Panduan Lengkap dan Contoh RPP 1 Halaman

edukasi Sep 19, 2020

Sebelum melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, tentunya seorang pendidik atau guru harus mempunyai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran tersebut. Hal tersebut bertujuan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tersusun rapi.

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan sebuah rencana yang menggambarkan prosedur serta pengorganisasian pembelajaran dalam mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP yang harus disiapkan guru sebelum mengajar dapat berupa persiapan situasi emosional, persiapan mental, lingkungan belajar yang produktif serta mengajak peserta didik turut ikut belajar secara penuh.

Meskipun RPP dan silabus memiliki persamaan dalam beberapa hal, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan. Silabus sendiri berisikan hal-hal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai suatu kompetensi secara utuh. RPP menjadi lingkup rencana pembelajaran yang paling luas, karena mencakup 1 kompetensi dasar yang terdiri 1 indikator atau beberapa indikator.

Sebelumnya, RPP versi lama dibuat secara detail mengenai hal apa saja yang akan disiapkan dan dilakukan oleh guru di kelas. Hal tersebut tentunya akan membutuhkan banyak lembaran kertas untuk membuat RPP. Terlebih, jika guru mengajar 3 kelas atau lebih sekaligus dengan tingkat yang berbeda, tentunya mereka membutuhkan waktu yang sangat lama karena harus membuat lembaran RPP lebih banyak. Maka tak heran jika penyusunan RPP dinilai terlalu rumit dan cenderung untuk akreditasi, bukan untuk proses pembelajaran. Namun saat ini terdapat kebijakan untuk meringkas RPP hanya dalam satu halaman saja.

Panduan dan Contoh RPP 1 Halaman

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makaeim memberikan kebijakan untuk mempersingkat penyusunan RPP dalam satu lembar. Hal ini sesuai dengan surat edaran Mendikbud No 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP. Meskipun dalam surat edaran tersebut RPP cukup dengan satu lembar saja, tetapi bukan berarti tidak boleh lebih dari satu lembar.

Adapun komponen-komponen yang masuk dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berdasarkan permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses, yaitu terdiri dari:

1. Identitas Mata Pelajaran

identitas mata pelajaran yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran terdiri dari satuan pendidikan, kelas, semester, mata pelajaran dan jumlah pertemuan.

2. Standar Kompetensi

Standar kompetensi merupakan batas minimal kemampuan siswa dan siswi berupa sikap, keterampilan dan pengetahuan yang akan dicapai oleh mereka dalam semester setiap mata pelajaran yang akan ditempuh.

3. Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar merupakan beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dan siswi sesuai dengan mata pelajaran tertentu untuk menyusun indikator kompetensi  pelajaran tersebut.

4. Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator pencapaian kompetensi merupakan perilaku yang bisa diukur atau diobservasi untuk mengetahui pencapaian kompetensi dasar yang menjadi di acuan dalam mata pelajaran tertentu. Indikator pencapaian kompetensi ini dapat dilihat melalui sikap, pengetahuan dan keterampilan serta kata kerja operasional yang diukur dan diamati

5. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran yaitu penggambaran proses serta hasil belajar siswa dan siswi berdasarkan kompetensi dasar dan harapan kedepannya

6. Materi Ajar

Materi ajar merupakan bahan pelajaran yang terdiri dari konsep, prinsip, fakta, dan prosedur yang relevan. Materi ini ditulis sesuai dengan perumusan indikator pencapaian kompetensi.

7. Alokasi Waktu

Alokasi waktu merupakan waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan kesepakatan untuk mencapai kompetensi dasar dan beban belajar.

8. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan guru untuk memberikan materi atau bahan ajar sesuai dengan pelajaran tertentu. Metode pembelajaran diharapkan dapat membentuk proses belajar yang baik dengan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga siswa dan siswi bisa mencapai kompetensi dasar yang sudah ditentukan.

5 Tips Menjadi Guru yang Banyak Disukai Murid
Menjadi seorang guru yang disukai murid di zaman milenial sekarang tantangannya cukup sulit. Ada beberapa tips menjadi guru yang bisa membua muridnya suka.

Pemilihan metode pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi atau situasi para siswa dan siswi serta karakteristik indikator dan kompetensi yang akan dicapai. Misalnya pada siswa sekolah dasar yang diberikan soal Hots SD atau bank soal SD guna melatih mereka dalam menghadapi ujian.

9. Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal pembelajaran yang bertujuan memotivasi serta membangkitkan semangat anak untuk fokus dan belajar. Misalnya dengan menyiapkan fisik maupun psikis siswa dan siswi untuk mengikuti pembelajaran, mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran sebelumnya, menjelaskan tujuan pelajaran, serta menyampaikan cakupan materi.

B. Inti Kegiatan

Inti kegiatan merupakan proses belajar yang bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar. Inti kegiatan biasanya diisi dengan pembelajaran interaktif, berpartisipasi aktif dan memberikan ruang bagi siswa untuk berkreativitas, mandiri sesuai dengan bakat dan minatnya.

C. Penutup

Penutup merupakan kegiatan untuk mengakhiri pelajaran, misalnya dengan memberikan kesimpulan atau rangkuman, penilaian dan refleksi dan tindak lanjut.

7 Tipe Guru Mengajar di Depan Kelas
Tentunya setiap guru memiliki karakternya masing-masing. Masing-masing tentu punya gaya mengajar tersendiri. Meski memiliki cara yang berbeda, para guru punya tujuan yang sama. Setiap guru tentunya ingin semua peserta didiknya mendapatkan pendidikan terbaik dan sukses di masa yang akan datang.

Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau Lesson Plan harus berisikan tiga komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran serta asesmen atau penilaian. Yang terpenting, isi RPP harus tetap berkualitas, model pembelajaran yang diajarkan kreatif, mengacu pada silabus serta sesuai dengan muatan kurikulum atau kompetensi dasar tiap mata pelajaran.

Berikut ini merupakan contoh RPP satu halaman:

CONTOH RPP 1 HALAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/MA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

Sekolah: SMA NEGERI 14 Kab. Tangerang

Kelas/Semester: XI IBB dan IPS/Genap

Materi pokok: Tenses

  • Present Continuous Tense
  • Past Continuous Tens

Alokasi Waktu: 4 X 45 menit

‌‌

Kompetensi Dasar:

  • KD 3.1 Mengidentifikasi rumus Present Continuous Tense dan Past Continuous Tense baik secara lisan dan tulisan
  • KD 4.1 Menginterpretasi teks atau kalimat dalam rumus Present Continuous Tense dan Past Continuous Tense baik secara lisan maupun tulis

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  • 3.1.1 Mengidentifikasi rumus Present Continuous Tense dan Past Continuous Tense
  • 3.1.2 Menulis dan Berbicara  menggunakan rumus Present Continuous Tense dan Past Continuous Tense
  • 4.1.1 Mengoreksi isi teks atau kalimat dalam rumus Present Continuous Tense dan Past Continuous Tense

‌‌

A. Tujuan Pembelajaran

Dengan melakukan pembelajaran ini, diharapkan siswa dan siswi di kelas dapat mengidentifikasi serta menginterpretasi rumus present continuous tense dan past continuous tenses dengan baik, serta komunikatif dalam proses belajar.

B. Metode Pembelajaran

1. Siswa dan siswi di kelas mengamati tayangan video dan atau teks yang berisi rumus present continuous tense dan past continuous tenses serta memberi contoh atau menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan video atau teks yang ditampilkan, setelah itu menyimpulkannya.

2. Siswa dan siswi di kelas mengidentifikasi rumus present continuous tense dan past continuous tenses

3. Siswa dan siswi di kelas membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa orang untuk mengumpulkan data/informasi mengenai rumus present continuous tense dan past continuous tenses

4. Siswa dan siswi di kelas menyimpulkan data atau informasi yang dihasilkan dari pengumpulan data, serta membuat contoh kalimat atau teks present continuous tense dan past continuous tenses

5. Siswa dan siswi mempresentasikan hasil kerjanya bersama dengan kelompoknya, lalu ditanggapi oleh kelompok lain.

6. Siswa dan siswi di kelas saling diskusi dan mengoreksi

7. Siswa dan siswi menarik kesimpulan dari hasil presentasi dan diskusi di kelas.

C. Penilaian

1. Sikap: Saat pembelajaran, siswa dan siswi aktif, memiliki rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif

2. Pengetahuan: Tes tertulis,  mengidentifikasi kalimat atau teks yang menggunakan rumus present continuous tense dan past continuous tenses

3. Keterampilan: Kalimat atau Teks menggunakan rumus present continuous tense dan past continuous tenses yang diinterpretasikan.

Mengetahui

Kepala Sekolah,………………………………

NIP. …………………………    …………………,    …………………………………

Guru Bahasa Inggris ………………………………

NIP…………………

Itulah beberapa penjelasan mengenai RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), mulai dari panduan berupa komponen beserta contoh RPP satu halaman. Dengan adanya penyederhanaan RPP ini diharapkan dapat memudahkan guru dalam menyusun RPP serta tidak mengganggu proses pembelajaran.

Epin Supini

Writerpreuner.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.