Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris SD Kurikulum Merdeka

modul ajar 14 Jul 2023

Pengertian Modul Ajar

Modul Ajar merupakan rencana kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh guru sebagai panduan atau petunjuk dalam melaksanakan proses kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, guru harus memiliki rencana kegiatan pembelajaran untuk membantu proses kegiatan belajar untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP).

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang apa saja komponen yang terdapat di dalam modul ajar kurikulum merdeka, apa perbedaannya dengan RPP Kurikulum Merdeka, beserta contoh modul ajarnya. Anda dapat mendapatkan beberapa contoh modul ajar yang lainnya melalui website Kejarcita.id yang telah menyediakan banyak modul ajar dengan mata pelajaran dan tingkatan kelas yang berbeda-beda. Untuk Anda yang ingin mendapatkan berbagai keuntungan lebih lainnya, Anda bisa mengikuti event premium 40 JP di akhir Juli mendatang, lho!

Perbedaan RPP dengan Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Perbedaan dari RPP dengan Modul Ajar dapat dilihat dari komponen penyusunnya, yakni sebagai berikut.

- Pada RPP

Komponen minimum pada RPP Kurikulum Merdeka secara umum masih sama dengan komponen RPP yang sebelumnya, yaitu terdiri dari

1. Tujuan pembelajaran;

2. Langkah-langkah pembelajaran; dan

3. Asesmen/penilaian.

- Pada Modul Ajar

Komponen minimal pada modul ajar Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

1. Tujuan Pembelajaran;

2. Langkah-Langkah Pembelajaran;

3. Rencana Asesmen di Awal;

4. Rencana Asesmen di Akhir; dan

5. Media Pembelajaran yang Digunakan.

Model Pembelajaran pada Modul Ajar

Model pembelajaran merupakan kerangka kegiatan pembelajaran yang memberi gambaran kegiatan belajar di kelas yang dilaksanakan secara sistematis. Model pembelajaran yang digunakan bisa berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh, dan blended learning.

Cara Memodifikasi Modul Ajar Referensi
Modul ajar referensi merupakan modul yang dirancang untuk memberikan informasi tambahan atau sebagai acuan bagi peserta didik dalam memperdalam pengetahuan

Komponen Minimal Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Selain komponen minimal modul ajar kurikulum merdeka yang sudah dijelaskan di atas, guru perlu menambahkan beberapa komponen tambahan sebagai berikut.

Informasi Umum

  • Identitas penulis
  • Kompetensi awal
  • Profil Pelajar Pancasila
  • Sarana dan prasarana
  • Target peserta didik
  • Model pembelajaran

Komponen Inti

  • Tujuan pembelajaran
  • Asesmen
  • Pemahaman bermakna
  • Pertanyaan pemantik
  • Kegiatan pembelajaran
  • Refleksi peserta didik dan pendidik

Lampiran

  • LKPD
  • Pengayaan dan remedial
  • Bahan bacaan
  • Glosarium
  • Daftar pustaka

Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris SD Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran

  1. Siswa mampu memakai Bahasa Inggris yang sederhana untuk berinteraksi dengan orang lain, seperti saat berkenalan, melakukan perkenalan diri, mengucapkan salam dan selamat tinggal, atau menjawab pertanyaan pendek yang sederhana.
  2. Siswa mampu memberi respons secara lisan terhadap teks pendek yang sederhana berbentuk teks tulis yang dibacakan oleh guru, serta dapat menunjukkan pemahaman terhadap teks yang dibacakan atau ilustrasi yang diperlihatkan kepada siswa dengan menggunakan komunikasi non-verbal.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis buah-buahan yang berbeda dan mampu menggunakan kata have dan has untuk membicarakan tentang berbagai jenis buah-buahan.

Pemahaman Bermakna

Siswa mampu menggunakan kata have dan has untuk menyebutkan buah-buahan yang dimiliki dan mampu mendeskripsikannya ke dalam bentuk kalimat lisan dan tulis yang benar.

Pertanyaan Bermakna/Pertanyaan Pemantik

1. What do you see in the picture?

2. What kind of fruits are there?

3. Can you count how many mangoes there are?

Persiapan Kegiatan Pembelajaran

  1. Guru mempersiapkan modul, bacaan, sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar.
  2. Guru menyediakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk membantu kegiatan belajar mengajar.
  3. Guru mempersiapkan rubrik penilaian untuk mengukur kemampuan siswa.

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 : Look and Say

  • Kegiatan Awal
  1. Guru memasuki kelas, mengucapkan salam kepada siswa, kemudian mengarahkan siswa untuk berdoa bersama sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
  2. Guru mengecek kehadiran siswa dan melakukan presensi.
  3. Guru memberikan sedikit motivasi kepada siswa (ice-breaking/mini games/quiz) atau beberapa pertanyaan pemantik untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
  4. Guru memberikan lembar asesmen diagnostik.
  5. Guru menyampaikan bahwa hari ini, siswa akan belajar cara menyebutkan buah-buahan dalam Bahasa Inggris.
  • Kegiatan Inti
  1. Guru memberikan pertanyaan pemantik seperti: What do you see in the picture? What kind of fruits are there? Can you count how many mangoes there are?
  2. Siswa kemudian menjawab pertanyaan guru sebagai kegiatan pemanasan sebelum masuk ke kegiatan inti pembelajaran.
  3. Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama suatu lagu tentang buah-buahan untuk meningkatkan kosakata siswa mengenai buah-buahan. Berikut link video yang dapat guru nyanyikan bersama siswa di kelas.

4. Guru memberikan review mengenai buah-buahan yang ada di video tersebut dengan menunjukkan gambar dan memberikan artinya ke dalam Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sampai semua kosakata dalam video disampaikan.

5. Guru mengajak siswa untuk melakukan latihan tentang kosakata buah-buahan dengan bermain kartu bergambar.

6. Guru dapat meminta siswa untuk membuat kelompok sesuai dengan jumlah siswa dan menebak kata dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan gambar-gambar buah-buahan di kartu bergambar.

7. Guru mengunduh file untuk kartu bergambar yang nantinya akan digunakan untuk bermain dan mencetak kartu bergambar tersebut. Berikut merupakan link untuk mengunduh file kartu bergambar.

Fruits flashcards
Printable fruits flashcards. Words to practice include: apple, banana, kiwi, orange, lemon, mango, pear, strawberry, peach and more.

8. Guru menempelkan kartu bergambar yang telah dicetak di papan tulis atau menunjukkan gambar buah-buahan di kartunya saja tanpa kosakatanya. Guru mempersilakan siswa untuk menebak. Contoh percakapan antara guru dan siswa:  Teacher: "Okay students, what fruit is it?" Students: "It is an apple."

9. Jika siswa menebak kosakatanya dengan benar, guru dapat menempelkan kata tersebut tepat di bawah gambar. Kelompok yang menebak kata dengan benar, akan mendapatkan poin 10 per kata. Kelompok dengan poin terbanyak adalah kelompok yang menang.

10. Siswa menerima LKPD I.

11. Siswa memperhatikan soal latihan yang terdapat pada LKPD I.

12. Guru memberitahukan kepada siswa bahwa mereka akan menuliskan nama buah yang tepat untuk mengisi kotak di bawah gambar buah. Contoh instruksi guru: "Ok students, look at the picture. Now, fill in the box with the correct names of fruits."

13. Setelah selesai, guru dan siswa mendiskusikan jawaban yang benar.

Cara Memodifikasi Modul Proyek Referensi
Modul proyek referensi merupakan sumber daya yang berharga dalam dunia pengembangan dan pemrograman. Modul ini menyediakan kerangka kerja dan pedoman untuk mengembangkan proyek

- Kegiatan Akhir

  1. Guru memberikan masukan terhadap presentasi/diskusi/tugas yang dilakukan oleh siswa.
  2. Guru menyimpulkan keseluruhan materi yang telah disampaikan.
  3. Guru menyampaikan arahan untuk penilaian harian pada pertemuan selanjutnya.
  4. Guru memberikan saran kepada siswa untuk tetap berlatih dan belajar di rumah.
  5. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap meningkatkan sikap baik di rumah maupun di lingkungan siswa.

ASESMEN PENILAIAN

Asesmen Diagnostik

Asesmen diagnostik ini akan disusun berdasarkan kompetensi awal (prasyarat) untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Pada kesempatan ini guru akan menggunakan lembar soal terlampir.

Asesmen Formatif

Asesmen formatif akan dilakukan di setiap pertemuan, meliputi penugasan Lembar Kerja Siswa (LKPD). LKPD tersebut akan diberikan kepada siswa setelah materi telah selesai dilaksanakan

Asesmen Sumatif

Asesmen sumatif ini akan dilakukan di akhir kegiatan pembelajaran yang meliputi tes tertulis dan portofolio.

Pengayaan

Pengayaan diberikan pada siswa yang sudah melebihi nilai ketuntasan dengan memberikan materi pembelajaran dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan seperti menyelesaikan soal HOTS ataupun lainnya.

Remedial

Remedial akan diberikan kepada siswa yang belum menuntaskan ujiannya, Tahapan remedial ini akan dilaksanakan melalui remedial teaching, tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes atau non-tes.

Demikianlah penjelasan mengenai modul ajar beserta contoh modul ajar Bahasa Inggris SD Kurikulum Merdeka yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat mengunjungi website Kejarcita.id untuk mendapatkan beberapa referensi modul ajar lainnya. Pada akhir bulan Juli ini Kejarcita akan mengadakan event premium 40JP. Jangan sampai ketinggalan event-nya, ya!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.