ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Inggris

kurikulum merdeka 18 Des 2023

Rasional:

Bahasa Inggris adalah bahasa yang dominan digunakan oleh setiap orang dalam skala global, baik digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, ilmu pengetahuan, hukum, perdagangan, pariwisata, hubungan internasional, kesehatan, dan teknologi. Bisa dilihat bahwa bahasa Inggris sangat diperlukan, baik dalam belajar maupun bekerja.

Dengan mempelajari bahasa Inggris, peserta didik akan mendapat kesempatan untuk meningkatkan keterampilannya dalam berkomunikasi. Selain itu, peserta didik juga akan memiliki kesempatan yang besar untuk memahami berbagai jenis teks. Melalui bahasa Inggris, peserta didik akan memperoleh pengetahuan, mempelajari berbagai jenis keterampilan, dan mampu hidup serta beradaptasi dengan budaya-budaya yang ada di dunia yang beraneka ragam jenisnya.

Pembelajaran Bahasa Inggris yang dipelajari oleh peserta didik pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu berkaitan dengan diri sendiri, mengenai hubungan sosial dan budaya, serta peluang untuk mendapatkan kerja secara global.

Dengan mempelajari Bahasa Inggris, peserta didik akan dilatih kemampuannya untuk mendapatkan akses ke dunia luar dan belajar untuk memahami bagaimana cara berpikir yang berbeda. Pemahaman peserta didik terhadap pengetahuan sosial budaya dan interkultural ini dapat meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kritis. Secara tidak langsung, pemahaman terhadap budaya lain dapat menarik minat peserta didik untuk lebih memahami budaya yang ada di Indonesia. Peserta didik akan belajar untuk memperkuat identitas di dalam dirinya dan belajar untuk menghargai perbedaan budaya tersebut.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Indonesia
Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa bagian pembelajaran, seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara dan mempresentasikan

Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Inggris ini akan berfokus pada penggunaan bahasa Inggris yang dimuat ke dalam 6 keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis dan mempresentasikan secara terpadu. Adapun 6 Capaian Pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik dalam pembelajaran ini, yaitu Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dan setara level B1.

Pada Level B1 (CEFR) peserta didik akan dilatih kemampuannya dalam:

  • mempertahankan interaksi dan mennyampai sesuatu yang mereka inginkan ke dalam berbagai macam jenis konteks dengan artikulasi yang jelas;
  • mengungkapkan pokok pikiran yang ingin disampaikan secara komprehensif; dan
  • mempertahankan komunikasi walau masih terdapat jeda.

Pendekatan berbasis teks yang ada di dalam pembelajaran Bahasa Inggris terdiri dari 4 tahapan, yaitu:

1. Building Knowledge of the Field (BKOF)

Pada tahap ini guru akan membangun latar belakang pengetahuan peserta didik terhadap topik yang akan mereka tulis atau bicarakan di depan kelas. Selain itu, guru juga akan melatih peserta didik dalam membangun konteks budaya dari teks yang sudah diajarkan.

2. Modelling of the Text (MOT)

Pada tahap ini guru akan memberi contoh teks sebagai acuan bagi peserta didik untuk menghasilkan karya, baik karya yang dibuat secara lisan maupun tulisan.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 2 IPAS
Pembelajaran IPAS dapat membantu peserta didik dalam menumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya

3. Joint Construction of the Text (JCOT)

Pada tahap ini guru akan membimbing peserta didik dalam menghasilkan sebuah teks.

4. Independent Construction of the Text (ICOT)

Pada tahap ini, peserta didik telah mampu menghasilkan teks lisan dan tulisan secara mandiri.

ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Bahasa Inggris

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan, memberikan informasi diri, mengucapkan salam dan selamat tinggal. Mereka merespons instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosa kata sederhana. Mereka menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi.

Tujuan Pembelajaran

-       Peserta didik menunjukkan respon terhadap teks visual sederhana bahasa Inggris yang dibacakan oleh guru

-       Peserta didik menemukan beberapa informasi dari sebuah percakapan pendek atau teks visual sederhana yang dibacakan oleh guru.

-       Peserta didik menggunakan bahasa Inggris verbal sederhana dalam sebuah percakapan ataupun interaksi sederhana dalam lingkup sosial ruang kelas dan keluarga

-       Peserta didik menunjukkan pemahaman akan teks atau percakapan pendek yang dibacakan oleh guru

-       Peserta didik menemukan beberapa informasi dari sebuah percakapan pendek atau teks visual sederhana yang dibacakan oleh guru

Perkiraan Jumlah Jam

20 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : story telling, percakapan

-    Topik Inti : Merespons dan Memahami Informasi dalam Percakapan Sederhana

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik menyimak dan mendengar percakapan pendek yang dibacakan guru. Guru menerapkan story telling, atau bisa memanfaatkan video pembelajaran yang menanyangkan percakapan dalam bahasa Inggris sederhana.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis

Glosarium

Story Telling : kegiatan atau aktivitas untuk menyampaikan sebuah cerita

Percakapan :  komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik merespon secara lisan terhadap teks pendek sederhana dan familiar, berbentuk teks tulis yang dibacakan oleh guru. Siswa menunjukkan pemahaman teks yang dibacakan atau gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.

Tujuan Pembelajaran

-          Peserta didik menggunakan bahasa Inggris verbal sederhana dalam sebuah percakapan ataupun interaksi sederhana dalam lingkup sosial ruang kelas dan keluarga

-          Peserta didik menunjukkan pemahaman akan teks atau percakapan pendek yang dibacakan oleh guru

Perkiraan Jumlah Jam

26 JP

Kata Kunci, Topik Inti, Penjelasan Singkat

-    Kata Kunci : percakapan

-    Topik Inti : Memahami dan Menyampaikan Pesan dari Teks Bacaan

-    Penjelasan Singkat : Peserta didik memberi respons verbal sederhana alam interaksi sosial. Peserta didik belajar untuk memahami suatu cerita atau percakapan sederhana.

Profi Pelajar Pancasila

Bernalar Kritis, Kreatif

Glosarium

Percakapan :  komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.