ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Bahasa Inggris

Sumber Materi 14 Mei 2024

Rasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris

sumber: https://www.pexels.com/

Salah satu bahasa global yang digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, ilmu pengetahuan, hukum, perdagangan, hubungan internasional, pariwisata, kesehatan dan teknologi adalah Bahasa Inggris. Dengan mempelajari bahasa Inggris dengan tekun, peserta didik memiliki peluang untuk berkomunikasi dengan setiap orang yang berasal dari negara dan latar belakang budaya yang berbeda.

Tidak hanya itu saja, dengan menguasai bahasa Inggris peserta didik juga berkesempatan untuk bersekolah dan bekerja di luar negeri, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan yang baru, mempelajari berbagai macam keterampilan, dan memaham budaya-budaya yang beraneka ragam.

Dalam sekolah, peserta didik akan difokuskan pada penguatan kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris yang terdiri dari 6 keterampilan berbahasa yaitu keterampilan untuk menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan informasi secara terpadu.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Bahasa Indonesia
kemampuan literasi merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasi dalam kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir

Adapun Capaian Pembelajaran (CP) yang terdapat pada pembelajaran bahasa Inggris yaitu mengacu pada Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dan setara level B1.

Dalam penerapannya, Level B1 ini akan mencerminkan spesifikasi yang dilihat dari kemampuan setiap peserta didik yang berguna untuk:

  • Mempertahankan interaksi yang dimiliki peserta didik dan mampu menyampaikan informasi yang diinginkan ke dalam berbagai konteks dengan artikulasi yang jelas
  • Menyampaikan pemikiran yang dimiliki peserta didik secara komprehensif
  • Menjalin komunikasi walaupun masih terdapat jeda

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris

sumber: https://www.pexels.com/

Elemen Menyimak-Berbicara

Pada akhir fase C, peserta didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial dan kelas yang semakin luas, namun masih terdapat prediksi. Peserta didik dapat menggubah/mengganti elemen kalimat untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar, seperti membuat pertanyaan sederhana, meminta klarifikasi dan meminta izin. Peserta didik menggunakan beberapa strategi untuk mengidentifikasi informasi penting dalam berbagai konteks, seperti meminta pembicara untuk mengulangi atau berbicara dengan lebih pelan. Peserta didik mampu berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Elemen Membaca-Memirsa

Pada akhir fase C, peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan memahami kata-kata baru dengan bantuan gambar serta kalimat dalam konteks yang dipahami peserta didik. Peserta didik membaca dan memberikan respon terhadap beragam teks pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. Peserta didik dapat mengeja kata ke dalam bahasa Inggris sehingga mereka bisa lancar dalam membaca tulisan yang dimuat ke dalam bahasa Inggris.

Elemen Menulis-Mempresentasikan

Pada akhir fase C, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan tulisan. Peserta didik mampu menghasilkan teks deskripsi, cerita, dan prosedur sederhana dengan menggunakan kalimat dengan pola tertentu. Peserta didik menggunakan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah, peserta didik juga telah mampu menggunakan beberapa strategi dasar seperti menyalin kata atau frasa dari buku atau daftar kata, menggunakan gambar, dan bertanya mengenai bagaimana cara menuliskan sebuah kata. Peserta didik juga telah mampu mempresentasikan sesuatu ke dalam bahasa Inggris.

Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase C

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 6 : Pemahaman Menggunakan Kalimat dalam Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial

1.      Peserta didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial yang makin luas namun masih dapat diprediksi atau bersifat rutin

Kelas 6 : Memahami dan Menulis Recount Text

2.      Peserta didik menggunakan beberapa strategi untuk memahami tujuan, ide pokok, dan informasi detail dari recount text pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif dalam konteks kelas dan rumah

3.    Peserta didik menulis recount text sederhana sesuai dengan konteks dan tujuannya menggunakan tanda baca dasar yang sesuai

Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 6

6.1.1 Pemahaman Menggunakan Kalimat dalam Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial yang makin luas namun masih dapat diprediksi atau bersifat rutin Peserta didik menulis puisi lama menggunakan kaidah penulisan puisi lama (rima, sajak, bait)

Jumlah Jam Pelajaran

12 JP

Kata Kunci

-          Pemahaman bahasa Inggris sederhana untuk interaksi sehari-hari

-          Menyimpulkan makna dari percakapan sederhana bahasa Inggris

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru akan memulai proses kegiatan pembelajaran dengan menceritakan bagaimana hubungan siswa dengan keluarga dan lingkungan pertemanannya. Siswa akan diberi kesempatan untuk menuangkan cerita tersebut ke dalam selembar kertas kemudian mempresentasikannya di depan kelas.

Setelah itu, guru akan melakukan kegiatan diskusi dan mengobservasi kegiatan dan perilaku serta interaksi siswa dengan lingkungan sosialnya. Apakah mereka tipe yang aktif atau cenderung pasif.

Pada kegiatan pembelajaran ini, guru dapat menggunakan film pendek yang menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Sebagai kegiatan tambahan, guru dapat membuka kelas conversation dengan menggunakan bahasa Inggris untuk meningkatkan skill siswa dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Tugas ini bisa rutin diterapkan guru sebagai nilai tambahan.  

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

Spelling, speech, speaking, practicing, conversation

Kejarcita.id sebagai Kontributor Platform Merdeka Mengajar
Sebagai contributor Platform Merdeka Mengajar, Kejarcita.id memberikan banyak informasi seputar kurikulum merdeka, membantu guru menyusun RPP

6.2.1 Memahami Recount Text

Alur/Tujuan Pembelajaran

Peserta didik menggunakan beberapa strategi untuk memahami tujuan, ide pokok, dan informasi detail dari recount text pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif dalam konteks kelas dan rumah

Jumlah Jam Pelajaran

10 JP

Kata Kunci

Pemahaman pembuatan da isi dari recount text pendek yang sederhana

Penjelasan Singkat

Guru terlebih dahulu menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan recount text sederhana. Setelah itu, guru dapat menjelaskan apa tujuan dari membuat recount text, ide pokok dan informasi yang harus dimuat di dalam recount text.

Pada kesempatan ini, guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan ide dan gagasan sederhana yang dapat dituangkan ke dalam bentuk sebuah teks narasi.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

6.3.1 Menulis Recount Text

Alur/Tujuan Pembelajaran

Peserta didik menulis recount text sederhana sesuai dengan konteks dan tujuannya menggunakan tanda baca dasar yang sesuai

Jumlah Jam Pelajaran

12 JP

Kata Kunci

Pemahaman terhadap pembuatan recount text sederhana

Penjelasan Singkat

Setelah menjelaskan tentang apa itu recount text, guru dapat memberikan tugas sederhana kepada siswa, seperti menulis recount text sederhana. Dalam menulis recount text ini penting bagi siswa untuk memperhatikan tanda baca dasar yang sesuai dengan EYD dan kaidah kepenulisan.

Untuk membuat recount text ini siswa dapat menggunakan ide dan gagasan sederhana yang sudah dicari sebelumnya atau menggunakan ide dan gagasan yang baru. Ide dan gagasan tersebut akan dimuat ke dalam suatu teks narasi atau cerita.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.