Implementasi Flipbook Digital Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0

teknologi 28 Apr 2023

Pada tahun 2016 lalu,Word Economic Forum (WEF) mendeklerasikan era revolusi industri 4.0. Deklarasi tersebut kemudian dilanjutkan dengan Manifesto Davos pada 2020 lalu, Indonesia menjadi salah satu peserta yang turut hadir. Dua pertemuan tersebut menegaskan bahwa saat ini dunia tengah menghadapi era revolusi industri 4.0, di mana peran teknologi akan semakin besar.

Revolusi industri 4.0 sendiri didefinisikan sebagai era di mana sistem cerdas dan otomatis ikut berperan dalam pelaksanaan industrialisasi. Industrialisasi banyak digerakkan oleh data yang ada pada teknologi machine learning dan AI (Artificial Intteligence). Revolusi industri 4.0 ini menyebar dalam berbagai bidang pendidikan. Tak terkecuali pada bidang pendidikan. Mulai tahun 2022 lalu, bidang pendidikan sudah mengadopsi unsur-unsur yang ada pada era industri 4.0.

Proses pendidikan sudah banyak dilakukan dengan bantuan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Proses pembelajaran juga banyak menggunakan media teknologi sebagai metode belajar.

Perkembangan era industri 4.0 ini sangat massif. Hal ini juga memberikan dampak positif terhadap proses pendidikan. Proses pendidikan semakin mudah dengan bantuan beragam teknologi hasil revolusi industri 4.0. Guru semakin punya banyak pilihan dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan era revolusi industri 4.0. Salah satunya menggunakan metode Flipbook Digital. Tulisan ini selanjutnya akan membahas secara mendalam bagaimana implementasi Flipbook Digital sebagai media pembelajaran di era revolusi industri 4.0.

Pendidikan di Era Industri 4.0, Apa dan Bagimana Pelaksanaannya?

Bagaimana pelaksanaan pendidikan di era industri 4.0 ini? Apakah ada banyak perbedaan dibandingkan era sebelumnya? Sebenarnya, apa itu pendidikan di era industri 4.0 dan bagaimana pelaksanaannya?

Ketika era revolusi industri 4.0 diterapkan, maka pelaksanaan pendidikan juga disesuaikan dengan era tersebut. Kesempatan ini disebut sebagai pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 ini didefinisikan sebagai proses pendidikan yang mengintegrasikan teknologi, khususnya teknologi cyber dalam proses pelaksanaannya.

Pendidikan 4.0 ini seringkali disebut sebagai pendidikan masa depan. Beberapa ciri yang umumnya terdapat pada pendidikan 4.0 ini adalah kelas daring (dalam jaringan) dan penggunaan machine learning dalam pelaksanaan ujian.

Pendidikan 4.0 ini mau tidak mau harus segera dilaksanakan. Bagaimanapun pendidikan terkait dengan pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia). Tentunya SDM saat ini harus sesuai dengan kebutuhan produksi di era revolusi industri 4.0 ini. Industrialisasi di era 4.0 ini bergerak ke arah digital. Digitalisasi menyentuh semua bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pendidikan dilaksanakan dengan batuan teknologi digital. Meski di satu sisi, harus mengejar ketertinggalan perkembangan teknologi digital di Indonesia.

Pelaksanaan pendidikan 4.0 ini direspon secara positif oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, atau yang akrab disapa Mas Menteri. Mas Menteri merespon pendidikan 4.0 ini dengan menerapkan kurikulum merdeka.

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Tak hanya itu, kurikulum memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih metode pembelajarannya masing-masing. Kemerdekaan dalam proses pembelajaran ini sangat penting dalam pendidikan 4.0.

Penerapan kurikulum merdeka ini akan menciptakan ruang kelas yang partisipatif, sehingga guru dan siswa dapat melalui proses kegiatan belajar mengajar mereka dengan semakin baik. Hal inilah yang sangat dibutuhkan dalam penerapan pendidikan 4.0.

Mas Menteri menyarankan para guru untuk menggunakan metode Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics atau biasa disebuat sebagai STEAM di era revolusi industri 4.0 ini. STEAM dapat menjadi salah satu kunci penting dunia pendidikan untuk menghadapi era revolusi 4.0 ini. Selain itu, STEAM juga dapat mendorong pengembangan ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika agar semakin kreatif.

Penguatan Karakter Bangsa melalui Inovasi Digitalisasi
Pendidikan karakter ialah upaya untuk membina para penerus bangsa agar berperilaku baik, sopan dan santun sesuai norma yang berlaku dalam masyarakat

Mengenal Flipbook Digital

Ada banyak media pembelajaran yang bisa digunakan di era revolusi industri 4.0 ini. Salah satunya adalah Flipbook Digital. Saat pandemi COVID-19 lalu, di mana pembelajaran dilakukan secara jarak jauh / PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), banyak menggunakan buku-buku digital. Flipbook Digital adalah salah satu jenis buku yang bisa diakses secara digital.

Flipbook Digital merupakan e-book tiga dimensi yang memuat teks, gambar, animasi bergerak, video, dan musik. Jadi, bisa dikatakan bahwa Flipbook Digital masuk ke dalam kategori buku digital atau e-book (electronic book). Flipbook Digital bisa membuat pembelajaran berlangsung secara atraktif dan menyenangkan.

Keunggulan Menggunakan Flipbook Digital

Menggunakan Flipbook Digital sebagai media pembelajaran di era industri 4.0 ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

- Menyajikan konten pembelajaran yang variatif

Pada Flipbook Digital ini, guru bisa menyampaikan konten pembelajaran yang variatif, memanfaatkan beragam fitur yang ada. Materi pembelajaran yang dapat dimuat di dalam Flipbook Digital dapat berupa gambar biasa maupun video. Gambar maupun video tersebut dapat langsung diputar dengan menekan tools yang tersedia di dalamnya.

- Memiliki tampilan yang menarik dan atraktif

Flipbook Digital menyediakan materi pembelajaran yang bersifat atraktif dan terlihat menarik, baik dilihat dari segi semua elemen yang dapat dimasukkan ke dalamnya maupun dilihat dari segi permainan warna yang dapat dibuat dengan kaya warna tanpa perlu memberikan usaha ekstra untuk pembuatannya.

- Mudah dibuat

Guru bisa membuat Flipbook Digital ini dengan mudah. Guru cukup menyediakan materi pembelajaran berbentu PDF, kemudian diunggah ke aplikasi khusus, beberapa detik kemudian Flipbook Digital sudah siap digunakan.

- Tak memenuhi perangkat

Flipbook Digital ini bisa diakses tanpa harus memenuhi perangkat, karena tidak perlu perlu mengunduh dokumen. Untuk mengaksesnya, Anda hanya tinggal membuka link yang diberikan. Link tersebuat dapat dibuka lewat aplikasi maupun browser.

- Fleksibel

Flipbook Digital ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Membuat pembelajaran menjadi lebih fleksibel.

- Membantu pemahaman siswa dalam mempelajari materi yang bersifat abstrak

Dengan adanya Flipbook Digital, guru dapat menambahkan video maupun animasi ataupun gambar bergerak sebagai media pembelajaran. Melalui fitur ini maka Flipbook Digital memudahkan siswa untuk memahami materi yang bersifat abstrak. Misalnya dalam materi yang membahas tentang perputaran bumi dan planet-planet yang mengelilingi matahari, maka Anda dapat menggunakan Flipbook yang ditambahkan video untuk memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Hal ini dikarenakan materi yang dibahas bersifat abstrak dan kemungkinan besar akan sulit dipahami siswa tanpa menggunakan media pembelajaran.

Implementasi Flipbook Digital sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0

Guru bisa menggunakan Flipbook Digital sebagai media pembelajaran di era revolusi industri 4.0 ini. Flipbook Digital adalah salah satu bentuk teknologi era revolusi indusrti 4.0 yang sangat menujang proses pendidikan saat ini.

Guru bisa membuat Flipbook Digital untuk setiap materi pelajaran. Siswa bisa mengakses Flipbook Digital secara fleksibel. Pembelajaran pun akan berlangsung secara menarik dan atraktif. Materi pelajaran akan mudah dipahami.

Bahan Ajar yang Ideal pada Pembelajaran Paradigma Baru
Pembelajaran paradigma baru berorientasi terhadap penguatan kompetensi dan pengembangan karakter peserta didik yang sesuai nilai-nilai Pancasila.

Tak bisa dipungkiri, dunia terus berubah dan kita harus siap untuk menghadapi revolusi 4.0 ini. Pendidikan harus mampu beradaptasi di era revolusi industri 4.0. Caranya, dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan era revolusi industri 4.0 ini. Flipbook Digital menjadi salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, patut bagi guru menggunakan Flipbook Digital ini dalam proses pembelajaran di era revolusi indstri 4.0 ini.

Demikian artikel tentang bagaimana implementasi Flipbook Digital sebagai media pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengimplementasikan Flipbook Digital sebagai media pembelajaran di era revolusi industri 4.0.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.