7 Tips Supaya Mengajar Lewat Zoom/Meet Lebih Menyenangkan

teknologi Jan 19, 2021


Kondisi sulit di masa pandemi menyebabkan aktifitas serba terbatas. Hal ini berdampak sistem mengajar secara daring yang masih terbilang baru di Indonesia. Memanfaatkan media zoom/meet tentu butuh penyesuaian yang tidak instan. Menjadi wajar ketika masih banyak kendala yang dihadapi para guru dalam proses belajar mengajar.

Kendati pun demikian, semangat untuk mendidik anak bangsa tidak boleh surut begitu saja. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan pendidikan. Kenyamanan dan rasa senang saat mengajar harus tetap dirasakan. Cobalah 7 tips dari kami agar mengajar lewat Zoom/Meet lebih menyenangkan.

1. Menggunakan Background yang Menarik

Di dalam aplikasi kelas daring terdapat fitur background yang dapat diubah-ubah. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk mendukung kesenangan dan belajar mengajar. Gunakan gambar yang menarik dan menghibur penglihatan. Anda dapat memilih kartun, tempat wisata, gambar ikon luar negeri, dan lain sebagainya.

Ajak juga peserta didik Anda untuk melakukannya.Dengan melihat background peserta kelas daring yang beragam tentu akan lebih menyenangkan. Jika backgroundnya hanya dinding rumah atau suasana kamar pribadi akan terlihat menjenuhkan.

Gambar yang Anda pilih sebagai latar dapat menjadi pendukung penyampaian materi. Tidak hanya Anda yang merasa senang dalam mengajar, siswa pun antusias mengikuti pelajaran. Jika Anda belum tahu caranya, tenang saja. Banyak sekali tutorial di internet yang dapat membantu Anda mempraktekannya secara otodidak.

2. Mengadakan Quiz

Tips yang kedua yakni dengan memberikan quiz kepada murid. Setiap materi pelajaran yang Anda jelaskan, selingi kegiatan ini. Quiz yang dibuat harus sesuai dengan pembahasan yang telah Anda jelaskan. Bentuknya bias berupa Tanya jawab singkat secara lisan maupun secara tertulis.

Supaya lebih seru, berikan poin kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Semua poin yang diperoleh mereka akan dikumpulkan dan menjadi nilai tambah untuk ujian mereka.

Quiznya tidak sebatas pada Tanya jawab, tapi juga bias berupa tantangan. Semisal Anda sedang memberikan penjelasan tentang puisi. Maka setelah itu tantang siswa untuk membuat puisi sendri. Atau dapat pula dengan tantangan mendekalamasikan puisi yang ada di buku panduan. Cara ini akan melatih mental siswa. Mereka tidak hanya belajar teori, namun juga menerapkannya.

3. Menampilkan Bahan Presentasi Animasi

Jika Anda mengajar sekolah tingkat dasar, tantangan untuk membuat pertemuan virtual kondusif lebih tinggi. Anak-anak mudah bosan dan mudah teralihkan dengan apapun yang ada di sekitarnya. Apalagi belajar secara online belum menjadi kebiasaan mereka.

Oleh karena itu, agar kegiatan mengajar Anda tidak semraut, buatlah bahan materi beranimasi. Saat ini sudah banyak sekali platform membuat animasi dengan mudah. Manfaatkan platform tersebut untuk menarik perhatian siswa.

Tips ini memang cukup ribet. Butuh tenaga dan waktu ekstra untuk mempersiapkannya. Namun usaha Anda ini akan membuahkan hasil yang maksimal. Apabila siswa senang menyimak materi, maka Anda pun akan merasa bersemangat untuk mengajar.

4.  Menggunakan Video untuk Pendukung Materi

Memberikan penjelasan kepada siswa dengan full text dan metode ceramah sudah tidak lagi relevan saat ini. Kelas akan membosankan. Siswa akan sulit menyerap pelajaran bahkan cenderung sibuk sendiri. Tidak jarang juga akan membuat keributan.

Guna menghindari hal tersebut, maka selingin materi dengan video yang sesuai. Media audio visual yang Anda pilih juga harus bagus kualitasnya. Pilihlah yang menghibur namun sarat akan ilmu.

Jangan sampai hanya karena ingin menarik perhatian siswa, Anda menampilkan video berupa film pendek. Namun film tersebut tidak mendukung terhadap materi yang sedang Anda jelaskan. Jadi, bijaklah dalam memilih video pembelajaran.

Tips Mengajar dan Presentasi yang Efektif Bagi Guru Saat Mengajar Lewat Video Conference
Video conference menyajikan fitur layaknya pertemuan secara langsung atau live sehingga mampu menghapus batas geografis yang ada.

5. Mengemas Materi dengan Games

Tips berikutnya adalah dengan melakukan games. Dalam satu pertemuan diisi dengan games tidak lah masalah. Asalkan permainan yang Anda bawakan sesuai dengan mata pelajaran yang terjadwal. Metode ini terbukti ampuh dalam memberikan pengajran kepada siswa dengan lebih cepat.

Perlu diketahui bahwa dalam kondisi pembelajaran via online, tidak semua games dapat diterapkan. Ada jenis permainan yang cocok untuk virtual, ada yang hanya bisa diterapkan di pertemuan secara langsung. Pastikan Anda tidak salah memilihnya.

Beberapa contohnya adalah permainan tebak gambar, sambung kata, tebak ekspresi, dan lain sebagainya. Games ini dapat Anda lakukan juga untuk mengembalikan fokus siswa atau sekadar mencairkan suasana.

6. Perbanyak Dialog

Saat mengajar lewat Zoom/Meet, control Anda tidak akan bisa sebanyak saat berada di kelas offline. Terlebih ketika menyampikan sebuah materi dan siswa tidak selalu menyalakan fitur videonya. Maka untuk mengetahui tingkat keberhasilan megajar Anda, lakukan sesering mungkin dialog dengan siswa.

Selain untuk meminimalisir terjadinya kebosanan di kelas, cara ini juga sangat efektif mengasah daya nalar siswa Anda. Minta mereka secara bergantian menjelaskan beberapa bagian dari isi materi. Apabila Anda mengajar siswa SD, maka ajukan banyak pertanyaan kritis kepadanya dari materi yang sudah disampaikan.

Munculkan studi kasus yang dekat dengan kehidupan sehri-hari agar mudah didiskusikan. Semakin menarik jika siswa punya banyak pertanyaan. Jangan abaikan pertanyaan tersebut. Buatlah dialog di kelas dengan seru. Upayakan agar semua anak mengutarakan pendapatnya.

7. Storytelling

Cara terakhir yang kami rekomendasikan adalah dengan gaya storytelling. Anak-anak cenderung lebih senang mendengarkan cerita dari pada presentasi yang serius. Materi dikemas dengan kisah menarik yang penuh dengan wawsan baru.

Ketika menyampaikannya, sertakan mimik muka dan ekspresi suara yang mendukung. Jika Anda menyampaikannya dengan nada flat, suasana belajar akan tetap membosankan. Bisa jadi siswa Anda akan tidur atau malah meninggalkan kelas daring.

5 Strategi Penyampaian Materi yang Lebih Menyenangkan Saat KBM Daring Selain Ceramah
Banyak penelitian menyebutkan, siswa akan belajar lebih baik ketika dia terlibat aktif dalam proses belajar daripada hanya pasif mendengarkan ceramah. kami akan membagikan 5 Strategi penyampaian materi yang efektif selama pembelajaran daring.

Bagi Anda yang suka sekali bercerita, cara ini sangat cocok diterapkan saat kelas mulai jenuh. Anda bisa mengajar dengan rileks dan menyenangkan. Siswa pun terhibur dan berusaha mendengarkan dengan antusias. Jangan lupa untuk selalu menyelipkan pesan moral dalam setiap cerita-cerita yang Anda perdengarkan.

Itulah 7 tips yang dapat Anda coba selama melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan KBM online. Praktekkan tips yang benar-benar sesuai dengan diri Anda. Selaraskan pula dengan materi pelajaran yang Anda bawakan. Semangat terus dan jaga kesehatan!

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.