Pentingnya Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

edukasi 12 Jan 2022

Dalam dunia pendidikan di Indonesia ada beberapa mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa, mulai dari matematika, bahasa Inggris, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan lainnya. Teknologi informasi dan komunikasi atau bisa disebut TIK merupakan salah satu mata pelajaran umum di sekolah, namun mata pelajaran ini sempat dihilangkan, padahal mata pelajaran ini penting dilaksanakan.

Dalam kurikulum prototipe atau kurikulum baru 2022, mata pelajaran TIK kembali diajarkan mulai dari tingkat SMP dan SMA. Mata pelajaran ini sendiri Memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat-perangkat komputer, software, hardware dan tips atau trik menggunakan komputer lainnya.

Saking pentingnya pembelajaran TIK atau komputer, tak jarang orang tua yang yang memberikan kursus komputer pada anaknya sejak dini. Mengingat saat ini sudah memasuki era digitalisasi, yang mana kehidupan tidak bisa terlepas dari peran teknologi. Jangan sampai karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi, kita jadi terlambat dan kurang berinovatif dalam hal ini.

Mata pelajaran TIK membuat siswa menjadi lebih mudah beradaptasi pada perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih. Mereka juga jadi lebih siap memasuki dunia kerja yang sudah modern.

Pentingnya Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Meskipun sempat tidak diajarkan di sekolah, namun dalam rencana kurikulum prototipe atau kurikulum baru 2022, mata pelajaran ini kembali ke dimasukkan untuk memulihkan pembelajaran dan membuat sekolah lebih siap menghadapi pendidikan di masa depan. Ada beberapa alasan mengapa mata pelajaran teknologi, informasi dan komunikasi ini penting diajarkan, yaitu:

1. Untuk Membekali Siswa Tentang Ilmu Moral dan Komunikasi

Pada pengetahuan dasar pelajaran TIK, siswa akan dibekali tentang ilmu moral atau etika dalam bermain internet dan komunikasi.

Di era yang serba digital seperti ini sangat penting untuk membekali siswa tentang ilmu moral dan komunikasi. Seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi siswa dituntut untuk pandai menggunakan internet. Selain itu, siswa harus diberi pemahaman tentang cara menggunakan internet secara sehat. Karena banyak beberapa kasus yang ada adalah kurangnya kesadaran moral dan kurangnya kemampuan berkomunikasi pada siswa.

Hingga ada beberapa kasus yang membuat kesalahpahaman antara guru dan murid yang mengarah pada tindak pidana. Maka dari itu membekali siswa tentang ilmu moral dan komunikasi sangatlah penting apalagi dengan kemajuan teknologi yang ada.

7 Pembelajaran Digital untuk Guru guna Memudahkan KBM
Pembelajaran digital sangat bermanfaat bagi guru dan murid. Inovasi sistem belajar ini memberi ruang & definisi lebih luas dari belajar itu sendiri.

2. Membentuk Karakter Siswa yang Memiliki Skill di Bidang Teknologi

Kemajuan teknologi yang tidak hanya berkembang pada satu aspek saja, membuat siswa harus mampu mengikuti kemajuan teknologi yang hampir setiap hari selalu berkembang. Adanya pelajaran teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya untuk membentuk karakter siswa. Yang mampu bersaing dan memiliki skill di bidang teknologi dan komunikasi. Saat ini sudah banyak yang mampu menggunakan internet, bahkan anak kecil pun sudah handal dalam menggunakan internet.

Kehadiran mata pelajaran teknologi dan informasi menjadi salah satunya upaya untuk membentuk karakter siswa, agar mereka tidak hanya mampu menggunakan, akan tetapi juga mampu membuat teknologi baru yang dapat berfungsi. Selain itu, siswa juga harus mampu bersaing dengan kemajuan teknologi masa kini yang setiap hari selalu ada kemajuan.

3. Mengenalkan Siswa pada Teknologi Baru

Seiring berjalannya waktu hampir semua aspek sudah menggunakan internet, seperti perdagangan, perkantoran, destinasi wisata, dan lain-lain. Hal ini membuat Anda harus mengenal sedikit banyak tentang internet dan teknologi. Maka dari itu, penting sekali mengenalkan siswa pada teknologi baru, dengan adanya pembelajaran TIK adalah salah satu cara mengenalkan teknologi baru pada siswa.

Dengan begitu siswa akan mampu membuat inovasi baru pada teknologi yang sudah ada, dalam hal ini siswa akan mempelajari beberapa aspek yang mampu mereka kenali lebih dalam. Hal ini akan menambah skill siswa dan akan membuat siswa lebih kreatif. Agar siswa tidak hanya menggunakan dan menikmati manfaat internet, tetapi siswa juga mampu membuat inovasi baru yang mungkin berguna untuk masa depan. Selain itu, siswa tidak mengalami gaptek dan mampu bersaing di kancah dunia.

4. Mengenalkan Cara Belajar dengan Teknologi Baru

Dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi, guru dapat mengenalkan pada siswa metode belajar terbaru. Memanfaatkan teknologi terbaru akan membantu guru dalam pembelajaran. Hal ini sangat direkomendasikan pada guru, agar dalam pembelajaran siswa tidak mengalami kebosanan. Adanya teknologi baru akan membuat siswa mengenal beberapa metode belajar baru yang lebih mudah dan mampu menjadi salah satu cara agar tidak bosan dalam belajar.

Terlebih saat ini juga sudah marak pembelajaran dan ujian menggunakan komputer dan internet. Itu adalah salah satu penerapan pembelajaran TIK yang sudah menggunakan teknologi baru, memanfaatkan kemajuan teknologi masa kini yang mampu mencetak generasi yang handal. Handal dan mampu bersaing di kancah dunia, hal ini akan membuat siswa mampu mengenali lebih dalam bagaimana teknologi itu ada dan terbentuk. Hal ini akan membuat siswa menjadi kreatif dan mulai berpikir kritis. Hal yang sangat bermanfaat untuk masa depan siswa dimasa mendatang.

5. Memudahkan Siswa untuk Mempelajari dan Mengenal Perangkat Komputer

Kini komputer atau laptop menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang untuk bekerja maupun belajar. Tanpa pelajaran TIK, sulit bagi siswa untuk memahami dan mengenal perangkat komputer yang akan mereka gunakan nanti.

Sebaliknya, dengan pelajaran TIK siswa akan mengenal perangkat komputer dan kegunaannya lebih dalam, sehingga mereka bisa menggunakannya dengan tepat untuk memudahkan pengerjaan tugas. Pelajaran TIK juga memberitahu siswa untuk menggunakan internet dengan tepat dan tujuan positif, agar mendapatkan manfaatnya.

6. Siswa Lebih Kreatif dalam Belajar

Pelajaran TIK mampu mendorong kekreativitasan siswa dalam belajar dan mengerjakan tugas. Misalnya, dengan mengetahui perangkat/fitur komputer dan cara penggunaannya, siswa bisa mengerjakan tugas presentasi dengan baik dan lebih kreatif. Selain itu, siswa juga bisa belajar mandiri melalui internet atau menggunakan LMS (Learning Management System).

7 Penerapan Penting Artificial Intelligence dalam Pendidikan
Salah satu teknologi yang belakangan ini menjadi perhatian adalah Artificial Intelligence. Teknologi yang satu ini memiliki peran penting dalam memudahkan berbagai fungsi pekerjaan, termasuk di bidang pendidikan.

7. Mendapatkan Informasi dengan Mudah

Melalui mata pelajaran TIK, siswa jadi memiliki bekal etika dalam menggunakan internet dan memanfaatkannya dengan baik, sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dan membangun jaringan lebih luas bahkan hingga seluruh dunia.

Saat ini juga ada banyak program komputer yang ditujukan untuk memudahkan seseorang dalam mempelajari ilmu pengetahuan atau bahasa asing. Selain itu, ada pula latihan multimedia, di mana seseorang bisa mendapatkan ilmu dan keahlian dalam membuat media digital.

Itulah 7 alasan pentingnya mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang bisa Anda ketahui. Anda juga bisa mempelajari mata pelajaran ini karena ilmu teknologi sangatlah luas.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.