Apa Itu Prota Dalam Pembelajaran dan Bagaimana Tahapan Menyusunnya?

Sumber Materi Apr 06, 2021

Dalam kegiatan pendidikan, tenaga pendidik harus memiliki strategi dan pengetahuan agar perencanaan pembelajaran berjalan lancar. Bukan hanya menentukan metode pembelajaran di kelas, tetapi menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien melalui perencanaan yang matang. adapun hal-hal yang termasuk ke dalam perencanaan pembelajaran yaitu program tahunan (prota), program semester serta kalender pendidikan. Dengan adanya perencanaan, maka kegiatan belajar mencapai tujuan pembelajaran.

Sebagai guru, mungkin Anda sudah tahu apa itu Prota? Prota atau program tahunan merupakan hal yang harus disiapkan setiap pergantian semester. Dengan adanya prota, Anda memiliki gambaran selama 1 tahun ke depan. Prota juga menjadi bagian administrasi pembelajaran yang menjadi dasar susunan pembelajaran.

Mengenal Apa itu Program Tahunan (Prota)?

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, sebaiknya kita mengenal prota lebih mendalam. Program tahunan atau Prota merupakan susunan waktu pembelajaran dalam kurun waktu 1 tahun ke depan untuk mencapai standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan. Guru harus bisa mengalokasikan waktu pembelajaran dengan baik agar bisa diterima dengan mudah oleh peserta didik.

Dalam proses pembelajaran, pastinya Anda memiliki jumlah jam mengajar sendiri untuk mata pelajaran yang dikuasai. Dari banyaknya jam mengajar, Anda bisa mengalokasikan waktu tersebut dan menyusunnya menjadi program tahunan untuk dijalankan pada awal tahun ajaran baru selama 1 tahun ke depan.

Penyusunannya juga tidak dilakukan sembarangan dan perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti banyaknya materi pelajaran, seberapa lama peserta didik memahami materi pelajaran tersebut per-bab, dan lainnya. Program tahunan berpengaruh terhadap keberhasilan Anda mengajar serta berdampak pada administrasi pembelajaran lainnya seperti RPP, program semester, silabus dan lainnya.

Apa Itu Promes Dalam Pembelajaran dan Bagaimana Tahapan Menyusunnya?
Promes dan Prota merupakan bagian dari administrasi pembelajaran yang menjadi dasar untuk susunan administrasi. Tujuan pembuatan Promes yaitu sebagai gambaran bagaimana kegiatan belajar dilaksanakan selama satu semester depan.

Fungsi Program Tahunan (Prota)

Tanpa Prota, mungkin Anda sedikit kesulitan mengarahkan proses pembelajaran yang baik, karena Anda tidak memiliki perencanaan yang matang dan tidak ada gambaran Apa yang harus dilakukan. Program tahunan ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai berikut

1. Untuk mengorganisir pembelajaran agar bisa berjalan maksimal nantinya.

2 Sebagai pedoman untuk menyusun program-program selanjutnya, seperti program harian, program mingguan dan promes atau Program Semester.

3. Untuk mengoptimalkan waktu pembelajaran yang tersedia, agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif dan mudah diterima oleh peserta didik.

4. Sebagai gambaran hal-hal yang akan dilakukan selama satu tahun pembelajaran.

Langkah Penyusunan Program Tahunan (Prota)

Penyusunan program tahunan harus dilakukan dengan baik. Anda harus memanfaatkan atau membagi waktu pembelajaran yang ada untuk melakukan kegiatan belajar yang efektif dan efisien. Sehingga pembelajaran dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.

Pada dasarnya, penyusunan program tahunan adalah penetapan jumlah waktu yang ada untuk setiap kompetensi dasar. Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah penyusunan prota yang bisa dilakukan, untuk menghasilkan pencapaian yang baik, di antaranya yaitu:

1. Melakukan analisis kalender pendidikan, guna menyesuaikan kebutuhan berdasarkan karakter atau ciri unit satuan pendidikan. Dalam hal ini, pastikan Anda mendapatkan kalender pendidikan, lalu lihat jadwal acara atau kegiatan dalam kalender tersebut untuk memberikan gambaran kegiatan belajar.

2. Memberikan tanda tersendiri pada hari libur, awal tahun ajaran baru, pekan atau mingguan efektif untuk belajar serta waktu yang efektif belajar setiap minggu. Pasalnya, dalam kalender pendidikan ada beberapa hari libur yang perlu ditandai, mulai dari

  • Libur hari besar nasional
  • Libur hari besar keagamaan atau acara keagamaan
  • Libur akhir tahun ajaran
  • Llibur pada hari khusus
  • Jeda antar semester pembelajaran

3. Melakukan perhitungan jumlah Minggu efektif dalam 1 tahun di setiap bulan dan semester nya guna mengalokasikan waktu kompetensi dasar atau format matriks yang ada.

4. Mengalokasikan waktu kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan setiap mata pelajaran, kompetensi dasar serta pokok pembahasannya pada minggu efektif. waktu yang dialokasikan harus sesuai dengan tingkat kesulitan materi, ruang lingkup materi pelajaran, seberapa pentingnya materi pelajaran serta waktu untuk mereview materi pelajaran tersebut.

Apa itu Minggu/Pekan Efektif dalam Program Tahunan (Prota)?

Pada pembahasan sebelumnya, terdapat istilah pekan atau minggu efektif. Namun Apakah Anda sudah tahu arti dari pekan atau minggu efektif itu?

Minggu efektif merupakan hari-hari yang dapat digunakan untuk melakukan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Bagaimana menentukan hari pembelajaran efektif ini? Caranya yaitu dengan melihat hari biasa, atau bukan hari libur maupun hari peringatan khusus

Anda bisa menghitung seberapa banyak minggu/pekan yang ada dalam satu tahun. Setelah itu, Anda bisa menghitung pekan yang tidak efektif dalam satu tahun.

Lalu, Anda bisa menghitung hasil dari pekan dalam satu tahun dikurangi pekan yang tidak efektif dalam setahun. Dari perhitungan tersebut, Anda akan memperoleh seberapa banyak minggu atau pekan efektif.

Setelah mengetahui pekan efektif, langka selanjutnya Anda bisa menghitung banyaknya jam efektif. Caranya dengan mengalikan banyaknya pekan efektif dengan jumlah jam pemberian materi pelajaran per minggu.

Melalui hitungan jam efektif tersebutlah, Anda bisa mengatur distribusi pembagian materi pembelajaran selama satu tahun atau satu semester kedepan. Dengan begitu, Anda bisa menyusun program tahunan dengan mudah dan tepat.

Penentuan alokasi waktu pembelajaran disesuaikan dengan jumlah jam pelajaran, struktur kurikulum yang berlaku serta kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran.

Panduan Lengkap dan Contoh RPP 1 Halaman
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah rencana yang menggambarkan prosedur serta pengorganisasian pembelajaran dalam mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

Contoh Format Penyusunan Program Tahunan

Penyusunan program tahunan dibuat dalam bentuk tabel serta ditandatangani oleh kepala sekolah dan guru yang bersangkutan Anda bisa membuatkan tabel terlebih dahulu, lalu bisa menggunakan contoh format penyusunan program tahunan berikut ini, yaitu:

PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                       :

Mata pelajaran             :

Kelas/program             :

Tahun ajaran                :

(Buat dalam bentuk tabel) :

Semester 1

(Buat dan masukkan dalam beberapa kolom tabel) :

  • Standar Kompetensi (SK)
  • Kompetensi Dasar (KD)
  • Konsep/Sub Konsep (Pokok Bahasan)
  • Alokasi Waktu
  • Keterangan

(Masukkan dalam baris tabel) :

  • Jumlah


(Buat dalam bentuk tabel baru) :

Semester 2

(Buat dan masukkan dalam beberapa kolom tabel) :

  • Standar Kompetensi (SK)
  • Kompetensi Dasar (KD)
  • Konsep/Sub Konsep (Pokok Bahasan)
  • Alokasi Waktu
  • Keterangan

(Masukkan dalam baris tabel) :

  • Jumlah


Mengetahui,

Kepala Sekolah.........


(............................................)

NIP/NIK.


........., ........................ 20.....

Guru Mapel ……


(............................................)

NIP/NIK.

Itulah beberapa hal mengenai program tahunan yang bisa Anda ketahui. Penyusunan prota sangat penting dilakukan sebelum memasuki kegiatan belajar baru. Dengan adanya prota, kegiatan belajar menjadi lebih terarah. Anda bisa menyusun prota dengan baik, sesuai dengan format yang telah diberikan.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.