Pentingnya Tes Kepribadian untuk Murid SMP/SMA

edukasi 31 Mei 2022

Tes kepribadian adalah jenis tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian atau karakteristik seseorang. Pelaksanaan tes kepribadian dilakukan dengan cara pengujian dan penilaian berdasarkan pada teknik yang dirancang untuk mengukur pola karakteristik sifat yang ditunjukkan oleh seseorang dalam menghadapi berbagai situasi. Biasanya, tes kepribadian ini dilakukan saat melamar kerja. Perusahaan akan memberikan tes kepribadian atau yang disebut dengan psikotes kepada calon karyawannya.

Tujuan tes ini adalah agar perusahaan mengetahui karakteristik kepribadian calon karyawannya. Pasalnya, kepribadian tentu akan memengaruhi kinerja karyawan. Lalu, apakah tes kepribadian penting dilakukan di bidang pendidikan? Pentingkah murid-murid di tes kepribadian? Tulisan ini selanjutnya akan membahas tentang pentingnya tes kepribadian untuk murid SMP/SMA.

Pengertian Tes Kepribadian

Tes kepribadian adalah serangkaian tes yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik kepribadian seseorang. Tes ini bisa mengetahui bagaimana karakteristik kepribadian seseorang dalam merespons situasi di sekitarnya. Secara sederhana, tes ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seseorang bertingkah laku di lingkungannya.

Tes kepribadian ini berupa data kualitatif bukan kuantitatif. Kepribadian bukanlah hal yang bisa diukur dengan angka. Namun, hal tersebut dideskripsikan dengan kata-kata. Meskipun dalam pelaksanaanya, soal-soal tes berupa angka-angka. Kemudian, hasil tes angka-angka tersebut dideskripsikan dalam bentuk kata-kata.

Menurut Lee J. Cronbach dalam Essential of Psychological Testing, tes kepribadian didefinisikan sebagai tes yang digunakan untuk mengetahui perbedaan diantara setiap kepribadian, dan kepribadian itu sifatnya individual, yang artinya tak seorang pun mempunyai kepribadian yang sama antara satu dengan yang lain.

7 Cara Tepat Mengembangkan Bakat Anak
Bakat itu bisa berupa akademis, kesenian, olahraga, soft skill, dan lain sebagainya. Dalam tumbuh kembang anak, orang tua harus juga menyadari bahwa bakat memiliki pengaruh yang cukup penting dalam masa depan mereka masing-masing.

Cronbach juga menyebutkan bahwa kepribadian itu  bukanlah suatu yang benar atau salah, maupun baik atau buruk. Kepribadian itu sifatnya bebas nilai. Kepribadian adalah gambaran diri kita apa adanya. Semua orang punya kepribadian yang berbeda, tidak ada orang dengan kepribadian yang sama sekali pun anak kembar. Itulah mengapa setiap orang itu unik.

Jenis-Jenis Tes Kepribadian

Tes kepribadian ini banyak jenisnya. Setiap jenis bisa dipilih berdasarkan tujuan pelaksanaan tes tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis tes kepribadian.

Tes kepribadian DAP, tes DAP ini juga dikenal dengan sebutan tes menggambar orang. Pelaksanaan tes ini dilakukan dengan cara menggambar orang. Melalui tes ini, kepribadian dan karakteristik seseorang dilihat dengan cara menganalisis gambar orang yang dibuat oleh peserta tes.

Tes kepribadian Baum, tes kepribadian Baum ini dikenal dengan sebutan tree test. Tes ini digunakan untuk menilai kepribadian dan karakteristik seseorang dengan cara menganalisis gambar pohon yang dibuat oleh peserta tes.

Tes kepribadian Enneagram Personality adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian atau karakteristik seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu. Tes ini akan menunjukkan 9 tipe kepribadian.

Tes kepribadian Efektivitas diri adalah tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat efektif seseorang dalam melaksanakan tugas dan cara menyelesaikan berbagai keadaan yang sulit.

Tes kepribadian HTP (House Tree Person) adalah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang dengan cara menganalisis gambar pohon, gambar rumah, dan gambar orang yang dibuat oleh peserta tes.

Tes kepribadian EPPS adalah tes kepribadian yang dipergunakan untuk mengetahui tipe-tipe motivasi, kesukaan, dan kebutuhan pribadi seseorang melalui cara memberikan sejumlah pertanyaan tertentu.

Tes kepribadian ketelitian adalah tes yang digunakan untuk mengukur tingkat ketelitian seseorang dalam melakukan pengolahan data yang berupa angka, kata ataupun kombinasi antara angka dan kata.

Tes kepribadian MBTI adalah tes yang digunakan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungan melalui sejumlah pertanyaan tertentu.

Tes kepribadian Pauli Kraepplin, tes ini bertujuan untuk mengukur karakter pada diri seseorang pada beberapa aspek tertentu. Mulai dari aspek kehendak atau kemauan individu, aspek daya tahan atau keuletan, aspek penyesuaian diri, aspek emosi, hingga aspek stabilitas diri. Tes ini dilakukan dengan cara meminta peserta untuk melakukan perhitungan angka-angka dalam deret yang panjang.

Tes kepribadian MMPI adalah tes yang digunakan untuk mengukur pilihan kesukaan seseorang dalam bermacam hal terutama yang berhubungan erat dengan pekerjaan.

Tes kepribadian Teamwork Test adalah tes yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk meraih tujuan bersama.

Tes kepribadian skala kematangan adalah tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kematangan atau kedewasaan sikap seseorang dalam bertingkah laku menghadapi situasi tertentu.

Tes kepribadian WARTEGG adalah tes yang dipergunakan untuk meneliti atau mengeksplorasi kepribadian seseorang terutama dalam hal imajinasi, emosi, kontrol, dinamisme, serta reality function yang dimiliki oleh seseorang  dari delapan macam gambar yang telah dibuatnya.

Tes kepribadian kecenderungan sukses, tes ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan seseorang dalam menjadi orang yang sukses berdasarkan dari faktor-faktor tertentu yang ada pada dirinya sendiri.

Manfaat Tes Kepribadian dalam Bidang Pendidikan

Tes kepribadian umumnya digunakan dalam bidang pekerjaan. Perusahaan memberikan tes kepribadian kepada calon karyawannya. Bagian personalia juga menggunakan tes kepribadian dalam melakukan penilaian kinerja karyawan.

Namun, tes kepribadian ini juga bisa digunakan dalam bidang pendidikan. Ada beberapa manfaat tes kepribadian dalam bidang pendidikan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat tersebut.

· Mengetahui sejauh mana kesiapan anak bersekolah.

· Meningkatkan proses dan pengalaman belajar.

· Membantu mencari gaya belajar yang efektif.

· Mengetahui tingkat kemampuan murid dalam proses belajar.

· Membantu guru dalam menghadapi hambatan-hambatan yang muncul dalam proses pembelajaran.

· Mengetahui minat dan bakat murid.

· Pendukung kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah.

· Mengetahui kepribadian murid.

· Membantu murid mengetahui kepribadiannya.

· Membantu murid mengenali potensinya.

· Mengetahui motivasi belajar yang dimiliki oleh murid.

· Mengenali kebiasaan murid.

Pentingnya Tes Kepribadian untuk Murid SMP/SMA

Setelah mengetahui banyaknya manfaat tes kepribadian dalam bidang pendidikan, sekarang kita bisa menjawab pertanyaan pentingkah tes kepribadian untuk murid SMP/SMA? Jawabannya, tentu sangat penting.

5 Metode Efektif Memfasilitasi Bakat Murid yang Beragam Dalam KBM
Dalam proses kegiatan belajar mengajar, sekolah dan guru memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi bakat dan minat siswa yang berbeda. Guru memiliki peran penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang dapat membangun atau meningkatkan minat bakat siswa

Hasil tes kepribadian yang dilakukan oleh siswa akan bermanfaat bagi proses pembelajaran di sekolah. Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, banyak manfaat tes kepribadian dalam pendidikan.

Tes kepribadian untuk SMP/SMA penting untuk membantu mereka meraih kesuksesan dalam bidang pendidikan. Mereka akan sukses dalam pembelajaran sebab menggunakan gaya belajar yang efektif. Murid juga dapat mengerti minat dan bakatnya sehingga bisa diasah untuk mendapatkan prestasi terbaiknya.

Guru pun bisa lebih mudah dalam memberikan pembelajaran di kelas. Dengan mengetahui kepribadian siswa, guru bisa membimbing siswa dengan tepat. Guru akan tahu sejauh mana motivasi belajar yang dimiliki muridnya sehingga bisa membantu agar motivasi tersebut tetap menyala selama proses pembelajaran.

Kesimpulannya, tes kepribadian sangat penting untuk murid SMP/SMA. Tes kepribadian membantu proses pembelajaran berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya. Dengan demikian, murid bisa meraih prestasi terbaiknya.

Demikian artikel tentang pentingnya tes kepribadian untuk murid SMP/SMA. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami pentingnya tes kepribadian untuk murid SMP/SMA.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.