Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Survei Sekolah Untuk Anak

parenting 13 Jun 2022

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk kehidupan dan masa depan anaknya. Seiring berjalannya waktu, anak semakin dewasa dan mulai memasuki dunia sekolah pertamanya. Dalam hal ini, orang tua berperan penting untuk membimbing anaknya dalam memilih sekolah terbaik dan unggul.

Sebelum memasukkan anak ke sekolah, pastinya orang tua akan masuk ke sekolah yang berkaitan dengan sesuai kebutuhan, khususnya bagi anak yang baru masuk sekolah SD. Orang tua dapat melakukan survei sekolah dan menyusun daftar sekolah mana saja yang masuk ke kategorinya. Anda perlu membuat beberapa daftar pertanyaan survei sekolah untuk membantu menemukan sekolah yang cocok untuk si kecil. Lalu hal apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika survey sekolah anak?

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Survei Sekolah Untuk Anak

Untuk bisa menemukan sekolah terbaik untuk anak, Anda bisa mendatangi sebanyak mungkin sekolah yang ada di sekitar Anda, cari tahu segala informasi di dalamnya dan pertimbangkanlah banyak hal. Setiap sekolah pasti memiliki ciri khasnya tersendiri, Anda tinggal mencocokannya dengan anak Anda saja. Adapun berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika survei sekolah untuk anak, di antaranya yaitu:

1. Lokasi dan Jarak

Lokasi adalah salah satu yang terpenting untuk menjadi konsiderasi orang tua dalam mencari sekolah anak. Perhatikan lokasi dan jarak antara rumah dengan sekolah. Lokasi sekolah lebih baik aman dan dekat dengan jalan sehingga tidak sepi saat sepulang sekolah.

Memasukkan Anak di Sekolah yang Dekat atau Sekolah Unggulan?
Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu pendidikan yang disediakan sekolah. Apakah bagus? Biasa saja? Atau bahkan kurang? Nah, dalam hal ini kita harus cermat dalam melihat kemampuan sekolah dan juga kemampuan guru.

Perhatikan juga berapa waktu yang diperlukan anak berangkat ke sekolah. Jarak terlalu jauh dan waktu terlalu lama akan membuat anak merasa lelah di jalan apalagi kalau sedang ada macet. Jarak yang tidak terlalu jauh juga lebih memudahkan dalam mengawasi anak saat sudah bisa berangkat sendiri ke sekolah.

2. Biaya

Biaya juga sangat penting untuk dipertimbangkan saat survei sebelum mendaftarkan anak sekolah. Pastikan biayanya sesuai dengan kebutuhan orang tua dan biaya yang masuk akal. Jangan hanya karena gengsi sekolah mahal sampai mengganggu perekonomian keluarga.

Biaya sekolah terjangkau/murah tidak berarti juga kualitasnya kalah bagus dengan yang mahal kalau di lihat segi pendidikan. Banyak sekolah dengan harga terjangkau juga memiliki program sekolah yang bagus.

Selain SPP, pertimbangkan juga uang pangkal atau uang gedung, uang kegiatan, dan biaya tahunan. Cari tahu detail mengenai komponen biaya pada sekolah tersebut misalnya biaya antar jemput, ekstrakurikuler, dan uang buku.

3. Lingkungan Sekolah

Pastikan sekolah yang akan dipilih dirasa nyaman bagi anak. Jangan sampai ada salah satu hal yang membuat anak tidak mau ke sekolah karena merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekolahnya. Maka itu penting untuk melihat secara langsung lingkungan sekolah. Hal ini khususnya saat jam belajar.

Saat mendatangi open house atau melakukan survei sendiri ke sekolah tersebut, jangan lupa untuk melakukan tur keliling sekolah. Perhatikan dengan baik suasana kegiatan belajar mengajar, fasilitas yang disediakan di sekolah tersebut, sampai interaksi antara guru dan murid.

Fasilitas yang harus diperhatikan adalah ruang kelas, laboratorium, dan ruangan tempat belajar lainnya. Selain itu lihat juga kebersihan toilet, kantin, sampai lapangan dan tempat bermain.

4. Kualitas Guru/Tenaga Pengajar

Adalah suatu keharusan untuk memilih sekolah dengan guru yang kredibel dan punya kualitas. Sekolah dengan reputasi bagus biasanya juga terkenal karena mempunyai guru-guru berkualitas.

Orang tua juga bisa meminta rekomendasi dan testimoni dari orang lain untuk tahu tentang kualitas guru di sekolah yang diincar. Misalnya apakah gurunya cukup sabar dan tegas atau tidak.

Untuk anak yang baru memasuki KB dan PAUD, orang tua bisa mencari sekolah dengan guru yang bisa merangsang rasa keingintahuan dan keaktifan anak dalam kelas. Untuk anak dari SD-SMA bisa mencari sekolah dengan guru yang tegas, bisa mengajar dengan baik, dan bisa membawa siswa mengerti pelajaran.

5. Jenis dan Kurikulum Sekolah

Ketahui jenis sekolah seperti apa yang orang tua inginkan untuk anak. Sekolah berbasis agama bisa dipilih jika mau anak mendapatkan pendidikan yang religius dan fokus kepada ajaran agama. Homeschooling bisa menjadi pilihan kalau ingin anak sekolah dengan waktu yang fleksibel.

Setiap sekolah juga punya kurikulum yang berbeda sesuai dengan jenis sekolahnya. Ada sekolah dengan kurikulum pendidikan nasional, nasional plus, sampai international school. Saat memilih sekolah, pastikan sesuai dengan tujuan pendidikan, kemampuan, dan kebutuhan anak.

Mengenal Karakteristik Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

Bahasa yang digunakan di sekolah juga menjadi pertimbangan karena biasanya disesuaikan dengan kurikulum. Tentukan apakah anak akan bersekolah dengan sekolah yang berkomunikasi dengan bahasa asing juga (bilingual) atau tidak. Jangan juga memaksa anak, semua harus disesuaikan dengan keinginan anak.

6. Keamanan Sekolah

Cek secara detail sistem keamanan sekolah yang orang tua ingin. Jaman sekarang banyak hal buruk yang bisa saja terjadi bahkan saat anak sedang ada di sekolah.

Lihat apakah keamanan di sekolah sudah memadai. Apakah ada CCTV dan satpam (security) yang cukup atau tidak. Ajari anak juga untuk tidak mudah percaya dan berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal.

7. Waktu Belajar

Setiap sekolah punya waktu belajar dan jam pulang yang berbeda. Tentukan orang tua ingin anak menghabiskan waktu di sekolah berapa lama. Dan juga ingin anak lebih banyak di rumah atau sekolah.

Sesuaikan juga dengan kalau ingin anak ada ekstrakurikuler atau kegiatan di luar sekolah setelah pulang sekolah. Jangan sampai anak susah konsentrasi karena waktu di sekolah terlalu banyak hal, setelahnya masih ada kegiatan lain lagi. Kalau masih KB dan PAUD, lihat apakah sekolah dilaksanakan setiap hari atau hanya dalam hari tertentu.

8. Tanyakan pilihan anak

Jangan pernah lupa libatkan anak dalam memilih sekolahnya. Bagaimanapun anak yang akan menjalani dan sekolah. Setiap hal harus sesuai dengan kemauan anak.

Anak harus merasa nyaman dan dilibatkan dalam pemilihan sekolahnya sendiri. Ajak anak mengunjungi sekolah-sekolah saat dalam proses survei bersama orang tua. Tanyakan pendapat anak akan setiap sekolah yang jadi pilihan.

Itulah beberapa hal perlu Anda perhatikan ketika survei sekolah untuk anak. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, anak bisa memberikan sekolah yang baik, berkualitas, dan nyaman ketika belajar. Pasalnya sekolah berdampak terhadap tumbuh kembang anak dan masa depan mereka.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.