ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Bahasa Indonesia
Rasional :
Kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir adalah fondasi dasar dari kemampuan literasi. Kemampuan literasi digunakan oleh semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan tujuan-tujuan sosial yang ada di lingkungan sekitar. Bisa dikatakan bahwa kemampuan literasi ini sangat penting untuk digunakan dan dipelajari oleh setiap siswa, baik untuk proses kegiatan belajar mereka di kelas maupun untuk masa depannya kelak.
Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa kategori pembelajaran, seperti menyimak, membaca dan memirsa, menulis, serta berbicara dan mempresentasikan suatu informasi yang berkaitan dengan penggunaan bahasa yang digunakan dalam bidang kehidupan.
Untuk meningkatkan kemampuan literasi, siswa dapat mempelajari bahasa Indonesia di sekolah. Model pembelajaran utama yang diguanakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini adalah pedagogi genre. Model pembelajaran ini memiliki 4 tahap, yaitu penjelasan untuk membangun konteks, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian.
Selain model pedagogi genre ini, guru juga dapat menggunakan model pembelajaran lainnya yang sesuai dengan pencapaian pembelajaran tertentu. Dalam membina dan mengembangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia ini, guru dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan pribadi Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berpikir kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.
ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran
(CP) |
Peserta didik mampu bersikap menjadi
pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan
yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media
audio, teks aural (teks yang dibacakan dan / atau didengar), instruksi lisan
dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik menyimak cerita Fiksi
yang dibacakan oleh guru atau media belajar seperti speaker dengan merespon
setiap pertanyaan yang ajukan - Peserta
didik menyimak instruksi lisan yang didengar (contohnya : Pengumuman sekolah,
pengumuman dari Masjid, Pengumuman
dari Whatshap Group) - Peserta
didik menyimak puisi anak yang dibacakan guru |
Perkiraan Jumlah Jam |
5 JP |
Kata Kunci, Topi Inti,
Penjelasan Singkat |
- Kata
Kunci : instruksi lisan, cerita fiksi, puisi - Topik
Inti : Memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks, instruksi lisan,
dan percakapan. - Penjelasan
Singkat : Peserta didik belajar untuk menyimak informasi dari buku teks
bacaan dan percakapan yang dilakukan oleh orang lain. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Mandiri |
Glosarium |
Instruksi : perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan
tugas) Cerita
fiksi : cerita yang dibuat oleh pengarang berdasarkan
khayalan atau dunia rekaan pengarang, bukan kenyataan. |
Capaian Pembelajaran
(CP) |
Peserta didik mampu bersikap menjadi
pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca dan
dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari
dengan fasih. Peserta didik mampu memamahi informasi dari bacaan dan tayangan
yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau
tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik membaca
suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan baik. - Peserta
didik mengurutkan gambar berdasarkan urutan peristiwa dari teks yang ia baca
(fiksi ) - Peserta
didik membaca teks pendek dengan tanda baca yang tepat - Peserta
didik memaknai kosakata baru dari teks yang ia baca - Peserta
didik memahami informasi dari tayangan yang dipirsa - Peserta
didik membacakan puisi anak dengan lafal dan intonasi - Peserta
didik |
Perkiraan Jumlah Jam |
7 JP |
Kata Kunci, Topi Inti,
Penjelasan Singkat |
- Kata
Kunci : cerita fiksi, puisi - Topik
Inti : Memahami isi teks bacaan - Penjelasan
Singkat : Peserta didik belajar untuk memahami isi teks bacaan. Peserta didik
belajar untuk membaca teks bacaan dengan penggunaan tanda baca yang tepat. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Mandiri |
Glosarium |
Cerita
fiksi : cerita yang dibuat oleh pengarang berdasarkan
khayalan atau dunia rekaan pengarang, bukan kenyataan. Puisi : salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya
sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. |
Capaian Pembelajaran
(CP) |
Peserta didik mampu berbicara dengan
santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi
yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya
tentang sesuatu, menjawab dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta
didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan
gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi
informasi yang dibaca atau didengar dan menceritakan kembali teks narasi
yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik menceritakan hal-hal
penting dari apa yang ia simak - Peserta
didik mengungkapkan gagasan dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan orang dewasa) dengan baik dan
santun - Peserta
didik mempresentasikan cerita teks narasi yang ia baca - Peserta
didik mendeskripsikan hal yang familiar baginya misalnya ciri-ciri
benda/hewan kesukaannya, becerita mengenai pengalamannya yang paling menarik. - Peserta
didik bertanya dengan santun tantang hal yang ingin ia ketahui. - Peserta
didik mengungkapkan pendapatnya saat setuju maupun tidak setuju dengan
santun. |
Perkiraan Jumlah Jam |
7 JP |
Kata Kunci, Topi Inti,
Penjelasan Singkat |
- Kata
Kunci : intonasi, gagasan, teks narasi - Topik
Inti : Menceritakan gagasan dari teks narasi - Penjelasan
Singkat : Peserta didik belajar untuk memahami dan mengetahui gagasan dari isi
teks narasi. Peserta didik belajar untuk mempresentasikan gagasannya di depan
kelas. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Kreatif |
Glosarium |
Intonasi : tinggi rendahnya suatu nada pada kalimat yang
memberikan penekanan dalam kata-kata tertentu di suatu kalimat Gagasan : sesuatu yang dihasilkan
dari pemikiran, pengusulan, kemauan, serta harapan yang kemudian disampaikan
atau diperdengarkan Teks narasi : karangan cerita yang
menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologis
sesuai dengan urutan waktunya |
Capaian Pembelajaran
(CP) |
Peserta didik mampu menunjukkan
keterampilan menulis perrmulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak
mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan / atau
melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang
semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa
kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis
Kembali narasi berdasarkan teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan
menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari |
Tujuan Pembelajaran |
-
Peserta didik menuliskan instruksi
lisan yang didengar -
Peserta didik menuliskan
informasi dari tayangan yang dipirsa -
Peserta didik menceritakan
Kembali teks narasi yang dibaca dengan membuat karangan sederhana -
Peserta didik menyusun kata-kata menjadi satu kalimat (bisa dengan bantuan
kartu kata) -
Peserta didik Menulis
kalimat tentang deskripsi benda (contoh : ini Pensilku) -
Peserta didik
mengurutkan gambar sesuai urutan kejadian dalam cerita (gambar cerita) -
Peserta didik
menuliskan pengalaman pribadi tentang kegiatan sehari-hari -
Peserta didik
mengurutkan kalimat yang sesuai dengan kegiatannya sehari-hari -
Peserta didik
menuliskan cerita tentang tahapan / Langkah-langkah dalam melakukan suatu kegiatan sehari-hari
(contoh : menyikat gigi dll) |
Perkiraan Jumlah Jam |
7 JP |
Kata Kunci, Topi Inti,
Penjelasan Singkat |
- Kata
Kunci : teks deskripsi, teks prosedur, teks eksposisi, teks rekon - Topik
Inti : Menunjukkan keterampilan menulis dengan benar - Penjelasan
Singkat : Peserta didik belajar untuk menulis apa yang mereka alami, seperti
menuliskan tentang pengalaman pribadi, buku yang sedang dibaca, kehidupannya
sehari-hari ke dalam suatu teks narasi. |
Profil Pelajar
Pancasila |
Kreatif |
Glosarium |
Teks deskripsi: salah satu bentuk
tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan secara rinci tentang suatu objek,
tempat, orang, atau situasi. Teks prosedur : teks yang menyajikan langkah-langkah
kegiatan atau berbagai tahapan untuk melakukan atau menghasilkan sesuatu. Teks rekon : teks yang menjelaskan
suatu kejadian yang pernah terjadi sesuai dengan urutan waktu kejadian. Teks eksposisi : jenis teks nonfiksi
yang memuat informasi atau paparan tentang sebuah maksud atau tujuan. |