Apa Itu Promes Dalam Pembelajaran dan Bagaimana Tahapan Menyusunnya?

Sumber Materi 6 Apr 2021

Pendidikan yang bagus dan berkualitas adalah pendidikan yang yang dijalankan dengan perencanaan matang, efektif dan efisien. Perencanaan matang tersebut dibutuhkan untuk memperlancar proses pembelajaran serta dapat mencapai tujuan pendidikan dengan mudah. Adapun yang termasuk ke dalam perencanaan pendidikan yaitu kalender pendidikan, program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES)

Perencanaan persiapan belajar bukan hanya dipengaruhi oleh komponen pembelajaran seperti strategi saja, tetapi juga media dan metode yang digunakan dalam belajar. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kusrini, di mana terdapat dua faktor yang berhubungan dengan persiapan pembelajaran, yaitu:

1. Guru perlu melakukan analisis hari efektif dan program pembelajaran untuk mengetahui jumlah hari efektif belajar dan hari libur. Hal ini dapat memudahkan guru untuk menyusun program pembelajaran satu semester kedepan.

2. Guru membuat program tagihan, program semester dan program tahunan untuk mencapai kebutuhan dan kesinambungan program belajar agar tetap terlaksana dengan baik selama 2 semester kedepan.

Dalam hal ini, kita menyadari bahwa tugas tenaga pendidik bukan hanya sekedar menjelaskan materi dan melakukan penilaian hasil belajar siswa, tetapi juga membuat administrasi yang cukup banyak. Salah satu jenis administrasi yang perlu disiapkan setiap pergantian semester yaitu silabus, absen, RPP, Program Tahunan (PROTA) hingga Program Semester (PROMES).

Jika pada tulisan sebelumnya kita telah membahas Program Tahunan (PROTA/), dalam artikel ini kita akan membahas Program Semester (PROMES), mulai dari pengertian hingga tahapan penyusunannya.

Mengenal Apa itu Program Semester (Promes)?

Promes dan Prota merupakan bagian dari administrasi pembelajaran yang menjadi dasar untuk susunan administrasi pembelajaran lainnya. Tujuan pembuatan Promes yaitu sebagai gambaran bagaimana kegiatan belajar dilaksanakan selama satu semester depan.

Promes atau program semester termasuk kedalam bagian program tahunan yang berisikan gambaran pembelajaran atau pencapaian yang akan diraih selama satu semester kedepan. Arti semester sendiri yaitu satuan waktu yang digunakan untuk menyelenggarakan program pendidikan selama 6 bulan.

Adapun beberapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama satu semester yaitu kegiatan tatap muka, kerja lapangan, praktikum, ujian tengah semester dan kegiatan lainnya guna mencapai tujuan pendidikan.

Isi dari program semester yaitu hal-hal yang akan dilakukan atau yang ingin dicapai selama pembelajaran satu semester.  Perbedaan prota dan promes, yaitu jika program tahunan dibuat untuk mengetahui banyak jam dalam mencapai kompetensi dasar, sedangkan program semester untuk menjawab minggu keberapa kompetensi dasar tersebut dapat dilakukan.

Apa Itu Prota Dalam Pembelajaran dan Bagaimana Tahapan Menyusunnya?
Prota adalah susunan waktu pembelajaran dalam kurun waktu 1 tahun ke depan untuk mencapai standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan.

Fungsi Program Semester (Promes)

Promes menjadi langkah awal atau susunan perencanaan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Promes dibuat secara terperinci dan berurutan dari beberapa hal yang akan dilakukan oleh guru selama mengajar. Adapun berikut ini merupakan fungsi pembuatan program semester, di antaranya adalah

  • Guru memiliki gambaran kegiatan belajar yang dilakukan selama satu semester
  • Dapat memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran selama satu semester sesuai perencanaan
  • Promes dapat mengarahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah diprogram
  • Promes dijadikan pedoman guru untuk mengajar dan membawa suasana KBM lebih baik
  • Promes dijadikan sebagai pola dasar untuk mengatur tugas dan wewenang setiap orang yang terlibat dalam pembelajaran
  • Sebagai bahan dalam menyusun data dan mencapai keseimbangan kerja
  • Sebagai tolak ukur keefektifitasan proses pembelajaran
  • Membantu guru untuk menghemat tenaga, waktu, biaya dan alat penunjang pembelajaran karena semuanya telah disusun dengan rapi

Langkah Penyusunan Program Semester (Promes)

Program semester harus disusun dengan tepat dan teratur agar bisa dijadikan acuan yang baik untuk melaksanakan pembelajaran. Isi dari promes sendiri yaitu alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar atau topik satuan bahasan dengan terperinci setiap semester.

Artinya setiap kompetensi dasar atau topik satuan bahasan ini akan dikembangkan menjadi indikator atau sub-sub topik, sesuai dengan alokasi waktunya untuk setiap minggu efektif dalam setiap bulan yang ada selama satu semester. Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah penyusunan atau mengembangkan program semester, di antaranya yaitu:

1. Menentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai. Anda tidak perlu lagi merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, karena kedua hal tersebut sudah tercantum dalam Standar Isi (SI) pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun jika Anda bertugas merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok), Anda perlu merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sendiri.

2. Menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar melalui program tahunan yang telah disusun

3. Menentukan pada minggu atau bulan gambar apa proses pembelajaran kompetensi dasar akan dilakukan

4. Membuat catatan atau keterangan pada bagian-bagian tertentu yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut

7 Tips Efektif Mengatur Waktu Bagi Guru Selama PJJ
Dengan adanya manajemen waktu yang tepat, kegiatan belajar akan mengarah ke jenjang yang lebih positif serta dapat meningkatkan kemampuan akademik siswa

Konsep Dasar Program Semester

Program semester merupakan penjabaran yang masuk ke dalam program tahunan, artinya promes tidak bisa dibuat tanpa adanya susunan program tahunan. Umumnya program semester ini berisi mengenai:

1. Identitas, mulai dari satuan pendidikan, nama sekolah, kelas, semester, mata pelajaran, tahun pelajaran

2. Isian, mulai dari Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), jumlah jam pertemuan (JJP) pembelajaran serta bulan

Adapun indikator pada program semester harus dirumuskan sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Dengan kata lain, indikator layaknya sebuah tujuan instruksional khusus (TIK) dalam proses pembelajaran, di mana dibutuhkan kata kerja operasional (KKO), untuk membuat rumusan yang lebih efektif, seperti menjelaskan, analisis, identifikasi, evaluasi dan lainnya.

Contoh Format Penyusunan Program Tahunan

Menurut Arikunto dan Jabar 2004:3 Sebuah program bukanlah kegiatan tunggal yang bisa diselesaikan dalam waktu cepat, tetapi sebuah kegiatan berkesinambungan dalam melaksanakan kebijakan.

Oleh sebab itu, program tahunan dan program semester merupakan suatu sistem atau program yang saling berhubungan.

Adapun menurut Uno (2007), Salah satu hal yang menjadi alasan pentingnya perencanaan suatu program pembelajaran yaitu untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas, serta bermuara pada pencapaian tujuan pembelajaran.

Program semester dibuat dalam bentuk tabel. Adapun berikut ini merupakan contoh format program semester yang bisa Anda ketahui dan untuk dijadikan contoh pembuatan promes, yaitu

PROGRAM SEMESTER

Nama Sekolah         :

Mata pelajaran         :

Kelas/Semester         :

Tahun ajaran              :

Standar Kompetensi   :

(Dibuat dalam bentuk tabel)

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi


Materi Pokok


AW

2 JP


Januari

3 | 4 |5

Februari

1 | 2 | 3 | 4 | 5

Maret

1 | 2 | 3 | 4 | 5

April

1 | 2 | 3 | 4 | 5

Mei

1 | 2 | 3 | 4 | 5

Juni

1 | 2 | 3 | 4 | 5

Uji Kompetensi

Remedial

Pengayaan

Mengetahui,

Kepala Sekolah.........


(............................................)

NIP/NIK.


........., ........................ 20.....

Guru Mapel ……



(............................................)

NIP/NIK.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.