ATP Kurikulum Merdeka Kelas 6 Bahasa Indonesia

Sumber Materi 11 Mei 2024

Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

sumber: https://www.pexels.com/

Kemampuan literasi digunakan pada seluruh aspek kehidupan, baik dalam dunia pendidikan dan juga lingkungan pekerjaan. Dalam penerapannya, kemampuan literasi merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasi dalam kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir.

Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik telah dilatih kemampuan literasi. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, peserta didik akan mempelajari tentang kemampuan menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan suatu informasi dengan bahasa yang mudah dipahami.

Dalam kegiatan pembelajaran, model pembelajaran yang diguanakan dalam pelajaran Bahasa Indonesia yaitu model pembelajaran pedagogi genre. Model pembelajaran ini terdiri dari 4 tahapan belajar, yaitu penjelasan untuk membangun konteks kegiatan pembelajaran, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian.

Jurnal Kelas untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar bagi Guru
Jurnal kelas merupakan catatan pertemuan dalam suatu pembelajaran di kelas yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar lebih optimal

Selain menggunakan model pembelajaran pedagogi genre, guru juga dapat menggunakan model pembelajaran lainnya, asalkan harus sesuai dengan Capaian Pembelajaran peserta didik. Melalui kegiatan pembinaan dan pengembangan yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat serta melatih kepribadian peserta didik agar sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase C

sumber: https://www.pexels.com/

Elemen Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta, prosedur dengan mengidentifikasikan ciri objek dan urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks informatif dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audio. 

Elemen Membaca-Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi dan eksposisi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan pantun, puisi) dari teks dan/atau audiovisual.

Elemen Berbicara-Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan; pilihan kata yang tepat sesuai dengan norma budaya; menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, kreatif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi  dengan penggunaan kosakata secara kreatif. 

Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase C

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 6 : Penulisan dan Memahami Puisi Lama

6.1 Peserta didik mampu menganalisis informasi dan memahami makna dari puisi lama yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audio.

6.2 Peserta didik mampu memahami makna dari kosakata yang mengandung makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan dari puisi lama yang disajikan.

6.3 Peserta didik membaca puisi lama dengan intonasi, volume, pelafalan dan ekspresi yang kreatif.

6.4 Peserta didik menulis puisi lama yang mengandung ide original sesuai tema penulisan yang dipilih.

6.5 Peserta didik menulis puisi lama dengan menggunakan kata/frasa yang mengandung makna denotatif dan konotatif (majas).

6.6 Peserta didik menulis puisi lama menggunakan kaidah penulisan puisi lama (rima, sajak, bait)

Kelas 6 : Memahami Isi dan Unsur dari Dongeng

6.7 Peserta didik mampu menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik serta memahami cerita dongeng yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audiovisual.

6.8 Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok, gagasan pendukung, unsur intrinsik dan ekstrinsik dari cerita dongeng yang disajikan.

6.9 Peserta didik melakukan sosiodrama dari dongeng yang dibaca.

6.10 Peserta didik melakukan sosiodrama dari dongeng yang dibuat secara mandiri dan kreatif.

Kelas 6 : Menulis Teks Eksplanasi

 

6.11 Peserta didik menganalisis informasi berupa fakta dari teks eksplanasi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audiovisual.

6.12 Peserta didik menyampaikan/mempresentasikan informasi yang mengandung teks eksplanasi; dengan pelafalan dan intonasi yang jelas.

6.13 Peserta didik menulis teks eksplanasi dari hasil pengamatan dan imajinasi.

6.14 Peserta didik menulis teks eksplanasi menggunakan kosakata baru yang mengandung makna denotatif.

6.15 Peserta didik menulis teks eksplanasi menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan (sistematika penulisan laporan, EYD, jenis kalimat majemuk, Akronim) untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya.

Kelas 6 : Memahami Teks Sastra, Narasi, dan Eksposisi

6.16 Peserta didik memahami nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra.

6.17 Peserta didik mengidentifikasi ide pokok dalam teks narasi dan eksposisi.

Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6

6.1.1 Penulisan dan Memahami Puisi Lama

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menganalisis informasi dan memahami makna dari puisi lama yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audio.

2.      Peserta didik mampu memahami makna dari kosakata yang mengandung makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan dari puisi lama yang disajikan.

3.      Peserta didik membaca puisi lama dengan intonasi, volume, pelafalan dan ekspresi yang kreatif.

4.      Peserta didik menulis puisi lama yang mengandung ide original sesuai tema penulisan yang dipilih.

5.      Peserta didik menulis puisi lama dengan menggunakan kata/frasa yang mengandung makna denotatif dan konotatif (majas).

6.      Peserta didik menulis puisi lama menggunakan kaidah penulisan puisi lama (rima, sajak, bait)

Jumlah Jam Pelajaran

12 JP

Kata Kunci

- Memahami makna puisi lama

- Membaca puisi baru dengan memperhatikan intonasi, volume, pelafalan, dan ekspresi

- Memahami penulisan puisi lama

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru akan membimbing siswa untuk mengetahui isi dan bagaimana cara menulis puisi lama. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi puisi lama ini, guru dapat mencari beberapa referensi contoh puisi lama dan membagikannya di infokus. Setelah itu, guru juga dapat mencari beberapa referensi video bagaimana cara membaca puisi lama guna melatih kemampuan siswa dalam memahami makna puisi yang sedang dibacakan.

Sebelum proses kegiatan pembelajaran dimulai, siswa juga terlebih dahulu dapat mencari beberapa contoh puisi lama, baik dari buku-buku yang ada di perpustakaan maupun dari internet. Hal ini perlu dilakukan agar siswa dapat memahami puisi lama dengan lebih mudah.

Setelahnya, guru dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk menulis puisi lama guna melatih kemampuan dan pemahaman mereka terhadap puisi lama.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

Puisi Lama : puisi yang penulisannya masih terikat oleh peraturan tertentu. Aturan di dalam puisi lama berkaitan dengan jumlah kata atau suku kata dalam tiap baris, jumlah baris yang terdapat dalam tiap bait, serta rima, dan irama.

6.2.1 Memahami Isi dan Unsur dari Dongeng

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik serta memahami cerita dongeng yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audiovisual.

2.      Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok, gagasan pendukung, unsur intrinsik dan ekstrinsik dari cerita dongeng yang disajikan.

3.      Peserta didik melakukan sosiodrama dari dongeng yang dibaca.

4.      Peserta didik melakukan sosiodrama dari dongeng yang dibuat secara mandiri dan kreatif.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

-          Pemahaman terhadap unsur intrinsik dan ekstrinsik pada cerita dongeng

-          Pemahaman terhadap sosiodrama pada cerita dongeng

-          Pemahaman terhadap ide-ide yang dimuat pada cerita dongeng

-          Pemahaman terhadap kegunaan kaidah kebahasaan dan kesastraan dalam menulis cerita dongeng

Penjelasan Singkat

Guru terlebih dahulu menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan dongeng serta unsur intrinsic dan unsur ekstrinsik yang terdapat di dalam suatu dongeng. Untuk memudahkan siswa dalam memahami unsur-unsur tersebut guru dapat mencari beberapa contoh dongeng yang familiar dengan siswa. Setelah itu, jelaskan dan bantu siswa untuk mampu menganalisis unsur-unsur yang ada di dalam dongeng tersebut.

Setelah itu, guru perlu menjelaskan tentang sosiodrama yang akan membantu siswa dalam melakukan sosiodrama pada dongeng yang telah mereka baca.

Untuk melihat bagaimana kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi ini, guru dapat membuat kelas projek seperti tugas menulis dongeng dengan memperhatikan ide cerita yang menarik dan bagaimana kaidah kepenulisannya.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

Dongeng : salah satu cerita rakyat yang cukup beragam cakupannya serta berasal dari berbagai kelompok etnis, masyarakat, atau daerah tertentu di berbagai belahan dunia

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 5 IPAS
IPAS mengkaji tentang bagaimana kehidupan manusia sebagai individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dan berkaitan dengan lingkungan sekitarnya

6.3.1 Menulis Teks Eksplanasi

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.   Peserta didik menganalisis informasi berupa fakta dari teks eksplanasi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audiovisual.

2.   Peserta didik menyampaikan/mempresentasikan informasi yang mengandung teks eksplanasi; dengan pelafalan dan intonasi yang jelas.

3.   Peserta didik menulis teks eksplanasi dari hasil pengamatan dan imajinasi.

4.   Peserta didik menulis teks eksplanasi menggunakan kosakata baru yang mengandung makna denotatif.

5.   Peserta didik menulis teks eksplanasi menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan (sistematika penulisan laporan, EYD, jenis kalimat majemuk, Akronim) untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-          Pemahaman terhadap teks eksplanasi dan informasi berupa fakta yang dimilikinya

-          Pemahaman penulisan teks eksplanasi

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru akan mengajarkan siswa tentang bagaimana cara menganalisis informasi berupa fakta yang terdapat di dalam teks eksplanasi. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks eksplanasi, guru dapat memberikan tugas berupa menulis teks eksplanasi berdasarkan hasil pengamatan dan imajinasi siswa itu sendiri.

Siswa diharuskan menggunakan kosakata baru yang mengandung makna denotative. Penulisan teks eksplanasi yang dibuat siswa juga harus sesuai dengan EYD.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

Teks Eksplanasi : teks yang berisi penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

6.4.1 Memahami Teks Sastra, Narasi, dan Eksposisi

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik memahami nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra.

2.      Peserta didik mengidentifikasi ide pokok dalam teks narasi dan eksposisi.

Jumlah Jam Pelajaran

8 JP

Kata Kunci

Pemahaman nilai-nilai dan ide pokok yang terdapat pada teks narasi dan eksposisi

Penjelasan Singkat

Guru menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan teks sastra, teks narasi, dan teks eksposisi. Untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap ketiga jenis teks tersebut, guru dapat menyajikan beberapa contoh teks, kemudian ajak siswa untuk mengidentifikasi ide-ide pokok yang ada di dalam teks tersebut.

Selain itu, guru juga mengajarkan siswa tentang bagaimana cara menganalisis dan memahami nilai-nilai atau makna yang terdapat di dalam teks.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-          Teks Sastra: teks-teks yang disusun dengan tujuan artistik dengan menggunakan bahasa.

-          Teks Narasi : karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa atau kejadian yang disusun secara runtut/kronologis sesuai urutan waktunya.

-          Teks Eksposisi: sebuah bentuk teks atau tulisan yang memuat tentang informasi maupun pengetahuan.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.