Bukan Hal Tabu, Ini Alasan Pentingnya Sex Education pada Anak

parenting 16 Des 2021

Kekerasan seksual bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak di bawah umur. Maraknya kasus kekerasan pada anak di bawah umur ini membuat banyak orang tua merasa khawatir akan keselamatan anaknya. Tentu ini menjadi PR sekaligus tantangan bagi orang tua bagaimana melindungi anaknya dari kasus kekerasan meskipun tidak setiap detik berada disampingnya.

Kekerasan seksual bisa terjadi di mana saja dan oleh siapa saja, bahkan di tempat yang kita anggap amat sekalipun dan orang-orang yang kita percaya. Terkadang, ketidaktahuan dan ketidakmampuan anak dalam melawan perlakuan mereka membuat peristiwa ini semakin menakutkan. Oleh sebab itu, sebetulnya sex education atau pendidikan seks bukanlah hal tabu dan harus diajarkan pada anak sejak dini.

Dengan mengetahui atau memahami sex education atau pendidikan seksual, anak bisa merespon hal yang terjadi pada dirinya dengan tepat. Anak juga tidak akan diam saja jika terjadi hal-hal yang tidak senonoh pada dirinya. Lantas apa sajakah yang perlu diajari dan diketahui anak sebagai bekal untuk melindungi dirinya ketika berada di luar?

Cara Mengenalkan Pendidikan Seks pada Anak Sejak Dini

Agar tidak terjadi kesalahpahaman pada anak mengenai pendidikan seks, maka Anda harus mengetahui cara mengenalkan pendidikan seks pada anak sejak dini dengan baik dan tepat. Berikut beberapa caranya:

1. Ajarkan Konsep Perbedaan Jenis Kelamin

Di usianya yang masih kecil, anak-anak biasanya bermain dengan siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Ini baik untuk kemampuan bersosialisasi mereka. Namun, sebagai orang tua Anda juga perlu mengajarkan perbedaan konsep jenis kelamin perempuan dan laki-laki agar tidak terjadi pergaulan yang di luar batas.

Konsep perbedaan jenis kelamin ini juga berfungsi agar anak bisa menggunakan toilet atau pakaian sesuai dengan jenis kelaminnya.

2. Kenalkan Anak Bagian-bagian Tubuh dan Fungsinya

Sebagai orang tua, Anda juga bisa memberikan penjelasan terkait bagian-bagian tubuh dan fungsinya pada anak, lalu beritahu juga bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain, seperti bibir, dada, organ reproduksi, dan lainnya.

3. Ajarkan Rasa Malu

Mengajarkan rasa malu di sini bukan berarti anak tidak boleh bergaul atau bersosialisasi, melainkan mengajarkan batasan dalam bermain atau melakukan hal dengan lawan jenis. Misalnya, tidak boleh melepas atau mengganti pakaian di tempat umum.

4. Pantau Aktivitas Anak

Sebagai orangtua, Anda harus membimbing dan mendidik anak, salah satunya dengan memantau aktivitas anak dan apa yang mereka lakukan. Memantau aktivitas bukan berarti membatasi pergerakannya, tetapi untuk menghindari hal-hal buruk yang mereka lakukan, misalnya memantau apa yang dilakukan anak saat membuka media sosial dan lainnya.

8 Peran Orang Tua Saat Anak Beranjak Remaja
Masa remaja adalah proses masa kanak-kanak menuju kedewasaan. Orangtua perlu lebih sabar dan mau mengerti tentang perubahan yang mereka alami.

Alasan Pentingnya Sex Education pada Anak

Setelah mengetahui cara memberi sex education yang baik dan benar pada anak, lantas apa sih alasan pentingnya orang tua harus mengajarkan hal ini pada anak sejak dini? Berikut ulasannya.

1. Menghindari Terjadinya Pelecehan Seksual

Saat ini pelecehan seksual tidak hanya pada remaja dan orang dewasa, akan tetapi pada anak juga memiliki kemungkinan. Mengajarkan sex education pada anak sangatlah penting, untuk memberikan penjelasan pada anak. Siapa saja yang boleh menyentuh tubuhnya, mengajarkan pada anak beberapa organ intim yang tidak sembarang orang boleh menyentuh. Karena saat ini sudah sangat marak berita tentang pelecehan seksual pada anak yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebagai orang tua biasanya mengira bahwa sex education termasuk hal yang masih tabu, padahal hal ini sangatlah penting untuk pertumbuhan anak. Salah satunya menghindari pelecehan seksual yang dapat dilakukan oleh orang yang tidak disangka-sangka.

2. Mencegah Penyimpangan dan Kelainan Seksual Pada Anak

Memberikan sex education sejak dini akan mengurangi  dan mencegah terjadinya penyimpangan seksual pada anak. Banyak orang tua mengira bahwa sex education akan mengajarkan anak tentang sex. Padahal pentingnya sex education sejak dini untuk mencegah beberapa kemungkinan yang dapat terjadi. Seperti penyimpangan seksual yang menyebabkan kehamilan di usia dini, yang membuat banyak kasus aborsi yang memiliki banyak risiko kematian pada ibu. Penyimpangan lain seperti terjadinya sex bebas, yang memicu kelainan yang mungkin terjadi pada anak di usia remaja. Hal ini terjadi karena kurangnya sex education sejak dini.

3. Untuk Memberikan Pengetahuan Cara Menghargai Diri

Salah satu alasan pentingnya sex education pada anak adalah untuk memberikan pengetahuan cara menghargai diri. Anda sebagai orang tua harus pandai-pandai memberikan pengetahuan ini, karena banyak tayangan televisi sekarang yang mungkin berpengaruh pada anak. Pentingnya sex education ini akan mengajarkan anak menghargai dirinya, di saat ada orang lain yang mulai mengganggunya dan menyentuh tubuhnya. Mereka akan lebih tahu bagaimana cara menyikapi hal tersebut, dengan cara apa pun untuk melindungi dirinya. Hal ini sangat penting karena anak akan mampu melindungi dirinya dari kejahatan seksual yang mungkin terjadi tanpa diduga.

4. Menjelaskan Bahaya Seks Bebas Sejak Dini

Alasan selanjutnya adalah menjelaskan bahaya seks bebas sejak dini, memberikan penjelasan bahaya seks bebas pada anak sangatlah penting. Banyak sekali kasus seks bebas yang menyebabkan kehamilan di usia dini, hal ini menyebabkan banyaknya anak putus sekolah karena hamil di luar nikah. Kehamilan tidak terduga yang menyebabkan aborsi asal-asalan, hal ini membuat tingkat kematian ibu meningkat. Belum lagi kasus perceraian karena menikah di usia dini, yang disebabkan hamil duluan. Hal ini membuat kasus seks bebas merajalela, maka dari itu pentingnya menjelaskan bahaya seks bebas pada anak sangatlah penting. Karena dampak dari bahaya seks bebas bisa menyangkut pada psikis anak, yang tidak dapat dihindari.

5. Memelihara Nilai-nilai Moral Sejak Dini

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki aturan tentang nilai moral yang ketat, membuat sex education sangatlah penting diterapkan. Pendidikan moral yang kini sudah mulai merosot, membuat Anda sebagai orang tua harus pandai-pandai memberikan pengetahuan nilai-nilai moral pada anak. Yang mungkin tidak mereka dapatkan di sekolah, nilai-nilai moral yang kini seperti hal tidak penting. Harus kembali digencarkan agar tidak terjadi penurunan nilai moral yang harus dijaga setiap orang. Dalam hal ini pentingnya sex education juga berpengaruh pada memelihara nilai-nilai moral yang tercantum pada Pancasila. Maka dari itu, pemberian sex education pada anak sangatlah dianjurkan dan harus diterapkan.

Ini Cara yang Tepat Mendidik Anak Usia Pra-Remaja. Orang Tua Wajib Tahu
Tahap pra-remaja biasanya berakhir dengan terjadinya pubertas pada anak-anak, tetapi juga bisa didefinisikan sebagai anak baru remaja. Pada tahap ini, biasanya anak-anak lebih sering mengalami kegelisahan dengan perubahan yang dialaminya.

Itulah beberapa hal mengenai sex education atau pendidikan seks pada anak sejak dini yang bisa Anda ketahui. Dengan memberi tahu hal ini, anak jadi lebih paham batasan-batasan yang harus mereka lakukan dan orang lain lakukan pada diri mereka. Anak juga jadi lebih berani dan paham respon atau tindakan apa yang harus mereka lakukan jika mendapatkan hal-hal yang mengarah pada kekerasan seksual.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.