7 Ide Kreatif Mengembangkan Alat Peraga Matematika

edukasi 5 Mar 2024

Alat peraga menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pembelajaran. Penggunaan alat peraga bisa membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Alat peraga bisa membuat konsep-konsep abstrak yang dijelaskan dalam materi pelajaran menjadi lebih nyata, sehingga bisa lebih dipahami oleh siswa.

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang banyak menggunakan alat peraga dalam proses pembelajarannya. Tentu agar pelajaran Matematika bisa lebih mudah dipahami secara menyenangkan, guru perlu mengembangkan alat peraga yang kreatif.

Pengertian Alat Peraga

sumber: https://www.pexels.com/

Alat peraga adalah bagian dari media pembelajaran. Alat peraga bisa didefinisikan sebagai semua benda yang digunakan sebagai perantara dalam  proses pembelajaran.

Adapun tujuan dari penggunaan alat peraga ini adalah untuk memperjelas materi pelajaran yang disampaikan, untuk merangsang perhatian, pikiran, dan kemampuan siswa saat pelajaran berlangsung.

Penggunaan alat peraga ini diharapkan bisa  meningkatkan efektifitas dan kelancaran dalam proses  belajar, terutama dalam hal memperjelas materi yang sedang dipelajari, sehingga pada akhirnya dapat mempercepat proses perubahan tingkah laku siswa karena telah memahami dan menggunakan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas apa yang dimaksud dengan alat peraga Matematika? Alat peraga Matematika merupakan alat atau media pembelajaran yang digunakan untuk membantu perhitungan matematika dengan berbagai macam bentuk perhitungan mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan jenis operasi hitung lainnya. Alat peraga ini juga dapat digunakan untuk membantu guru dalam menjelaskan berbagai rumus-rumus Matematika.

Fungsi Alat Peraga Matematika

Penggunaan alat peraga Matematika ini memiliki banyak fungsi, diantaranya :

  1. Memberikan kemudahan dalam memahami konsep.
  2. Membantu siswa melakukan abstraksi atas pelajaran yang disampaikan oleh guru.
  3. Bentuk variasi dalam metode pembelajaran, agar siswa tidak bosan dan lebih antusias saat belajar.
  4. Membuat waktu belajar lebih efisien, sebab siswa akan lebih cepat memahami materi pelajaran dengan adanya alat peraga matematika ini.
  5. Mampu mengembangkan setiap topik pembelajaran.
  6. Membuat Matematika menjadi lebih kontekstual, lebih mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Membuat siswa lebih termotivasi belajar. Dengan alat peraga siswa menjadi lebih tertarik belajar dan memiliki citra positif terhadap pelajaran Matematika.
  8. Membantu siswa dalam memahami konsep Matematika.
  9. Mampu menghubungkan  antara konsep abstrak matematika dengan kondisi lingkungan yang ada disekitarnya.

Syarat Pembuatan Alat Peraga Matematika

Lalu bagaimana guru menyajikan alat peraga Matematika yang tepat? Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam membuat alat peraga Matematika yang baik dan sesuai dengan standar kompetensi kurikulum?

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh alat peraga Matematika menurut E.T Ruseffendi, yaitu meliputi:

  • Bersifat tahan lama, yang berarti terbuat dari bahan-bahan yang cukup kuat.
  • Bentuk dan warnanya menarik.
  • Sederhana dan mudah dikelola.
  • Ukurannya sesuai (seimbang) dengan fisik anak.
  • Dapat menyajikan konsep Matematika dengan baik, memiliki bentuk yang real, dimuat ke dalam gambar, maupun diagram.
  • Sesuai dengan konsep Matematika.
  • Dapat memperjelaskan konsep Matematika dan bukan sebaliknya.
  • Dapat digunakan sebagai dasar dalam menumbuhkan konsep berpikir abstrak siswa.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa, keaktifan dan sikap mandiri siswa dalam proses kegiatan belajar.
  • Dapat digunakan berulang kali.

Sepuluh persyaratan alat peraga Matematika diatas bisa digunakan guru sebagai poin-poin dalam membuat alat peraga Matematika.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Alat Peraga Matematika

Selain harus memenuhi sepuluh syarat-syarat diatas, dalam membuat alat peraga Matematika ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru, yaitu :

- Tujuan Pembelajaran

Saat akan membuat alat peraga Matematika, pastikan alat yang Anda buat sesuai dengan tujuan pemebelajaran yang ingin dicapai. Tak hanya bertujuan agar siswa lebih memahami mata pelajaran saja, tapi harapannya alat peraga bisa membuat siswa lebih meningkat kemmapuan kognitif dan psikomotoriknya setelah proses pembelajaran berlangsung.

- Materi Pelajaran

Penggunaan alat peraga Matematika biasanya digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dasar Matematika. Harapannya dengan memahami materi dasar Matematika, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi selanjutnya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi.

- Strategi Pembelajaran

Penggunaan alat peraga Matematika ini sebagai salah satu strategi pembelajaran dalam menyampaikan materi lebih mudah dan menarik. Biasanya saat menggunakan alat peraga Matematika, strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi permainan dan penemuan.

- Situasi Pembelajaran

Alat peraga Matematika ini bisa digunakan pada situasi pembelajaran tertentu, misalnya situasi disaat kelas penuh. Alat peraga membuat guru lebih mudah menarik perhatian siswa. Sehingga guru bisa lebih mudah mengajar.

· Siswa

Penggunaan alat peraga Matematika ini akan lebih optimal jika digunakan pada kelompok siswa yang masih kesulitan memahami konsep-konsep dasar Matematika. Atau bisa juga digunakan ketika siswa mempelajari sebuah materi baru.

Ide Kreatif Mengembangkan Alat Peraga Matematika

sumber: https://www.pexels.com/

Jika sudah memahami syarat dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat alat peraga Matematika, kini saatnya Anda mulai membuat alat peraga Matematika.

Pastikan Anda membuat alat peraga matematika yang kreatif. Alat peraga Matematika yang kreatif tentu akan membuat siswa lebih tertarik belajar, sehingga akan lebih mudah memahami materi pelajaran.

Berikut adalah contoh tujuh alat peraga matematika yang kreatif :

1. Kartu Domino dan Remi

Anda bisa menggunakan kartu domino dan remi sebagai alat peraga Matematika dalam menjelaskan konsep-konsep dasar matematika, mengelompokkan dan menyusun pola.

Ajak siswa mengelompokkan kartu sesuai jenisnya. Atau melakukan operasi hitungan dengan menggunakan kartu domino.

2. Stik Es Krim

Stik es krim bisa menjadi alat peraga Matematika yang bisa Anda kreasikan menjadi beragam bentu. Misalnya menyusun stik es krim menjadi bentuk-bentuk geometri. Atau  belajar berhitung dengan menggunakan stik es krim.

3. Balok Kayu

Balok kayu menjadi alat peraga Matematika yang banyak digunakan. Balok kayu menjadi alat peraga yang sangat cocok untuk mengenalkan beragam bentuk geometri. Sebab balok kayu ini memiliki beragam bentuk, mulai dari kubus, persegi, persegi panjang, segitiga, prisma, lingkaran hingga setengah lingkaran.

4. Playdough

Playdough ini banyak dijual dengan beragam cetakannya. Membuat siswa bisa berkreasi membuat beragam bentuk dari cetakan ataupun bebas berkreasi. Plydough tak hanya bisa menjadi alat peraga Matematika saja. Bermain playdough bisa menstimulasi motorik halus, kesabaran dan konsentrasi ssiwa.

5. Kancing Warna-warni

Anda juga bisa menggunkan kancing warna-warni sebagai alat peraga Matematika. Kancing warna-wani bisa digunakan untuk mempelajari konsep hitungan matematika, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian hingga pembagian.

6. Kain Felt

Kain felt adalah kain tebal dan agak berbulu. Biasanya digunakan untuk membuat boneka. Kain felt ini bisa Anda gunakan untuk mengajak siswa-siswa Anda dalam membuat beragam bentuk-bentuk geometri.

7 Tugas Eksperimen Sains Untuk Siswa
Tugas eksperimen siswa SD. Metode eksperimen, membuat pembelajaran sains akan lebih menyenangkan dan tidak memusingkan siswa.

7. Tangram

Tangram adalah permainan puzzle Cina kuno, terdiri atas 7 bentuk geometri warna-warni. Ketujuh bentuk ini memiliki ukuran tertentu jika digabungkan dan membentuk sebuah persegi. Potongan-potongan ini bisa disusun menjadi bentuk geometri lainnya.

Contoh RPP Literasi dan Numerasi Kelas 3 dan 4
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebagai salah satu bagian terpenting dari perangkat pelajar. Berikut contoh RPP Literasi dan numerasi kelas 3 dan 4.

Demikian 7 ide kreatif mengembangkan alat peraga Matematika. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengajarkan materi matematika yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.