Apa saja Isi Pelatihan pada Platform Merdeka Mengajar? Seberapa Pentingnya?

edukasi 7 Apr 2022

Kurikulum Merdeka sudah mulai dicanangkan pada tahun 2022 dan diimplementasikan di berbagai sekolah di Indonesia tahun 2024. Berbeda dengan sebelumnya, Kurikulum Merdeka bersifat lebih fleksibel namun juga holistik untuk diterapkan. Dalam mendukung pelaksanaannya, Kemdikbudristek meluncurkan platform Merdeka Mengajar. Lalu, apa itu platform Merdeka Mengajar? Apa saja isinya? Seberapa penting platform ini membantu guru, khususnya untuk mengembangkan kompetensinya dalam mengajar?

Platform Merdeka Mengajar

Platfrom Merdeka Mengajar diluncurkan di Merdeka Belajar Episode ke-15. Tujuan dibuatnya platform ini ialah untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Platform ini berisi lima menu utama yaitu:

Beranda platform Merdeka Mengajar
  • Asesmen Murid. Dalam menu utama ini tersedia beragam paket soal yang bisa dibagikan during atau luring. Tersedia pula fitur pemeriksaan dan analisis hasil yang mendalam.
  • Perangkat Ajar. Tersedia materi ajar berupa modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, modul projek dan bahan lainnya yang dikurasi oleh tim ahli Kemdikbudristek.
  • Pelatihan Mandiri. Menu ini disediakan untuk membantu guru dalam meningkatkan kompetensi mengajarnya. Tersedia program pelatihan yang dibuat oleh para ahli, beragam topik dan materi yang singkat, relevan serta praktikal, sehingga dapat dipelajari di manapun dan kapan pun.
  • Bukti Karya. Kumpulan rekam jejak yang menggambarkan kinerja serta kompetensi tenaga pendidik agar dapat saling menginspirasi dan bertukar pikiran.
  • Video Inspirasi. Berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli. Beragam video ini sudah dikurasi dan dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai tenaga pendidik.

Pentingnya Platform Merdeka Mengajar

Menurut Nadiem Makariim, Platform Merdeka Mengajar ini ada tiga fungsi, yaitu membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya. Lebih lanjut dijelaskan, saat ini terdapat perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka, yang sudah tersedia lebih dari 2.000 referensi. Referensi yang disediakan harapannya dapat membantu guru dalam melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat. Sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat berlangsung sesuai dengan tahap pencapaian yang diinginkan.

Melalui platform Merdeka Mengajar, guru juga bisa memperoleh materi pelatihan berkualitas yang dapat dilakukan secara mandiri. Adanya platform Merdeka Mengajar memberi kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi guru tanpa batas ruang dan waktu. Hal ini penting, karena kompetensi guru merupakan kemampuan profesional yang sangat dibutuhkan agar tenaga pendidik mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik.  

Isi Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, menyebutkan bahwa seorang guru adalah pendidik profesional yang tugas utamanya adalah mendidik, membimbing, mengajar, menilai, melatih, dan mengevaluasi peserta didik mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan formal. Guru sebagai agen pembelajaran berperan juga sebagai fasilitator, pemacu, motivator, pemberi inspirasi, dan perekayasa pembelajaran bagi murid.

Tampilan awal menu pelatihan mandiri

Melalui menu pelatihan mandiri dalam platform Merdeka Mengajar, guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dalam mengajar sehingga mampu menjalankan perannya dengan baik dan bertanggung jawab.

Materi utama pelatihan mandiri di platform

Di platform Merdeka Mengajar tersedia tujuh topik utama pelatihan mandiri bagi guru. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai topik pelatihan mandiri ini, berikut dibahas lebih lanjut fitur-fitur yang terdapat dalam platform Merdeka Mengajar:

Merdeka Belajar

Pelatihan mandiri dengan topik merdeka belajar dibuat berdasarkan pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan yang memerdekakan dan contoh penerapannya. Poin utama pelatihan dalam topik ini berisi:

  • Pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD
  • Pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya
  • Penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid
Isi pelatihan mandiri dalam topik Merdeka Belajar

Dalam topik merdeka belajar, tersedia lima modul materi yaitu:

  • Modul 1: Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Pada modul ini guru akan belajar dua hal yakni, merefleksikan diri dan peran sebagai pendidik, serta memproyeksikan diri menjadi guru seperti apa di masa depan. Daftar materi yang dipelajari dalam modul yaitu, mengenali diri dan perannya sebagai pendidik, apa peran saya sebagai guru dan ingin menjadi guru seperti apa saya.

Daftar materi di modul 1, Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
  • Modul 2: Mendidik dan Mengajar

Sekolah atau satuan pendidikan seringkali dipersepsi sebagai tempat mengasah kecerdasan kognitif semata. Sementara dalam menjalani kehidupan, manusia tidak hanya memerlukan kecerdasan kognitif, namun juga ada kecerdasan dan keterampilan hidup lain sebagai bekal yang dibutuhkan di masa depan. Pada modul ini guru diajak berefleksi mengenai praktik mengajar, apakah sudah cukup menyiapkan murid di masa depan?

Daftar materi Merdeka Belajar di modul 2, Mendidik dan Mengajar
  • Modul 3: Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh

Setiap peserta didik memiliki karakteristik dan ciri khas yang unik. Menyesuaikan cara dalam mengajar sesuai konteks merupakan pendekatan yang perlu diusahakan sebagai seorang pendidik. Di modul ini guru diajak untuk selalu mengupayakan perubahan perbaikan, merangkul bakat dan keunikan setiap individu.

Daftar materi Merdeka Belajar modul 3, Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
  • Modul 4: Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

"Jangan menyeragamkan hal-hal yang tidak perlu atau tidak bisa diseragamkan. Perbedaan bakat dan keadaan hidup anak di masyarakat yang satu dengan yang lain harus menjadi perhatian dan diakomodasi" Ki Hadjar Dewantara.

Pada modul ini guru diajak lebih memahami peserta didik sebagai individu yang utuh dengan segala latar belakang, serta upaya yang bisa dilakukan guru dalam membantu proses belajar mereka.

Daftar materi Merdeka Belajar modul 4, Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
  • Modul 5: Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan

Pendidikan merupakan sistem yang kompleks, sekaligus sederhana. Pada modul ini guru akan belajar menerapkan prinsip dan praktik pembelajaran yang mandiri dan kontekstual berdasarkan pengalaman dan pengamatan di sekitar, serta bagaimana orang tua dan masyarakat bisa terlibat dalam prosesnya. Modul ini juga akan memfasilitasi Guru untuk merefleksikan kembali praktik pembelajaran di kelas saat ini, pengalaman di kelas saat Guru menjadi murid seusia mereka, serta apa yang terjadi di kelas memiliki dampak di masa depan.

Daftar materi Merdeka Belajar modul 5, Pendidikan yang Mengantarkan Kebahagiaan dan Keselamatan

Kurikulum

Dalam topik kurikulum semua pihak diajak untuk mengutamakan kepentingan murid sebagai rujukan pengembangan pendidikan. Topik kurikulum berisi materi pelatihan berikut ini :

  • Pemahaman Kurikulum dan Pembelajaran
  • Murid sebagai Pusat Pengembangan Kurikulum
  • Pembelajaran Berdasarkan Prinsip Pembelajaran Paradigma Baru
  • Struktur Pembelajaran mendorong murid merdeka belajar

Terdapat dua modul pelatihan, yaitu kurikulum dan pembelajaran dengan paradigma baru.

Modul materi yang tersedia di topik Kurikulum
  • Modul 1: Kurikulum

Ada berbagai sebab dan faktor yang menentukan kurikulum di Indonesia berubah-ubah. Dalam materi ini guru diajak untuk beradaptasi pada kurikulum yang akan diterapkan sesuai dengan tingkat sekolah. Guru dapat berdiskusi seputar pengertian dan penggunaan kurikulum di modul ini.

Daftar materi topik Kurikulum modul 1, Kurikulum
  • Modul 2: Pembelajaran dengan Paradigma Baru

Di modul ini, guru belajar mengimplementasikan Merdeka Belajar melalui pemahaman pembelajaran dengan paradigma baru Kurikulum Medeka di satuan pendidikan.

Daftar materi topik Kurikulum modul 2, Pembelajaran dengan Paradigma Baru

Perencanaan Pembelajaran SD

Topik materi ini membahas proses perencanaan pembelajaran mulai dari dokumen Capaian Pembelajaran sampai modul ajar. Dalam topik Perencanaan Pembelajaran SD berisi poin-poin berikut:

  • Merencanakan pembelajaran terstruktur dan kompeten
  • Menjadikan pembelajaran menjadi agenda menyenangkan
  • Belajar tidak hanya harus di kelas dan bangku formal
Modul pelatihan di topik Perencanaan Pembelajaran

Sebagai catatan sebelum mempelajari topik ini, sebaiknya guru mempelajari terlebih dahulu topik Kurikulum sebagai konsep dasarnya. Ada 3 modul yang tersedia di topik kurikulum, yaitu:

  • Modul 1: Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMA/K)

Setiap sekolah di berbagai daerah di Indonesia memiliki kondisi lingkungan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Kurikulum Merdeka memberikan ruang inovasi dan kemerdekaan bagi setiap guru dalam penerapannya di kelas. Modul ini membahas pemanfaatan ruang inovasi untuk menyusun kurikulum di tingkat sekolah menjadi kurikulum operasional yang relevan dengan kondisi sekolah serta kebutuhan muridnya.

Daftar materi topik Perencanaan Pembelajaran modul 1, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMA/K)
  • Modul 2: Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar SD

Modul ajar merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan fase atau tahap perkembangan murid. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, Guru dapat membuat modul ajar baru atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan oleh Kemendikbud ristek sesuai dengan kurikulum operasional sekolah masing-masing. Modul ini akan membahas strategi penyusunan modul ajar beserta komponen-komponen di dalamnya.

Daftar materi topik Perencanaan Pembelajaran modul 2, Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar SD
  • Modul 3: Refleksi dalam Pembelajaran SD

Kegiatan refleksi merupakan bagian dari proses pembelajaran. Proses refleksi membantu murid mengenal dirinya, melihat hal baik dari dirinya, dan juga melihat hal yang bisa ditingkatkan dari proses belajarnya. Kemampuan ini menjadi modal bagi murid menjadi pribadi mandiri.

Daftar materi topik Perencanaan Pembelajaran modul 3, Refleksi dalam Pembelajaran

Asesmen SD

Dalam pelatihan mandiri dengan topik asesmen SD berisi poin-poin materi berupa:

  • Memetakan Kompetensi Murid
  • Pembelajaran sesuai Kebutuhan Murid
  • Memberikan Umpan Balik dalam Proses Belajar
Modul pelatihan di topik Asesmen SD

Pelaksanaan asesmen penting dalam proses pembelajaran, dimulai dari mempersiapkan hingga memanfaatkan hasil asesmen yang diperoleh. Ada 3 modul yang tersedia di topik asesmen, yaitu:

  • Modul 1: Memahami Asesmen

Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian murid. Sebelum melakukan asesmen, guru perlu memahami mengenai asesmen dan fungsinya dalam kurikulum. Guru dapat mengeksplorasi metode dan format asesmen yang ada sehingga dapat diterapkan secara optimal dan sesuai kebutuhan murid. Materi-materi yang disajikan dalam modul ini diharapkan dapat membantu guru memahami asesmen sebelum menerapkan di kelasnya nanti.

Daftar materi topik Asesmen SD modul 1, Memahami Asesmen
  • Modul 2: Menyiapkan Asesmen SD

Pelaksanaan asesmen berpusat pada murid. Persiapan asesmen disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai. Agar pelaksanaan asesmen berjalan efektif dan tepat sasaran, maka ada hal yang perlu diperhatikan dalam persiapannya. Dengan begitu, asesmen bisa menjadi proses yang bermakna bagi murid, guru, dan juga orang tua.

Daftar materi topik Asesmen SD modul 2, Menyiapkan Asesmen SD
  • Modul 3: Penggunaan Hasil Asesmen SD

Asesmen berfungsi sebagai umpan balik bagi guru, murid, dan orang tua, sekaligus panduan menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. Pada modul ini guru diajak mengkalibrasi kembali pemahamannya mengenai penggunaan hasil asesmen yang berpusat pada peserta didik serta contoh-contoh praktik yang bisa langsung diterapkan di kelas.

Daftar materi topik Asesmen SD modul 3, Penggunaan Hasil Asesmen SD

Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD

Topik pelatihan ini membahas pentingnya memahami dan mengimplementasikan konsep pembelajaran sesuai dengan tahap pencapaian murid. Materi yang tersedia dalam pelatihan ini berupa:

  • Pemahaman dan Identifikasi kebutuhan dan karakterisrik murid
  • Penerapan strategi menyesuaikan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran pada jenjang PAUD - SMA/K
  • Penerapan strategi penguatan literasi di dalam kelas pada jenjang PAUD-SMA/K
Modul pelatihan di topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD

Sebelum mempelajari topik ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu topik Perencanaan Pembelajaran sebagai konsep dasarnya. Terdapat 3 modul dalam pelatihan ini, yaitu:

  • Modul 1: Memahami Murid SD

Dalam modul ini guru belajar rangkaian proses mengatasi tantangan akan perbedaan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Daftar materi topik Penyesuaian Pembelajaran modul 1, Memahami Murid SD
  • Modul 2: Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi SD

Guru perlu menselaraskan materi dengan kebutuhan murid. Asesemen diagnostik merupakan cara untuk mengetahui perkembangan murid setiap harinya sehingga guru bisa menentukan materi yang tepat untuk murid di pembelajaran selanjutnya.

Daftar materi topik Penyesuaian Pembelajaran modul 2, Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi SD
  • Modul 3: Penguatan Literasi SD

Modul ini mengajak guru melihat strategi dan upaya untuk mendukung proses penguatan literasi. Penyediaan ragam bacaan, kesempatan untuk mengeksplorasi ragam teks, dan memberikan ruang untuk mengekspresikan pemahaman murid dengan cara yang bervariasi merupakan bagian dari strategi meningkatkan kecakapan literasi pada murid.

Daftar materi topik Penyesuaian Pembelajaran modul 3, Penguatan Literasi SD

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD

Topik pelatihan ini berisi tentang penguatan profil pelajar Pancasila yang dilakukan melalui kegiatan projek untuk melihat ketercapaian kompetensi holisitik para murid. Terdapat 6 modul materi dalam topik pelatihan ini, yaitu:

Modul pelatihan di topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD
  • Modul 1: Projek dan Profil Pelajar Pancasila

Modul ini akan menjelaskan definisi, peran dan prinsip dasar dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Daftar materi topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD modul 1, Projek dan Profil Pelajar Pancasila
  • Modul 2: Tema Projek SD

Modul ini mendeskripsikan dan menjelaskan ragam tema projek yang sudah disiapkan oleh pemerintah dalam projek penguatan profil pelajar pancasila dari jenjang SD - SMA/K beserta contoh-contoh topik yang dapat dieksplorasi sesuai dengan temanya.

Daftar materi topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD modul 2, Tema Projek SD
  • Modul 3: Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila

Modul ini akan membantu guru untuk mengerti kesiapan tahapan kesiapan satuan pendidikan, peran setiap pemangku kepentingan hingga bagaimana ktia dapat mengembangkan tema yang sesuai kebutuhan murid.

Daftar materi topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD modul 3, Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila
  • Modul 4: Pelaksanaan Projek SD

Modul ini menjelaskan bagaimana peran guru sebagai fasilitator dan strategi melibatkan mitra dalam berprojek. Dalam modul ini juga dijelaskan terkait perayaan hasil belajar projek.

Daftar materi topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD modul 4, Pelaksanaan Projek SD
  • Modul 5: Dokumentasi Projek

Dalam modul ini dijelaskan strategi pendokumentasian kegiatan berprojek yang dapat dilakukan oleh murid dan guru, sekaligus langkah-langkah pembuatan rapor projek sebagai media informasi bagi guru, murid dan orang tua.

Daftar materi topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD modul 5, Dokumentasi Projek 
  • Modul 6: Evaluasi Projek

Modul ini menjelaskan rangkaian akhir dari kegiatan berprojek yaitu evaluasi projek, prinsip-prinsipnya dan bagaimana menindak lanjuti kegiatan projek ini agar menjadi keberlanjutan di masa datang.

Daftar materi topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD modul 6, Evaluasi Projek 

Disiplin Positif

Topik materi pelatihan terakhir ialah disiplin positif. Dalam topik ini berisi poin-poin materi berikut:

  • Menstimulasi konsep disiplin diri pada murid untuk merdeka belajar
  • Pemahaman konsep budaya dan lingkungan positif yang mendorong tumbuh kembang murid
Modul pelatihan di topik Disiplin Positif

Dalam pelatihan di topik disiplin positif tersedia 4 modul materi, yaitu:

  • Modul 1: Bolehkah Memaksa

Pada modul ini guru belajar bersama tentang makna disiplin dan teori motivasi perilaku yang ditunjukan oleh seseorang.

Daftar materi topik Disiplin Positif modul 1, Bolehkah Memaksa 
  • Modul 2: Restitusi

Pada modul ini guru akan belajar bersama tentang model pendisiplinan "Restitusi Disiplin Diri", yaitu metode penyusunan kembali model disiplin di sekolah yang berfokus pada solusi atau pemecahan masalah yang bisa dilakukan.

Daftar materi topik Disiplin Positif modul 2, Restitusi
  • Modul 3: 5 Posisi Kontrol Guru

Pada modul ini guru belajar 5 posisi kontrol yang dapat digunakan untuk membantu murid membentuk disiplin diri.

Daftar materi topik Disiplin Positif modul 3.1, 5 Posisi Kontrol Guru
Daftar materi topik Disiplin Positif modul 3.2, 5 Posisi Kontrol Guru
  • Modul 4: Hukuman VS Konsekuensi VS Restitusi

Pada modul ini guru akan belajar bersama perbedaan antara hukuman, konsekuensi dan restitusi serta bagaimana menerapkannya.

Daftar materi topik Disiplin Positif modul 4.1, Hukuman VS Konsekuensi VS Restitusi
Daftar materi topik Disiplin Positif modul 4.2, Hukuman VS Konsekuensi VS Restitusi

Bapak/Ibu guru kini sudah mengetahui platform Merdeka Mengajar, pentingnya platform ini untuk membantu guru serta isi pelatihan yang tersedia. Sudahkah Bapak/Ibu guru mencoba mengakses platform ini?

Insani Miftahul Janah

Trying. Learning. Then Doing.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.