa dimanfaatkan secara gratis oleh guru. Guru hanya perlu melakukan pendaftaran akun agar bisa mengakses layanan Kejarcita.id.

PJJ Sebagai Solusi Pendidikan Di Tengah Pandemi
Demi menekan penyebaran virus COVID-19, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan menerapkan kebijakan pendidikan jarak jauh (PJJ). PJJ dianggap sebagai solusi agar pendidikan bisa tetap berlangsung meski ditengah pandemi.

7.      Tersedia fitur premium

Di Kejarcita.id juga tersedia layanan premium. Melalui layanan premium ini guru bisa punya akses unlimited terhadap semua layanan yang ada di Kejarcita.id. Fitur premium ini harganya juga sangat terjangkau. Dengan fitur premium ini guru akan semakin mudah melakukan PJJ.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.