Sarana Prasarana di Sekolah untuk Mendukung Kemajuan Belajar Era Sekarang

edukasi 13 Jan 2023

Di tengah era globalisasi seperti saat ini, guru ditantang untuk lebih matang dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman. Salah satu upaya untuk menghadapi tantangan itu ialah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Caranya dapat melalui proses kegiatan belajar di sekolah.

Suksesnya suatu kegiatan pembelajaran didukung oleh adanya pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tersebut. Pada kesempatan ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai sarana prasarana yang mendukung kemajuan belajar siswa di era sekarang.

Penjelasan tentang Sarana Prasarana

Sarana pendidikan adalah perlengkapan yang digunakan dalam proses pendidikan, misalnya meja, kursi, dan media pembelajaran. Di sisi lain, prasarana pendidikan adalah fasilitas yang dapat menunjang jalannya suatu proses pendidikan, seperti lapangan sekolah, taman, perpustakaan, dan laboratorium. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sarana prasarana adalah fasilitas pendukung yang berperan penting dalam menunjang proses kegiatan belajar siswa di sekolah.

Sarana dan prasarana adalah salah satu sumber daya yang sangat penting dalam menunjang proses kegiatan belajar di sekolah. Keberhasilan suatu program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi dari sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki sekolah, serta optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan dari sarana dan prasarana tersebut.

Fungsi Sarana Prasarana Pendidikan

Kondisi sarana prasarana pendidikan dapat dilihat dari letak fungsi sarana dan prasarana pendidikan pada proses kegiatan pembelajaran di sekolah.

Alasan Pentingnya Fasilitas Sekolah

Fasilitas yang dimaksud di sini, yaitu sarana dan prasarana yang digunakan oleh semua pihak yang ada di sekolah, seperti guru, siswa, kepala sekolah, maupuh pihak tata usaha (TU). Dalam penerapannya, fasilitas sekolah dapat berpengaruh terhadap kualitas sekolah. Prasarana merupakan alat tidak langsung yang dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan dalam pendidikan. Di sisi lain sarana adalah alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan, seperti buku, media belajar, perpustakaan, laboratorium, dan lain sebagainya.

Beberapa peran sarana dan prasarana terhadap proses kegiatan pembelajaran di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Dapat Membantu Siswa untuk Fokus dalam Belajar

Dalam penerapannya, ada beberapa konsep pelajaran yang perlu dijelaskan dengan menggunakan alat bantu. Sebagai contoh, rumus Matematika akan lebih mudah dipahami siswa jika guru menjelaskan rumusnya secara lisan, bukan hanya sekadar teori saja. Dengan adanya fasilitas sekolah ini, guru dapat tertolong dalam menjelaskan konsep pelajaran yang abstrak secara konkret. Dengan begitu, siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari sehingga mereka bisa lebih fokus dalam mendengarkan pelajaran.

2. Dapat Meningkatkan Pengalaman Belajar

Fasilitas sekolah tidak hanya bisa membantu siswa menjadi lebih fokus dalam belajar saja, tetapi  juga dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. Mari kita ambil contoh ketika mempelajari sejarah Indonesia. Sejarah Indonesia tentu saja akan lebih mudah dipahami dan lebih menarik ketika guru menjelaskannya dengan menggunakan media belajar, tidak hanya sekadar menjelaskannya berdasarkan teks yang ada di buku pelajaran saja.

3. Dapat Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Ruang

Sarana dan prasarana sekolah juga dapat membantu guru, siswa, maupun anggota-anggota sekolah lainnya untuk menyediakan informasi belajar secara bersamaan tanpa hambatan waktu ataupun ruang. Selain itu, dengan adanya fasilitas sekolah yang lengkap, siswa bisa belajar dengan lebih giat dan juga lebih cepat karena mereka bisa menerima materi pelajaran dengan baik.

7 Metode Praktis untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Siswa
Keterampilan motorik menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap anak dan harus ditingkatkan sejak dini.

4. Dapat Mendukung Siswa untuk Mengasah Potensi yang Dimilikinya

Dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap, potensi ssiwa dapat berkembang dengan pesat. Dapat dikatakan bahwa sarana prasarana yang mendukung kemajuan belajar siswa di era sekarang sangat penting untuk kemajuan pendidikan seorang siswa. Sebagai contoh, pengadaan alat-alat olahraga akan sangat membantu siswa dalam mengembangkan potensi nonakademik di bidang olahraga.

5. Dapat Membuat Lingkungan Belajar Menjadi Lebih Nyaman

Tidak hanya itu saja, sarana dan prasarana yang lengkap juga dapat mempengaruhi lingkungan belajar siswa. Semakin baik dan lengkap sarana prasarana yang dimiliki sekolah, maka lingkungan belajar yang dimiliki siswa akan semakin nyaman dan kondusif. Misalnya, jika siswa belajar di ruangan kelas yang bersih dan ber-AC, proses kegiatan belajar akan lebih nyaman dan fokus jika dibandingkan dengan ruangan kelas yang panas dan tidak terurus.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar yang nyaman secara tidak langsung dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai, siswa dapat belajar banyak hal baru dengan cara yang mudah dan lebih menarik. Oleh karena itu, penting sekali untuk para orang tua untuk memerhatikan kondisi dan kelengkapan fasilitas yang dimiliki sekolah.

Sarana Prasarana yang Mendukung Kemajuan Belajar Era Sekarang

Adapun sarana yang dapat mendukung kemajuan belajar era sekarang adalah sebagai berikut.

- Media Belajar

Media belajar yang saat ini digunakan yaitu bersifat elektrik dan selalu menggunakan jaringan internet. Hal ini tentu wajar karena perkembangan zaman yang semakin pesat. Oleh karena itu, guru harus siap dalam menghadapi adanya tantangan perkembangan zaman ini.

- Komputer

Saat ini, kebanyakan sekolah sudah memiliki beberapa komputer untuk digunakan setiap siswanya. Dengan diberikannya pembelajaran dalam mengoperasikan komputer, keterampilan siswa akan semakin meningkat, terutama dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan informasi.

- Alat Olahraga

Anak muda zaman sekarang saat ini tidak hanya berfokus dalam meningkatkan kemampuan akademiknya saja. Mereka juga cenderung lebih memperhatikan keadaan fisiknya. Dengan adanya alat olahraga di sekolah, siswa tidak hanya dapat melatih fisiknya agar tetap sehat saja. Siswa juga dapat menemukan bakat yang mereka miliki dengan fasilitas tersebut.

- Peralatan Praktikum

Ilmu tidak hanya didapat dari buku-buku yang berisikan teori saja, tetapi juga dapat didapatkan dari adanya praktikum. Oleh karena itu, bisa dikatakan peralatan praktikum sangat penting untuk siswa, terutama dalam menemukan sesuatu konsep yang abstrak menjadi lebih konkret.

Sementara itu, prasarana yang dapat mendukung kemajuan belajar era sekarang di antaranya adalah sebagai berikut.

- Ruang Kelas yang Nyaman

Ruang kelas yang bersih dan nyaman dapat membuat siswa lebih kondusif dalam belajar. Dengan begitu, proses kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar. Tujuan belajar juga akan mungkin dapat terpenuhi dengan baik.

- Ruang Olahraga

Ruang olahraga sangat penting untuk siswa yang ingin melatih keterampilannya dalam berolahraga.

- Ruang Praktikum

Fasilitas ini sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Pasalnya, tidak jarang ruang praktikum akan mengalami beberapa insiden. Dengan persiapan yang matang, siswa dapat lebih nyaman dalam bereksperimen.

- Perpustakaan

Walaupun zaman semakin canggih dan semuanya sudah serba digital, perpustakaan tetap dibutuhkan oleh setiap sekolah. Untuk meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah, pihak guru harus lebih update dalam mengelola buku yang sedang hits dan dibutuhkan oleh para siswa sekarang.

Literasi di Era Digital, Apa saja jenisnya?
Literasi adalah kemampuan membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam kehidupan.

- Lapangan Olahraga

Dengan memiliki lapangan olahraga yang luas, siswa akan menjadi lebih bebas dalam berolahraga. Jika siswa lebih leluasa, olahraga akan terasa menyenangkan.

- Kantin Sehat

Kantin sehat sangat penting untuk dimiliki setiap sekolah. Ini merupakan salah satu cara sekolah untuk menjaga kesehatan setiap siswa dan masyarakat di sekolah. Kantin ini menyediakan aneka makanan sehat yang baik untuk tubuh siswa.

Demikianlah penjelasan mengenai sarana prasarana yang mendukung kemajuan belajar siswa di era sekarang. Semoga dapat membantu!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.