Contoh Ide Kegiatan MPLS

edukasi 18 Feb 2023

Ketika tahun ajaran baru sudah dimulai, para sisa akan disibukkan dengan kegiatan MOS alias Masa Orientasi Siswa. Istilah MOS ini sudah diubah menjadi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) sejak Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru diterbitkan.

Biasanya kegiatan MOS ini akan dilakukan beberapa hari dan diisi dengan beberapa kegiatan seru yang mendekatkan siswa baru dengan lingkungan sekolahnya. Pada kesempatan ini, kami akan membahas apa itu MPLS dan beberapa contoh ide kegiatan MPLS yang bisa dijadikan referensi di tahun ajaran baru nanti.

Apa yang Dimaksud dengan MPLS?

Secara sederhana, MPLS dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru terhadap semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan yang dilakukan tersebut tidak hanya sebatas antar siswa baru saja atau hanya dengan kakak kelas saja, namun juga disertai oleh pengenalan terhadap guru-guru di sekolah tersebut dan juga komponen-komponen lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa MPLS merupakan kegiatan pertama di sekolah yang bertujuan untuk pengenalan program sekolah, sarana dan prasarana sekolah, bagaimana cara belajar di sekolah tersebut, penanaman konsep pengenalan diri siswa, serta pembinaan awal kultur sekolah.

Biasanya kegiatan MPLS ini dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama sekitar tiga hari pada minggu pertama di awal tahun ajaran baru di sekolah.

Tujuan MPLS

Adapun tujuan dari kegiatan MPLS yang sesuai dengan Permendikbud No.18 tahun 2016, antara lain yaitu sebagai berikut:

- Mengenali potensi diri siswa baru

- Membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, yaitu seperti terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan pengenalan sarana prasarana yang ada di sekolah.

- Menumbuhkan motivasi, semangat, dan bagaimana cara belajar efektif sebagai siswa baru di sekolah.

- Menumbuhkan perilaku yang positif, seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan wujud dari persatuan, sikap yang disiplin, hidup bersih dan sehat guna untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja yang baik dan semangat gotong royong.

Rekomendasi Permainan Edukatif untuk Merdeka Belajar
Merdeka belajar memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.

Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Kegiatan MPLS

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan selama kegiatan MPLS dilakasanakan, antara lain yaitu sebagai berikut:

- Kegiatan perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan hanya menjadi hak guru.

- Dilarang melibatkan siswa senior dan/atau alumni sekolah sebagai penyelenggara kegiatan MPLS.

- Kegiatan MPLS dilakukan di lingkungan sekolah, kecuali sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai.

- Dilarang memungut biaya kepada siswa baru.

- Wajib melakukan kegiatan yang bersifat edukatif.

- Dilarang bersifat perpeloncoan atau melakukan tidak kekerasan lainnya.

- Wajib menggunakan seragam dan atribut resmi yang berasal dari sekolah.

- Dilarang memberikan tugas kepada siswa baru, misalnya seperti menggunakan atribut yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran siswa.

- Kegiatan ini dapat melibatkan tenaga kependidikan yang relevan dengan materi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Aktivias yang Dilarang Selama Pelaksanaan MPLS

Sebelum menyajikan beberapa contoh ide kegiatan MPLS, mari kita lihat beberapa aktivitas yang dilarang dalam pelaksanaan kegiatan MPLS, yaitu meliputi:

- Memberikan tugas kepada siswa baru untuk wajib membawa suatu produk tertentu ke sekolah

- Menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat

- Memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik, misalnya menyiram air atau memberikan hukuman yang mengarah kepada tindak kekerasan

- Memberi tugas yang tidak masuk akal, misalnya seperti membawa barang yang sudah tidak diproduksi atau berbicara kepada hewan

- Melakukan beberapa aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran di sekolah

Contoh Ide Kegiatan MPLS

Kegiatan MPLS dilakukan sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekolah kepada para siswa baru agar mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan beberapa aktivitas kegiatan belajar yang akan mereka lakukan nantinya. Adapun beberapa contoh ide kegiatan MPLS yang dapat Anda jadikan referensi di tahun ajaran baru kelak, yaitu meliputi:

1. Pengenalan Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah

Salah satu kegiatan MPLS yang tidak bisa ketinggalan yaitu mengenalkan beragam ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Sebagai bentuk pengenalan ekstrakulikuler, pihak sekolah biasanya akan melakukan acara pensi, misalnya seperti kegiatan pesta seni atau bisa pula dalam bentuk pameran.

Dengan adanya pengenalan ekstrakulikuler ini, diharapkan para siswa baru dapat mengenali minatnya dengan mudah dan mulai membuat beberapa rencana yang akan mereka lakukan di sekolah tersebut.

2. Bermain Game yang Bersifat Edukatif dan Menarik

Kegiatan MPLS akan terkesan membosankan jika hanya berisikan tentang materi saja. Oleh karena itu, pihak panitia penyelenggaran perlu menghadirkan beberapa permainan seru yang akan dilakukan para siswa baru. Permainan yang perlu dihadirkan yaitu berupa permainan yang edukatif, menarik dan juga menghibur. Adapun beberapa contoh permainan yang dapat dilakukan selama kegiatan MPLS, yaitu meliputi:

- Tebak Kata atau Kalimat

Permainan ini dapat menguji kreativitas siswa dalam berpikir. Dalam pelaksanaannya, permainan ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 5 – 10 orang. Untuk melakukan permainan ini salah satu perwakilan kelompok harus memperagakan kata atau kalimat yang tertera, kemudian siswa lainnya akan menebak kata atau kalimat tersebut.

- Ekor Naga

Salah satu permainan yang dapat melihat kekompakan suatu kelompok yaitu dengan bermain ekor naga. Pada permainan ini siswa harus membentuk kelompok dan berbaris memanjang seperti ular. Siswa yang berada di barisan terakhir harus dikaitkan dengan balon, kemudian siswa lainnya harus berpegangan pada pinggang temannya, lalu siswa yang berapa di barisan terdepan harus memecahkan balon yang ada.

3. Pengenalan Guru dan Staff Sekolah

Pada kesempatan ini, pihak panitia akan mengenalkan guru-guru yang mengajar di sekolah serta para straf yang bekerja di sekolah. Kegiatan ini harus dilakukan, karena dengan adanya pengenalan guru tersebut siswa bisa lebih mudah dalam menjalani proses kegiatan belajar di kelas.

Sarana Prasarana di Sekolah untuk Mendukung Kemajuan Belajar Era Sekarang
Sarana pendidikan adalah perlengkapan yang digunakan dalam proses pendidikan, misalnya seperti meja, kursi, dan media pembelajaran.

4. Pengenalan Visi, Misi, dan Sarana Prasarana di Sekolah

Selain mengenal guru dan staff yang bekerja di sekolah, para siswa baru juga perlu diperkenalkan dengan visi misi sekolah. Dengan begitu, siswa bisa lebih memahami tujuan dari kegiatan pembelajaran yang diadakan pihak sekolah.

5. Kegiatan Renungan dan Memberikan Motivasi pada Siswa Baru

Adapun contoh ide kegiatan MPLS lain yang dapat dilakukan yaitu mengadakan kegiatan renungan dan motivasi di akhir kegiatan MPLS. Untuk membuat kegiatan menjadi lebih seru dan menarik, panitia kegiatan bisa mengadakan lomba yel-yel. Setelah perlombaan tersebut selesai, kegiatan MPLS bisa ditutup dengan melakukan renungan, menyampaikan motivasi belajar, dan doa bersama.

Demikianlah penjelasan tentang kegiatan MPLS dan beberapa ide kegiatan MPLS yang bisa dilakukan di tahun ajaran baru nanti. Adapun hal yang perlu diingat yaitu kegiatan MPLS ini sangat berbeda dari MOS beberapa tahun yang lalu. Tidak ada lagi kekerasan dan tindakan aneh yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.