Contoh Akun Belajar.id
Akun Belajar.id adalah platform digital yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, yang ditujukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penguatan sistem pendidikan nasional. Akun Belajar.id memberikan akses ke berbagai fitur dan aplikasi pembelajaran yang terintegrasi, termasuk:
- Aplikasi Merdeka Belajar
- Google Classroom
- Microsoft Teams for Education
- Zoom
- OneNote
- Dan berbagai fitur lainnya yang dapat membantu dalam proses pembelajaran.
Daftar Pengguna dan Non Pengguna Akun Belajar.id
Dalam penerapannya, akun belajar.id terdiri dari nama akun dan kata sandi yang berguna untuk mengakses berbagai aplikasi kegiatan pembelajaran atau platform yang telah disediakan Kemendikbudristek.
Berdasarkan PERSESJEN No. 20 tahun 2022, akun belajar.id ini dapat digunakan oleh para pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dinas pendidikan, dan pihak-pihak lainnya untuk kepentingan proses kegiatan pembelajaran, selama kegiatan tersebut berada di dalam wewenang Kemendikbudristek.
Untuk memudahkan Anda mengetahui daftar pengguna dan non pengguna Akun belajar.id, silakan simak pada tabel di bawah ini:
Pengguna |
Bukan Pengguna |
Peserta
Didik, meliputi:
|
-
Peserta Didik, Pendidik, dan
Tenaga Kependidikan yang satuan pendidikannya berada di bawah naungan
Kementerian Agama -
Tenaga Perpustakaan -
Tenaga Laboratorium, ataupun
Peran Ketenagakerjaan sejenis lainnya. -
Petugas Tata Usaha -
Petugas lainnya di dalam
lingkungan sekolah, misalnya: petugas kebersihan, keamanan, dan sebagainya. |
Pendidik (termasuk Pamong Belajar) pada pendidikan
anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, sekolah luar biasa,
dan kesetaraan |
|
Tenaga
Kependidikan pada
pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, sekolah
luar biasa dan kesetaraan meliputi:
|
|
Dinas
Pendidikan, meliputi
|
|
Pegawai
Kemendikbudristek |
|
Badan
Penyelenggara Satuan Pendidikan |
|
Instansi Pusat
dan pihak lain yang bekerja sama dengan Kemendikbudristek |
|
Peserta
Program Prioritas Kemendikbudristek |
Satuan Didik dan Non Satuan Didik
Berdasarkan penjelasan di atas dapat dilihat bahwa tipe pengguna akun belajar.id dapat dibagi menjadi beberapa kategori pengguna. Selain itu, setiap akun belajar.id juga memiliki nama akun (User Id) dengan domain khusus yang dibuat berdasarkan tipe penggunanya masing-masing.
Berikut penjelasanya:
Satuan Pendidikan:
Jenjang |
Peran |
Nama Akun |
Pendidikan Anak Usia Dini |
Peserta Didik |
|
Pendidik |
||
Tenaga
Kependidikan |
||
Sekolah Dasar |
Peserta Didik |
|
Pendidik |
||
Tenaga
Kependidikan |
||
Sekolah Menengah Pertama |
Peserta Didik |
|
Pendidik |
||
Tenaga
Kependidikan |
||
Sekolah Menengah Atas |
Peserta Didik |
|
Pendidik |
||
Tenaga
Kependidikan |
||
Sekolah Menengah Kejuruan |
Peserta Didik |
|
Pendidik |
||
Tenaga
Kependidikan |
||
Sekolah Luar Biasa |
Peserta Didik |
|
Pendidik |
||
Tenaga
Kependidikan |
||
Program Paket A, Program
Paket B, dan Program Paket C |
Peserta Didik |
|
Pendidik |
||
Tenaga
Kependidikan |
Non Satuan Pendidikan:
Jenjang |
Peran |
Nama Akun |
Pemerintah Daerah |
Dinas
Pendidikan |
|
Kemendikbudristek |
Pegawai
Kementrian |
|
Badan Penyelenggara Satuan Pendidikan |
Yayasan |
|
Instansi Pusat dan pihak lain
yang bekerja sama dengan Kemendikbudristek |
Konsultan |
|
Mitra |
||
Peserta Program Prioritas
Kemendikbudristek |
Penggerak |
|
Instruktur |
||
Program |
Untuk para pengguna yang termasuk kategori pada tabel di atas, dapat segera mendapatkan dan mengaktivasi akun belajar.id.
Aktivasi Akun Belajar.id
Untuk mengaktivasi akun Belajar.id, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Melalui Login:
- Buka laman Belajar.id di browser: Belajar.id.
- Masukkan nama akun (User ID) dan kata sandi (password) yang telah Anda peroleh.
- Setelah berhasil masuk, Anda diminta untuk menyetujui setiap syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran. Kemudian, pada langkah selanjutnya Anda harus mengganti kata sandi (password) jika memang diperlukan.
Pastikan akun Anda sudah aktif sebelum menggunakan layanan Belajar.id. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mendapatkan atau mengaktifkan akun Belajar.id, Anda dapat menghubungi Pusat Informasi Belajar.id untuk bantuan lebih lanjut.
Syarat dan Ketentuan untuk Aktivasi Akun Belajar.id
Syarat dan ketentuan untuk mengaktivasi akun Belajar.id meliputi:
- Memiliki User ID dan kata sandi: Untuk mengakses layanan Belajar.id, Anda perlu memiliki User ID dan kata sandi yang valid.
- Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan: Setelah masuk, Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran.
- Verifikasi email: Beberapa langkah aktivasi akun mungkin melibatkan verifikasi email untuk memastikan keabsahan akun yang didaftarkan.
Dengan memenuhi syarat dan ketentuan di atas, Anda akan dapat mengaktivasi akun Belajar.id dan mengakses berbagai fitur serta aplikasi pembelajaran yang terhubung dengan platform tersebut.
Selain akun belajar.id, terdapat platform pembelajaran lain yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu Kejarcita.id. Platform Kejarcita.id dapat diakses melalui website https://kejarcita.id/.
Kejarcita merupakan platform edutech yang ditujukan untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran sekolah. Kejarcita memiliki berbagai fitur yang dapat membantu sekolah, guru dan siswa dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran, termasuk :
- Capaian Pembelajaran dan Panduannya
- Bank ATP dan Panduannya
- Bank Modul Ajar dan Panduannya
- Profil Pelajar Pancasila
- Bank Modul Proyek
- Panduan P5
- Asesmen Awal
- Bank RPP
- dan Webinar yang akan dilakukan di setiap bulannya yang dapat membantu sekolah dan guru dalam proses kegiatan belajar.
Setelah Anda melakukan aktivasi Akun belajar.id, akun Anda dapat langsung digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang tersedia di Google Workspace, salah satunya adalah Gmail.
G-mail adalah salah satu layanan e-mail yang dapat membantu Anda untuk tetap terhubung dengan pendidik dan peserta didik. Adapun fitur terbaik yang dimiliki G-mail adalah tab penelusuran. Dengan adanya fitur tersebut, Anda akan lebih cepat dan mudah dalam menelusuri semua e-mail yang Anda miliki, sehingga Anda tidak perlu memakan waktu terlalu lama untuk menemukan pesan lama.
Adapun cara yang dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan e-mail belajar.id yaitu dengan panduan atau langkah seperti di bawah ini:
Mengakses email Belajar.id
Untuk memiliki akses ke semua aplikasi yang tersedia di Google Workspace, Anda harus memastikan bahwa Anda telah masuk ke akun G-mail Anda terlebih dahulu, berikut adalah caranya :
- Buka laman gmail.com
- Masukkan nama akun (User Id) belajar.id milik Anda, kemudian klik tombol Berikutnya
- Masukkan kata sandi (password) milik Anda, kemudian klik tombol Berikutnya
- Anda akan masuk ke email akun belajar.id
Mengirim email
Setelah berhasil memasuki e-mail belajar.id, Anda dapat langsung mengirimkan e-mail dengan panduan seperti di bawah ini, yaitu:
- Di sisi paling kiri, Anda akan menemukan tab Tulis
- Ketiklah detail pesan yang ingin Anda kirim. Jangan lupa untuk mengisi penerima, subjek, dan isi pesannya.
- a) Ketika Anda telah selesai memasukkan pesan, maka Anda dapat klik Kirim untuk mengirim pesan tersebut saat ini juga
b) Anda dapat klik Jadwalkan untuk mengirim pesan sesuai dengan waktu yang telah Anda tentukan.
Membuat dan Menambahkan Anggota ke Grup email
Untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan sesama pengguna akun belajar.id, Anda dapat membuat dan menggunakan grup e-mail sebagai wadah. Melalui grup e-mail tersebut Anda dapat mengirimkan satu e-mail ke semua orang yang telah tergabung di dalam grup tersebut.
Dalam pembuatan grup e-mail tersebut, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah masuk ke e-mail belajar.id, kemudian ikuti panduan atau langkah berikut:
- Pada panel aplikasi, Anda dapat klik Google Grup atau langsung masuk ke dalam laman group.google.com
- Kemudian pilihlah Buat Grup (Create Group)
- Lalu masukkanlah informasi yang diperlukan dan pilih setelan untuk grup Anda
- Langkah terakhir, masukkanlah e-mail para anggota grup dan klik Buat Grup
Sebagai pemilik grup, Anda memiliki izin untuk mengelola anggota. Selain itu Anda dapat menambahkan anggota baru ke dalam grup dengan tiga cara, yaitu:
- Menggundang anggota baru tersebut dengan e-mail
- Menambahkan anggota baru tersebut ke dalam grup secara langsung
- Menyetujui anggota baru yang mengajukan permohonan untuk bergabung ke dalam grup
Catatan Penting : Undangan yang diberikan tidak akan berlaku setelah 7 hari, tetapi permintaan untuk bergabung ke dalam grup akan terus berlaku. Pada kasus ini, Anda dapat mengirim ulang undangan kepada anggota baru jika masa berlaku undangan telah berakhir.