ATP Kurikulum Merdeka Kelas 5 IPAS

Sumber Materi 30 Apr 2024

Rasional Mata Pelajaran IPAS

sumber: https://www.pexels.com/

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, para pendidik semakin tertantang untuk menyesuaikan ilmu pengetahuan dan pola pendidikan IPAS dengan situasi saat ini, di mana siswa bisa lebih siap dalam menghadapi tantangan-tantangan yang akan mereka hadapi di masa depan kelak.

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati yang ada di alam semesta, serta bagaimana interaksi mereka bekerja. Pembelajaran IPAS juga akan mengkaji tentang bagaimana kehidupan manusia sebagai individu sekaligus makhluk sosial yang berinteraksi dan berkaitan dengan lingkungan sekitarnya.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran IPAS ini memiliki peran yang penting dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran ideal untuk profil peserta didik Indonesia.

Apa Hal yang Tidak Bisa Digantikan oleh Teknologi?
Karakter, emosi, dan spiritualitas adalah beberapa contoh penting dari aspek manusiawi yang tidak dapat direplikasi sepenuhnya oleh teknologi

Dengan adanya pembelajaran IPAS ini, rasa ingin tahu peserta didik terhadap fenomena-fenomena alam yang terjadi di sekitarnya akan semakin bertumbuh. Rasa ingin tahu yang dimiliki peserta didik tersebut dapat memicu berkembangnya pengetahuan mereka dalam memahami bagaimana cara alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan setiap manusia.

Dalam penerapan proses kegiatan belajarnya, prinsip yang ada di dalam pembelajaran IPAS dapat melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, berpikir analitis, dan menarik suatu kesimpulan. Dengan belajar IPAS, peserta didik berkesempatan untuk melakukan eksplorasi, investigasi, dan mengembangkan kemampuan dan pemahamannya terhadap lingkungan sekitar.

Capaian Pembelajaran IPAS Fase C

sumber: https://www.pexels.com/

Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem

Peserta didik melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar. Peserta didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar.

Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya

Peserta didik mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternative menggunakan sumber daya sekitarnya. Peserta didik mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi. Peserta didik merefleksikan perubahan kondisi alam di permukana bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia.

Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya

Peserta didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi. Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan.

Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

Peserta didik mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar. Peserta didik melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal.

Tujuan Pembelajaran IPAS Fase C

Kelas

Tujuan Pembelajaran

Kelas 5 : Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem

5.1 Peserta didik melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar.

5.2 Peserta didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar.

Kelas 5 : Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya

5.3 Peserta didik mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari.

5.4 Peserta didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternative menggunakan sumber daya sekitarnya.

5.5 Peserta didik mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi.

5.6 Peserta didik merefleksikan perubahan kondisi alam di permukana bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia.

Kelas 5 : Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya

 

5.7 Peserta didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi.

5.8 Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan.

5.9 Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Kelas 5 : Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

5.10 Peserta didik mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

5.11 Peserta didik melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal.

Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Kelas 5

5.1.1 Sistem Organ Tubuh Manusia dan Ekosistem

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik melakukan simulasi tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuh dengan benar.

2.      Peserta didik menyelidiki hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik-abiotik dan pengaruhnya terhadap kestabilan ekosistem di lingkungan sekitar.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-          Memahami sistem organ tubuh manusia

-          Memahami komponen biotik-abiotik terhadap kestabilan ekosistem

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru dapat memulai proses kegiatan belajar dengan menyajikan video pembelajaran yang menjelaskan tentang sistem organ tubuh manusia. Setelah menyajikan video pembelajaran tersebut, guru dapat memulai kegiatan belajar dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok guna mengerjakan tugas projek. Adapun projek yang bisa dikerjakan siswa yaitu menggambar sistem organ tubuh manusia beserta fungsinya.

Dalam menjelaskan komponen biotik-abiotik guru dapat memulainya dengan sesi tanya jawab mengenai ekosistem, seperti jenis dari ekosistem serta komponen-komponennya. Dengan adanya sesi tanya jawab tersebut guru dapat memahami tingkat pemahaman siswa terhadap lingkungan ekosistem, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan guru yaitu mengarahkan siswa untuk mencari tahu komponen biotik-abiotik dari ekosistem tersebut.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

5.2.1 Gelombang Bunyi, Sumber Energi dan Sistem Tata Surya

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mendemonstrasikan penerapan konsep gelombang (bunyi dan cahaya) dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Peserta didik mendeskripsikan ancaman krisis energi dan mengusulkan upaya individu maupun kolektif untuk menghemat penggunaan energi dan mencari sumber energi alternative menggunakan sumber daya sekitarnya.

3.      Peserta didik mendemonstrasikan sistem tata surya dan hubungannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi.

4.      Peserta didik merefleksikan perubahan kondisi alam di permukaan bumi akibat faktor alam dan perbuatan manusia.

Jumlah Jam Pelajaran

16 JP

Kata Kunci

-       Memahami konsep gelombang bunyi dan cahaya di kehidupan sehari-hari

-       Memahami krisis energi dan solusinya

-       Memahami sistem tata surya

-       Memahami perubahan kondisi alam

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, terlebih dahulu guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan gelombang bunyi dan cahaya serta kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari. Untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan pemahaman mereka, guru dapat menggunakan video pembelajaran untuk menjelaskan tentang gelombang bunyi dan cahaya. Guru dapat melakukan kegiatan projek untuk menjelaskan apa itu konsep gelombang dan bunyi. Guru dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat laporan kerjanya.

Untuk menjelaskan tentang krisis energi yang ada di bumi, guru dapat memulainya dengan menayangkan video pembelajaran mengenai krisis energi yang terjadi di bumi dalam kurun waktu 5 tahun belakangan ini. Dengan adanya video pembelajaran tersebut, guru dapat memudahkan siswa dalam memahami dampak dari ancaman tersebut. Materi krisis energi ini juga dikaitkan dengan perubahan kondisi alam. Pada kesempatan ini, Anda dapat menjelaskan tentang faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya perubahan alam tersebut, apa saja dampaknya, dan bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Selain itu, untuk menjelaskan sistem tata surya dan bagaimana gerak rotasi dan revolusi bumi, guru dapat memanfaatkan video pembelajaran. Dengan begitu, siswa dapat memahami penjelasan guru mengenai materi sistem tata surya dengan baik.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah pembelajaran yang mengajarkan tentang kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir yang merupakan pondasi dari kemampuan literasi

5.3.1 Pola Hidup Manusia dan Ragam Budaya

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengidentifikasi pola hidup yang menyebabkan permasalahan lingkungan dan memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi.

2.      Peserta didik mengenal keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan.

3.      Peserta didik menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemederkaan, dan meneladani perjuangan pahlawan dalam tindakan nyata sehari-hari.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-       Memahami pola hidup individu untuk memprediksi permasalahan yang muncul dan dampak yang terjadi terhadap kondisi sosial kemasyarakatan dan ekonomi

-       Memahami keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan

-       Memahami perjuangan bangsa Indonesia melawan imperialisme, merefleksikan perjuangan pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan

Penjelasan Singkat

Untuk menjelaskan tentang pola hidup dalam lingkungan masyarakat, terlebih dahulu guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan pola hidup. Pola hidup yang baik dimulai dari diri sendiri, sehingga penting bagi siswa untuk mengetahui tindakan mana yang baik untuk dirinya dan tindakan apa yang akan merugikan dirinya sendiri. Melalui penjelasan tersebut, siswa akan jauh lebih paham bagaimana cara membangun pola hidup yang baik untuk lingkungan, dan tidak merugikan banyak pihak.

Indonesia memiliki banyak ragam budaya. Untuk mengenal ragam budaya Indonesia, guru dapat memulainya dengan memanfaatkan video pembelajaran mengenai ragam budaya yang ada di Indonesia. Agar materi terasa lebih dekat, guru dapat menarik pemahaman tersebut ke dunia nyata, yaitu dengan membentuk kelompok belajar, di mana siswa akan diberi tugas untuk mempresentasikan suku mereka masing-masing dan budaya yang mereka miliki.

Untuk menjelaskan perjuangan para pahlawan untuk bangsa Indonesia, guru dapat memanfaatkan berbagai macam jenis literasi yang mana dapat diakses lewat internet maupun buku-buku yang ada di perpustakaan.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

5.4.1 Ekonomi Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

Alur/Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengenal kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar.

2.      Peserta didik melakukan tindakan atau pengambilan keputusan berdasarkan pemahaman terhadap kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal.

Jumlah Jam Pelajaran

14 JP

Kata Kunci

-          Memahami kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar

-          Memahami cara mengambil keputuasan berdasarkan pemahaman kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya

Penjelasan Singkat

Pada kesempatan ini, guru dapat mengajak siswa untuk mengingat kembali materi pembelajaran sebelumnya, yaitu mengenai uang. Kemudian, guru dapat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif yang ada di lingkungan sekitar. Agar materi tersebut lebih dekat dengan siswa, guru dapat mengaitkannya dengan keadaan di ruang kelas maupun sekolah, seperti keadaan keuangan di kelas, seperti bagaimana cara siswa mengumpulkan uang khas, bagaimana pengelolaannya, dan bagaimana cara siswa agar keadaan keuangan tersebut bisa stabil. Melalui tindakan sederhana yang telah dilakukan siswa, guru akan jadi lebih mudah dalam menjelaskan kegiatan ekonomi di masyarakat tersebut.

Selain itu, untuk menjelaskan tentang pemahaman kearifan lokal, guru dapat menjelaskannya secara runtut agar siswa dapat memahaminya dengan baik. Guru dapat melakukan sesi tanya jawab untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan bagaimana sudut pandang mereka terhadap ruang lingkup masyarakat.

Profil Peserta Didik Pancasila

-          Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

-          Berkebhinekaan global

-          Bergotong royong

-          Mandiri

-          Bernalar kritis

-          Kreatif

Glosarium

-

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.