Fitur-fitur di Zoom agar Pembelajaran Lebih Menarik

teknologi 18 Sep 2024

Pembelajaran daring menjadi metode belajar yang digunakan guru dalam proses kegiatan belajar selama pandemi kemarin. Pembelajaran jarak jauh adalah solusi agar pendidikan tetap berlangsung meski pandemi sedang berlangsung saat itu.

Ketika pembelajaran jarak jauh diterapkan penggunaan internet dan berbagai aplikasi sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah Zoom. Selama pandemi kemarin, Zoom menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh ini.

Mengenal Zoom

sumber: https://www.pexels.com

Zoom adalah sebuah aplikasi teleconference yang menyediakan layanan komunikasi menggunakan video. Zoom bisa diakses melalui website dan ponsel pintar. Melalui Zoom ini, pengguna bisa melakukan konferensi video secara langsung.

Sebenarnya jauh sebelum pandemi terjadi, Zoom sudah lama ada. Zoom adalah aplikasi yang dibuat oleh Eric Yuan pada tahun 1997. Ide pembuatan Zoom ini cukup unik. Ketika Eric Yuan menjalani long distance relationship dengan sang pacar. Zoom membuat keduanya bisa tetap saling bertatap muka secara langsung meskipun lewat video.

Siapa sangka, saat ini Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Zoom berfungsi sebagai ruang kelas. Guru-guru mengajar lewat Zoom. Murid masuk dan menyimak pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Pengguna Zoom meningkat selama pemberlakuan pembelajaran jarak jauh ini. Menurut data yang dikumpulkan oleh Learnbonds (2020), unduhan aplikasi Zoom semakin meningkat yang mana sebesar 1.270 unduhan pada 22 Februari hingga 22 Maret 2020.

Fitur-fitur Zoom

sumber: https://www.pexels.com

Zoom tak hanya memberikan layanan konferensi video saja. Zoom punya banyak fitur yang sangat mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Berikut ini adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh Zoom.

- Video dan Audio HD

Fitur video dan audio HD ini adalah fitur utama yang paling dikenal dari aplikasi ini. Zoom memiliki fitur video dan audio HD yang sangat mendukung proses pembelajaran jarak jauh.

Fitur ini yang membuat guru bisa tetap mengajar murid-muridnya secara langsung, layaknya di dalam ruang kelas. Guru dan murid juga bisa saling berinteraksi secara langsung. Baik dengan percakapan maupun chat.

- Alat Kolaborasi Bawaan

Alat kolaborasi bawaan juga termasuk fitur unggulan yang dimiliki oleh Zoom. Melalui fitur alat kolaborasi bawaan ini, pengguna Zoom bisa berbagi layar secara bersama-sama dan ikut menulis catatan penting dari hasil rapat untuk  pertemuan yang lebih interaktif dengan alat kolaborasi bawaan.

- Keamanan

Zoom memiliki fitur yang menjamin keamanan bagi penggunanya. Adanya fitur end-to-end encryption yang dapat digunakan pada seluruh rapat melalui aplikasi Zoom menjamin keamanan bagi semua penggunanya. Bahkan, pengguna juga bisa punya keamanan tambahan dengan menggunakan kata sandi yang hanya diketahui oleh para penggunanya.

- Rekaman dan Transkrip

Zoom juga memiliki rekaman dan transkrip. Pengguna Zoom bisa merekam rapat atau konferensi yang telah dilakukan. Pengguna juga bisa menyimpan hasil rekaman di perangkat masing-masing atau pada akun cloud.

- Penjadwalan

Zoom bisa memudahkan guru dalam menyusun jadwal kelas. Fitur penjadwalan yang ada di Zoom. Pada aplikasi Zoom ini pengguna bisa melakukan penjadwalan terhadap video conference yang akan  dilakukan. Pengguna juga dapat memulai video conference atau rapat melalui akun Outlook, Gmail, atau iCal yang dimiliki.

Dengan fitur ini, guru tidak akan lupa dalam melakukan kelas onlinenya. Murid juga tidak akan melewatkan kelas belajarnya.

- Obrolan Tim

Fitur obrolan tim membuat guru dan murid bisa saling berinteraksi selama proses rapat berlangsung. Fitur obrolan tim ini juga membuat semua pengguna Zoom bisa dengan mudah menemukan riwayat percakapan, berbagi file yang sudah terintegrasi dan data tersebut dapat tersimpan selama 10 tahun.

Fitur obrolan tim ini juga memudahkan para peserta rapat melakukan panggilan antara sesama peserta atau melakukan panggilan grup.

Ini mendukung pembelajaran jarak jauh yang lebih interaktif. Dengan saling berinteraksi seperti ini, tentu murid akan semakin mudah memahami materi pelajaran.

- Background

Di Zoom pengunanya bisa menggunakan background video sesuai dengan tema rapat. Misalnya, saat pembelajaran biologi guru bisa menggunakan background yang berhubungan dengan biologi.

Dengan fitur backgroud, suasana bisa lebih kondusif. Bisa menambah konsentrasi murid-murid dalam pembelajaran jarak jauh ini.

- Filter Wajah

Tak hanya media sosial seperti Instagram dan TikTok saja yang memiliki filter wajah, Zoom juga. Melalui fitur filter wajah ini, wajah pengguna bisa terlihat lebih cerah saat melakukan rapat.

Tak hanya bisa mencerahkan wajah saja, pada fitur ini juga terdapat penutup mata, kelinci, kumis, dan lain sebagainya.

Agar pembelajaran berjalan lebih santai, bisa juga sesekali guru mengajar menggunakan filter wajah tersebut. Hal ini tentunya membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih seru dan menyenangkan.

- Polling

Zoom juga memiliki fitur polling yang membuat semua peserta rapat bisa melakukan poling atau jejak pendapat. Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh guru untuk membuat kuis sebagai ice breaking saat proses pembelajaran.

- Komentar Gambar

Di Zoom juga terdapat fitur komentar gambar, di mana fitur ini bisa memungkinkan setiap peserta rapat mengomentari gambar yang di share saat rapat.

Cara Menciptakan Kelas Online Lewat Zoom yang Kondusif
KBM online dengan Zoom seringkali ada kendala, berikut cara menciptakan pembelajaran yang kondusif dengan aplikasi Zoom.

Fitur ini bisa membantu guru dalam memberikan kuis yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Guru bisa membuat soal berupa gambar, di mana nantinya murid-murid menjawab melalui fitur komentar gambar ini.

- Side by Side

Zoom memiliki fitur side by side yang juga medukung proses pembelajaran jarak jauh. Dengan fitur side by side ini memungkinkan pengguna dapat melihat layar secara bersama di samping Speaker View maupun Gallery View, tergantung pada tampilan mana yang dpilih.

Pada kesempatan ini, para pengguna juga dapat menyesuaikan lokasi pemisah antara layar bersama dan video untuk mengubah ukuran relatif setiap sisi. Dengan fitur ini, guru bisa menyampaikan materi presentasi sambil meilihat kehadiran murid-muridnya. Guru bisa memanggil murid-murid yang dilihatnya, supaya pembelajaran berjalan lebih interaktif.

Murid-murid juga bisa melihat slide presentasi sekaligus wajah teman-temannya. Ini membuat pembelajaran lebih bersifat realistis seperti layaknya belajar dalam ruang kelas seperti di sekolahnya.

- Sharing Whiteboard

Fitur sharing whiteboard ini sesuai dengan namanya. Fitur ini berfungsi sebagai papan tulis yang biasanya digunakan di kelas.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menulis apa saja dan pengguna lainnya atau peserta rapat juga dapat ikut menulis juga (jika diizinkan).

Misalnya, saat melakukan pembelajaran guru bisa memulai dengan menulis pertanyaan yang mematik diskusi kelas. Murid kemudian juga menjawab dengan menggunakan fitur sharing whiteboard ini.

- Mode Presentasi

Mode presentasi ini adalah fitur yang memungkinkan setiap pengguna Zoom untuk presentasi PowerPoint atau Keynote untuk layar belakang virtual.

Fitur mode presentasi ini juga bisa  bisa menjadi mode picture-in-picture (PiP). Setiap pengguna Zoom bisa memindahkan video ke bagian manapun melalui slide. Ini adalah fitur penting dalam proses pembelajaran jarak jauh, jika guru ingin presentasi selama panggilan Zoom.

- Menambah Brightness (Kecerahan)

Bila guru mengalami kendala pencahayaan saat melakukan rapat Zoom, fitur brightness bisa membantu video Anda tetap terlihat cerah.

- Noise Cancellation

Fitur noise cancellation ini membantu rapat Zoom bisa berjalan dengan tenang. Fitur ini bisa menghilangkan suara bising yang tidak diinginkan di latar belakang video, seperti suara kipas angin, hujan, hewan peliharaan, anak-anak  dan yang lainnya.

7 Tips Supaya Mengajar Lewat Zoom/Meet Lebih Menyenangkan
Memanfaatkan media zoom/meet tentu butuh penyesuaian yang tidak instan. Menjadi wajar ketika masih banyak kendala yang dihadapi para guru dalam proses belajar mengajar

Zoom memberikan tiga pilihan noise cancellation, mulai dari rendah sampai tinggi, sesudah mengaktifkan menu Suppress background noise.

Demikian adalah fitur-fitur Zoom yang bisa membantu proses pembelajaran jarak jauh. Dengan memanfaatkan semua fitur Zoom ini, maka guru bisa melakukan pembelajaran jarak jauh secara lebih optimal.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.