Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B

capaian pembelajaran 26 Sep 2023

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B

A. Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kemampuan literasi adalah pondasi dari kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir. Bisa dikatakan bahwa semua bidang kajian, bidang kehidupan, serta tujuan-tujuan sosial akan menggunakan kemampuan literasi dalam penerapannya. Bisa dipastikan bahwa literasi merupakan kemampuan yang sangat penting untuk digunakan dalam bekerja dan belajar sepanjang hayat.

Kemampuan literasi bisa dikembangkan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran ini memuat banyak kegiatan, yaitu seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan bagaimana cara mempresentasikan sesuatu di depan kelas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Adapun model pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu pedagodi genre. Model pedagogi genre ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction).

Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan melalui model-model pembelajaran lain yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran tertentu. Dengan melakukan pembinaan dan pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia, peserta didik akan tumbuh sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase A
Kemampuan literasi dibutuhkan di semua bidang kehidupan, di mana pada kemampuan ini kita tidak hanya belajar tentang kemampuan berbahasa saja, tetapi juga kemampuan bersastra dan kemampuan berpikir

B. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia siswa dapat memiliki:

  1. akhlak yang mulia, terutama dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang santun;
  2. sikap menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara Republik Indonesia;
  3. kemampuan berbahasa dengan membaca berbagai jenis teks multimodal (lisan, tulisan, visual, audio, dan audiovisual) untuk berbagai jenis konteks pembelajaran;
  4. kemampuan literasi, seperti berbahasa, bersastra, dan berpikir kritis yang berguna untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat;
  5. rasa percaya diri untuk berekspresi sebagai seorang individu yang cakap, mandiri, mau bergotong royong, dan bertanggung jawab;
  6. rasa peduli terhadap budaya lokal dan lingkungan sekitarnya; serta
  7. rasa peduli dan keinginan untuk berkontribusi sebagai warga negara Indonesia dan dunia yang demokratis dan memiliki rasa keadilan.

C. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran Indonesia adalah modal dasar peserta didik untuk belajar dan bekerja di masa depan kelas. Pelajaran ini lebih berfokus pada kemampuan literasi. Pembelajaran Bahasa Indonesia akan membina dan mengembangkan rasa percaya diri peserta didik untuk menjadi seorang komunikator, pemikir yang kritis, kreatif dan juga imajinatif, serta membimbing peserta didik agar dapat menguasai literasi digital dan informasional.

Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa pembelajaran Indonesia akan membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan kemampuan literasi siswa yang dapat mendukung pendidikannya dan dunia kerja kelak.

Pembelajaran Bahasa Indonesia akan mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berbahasa reseptif (menyimak, membaca, dan memirsa), dan keterampilan peserta didik dalam berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menylis). Jika dikembangkan secara tekun, kompetensi ini akan sangat bermanfaat bagi peserta didik. Pengembangan kompetensi peserta didik dalam berbahasa, bersastra, dan berpikir diharapkan dapat membentuk keterampilan literasi tinggi dan berkarakter Pancasila.

Area Pembelajaran

Kemampuan

Sub-Kemampuan

Bahasa

Reseptif

Menyimak

Membaca dan Memirsa

Produktif

Berbicara dan Mempresentasikan

Menulis

Elemen

Deskripsi

Menyimak

Menyimak adalah kemampuan peserta didik menerima, memahami, dan memaknai informasi yang didengar dengan sikap yang baik agar dapat menanggapi mitra tutur. Proses yang terjadi dalam menyimak mencakup kegiatan seperti mendengarkan dengan konsentrasi, mengidentifikasi, memahami pendapat, menginterpretasi tuturan bahasa, dan memaknainya berdasarkan konteks yang melatari tuturan tersebut. Komponen-komponen yang dapat dikembangkan dalam menyimak di antaranya kepekaan terhadap bunyi bahasa, sistem isyarat, kosakata, struktur bahasa (tata bahasa), makna, dan metakognisi.

Membaca dan Memirsa

Membaca adalah kemampuan peserta didik untuk memahami, memaknai, menginterpretasi, dan merefleksi teks sesuai tujuan dan kepentingannya untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan potensinya. Memirsa merupakan kemampuan peserta didik untuk memahami, memaknai, menginterpretasi, dan merefleksi sajian cetak, visual dan/atau audiovisual sesuai tujuan dan kepentingannya untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan potensinya. Komponenkomponen yang dapat dikembangkan dalam membaca dan memirsa di antaranya kepekaan terhadap fonem, huruf, sistem isyarat, kosakata, struktur bahasa (tata bahasa), makna, dan metakognisi. 

Berbicara dan Mempresentasikan

Berbicara adalah kemampuan peserta didik untuk menyampaikan gagasan, tanggapan, dan perasaan dalam bentuk lisan dengan santun.

Mempresentasikan merupakan kemampuan memaparkan gagasan atau tanggapan secara fasih, akurat, bertanggung jawab, mengajukan dan/atau menanggapi pertanyaan/pernyataan , dan/atau menyampaikan perasaan secara lisan sesuai konteks dengan cara yang komunikatif dan santun melalui beragam media (visual, digital, audio, dan audiovisual).

Komponen-komponen yang dapat dikembangkan dalam berbicara dan mempresentasikan di antaranya kepekaan terhadap bunyi bahasa, sistem isyarat, kosakata, struktur bahasa (tata bahasa), makna, dan metakognisi.

Menulis

Menulis adalah kemampuan menyampaikan gagasan, tanggapan, dan perasaan dalam bentuk tulis secara fasih, akurat, bertanggung jawab, dan/atau menyampaikan perasaan sesuai konteks.

Komponen-komponen yang dapat dikembangkan dalam menulis di antaranya penggunaan ejaan, kosakata, kalimat, paragraf, struktur bahasa , makna, dan metakognisi dalam beragam jenis teks. 

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B (Untuk kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A)

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B, peserta didik akan memiliki kemampuan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi, bernalar, yang akan sangat berguna di lingkungan sekitarnya. Selain itu, peserta didik juga akan menunjukkan minat terhadap teks bacaan, di mana peserta didik telah mampu memahami dan menyampaikan gagasan dari suatu teks informatif, serta  peserta didik juga mampu mengungkapkan gagasannya dalam kerja kelompok dan diskusi dan mampu mengungkapkan pendapat yang dimilikinya secara lisan maupun tertulis.

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase B
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai dalam aspek pendidikan, bisnis, perdagangan, ilmu pengetahuan, hukum, pariwisata, hubungan internasional, kesehatan, dan juga teknologi.

Pada fase ini, peserta didik juga telah meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai jenis kegiatan berbahasa dan bersastra yang dirancang dengan topik yang beragam. Selain itu, peserta didik juga telah mampu membaca secara fasih dan lancar.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Menyimak

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio. 

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. 

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam. 

Menulis

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. 

Itulah contoh dari Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B. Kunjungi website Kejarcita.id untuk mendapatkan lebih banyak contoh Capaian Pembelajaran lainnya. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.