Apa Itu Netiquette?

edukasi 26 Jan 2022

Apa Itu Netiquette? Mungkin beberapa dari Anda masih ada yang belum tahu arti dari Netiquette. Atau mungkin bahkan ada yang belum pernah mendengar istilah ini sama sekali. Padahal, Netiquette ini sangat penting. Apalagi di era digitalisasi seperti ini. Dimana akses media sosial semakin besar dan mempengaruhi kehidupan sosial sehari-hari. Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang apa itu Netiquette dan bagaimana pengaruhnya dalam kehidupan sosial saat ini.

Perkembangan Media Sosial

Sebelum membahas apa itu Netiquette, ada baiknya kita membahas dulu tentang media sosial dan perkembangannya. Mengapa? Sebab Netiquette ini berkaitan erat dengan media sosial.

Media sosial adalah sebuah media online yang digunakan oleh para penggunanya untuk saling berkomunikasi, berpartisipasi, berbagai serta memproduksi konten. Media sosial seringkali disebut dengan sosial media (sosmed). Perkembangan media sosial ini didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

Media sosial semakin berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya sebagai media untuk saling berinteraksi saja, tetapi juga didukung untuk mendukung berbagai kegiatan sehari-hari. Misalnya, bekerja, berbelanja, hingga mengakses pendidikan bisa dilakukan melalui media sosial.

Saat ini banyak sekali media sosial yang ada di masyarakat. Mulai dari yang berbasis video, aplikasi chatting ataupun situs jejaring sosial. Pengguna media sosial terus bertambah setiap harinya. Berdasarkan data terbaru dari HootSuite, pada tahun 2021 pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 170 juta jiwa atau sekitar 61,8% dari total populasi yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu, HootSuite juga merilis rata-rata waktu yang dihabiskan orang Indonesia dalam bermedia sosial. Menurut HootSuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya bermain media sosial selama 3 jam 41 menit setiap harinya.

Lalu, media sosial apa ya yang paling banyak diakses oleh orang Indonesia sepanjang tahun 2021? Ada empat media sosial yang paling banyak diakses oleh orang Indonesia sepanjang tahun 2021, yaitu :

· YouTube diakses oleh 93,8% dari seluruh penduduk Indonesia

· WhatsApp diakses oleh 87,7% dari seluruh penduduk Indonesia

· Instagram diakses oleh 86,6% dari seluruh penduduk Indonesia

· Facebook diakses oleh 85,5% dari seluruh penduduk Indonesia

Banyaknya pengguna media sosial inilah yang membuat diperlukannya Netiquette. Netiquette adalah hal yang harus ada saat mengakses media sosial.

Tentang Netiquette

Netiquette adalah singkatan dari network etiquette atau internet etiquette. Netiquette didefinisikan sebagai etika penggunaan internet. Etika ini tentu menjadi hal yang sangat penting dalam mengakses internet, khususnya saat menggunakan sosial media.

Mengapa? Karena saat menggunakan sosial media kita berinteraksi dengan orang lain. interaksi dengan orang lain inilah yang membutuhkan etika. Etika inilah yang nantinya bisa menjaga kita untuk berinteraksi dengan baik. Tanpa khawatir menimbulkan kesalahpahaman dalam proses interaksi tersebut.

Penting sekali bagi kita semua untuk memiliki kemampuan beretika dalam media sosial. Tentunya kita tahu, akhir-akhir ini banyak sekali kasus hukum yang berkaitan dengan penggunaan sosial media.

Banyak sekali orang dilaporkan karena dianggap menyebarkan kebencian dalam bermedia sosial. Ada juga yang dilaporkan karena dianggap menyebarkan hoax atau berita bohong. Bahkan beberapa juga dilaporkan karena dianggap mencemarkan nama baik. Hal yang lebih parah bahkan ada yang dianggap menyebarkan pornografi.

Semua kasus hukum tersebut tentu tidak akan terjadi bila setiap pengguna media sosial memahami apa itu Netiquette. Jika saat mengakses media sosial selalu mengedepankan Netiquette, pasti tidak akan timbul masalah-masalah hukum tersebut.

Netiquette yang Wajib Dilakukan Saat Bermedia Sosial

Lalu, bagaimana Netiquette yang benar itu? Apa yang harus dilakukan oleh para pengguna media sosial agar selalu beretika dalam melakukan interaksi di media sosial ini? Berikut adalah Netiquette yang wajib dilakukan saat bermedia sosial.

1. Jangan pernah membagikan data pribadi di media sosial

Etika pertama yang wajib dilakukan saat bermedia sosial adalah jangan membagikan data pribadi di media sosial. Tidak semua hal harus Anda bagi dalam media sosial. Apalagi jika menyangkut data-data yang bersifat pribadi. Mengapa? Hal ini untuk mencegah disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Jangan menyalahgunakan informasi

Di era digital seperti ini, sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan informasi. Tentunya ini harus disikapi secara bijak. Pastikan memilih dan memilah informasi yang didapatkan dari sosial media. Jangan menyalahgunakan informasi yang Anda dapatkan. Apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan orang lain.

3. Tidak melakukan plagiasi

Banyak sekali informasi yang bisa didapatkan dari sosial media. Tentunya ini bisa Anda jadikan sebagai referensi. Namun ingat, jangan meniru secara mentah-mentah. Jangan sampai Anda melakukan plagiasi terhadap karya orang lain.

Misalnya, jangan mengcopy paste status orang lain yang Anda temukan di sosial media. Selain melanggar etika bersosial media, hal ini juga melanggar hukum yang berlaku.

4. Perhatikan bahasa saat melakukan interaksi di media sosial

Berkomunikasi di media sosial tentu tidak sama dengan berkomunikasi secara langsung. Inilah mengapa Anda perlu lebih hati-hati dalam memperhatikan bahasa yang digunakan saat melakukan interaksi di media sosial.

Pastikan Anda menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hindari kalimat yang ambigu dan membingungkan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi miskomunikasi saat Anda melakukan interaksi di media sosial. Jangan sampai Anda terlibat konflik hanya karena bahasa yang Anda gunakan menyinggung lawan bicara Anda di media sosial.

5. Perhatikan huruf yang digunakan saat mengetik

Ketika sedang mengetik pesan, membuat komentar ataupun caption pada media sosial, perhatikan huruf yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda mengetik dengan huruf kapital semua. Penggunaan huruf kapital di sosial media akan dianggap bahwa Anda sedang marah ataupun kesal. Jadi, jangan lupa memperhatikan huruf saat mengetik di media sosial, ya!

6. Hindari mengomentari secara pribadi

Saat berinteraksi di media sosial hindari mengomentari secara pribadi. Kecuali bila memang Anda diminta untuk memberikan komentar. Selain itu, jangan sembarangan mengomentari orang lain. terlebih jika Anda memang tidak saling mengenal secara pribadi.

Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman. Terkadang, banyak juga orang yang merasa tidak nyaman bila dikomentari secara pribadi. Apalagi jika disebarkan melalui media sosial.

7. Hindari flaming

Jangan pernah terlibat flaming saat bermedia sosial. Flaming adalah netizen yang mengeluarkan opini atau pendapat secara emosional. Ini biasanya terjadi jika terjadi perbedaan pendapat terhadap topik yang sedang viral di sosial media.

Tips Mendidik dan Membimbing Anak Berinternet
Di era digital ini penggunaan internet memang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya internet pekerjaan jadi lebih mudah dan praktis.

Hindari flaming. Jangan pernah berpikir untuk ikut ambil bagian dalam mengeluarkan opini secara emosional.

Media sosial itu ibarat pisau bermata dua. Kita harus lebih bijak dalam menggunakannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengenali dan memahami apa itu Netiquette. Dengan Netiquette ini kita bisa bermedia sosial secara bijak.

Pentingnya Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
TIK merupakan mata pelajaran perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat-perangkat komputer, software, hardware dan tips atau trik menggunakan komputer lainnya.

Demikian artikel tentang apa itu Netiquette. Semoga artikel ini membantu Anda untuk bisa beretika saat bermedia sosial.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.