Capaian Pembelajaran Fisika Fase F

capaian pembelajaran 9 Okt 2023

A. Rasional Mata Pelajaran Fisika

Fisika merupakan pembelajaran yang mengkaji tentang sifat-sifat materi dalam ruang dan waktu, serta konsep-konsep mengenai gaya dan energi yang terkait. Fisika mengkaji tentang fenomena alam yang dimulai dari skala atomik hingga jagat raya dengan menggunakan kemampuan bernalar ilmiah yang dilakukan secara objektif dan kuantitatif yang diwujudkan dalam proses pengamatan, pengukuran, dan merancang model hubungan antar variabel yang terlibat dalam keteraturan alam, serta menyimpulkan suatu teori yang valid dan dapat diaplikasikan. Pembelajaran Fisika didasarkan oleh perkembangan bidang ilmu pengetahuan alam dan perkembangan teknologi modern yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia sudah sangat beragam, seperti pada perkembangan mekanik dan permesinan, otomotif, komputer dan otomasi, serta perkembangan teknologi dan komunikasi.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran Fisika juga memberi pembelajaran yang baik untuk kehidupan manusia, seperti hidup sesuai dengan hukum alam dan mampu mengelola sumber daya alam dan lingkungan sekitar dengan bijak. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang Fisika, manusia dapat mendukung upaya mitigasi dan mengurangi dampak bencana alam secara optimal.

Pada pembelajaran Fisika, peserta didik akan dilatih dalam melakukan penetilan sederhana mengenai fenomena alam. Peserta didik juga akan dilatih untuk menemukan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan sederhana, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan tersebut secara tertulis dan lisan. Melalui pembelajaran Fisika ini, peserta didik akan dilatih untuk memiliki penalaran ilmiah, kemampuan berpikir kritis, serta keterampilan dalam menyelesaikan masalah.

Capaian Pembelajaran Biologi Fase F
Biologi adalah pembelajaran yang mengkaji tentang fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang berkaitan dengan struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal mula dan distribusinya

B.   Tujuan Mata Pelajaran Fisika

Melalui pembelajaran Fisika, peserta didik dapat:

  1. Memiliki sikap yang menghargai dan menjaga keindahan alam;
  2. Memiliki sikap yang berintergritas, jujur, adil, bertanggung jawab, serta menghormati individu, kelompok, dan komunitas;
  3. Memahami prinsip-prinsip alam semesta yang konsisten sehingga peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis dan keterampilan penalaran kuantitatif;
  4. Bersikap ilmiah, yaitu memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap alam, sehingga peserta didik memiliki pengalaman untuk merumuskan suatu permasalahan secara kreatif; membuat dan menguji hipotesis; melakukan percobaan; merancang instrumen percobaan; mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data; serta mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tulisan; serta
  5. Memahami batas diri dan ingin mengembangkan diri, pengalaman belajar, dan menjadi pemelajar sepanjang hayat.

C.  Karakteristik Mata Pelajaran Fisika

Pembelajaran Fisika diorganisasikan ke dalam dua kategori, yaitu Pemahaman Fisika dan Keterampilan Proses.

Elemen

Deskripsi

Keterampilan Proses

Merupakan keterampilan saintifik dan rekayasa yang meliputi

o    mengamati,

o    mempertanyakan dan memprediksi,

o    merencanakan dan melakukan penyelidikan,

o    memproses dan menganalisis data dan informasi,

o    mencipta

o    mengevaluasi dan merefleksi dan

o    mengomunikasikan hasil

Pemahaman Fisika

Merupakan materi-materi yang perlu dikuasai peserta didik untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman fisika yang dikuasai adalah pengukuan, mekanika, fluida, getaran dan gelombang, termodinamika, listrik magnet, fisika modern dan radioaktifitas, teknologi digital,dan keberlangsungan energi dan lingkungan alam sekitar. 

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Fase F (Kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C)

Di akhir Fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip dari vektor ke dalam kinematika dan dinamika gerak partikel, usaha dan energi, fluida dinamis, getaran harmonis, gelombang bunyi, dan gelombang caya untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik ammpu menerapkan prinsip dan konsep dari energi kalor dan termodinamika dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Selain itu, peserta didik juga mampu menerapkan konsep dan prinsip listrik, dan kemagnetan dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan konsep dan prinsip dari gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah.

Capaian Pembelajaran Kimia Fase F
Pada pembelajaran Kimia, peserta didik akan memahami struktur dan proses kimia yang berguna untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, lingkungan dan sosial di dunia yang terus berkembang

Peserta didik juga mampu menganalisis kaitan besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum, dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga memliki kemampuan dalam memberi penguatan pada aspek fisika sesuai dengan minat peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman Fisika

Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor, kinematika dan dinamika gerak, fluida, gejala gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep kalor dan termodinamika, dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu memahami prinsip-prinsip gerbang logika dan pemanafaatannya dalam sistem komputer dan perhitungan digital lainnya. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.

Keterampilan Proses

1. Mengamati

Peserta didik mampu mengoptimalkan potensi menggunakan ragam alat bantu untuk melakukan pengamatan.

2. Mempertanyakan dan memprediksi

Peserta didik mampu mempertanyakan dan memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan permasalahan yang ada, dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk menyelesaikan masalah.

3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan

Peserta didik mengidentifikasi latar belakang masalah, merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam perencanaan penelitian.

Peserta didik membedakan variabel, termasuk yang dikendalikan dan variabel bebas, menggunakan instrumen yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Peserta didik menentukan langkah-langkah kerja dan cara pengumpulan data.

4. Memproses, menganalisis data dan informasi

Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen yang sesuai untuk penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara teliti dan benar, mengenal keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai.

Peserta didik menerapkan teknis/ proses pengumpulan data, mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan, menganalisis data dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan rekomendasi tindak lanjut/saran dari hasil penelitian.

5. Mencipta

Peserta didik mampu menggunakan hasil analisis data dan informasi untuk menciptakan ide solusi ataupun rancang bangun untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

6. Mengevaluasi dan refleksi

Peserta didik berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Peserta didik mengajukan argumentasi ilmiah dan kritis berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggungjawab terhadap usulannya.

Peserta didik bersikap jujur terhadap temuan data/fakta.

7. Mengomunikasikan hasil

Peserta didik menyusun laporan tertulis hasil penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan data, cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan kesimpulan yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian/penyelidikan secara lisan atau tulisan.

Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta konsep, menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar, dan menggunakan media yang sesuai dalam penyajian hasil pengolahan data.

Peserta didik mendeskripsikan kecenderungan hubungan, pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan peristilahan yang sesuai untuk bidang fisika.  

Itulah contoh dari Capaian Pembelajaran Fisika Fase F. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.