Memasukkan Anak di Sekolah yang Dekat atau Sekolah Unggulan?

edukasi Feb 22, 2021

Tidak sedikit orang tua merasa bingung dalam menentukan sekolah anak-anaknya. Haruskah memilih sekolah yang dekat rumahnya saja atau sekolah unggulan? Kecemasan itu sering timbul biasanya saat menyekolahkan anak pertamanya. Apakah orang tua harus memilih sekolah yang dekat dengan rumah saja atau memasukkan anak ke sekolah unggulan?


Sementara itu ada juga sebagian orang tua yang masih belum memahami apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah anak, padahal sekolah anak sangat penting dalam menentukan masa depannya. Dalam hal ini Anda harus cermat dan tidak boleh gegabah dalam memilih sekolah, karena akan sangat disayangkan apabila Anda memilih sekolah yang tidak tepat dan anak Anda tidak sepenuhnya menerima keputusan Anda.


Apakah anak juga memiliki andil dalam menentukan sekolahnya? Jawabannya tentu saja, ya. Selain orang tua, anak juga memiliki peran yang besar dalam menentukan sekolahnya, karena dialah yang akan menjalani pendidikannya. Selain itu, sekolah adalah dasar atau fondasi yang kuat dalam menentukan masa depan seseorang, apabila dia bisa sekolah dengan baik dan lagi anak Anda berasal dari sekolah yang terakreditasi A, kesempatan anak Anda untuk maju semakin cerah. Lantas, bagaimana tips yang harus Anda tahu dalam memilih sekolah anak? Berikut penjelasannya.

Tips Memilih Sekolah Anak


Dalam memilih sekolah, terdapat tips-tips yang harus Anda tahu. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1.Memilih Sekolah yang Berpihak pada Perkembangan dan Peningkatan Kemampuan Anak

Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu pendidikan yang disediakan sekolah. Apakah bagus? Biasa saja? Atau bahkan kurang? Nah, dalam hal ini kita harus cermat dalam melihat kemampuan sekolah dan juga kemampuan guru. Anda bisa melihatnya dari metode pembelajaran dan kegiatan pembelajarannya. Apakah metode yang digunakan up to date atau bahkan mengalami ketertinggalan?

Orang tua harus memperhatikan perkembangan anak yang di mana memiliki enam aspek, yaitu agama dan moral, fisik dan motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional dan seni.

Untuk itu bisa melakukan penyelidikan secara kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum memilih sekolah, seperti bertanya dengan kenalan atau teman Anda, apakah sekolah tersebut favorit dan alumni dari sekolah tersebut termasuk orang-orang yang berkompeten? Bisa dikatakan bahwa ini adalah cara praktis dalam menentukan sekolah anak.

2. Program Belajar yang Ada di Sekolah

Dalam hal ini, program belajar tidak kalah pentingnya dalam memilih sekolah untuk anak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jenis-jenis program belajar yang disediakan sekolah. Apakah minim atau sangat bagus? Misalnya, saat bersekolah anak membutuhkan teman untuk membantu mereka dalam berkomunikasi dan juga bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar.

Nah, dalam Anda memiliki peran penting untuk memastikan bahwa program belajar yang disediakan sekolah mampu memberikan peluang bagi anak-anak Anda dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi. Anda juga harus memastikan bahwa program kerja yang disediakan bersifat optimal dan juga dapat melatih anak menjadi lebih mandiri dan bisa bertanggung jawab.

3. Kegiatan Pembelajaran yang Menyenangkan

Selain itu, suasana kegiatan pembelajaran juga memiliki peran penting dalam memilih sekolah anak. Pastikan bahwa suasana belajar yang ada di sekolah tersebut menyenangkan dan kegiatan pembelajaran yang disediakan bervariasi sehingga dapat membuat anak Anda menjadi senang belajar di sekolah. Hal lain yang menjadi pertimbangan yaitu guru-guru yang mengajar di sekolah. Pastikan bahwa kepribadian guru-guru pengajarnya ramah, bijaksana, baik hati dan tidak suka bermain kekerasan. Dengan begitu Anda bisa lebih tenang ketika memasukkan anak Anda untuk sekolah di tempat itu.

4.  Lingkungan Sekolah yang Asri dan Nyaman

Lingkungan yang nyaman adalah hal penting yang dibutuhkan anak-anak Anda untuk bersekolah, apalagi saat ini anak-anak Anda sedang ada di masa pertumbuhan, mereka membutuhkan ruang gerak yang lebih untuk beraktivitas.

5.  Jarak Sekolah

Kemudian, hal yang paling penting harus menjadi pertimbangan setiap orang tua yaitu jarak sekolah dengan rumah Anda. Ada baiknya Anda memilih sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah. Selain dapat meminimalisir kesempatan anak untuk terlambat di sekolah, jarak sekolah yang jauh juga dapat membuat anak lelah karena terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk saat pergi ke sekolah. Suasana badan dan hati yang lelah dapat mengakibatkan anak menjadi tidak semangat lagi dalam belajar dan kemungkinan besar anak tidak dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengapa Batas Usia Anak Masuk Sekolah Harus 7 Tahun? Berikut Penjelasannya
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pada tahun 2019 silam menerbitkan peraturan yang memuat perihal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDM), yang di mana juga membahas mengenai syarat untuk masuk ke Sekolah Dasar (SD).

Namun, apabila Anda ada diminta untuk memilih, apakah Anda harus memasukkan anak ke sekolah yang di dekat rumah atau memasukkan anak ke sekolah unggulan, apa yang akan Anda pilih? Dalam hal ini, ada baiknya Anda untuk memilih sekolah yang unggulan. Mengapa? Berikut penjelasannya.

Keuntungan Masuk ke Sekolah Unggulan


Sekolah unggulan merupakan sekolahsekolah yang fokus pada kualitas proses pembelajaran dan sangat berkompeten dalam mengarahkan siswa untuk menjadi lulusan yang lebih baik dan berkompeten. Selain itu sekolah unggulan juga menjadi salah satu pertimbangan beberapa tempat kerja dan juga memiliki prioritas lebih tinggi untuk lulus di perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri.

  1. Mendapatkan Pelayanan yang Unggul

Sekolah unggulan adalah lembaga pendidikan yang akan memberikan layanan yang unggul kepada seluruh peserta didiknya. Bentuk pelayanan yang diberikan antara lain yaitu program pembelajaran dan fasilitas yang akan lebih unggul dari sekolah lain. Di sekolah unggulan, anak Anda akan mendapatkan kualitas belajar yang lebih baik dibandingkan sekolah biasa. Dalam hal ini, Anda dapat melihatnya dari bagaimana cara guru mengajar di kelas.

2. Cara Belajar Siswa Lebih Baik

Selain itu, sekolah unggulan akan memberikan layanan yang lebih baik. Dalam hal ini, siswa yang diterima di sekolah unggulan merupakan siswa yang sudah diseleksi sehingga cara mereka belajar pun diharapkan akan lebih baik dari sekolah reguler yang lain.

3. Berpacu Dalam Meraih Prestasi

Proses dalam memasuki sekolah unggulan dilalui dengan seleksi yang ketat. Selain itu siswa harus memenuhi berbagai persyaratan akademis dan non akademis. Hal inilah yang menyebabkan terbatasnya jumlah siswa yang diterima di sekolah tersebut. Di lain sisi, calon atau peminat untuk memasuki sekolah unggulan tersebut tidak sedikit. Ketika siswa tersebut telah lulus dan berhasil masuk ke sekolah unggulan tersebut, maka sangat diharapkan mereka akan belajar dengan baik dan serius saat belajar. Maka dari itu, siswa akan semangat dan berpacu untuk meraih prestasi belajar yang memuaskan.

4. Fasilitas dan Sarana Belajar Lebih Lengkap

Selain itu, sekolah unggulan dilengkapi dengan fasilitas dan sarana belajar yang lebih lengkap dari sekolah reguler. Ini adalah salah satu keuntungan yang sangat diincar oleh kebanyakan orang tua. Dengan fasilitas dan sarana yang lengkap, anak Anda dapat meningkatkan kemampuan akademisnya dengan baik.

8 Fakta Menarik dan Unik Sistem Pendidikan Beberapa Negara di Dunia
Di luar negeri, banyak fakta-fakta menarik dan unik mengenai sistem pendidikan. Semuanya bisa menjadi inspirasi dalam melaksanakan proses pendidikan di Indonesia.

5. Guru yang Mengajar Profesional

Guru-guru yang bertugas di sekolah unggulan berasal dari perguruan tinggi dan lulusan terbaik di universitasnya. Selain itu, guru yang bisa mengajar di sekolah tersebut sudah diseleksi dengan ketat, sehingga bisa dipastikan bahwa guru yang mengajar di sekolah tersebut profesional.

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah Anda sudah yakin untuk memasukkan anak ke sekolah unggulan? Namun, Anda juga harus mempertimbangkan jarak dari rumah ke sekolah anak Anda nanti. Pastikan anak Anda akan nyaman saat belajar di sekolahnya nanti. Dengan begitu, mereka akan semangat dalam belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.