Berikut 7 Tips Penting Bagi Guru yang Akan Mengikuti Tes Seleksi CPNS dan P3K

Info Kemendikbud 30 Mar 2021

Beredar informasi bahwa seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan PPPK (P3K) akan kembali dilaksanakan tahun 2021 ini. Bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi ini, ada beberapa informasi dan hal lainnya yang belum diketahui.

Dilansir dari kontan.id, pemerintah memastikan bahwa seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021 ini akan dibuka. Hal tersebut sesuai dalam rapat kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Komisi II DPR RI, Rabu (24/3/2021).

Setidaknya dibutuhkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mencapai 189.000 formasi. Jumlah tersebut dibagi untuk pemerintah daerah kabupaten dan kota, serta provinsi.

Pasalnya dalam periode tertentu pemerintah memang suka membuka daftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, bukan hanya pada tahun 2021 ini saja, tetapi juga di tahun sebelumnya yaitu, 2019, 2017 dan tahun sebelumnya.

Meski pembukaan CPNS ini tidak sepopuler dulu, tetapi tes penyeleksian ini masih menarik bagi beberapa pihak, khususnya untuk lulusan baru atau Anda yang sudah lama bekerja serta ingin mengabdikan diri pada negara.

7 Tips Penting Bagi Guru yang Akan Mengikuti Tes Seleksi CPNS dan P3K

Tes seleksi CPNS dan P3K menjadi kesempatan bagi Anda yang ingin naik pangkat. Pasalnya pemerintah sendiri membuka cukup banyak PNS dan guru dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini.

Pasalnya saat ini PNS menjadi favorit memiliki banyak peminat di Indonesia. Bahkan tak sedikit orang yang bekerja di perusahaan besar ikut program seleksi ini. Jika Anda tertarik mengikuti tes seleksi CPNS dan P3K, simak 7 tips berikut ini:

1. Teliti Membaca Peraturan dan Syarat

Sebelum mengikuti tes seleksi CPNS dan P3K, Anda perlu mengetahui peraturan dan persyaratannya terlebih dahulu serta bagaimana seleksi tersebut dijalankan. Pastikan Anda teliti dalam membaca setiap informasi mengenai CPNS dan P3K.

Perhatikan, apakah terdapat syarat khusus yang diberikan untuk mengikuti seleksi ini misalnya kemampuan khusus, minimal jenjang pendidikan dan lain sebagainya. Anda juga perlu mengetahui syarat berkas yang harus dipenuhi.

Ada baiknya untuk mempersiapkan berkas jauh-jauh hari, agar kelengkapan berkas dapat diketahui dan tim seleksi CPNS bisa menerima pendaftaran Anda. Meski terlihat sepele, namun hal ini penting untuk dipenuhi. Dengan membaca peraturan dan syarat secara teliti, kesempatan untuk bisa lolos tahapan seleksi lebih besar.

2. Persiapkan Berkas dan Surat Penting

Seperti yang diketahui sebelumnya, berkas dan surat penting harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak ada yang tertinggal atau kelupaan. Dari tahun ketahun, biasanya penyeleksian CPNS membutuhkan berkas seperti ijazah yang dilegalisir, SKCK, identitas beserta, dan berkas lainnya.

Menyiapkan berkas atau dokumen yang cukup banyak tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Jangan menunda-nunda untuk menyiapkan berkas, karena jika berkas tidak lengkap atau tertinggal satu pun bisa membuat kesempatan lolos tahapan administrasi semakin kecil.

3. Mempelajari Semua Pelajaran atau Materi Semasa Sekolah

Ketika dua langkah awal tersebut sudah dilakukan, Anda memiliki peluang besar untuk lolos tahapan administrasi. Namun tak cukup sampai di situ, Anda juga perlu menyiapkan kemampuan untuk menjawab tes CPNS atau P3K. Anda bisa mempelajari semua pelajaran atau materi semasa sekolah.

Pasalnya langkah selanjutnya yaitu menghadapi tes awal atau dikenal dengan istilah CAT. Mungkin anda menganggap tes ini cukup mudah namun jangan pernah menyepelekan tes ini dan terlalu over percaya diri yang membuat Anda tidak mempelajari apapun.

Tips Penting bagi Guru Pemula
Seorang guru mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk mendidik anak-anak, yang diharapkan sebagai generasi penerus bangsa. Profesi guru, sekilas terdengar sederhana. Padahal menjadi seorang guru, tidak semudah kelihatannya.

Untuk bisa lolos ke tahapan ini Anda perlu menyiapkan beragam ilmu yang didapatkan semasa sekolah, seperti materi matematika, masalah perundang-undangan, hingga materi lainnya. Anda juga bisa membaca berita teraktual, faktual dan selalu update dengan masalah terkini karena biasanya hal tersebut muncul pada soal tes CAT. Anda bisa mencari cari sumber materi melalui buku atau internet.

4. Mengikuti langkah psikotes dengan tertib, baik dan jujur

Ketika Anda sudah berhasil atau lolos Pada tahapan tes CAT, maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan diri untuk mengikuti psikotes. Anda harus mengikuti psikotes dengan tertib, baik dan jujur. Pasalnya tak sedikit calon PNS yang gagal pada tes ini karena mereka tidak jujur dalam mempersiapkan jawaban.

Anda bisa menjawab setiap pertanyaan atau perintah yang diajukan pada psikotes dengan jujur dan penuh persiapan. Jangan menyontek jawaban atau mencari-cari jawaban yang tidak sesuai dengan keadaan diri. Dalam hal ini, Anda juga perlu menjaga kesehatan, karena psikotes membutuhkan tenaga yang lebih besar.

5. Percaya Diri Pada Tahapan Wawancara

Setelah berjuang penuh mengikuti tahapan tes CPNS mulai dari administrasi, tes CAT dan psikotes dengan baik, lalu berhasil lolos, kini Anda memasuki tahapan wawancara. Anda perlu menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi wawancara, karena hal ini menjadi kesempatan besar untuk bisa lolos CPNS.

Selain itu, Anda juga harus menanamkan rasa percaya diri menghadapi wawancara, jangan minder dan takut salah berbicara. Caranya yaitu dengan mendalami tugas atau jabatan Anda sebagai guru, dan mengapa diri Anda layak di lolos seleksi ini. Pastikan Anda selalu berusaha menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh pewawancara semampunya.

6. Memastikan Memeriksa Lokasi Ujian Sehari Sebelum Pelaksanaan

Meskipun terdengar sepele, namun memeriksa lokasi ujian sehari sebelum pelaksanaan sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar anda memiliki persiapan yang lebih matang, mengetahui jarak lokasi dan waktu tempuh, serta bisa datang tepat waktu atau sebelum acara dimulai. Hal ini juga membuat mental Anda lebih tenang, terlebih jika Anda merupakan peserta tes CPNS dari luar kota

Dengan mengetahui jarak lokasi dan waktu tempuh, Anda bisa memperkirakan waktu sampai ke lokasi agar tidak terlambat. Anda juga bisa melihat kondisi perjalanan, apakah sering macet atau tidak, karena hal tersebut berpengaruh terhadap waktu.

Dengan memiliki persiapan yang matang, Anda bisa memberikan yang terbaik dalam seleksi ini dan memperbesar kesempatan lolos.

5 Tips Menjadi Guru yang Banyak Disukai Murid
Menjadi seorang guru yang disukai murid di zaman milenial sekarang tantangannya cukup sulit. Ada beberapa tips menjadi guru yang bisa membua muridnya suka.

7. Jaga Kesehatan Mulai Dari Sekarang

Menjaga kesehatan memang sangat penting dilakukan, karena tak sedikit formasi yang dibuka memberi isyarat kepada peserta untuk memiliki tubuh sehat dan bugar. Bahkan Pada tahapan akhir pun masih dilakukan tes kesehatan untuk mengetahui seberapa kuat atau bugar Anda mengabdi kepada negara.

Oleh sebab itu, disisa waktu tes seleksi CPNS dan P3K dimulai, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin dengan berolahraga yang rajin dan konsumsi makanan secara teratur. Dengan tubuh yang sehat, Anda bisa berkonsentrasi saat menghadapi berbagai tes.

Itulah beberapa hal mengenai tes CPNS dan P3K beserta 7 tips penting yang yang harus Anda lakukan agar bisa lulus seleksi ini. Semoga bermanfaat.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.