Apa yang Perlu Disiapkan Sekolah untuk Menyambut Kurikulum Merdeka?

edukasi 15 Mei 2022

Pendidikan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. Oleh sebab itu, Indonesia terus berupaya meningkatkan pendidikan Indonesia agar lebih berkualitas dan bisa melahirkan generasi bangsa yang cerdas, berkompeten dan berkarakter.

Untuk meningkatkan pendidikan Indonesia pasti ada perubahan yang harus dilakukan, dimana perubahan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, seperti kehadiran kurikulum Merdeka yang akan menjadi kurikulum baru bagi seluruh sekolah di Indonesia.

Rencananya, kurikulum Merdeka akan menjadi kurikulum nasional pendidikan Indonesia tahun 2024 dan tahun ajaran 2022-2024 diharapkan sekolah bisa melakukan learning journey atau mulai mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Meski begitu, sekolah juga tetap diberikan kebebasan dalam memilih penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum darurat atau kurikulum 2013 yang disederhanakan.

Kurikulum sendiri merupakan seperangkat atau sistem rencana yang mengatur kegiatan pembelajaran yang dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Implementasi kurikulum yang dilakukan oleh satuan pendidikan harus memperhatikan capaian kompetensi siswa.

Pada masa covid 19 masuk ke Indonesia, kegiatan pembelajaran pun berubah menjadi secara online atau daring. Pada masa ini juga terjadi kondisi khusus yang menyebabkan ketertinggalan pembelajaran atau learning loss pada siswa maupun sekolah.

Untuk mengatasi permasalahan ketertinggalan pembelajaran atau learning loss maka dibutuhkan kebijakan pemulihan pembelajaran dalam waktu tertentu berkaitan dengan implementasi kurikulum yang dilakukan satuan pendidikan.

Mengenal Kurikulum Merdeka

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa yang perlu dipersiapkan untuk menyambut atau mengimplementasi kurikulum merdeka, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih dalam tentang kurikulum Merdeka ini.

Dilansir dari kemendikbud.id, kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakuler yang beragam di mana di dalamnya terdapat yang lebih optimal untuk siswa serta mempunyai cukup waktu untuk mendalami konsep materi dan menguatkan kompetensi.

Dalam kurikulum Merdeka, guru memiliki kebebasan atau keleluasaan untuk memilih dan menggunakan perangkat ajar sehingga pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Dalam kurikulum merdeka metode pembelajaran menggunakan Project untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila.

7 Tema Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka
Project based learning merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan pembuatan projek sebagai kegiatan inti dalam proses pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran berbasis proyek ini membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dimana siswa bisa belajar dimana saja atau di luar kelas, dan bisa menerapkan konsep ilmu yang dimilikinya karya atau project yang dibuat. Pembelajaran berbasis proyek ini juga dikembangkan sesuai dengan tema tertentu yang ditetapkan pemerintah.

Karakteristik Kurikulum Merdeka

Lantas apa sih ciri khas atau karakteristik kurikulum Merdeka yang membedakan kurikulum ini dengan kurikulum lainnya?

Setidaknya terdapat 3 karakteristik utama kurikulum Merdeka, yaitu:

  • Fokus terhadap materi esensial. Kurikulum Merdeka dinilai lebih fokus terhadap materi esensial yaitu literasi dan numerasi, yang mana ini merupakan lanjutan dari kurikulum darurat, dimana materinya tidak terlalu banyak dari pusat supaya guru mempunyai waktu yang lebih banyak untuk fokus terhadap proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum Merdeka lebih menonjolkan kualitas dibandingkan kuantitas. Dengan memberikan banyak waktu bagi guru untuk lebih fokus terhadap proses pembelajaran, maka guru bisa menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif, banyak diskusi kolaboratif dan menyenangkan.
  • Fleksibilitas. Kurikulum Merdeka juga dinilai lebih fleksibilitas dimana sekolah mempunyai kebebasan untuk merancang kurikulum di tingkat sekolahnya. Dalam hal ini guru juga diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran sesuai kebutuhan sekolah di setiap daerah dan sesuai dengan karakteristik siswa.
  • Banyaknya perangkat ajar. Dalam kurikulum Merdeka terdapat banyak perangkat ajar yang bisa dimanfaatkan oleh guru kurikulum yang disediakan bukan hanya pada buku teks tetapi juga ada modul, perangkat asesmen dan juga bahan ajaran berbentuk digital.

Apa yang Perlu Disiapkan Sekolah untuk Menyambut Kurikulum Merdeka?

Hadirnya kurikulum Merdeka tentu akan membawa dampak baik bagi kegiatan pembelajaran salah satunya untuk mengatasi learning loss. Lalu dalam pelaksanaannya, apa yang harus dipersiapkan oleh sekolah untuk menyambut kurikulum merdeka.

1. Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin

Sebagai pemimpin, kepala sekolah memiliki peran yang cukup banyak dan sangat penting. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus mulai memprioritaskan energi dan waktunya untuk memandu perencanaan, pendampingan serta refleksi proses pembelajaran pada siswa, guru maupun orang tua siswa.

2. Membuat Program Sekolah yang Kolaboratif

Untuk menyambut kurikulum Merdeka diharapkan sekolah-sekolah sudah merencanakan program kolaboratif bagi kepala sekolah, guru dan siswa. Sekolah bisa melibatkan guru antar mata pelajaran dam antar kelas untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan siswa.

Tips Menciptakan Kolaborasi Siswa dan Guru dalam Melaksanakan Tugas Proyek
Untuk menciptakan kegiatan pembelajaran berbasis project, kolaborasi siswa dan guru harus berjalan dengan baik.

3. Mulai Praktik Baik

Sekolah harus bisa mendorong guru-guru untuk mulai berbagi praktik baik agar guru-guru juga bisa saling belajar, merefleksikan pembelajaran, dan melakukan proyek sesuai kebutuhan belajar siswa.

4. Membiasakan Refleksi

Ada banyak hal baru yang harus mulai dicoba dengan kurikulum Merdeka mulai dari kolaborasi antar mata pelajaran pembelajaran berbasis proyek, pengaturan jam pelajaran, capaian pembelajaran sesuai profil belajar Pancasila dan lain sebagainya. Banyaknya perubahan ini tentu membutuhkan adaptasi agar pelaksanaannya bisa berjalan matang. Tak menutup kemungkinan sekolah dan guru juga akan mendapatkan tantangan di setiap prosesnya, sehingga diperlukan kebiasaan untuk refleksi agar tidak langsung menyerah, menyalahkan keadaan atau sulit beradaptasi. Refleksi dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran dan kepemimpinan.

5. Meningkatkan Kompetensi Guru dan Sekolah

Karena ada banyak perubahan dari kurikulum Merdeka sehingga guru dan sekolah harus mulai belajar lagi untuk meningkatkan kompetensi yang memang dibutuhkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi yaitu dengan mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan.

Kejarcita.id memberikan pelayanan pelatihan dan pendampingan bagi sekolah atau guru untuk meningkatkan kompetensi mengajar serta agar lebih siap dalam menjalani kurikulum merdeka.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai kurikulum merdeka dan apa yang harus dipersiapkan sekolah untuk menyambut kurikulum merdeka.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.