Capaian Pembelajaran Fisika Fase F
A. Rasional Mata Pelajaran Fisika
Fisika merupakan pembelajaran yang mengkaji tentang sifat-sifat materi dalam ruang dan waktu, serta konsep-konsep mengenai gaya dan energi yang terkait. Fisika mengkaji tentang fenomena alam yang dimulai dari skala atomik hingga jagat raya dengan menggunakan kemampuan bernalar ilmiah yang dilakukan secara objektif dan kuantitatif yang diwujudkan dalam proses pengamatan, pengukuran, dan merancang model hubungan antar variabel yang terlibat dalam keteraturan alam, serta menyimpulkan suatu teori yang valid dan dapat diaplikasikan. Pembelajaran Fisika didasarkan oleh perkembangan bidang ilmu pengetahuan alam dan perkembangan teknologi modern yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia sudah sangat beragam, seperti pada perkembangan mekanik dan permesinan, otomotif, komputer dan otomasi, serta perkembangan teknologi dan komunikasi.
Dalam pelaksanaannya, pembelajaran Fisika juga memberi pembelajaran yang baik untuk kehidupan manusia, seperti hidup sesuai dengan hukum alam dan mampu mengelola sumber daya alam dan lingkungan sekitar dengan bijak. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang Fisika, manusia dapat mendukung upaya mitigasi dan mengurangi dampak bencana alam secara optimal.
Pada pembelajaran Fisika, peserta didik akan dilatih dalam melakukan penetilan sederhana mengenai fenomena alam. Peserta didik juga akan dilatih untuk menemukan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan sederhana, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan tersebut secara tertulis dan lisan. Melalui pembelajaran Fisika ini, peserta didik akan dilatih untuk memiliki penalaran ilmiah, kemampuan berpikir kritis, serta keterampilan dalam menyelesaikan masalah.
B. Tujuan Mata Pelajaran Fisika
Melalui pembelajaran Fisika, peserta didik dapat:
- Memiliki sikap yang menghargai dan menjaga keindahan alam;
- Memiliki sikap yang berintergritas, jujur, adil, bertanggung jawab, serta menghormati individu, kelompok, dan komunitas;
- Memahami prinsip-prinsip alam semesta yang konsisten sehingga peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis dan keterampilan penalaran kuantitatif;
- Bersikap ilmiah, yaitu memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap alam, sehingga peserta didik memiliki pengalaman untuk merumuskan suatu permasalahan secara kreatif; membuat dan menguji hipotesis; melakukan percobaan; merancang instrumen percobaan; mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data; serta mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tulisan; serta
- Memahami batas diri dan ingin mengembangkan diri, pengalaman belajar, dan menjadi pemelajar sepanjang hayat.
C. Karakteristik Mata Pelajaran Fisika
Pembelajaran Fisika diorganisasikan ke dalam dua kategori, yaitu Pemahaman Fisika dan Keterampilan Proses.
Elemen |
Deskripsi |
Keterampilan Proses |
Merupakan keterampilan saintifik dan rekayasa
yang meliputi o mengamati, o mempertanyakan dan memprediksi, o merencanakan dan melakukan penyelidikan, o memproses dan menganalisis data dan informasi, o mencipta o mengevaluasi dan merefleksi dan o mengomunikasikan hasil |
Pemahaman Fisika |
Merupakan materi-materi yang perlu dikuasai
peserta didik untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman fisika yang dikuasai adalah
pengukuan, mekanika, fluida, getaran dan gelombang, termodinamika, listrik
magnet, fisika modern dan radioaktifitas, teknologi digital,dan keberlangsungan
energi dan lingkungan alam sekitar. |
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Fase F (Kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C)
Di akhir Fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip dari vektor ke dalam kinematika dan dinamika gerak partikel, usaha dan energi, fluida dinamis, getaran harmonis, gelombang bunyi, dan gelombang caya untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik ammpu menerapkan prinsip dan konsep dari energi kalor dan termodinamika dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Selain itu, peserta didik juga mampu menerapkan konsep dan prinsip listrik, dan kemagnetan dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan konsep dan prinsip dari gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah.
Peserta didik juga mampu menganalisis kaitan besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum, dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga memliki kemampuan dalam memberi penguatan pada aspek fisika sesuai dengan minat peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Pemahaman Fisika |
Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip
vektor, kinematika dan dinamika gerak, fluida, gejala gelombang bunyi dan
gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan
konsep kalor dan termodinamika, dengan berbagai perubahannya dalam mesin
kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik
statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang
elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu memahami
prinsip-prinsip gerbang logika dan pemanafaatannya dalam sistem komputer dan
perhitungan digital lainnya. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan
antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum
dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam
kehidupan sehari-hari dan teknologi. |
Keterampilan Proses |
1. Mengamati Peserta didik mampu mengoptimalkan potensi
menggunakan ragam alat bantu untuk melakukan pengamatan. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Peserta didik mampu mempertanyakan dan
memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan permasalahan yang
ada, dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk menyelesaikan masalah. 3. Merencanakan dan melakukan
penyelidikan Peserta didik mengidentifikasi latar belakang
masalah, merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam perencanaan
penelitian. Peserta didik membedakan variabel, termasuk yang
dikendalikan dan variabel bebas, menggunakan instrumen yang sesuai dengan tujuan
penelitian. Peserta didik menentukan langkah-langkah kerja
dan cara pengumpulan data. 4. Memproses, menganalisis data dan
informasi Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen
yang sesuai untuk penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara teliti dan
benar, mengenal keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai. Peserta didik menerapkan teknis/ proses
pengumpulan data, mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan,
menganalisis data dan menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan
rekomendasi tindak lanjut/saran dari hasil penelitian. 5. Mencipta Peserta didik mampu menggunakan hasil analisis
data dan informasi untuk menciptakan ide solusi ataupun rancang bangun untuk
menyelesaikan suatu permasalahan. 6. Mengevaluasi dan refleksi Peserta didik berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki
kepedulian terhadap lingkungan. Peserta didik mengajukan argumentasi ilmiah dan
kritis berani mengusulkan perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggungjawab
terhadap usulannya. Peserta didik bersikap jujur terhadap temuan
data/fakta. 7. Mengomunikasikan hasil Peserta didik menyusun laporan tertulis hasil
penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan data,
cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan kesimpulan
yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian/penyelidikan secara lisan atau
tulisan. Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data
dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta konsep,
menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar, dan
menggunakan media yang sesuai dalam penyajian hasil pengolahan data. Peserta didik mendeskripsikan kecenderungan
hubungan, pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan
peristilahan yang sesuai untuk bidang fisika. |
Itulah contoh dari Capaian Pembelajaran Fisika Fase F. Semoga bermanfaat!