8 Sumber Belajar Online Terbaik untuk Homeschooling

edukasi Agt 29, 2020

Keputusan orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak tidak luput dari pertimbangan yang sangat matang. Ketika homeschooling menjadi sebuah keputusan, maka salah satu yang menjadi alasannya adalah fleksibilitas materi pelajaran. Jika di tahun 90-an buku menjadi pusat sumber belajar, maka di era sekarang internet lah yang menjadi sumber belajar terfavorit. Dengan bermodalkan kuota internet, proses belajar anak yang homeschooling semakin melejit dan mudah menemukan passion dirinya.

Melalui daring, Anda sebagai orang tua yang memiliki anak yang belajar secara mandiri wajib memantau perkembangannya serta memberikan rekomendasi sumber belajar online yang tepat dan berkualitas. Terdapat banyak sekali situs belajar mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Selain situs khusus pelajaran akademik, bertebaran pula platform yang mengasah kreatifitas dan meningkatkan softskill.  

Berikut ini 10 sumber belajar online terbaik yang cocok untuk anak Anda yang sedang menjalani  homeschooling.

1. IndonesiaX

Guna belajar materi-materi layaknya di sekolah, berkunjunglah pada situs ini. Di dalamnya anak dapat memilih mata pelajaran seperti bahasa Inggris, matematika, bahasa Indonesia, dan pelajaran lainnya. Perusahaan yang menyediakan jasa belajar online ini bekerja sama dengan perguruan tinggi yang terkenal dan bagus kualitasnya. Kampus tersebut diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan masih banyak lagi. Di dalam situs IndonesiaX disediakan juga fitur latihan soal-soal yang sesuai dengan materi ajar. Latihan tersebut sifatnya mingguan dan tes untuk ujian akhir. Peserta yang mengikuti ujian dengan minimal nilai yang harus dicapai akan mendapat sertifikat. Silahkan Anda mencari tahu lebih detail terlebih dahulu di situs resminya sebelum merekomendasikan kepada anak.

2. Ruang Guru

Menjadi salah satu platform e-learning  terbesar di Indonesia, Ruangguru tentu masuk list sumber belajar terbaik. Dari jenjang SD hingga SMA tersedia banyak sekali referensi untuk menerapkan homeschooling. Tampilan yang easy to use membuat penggunanya betah mengakses aplikasi ini. Ruang Guru menggunakan basis kurikulum nasional sehingga siswa-siswa yang sekolah umum pun akan sangat terbantu mengaksesnya. Belajar di aplikasi ini sangat interaktif karena ada guru-guru yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Materinya tidak hanya berupa soal-soal, namun juga penjelasan yang inovatif berbentuk video dan audio menarik. Dengan begitu Ruang Guru ramah untuk para difabel.  Terdapat fitur Bank Soal dan Try Out yang dapat diakses secara gratis. Jika ingin mendapatkan fasilitas yang lebih memuaskan, Anda harus berlangganan. Bisa bulanan maupun tahunan. Sediakan kapasitas memori yang banyak serta kuota memadai karena aplikasi ini ukurannya lumayan  besar. Kapasitasnya mencapai 82.76 MB.

3. Zenius

Aplikasi ini juga menyediakan materi berbentuk video dan e-book untuk tingkat SD hingga SMA. Fitur yang dapat diakses adalah mata pelajaran sesuai KTSP, kurikulum 2013 dan kurikulum 2013 revisi. Selain itu ada pula tes Tryout serta tips belajar yang efektif. Anda bahkan dapat mengakses hingga 80 ribu video materi secara gratis untuk referensi belajar anak Anda. Beruntung sekali jika anak Anda sedang menempuh jurusan IPA. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena materi yang berkaitan dengan matematika dan fisika sangat detail. Banyak rumus-rumus turunan yang memudahkan siswa memahaminya. Terlebih lagi Zenius hemat dalam penggunaan kuota.

4. Quipper School

Jika Zenius lebih unggul di materi IPA, maka kalau Quipper lebih concern jurusan IPS. Terlihat pada mata pelajaran sosial yang lebih lengkap dari aplikasi yang lain. Tidak sedikit materi yang belum diajarkan di sekolah luring ada dalam Quipper. Pertama kali didirikan pada tahun 2010 di London, Inggris. Saat ini sudah tersebar ke berbagai negara di antaranya Filipina, Meksiko, Jepang, dan Indonesia. Di Negara kita sendiri, aplikasi belajar untuk guru dan siswa ini sudah digunakan lebih dari lima juta user dari kalangan siswa dan sekitar 350 ribu guru. Platform ini hanya untuk tingkat SMP dan SMA.

Tersedia 4 layanan yang terbagi atas klasifikasi tertentu. Pertama, layanan untuk mengatur belajar mengajar murid dan guru (QuipperSchool). Kedua, fitur yang khusus belajar mandiri untuk siswa SMP-SMA (QuipperVideo). Ketiga adalah layanan premium yang terdiri dari fitur interaktif: Tanya Tutor dan Bimbingan Online (QuipperVideoMasterClass). Diperuntukkan khusus tingkat SMA.  Kemudian layanan ke empat memfasilitasi informasi segala hal yang berkaitan dengan kampus (QuipperCampus).

5. Facebook Blueprint

Apakah Anda pengguna media sosial Facebook? Jika iya, maka platform ini wajib Anda gunakan untuk mendukung pembelajaran anak. Ada program e-learning yang disebut Facebook Blueprint yang free access untuk para penggunanya. Fitur yang disediakan adalah khusus belajar bidang marketing online. Khususnya latihan bagaimana cerdas dalam membuat iklan bisnis di Facebook dan Instagram. Materi ini tentu sangat cocok untuk anak Anda yang punya ketertarikan dalam dunia bisnis, tepatnya di bidang marketing online.

Facebook Blueprint menyediakan lebih dari 90 kursus yang berkaitan dengan periklanan di Facebook dan Instagram. Tidak hanya bagi pemula, pengguna berpengalaman pun tetap membutuhkan platform ini untuk meningkatkan skill sebagai marketer. Topik yang disediakan terbagi dalam beberapa kategori. Ada topik tentang membuat Facebook Page (Fanpage), cara promosi bisnis melalui Fanpage, dan cara menambahkan aturan, kreativitas, serta target pasar. Cara mengakses ini sangat mudah yakni dengan log in ke akun facebook pribadi Anda.

6. Rumah Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga meluncurkan kelas daring yang dapat diakses masyarakat luas. Bagi anak yang menjalani homescoolingakan terbantu dengan mengakses Rumah Belajar. Terdapat materi berupa audio, video, gambar, bahkan bentuk animasi yang sesuai kurikulum pembelajaran. Tidak hanya tingkat SD, SMP, SMA, SMK yang dapat menikmati layanan Rumah Belajar. Orang tua dari siswa PAUD pun dapat memperoleh banyak referensi. Kapasitas yang diperlukan untuk mengunduh dan mengaksesnya hanya butuh sekitar 30 MB. Saat ini ada tambahan fitur Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan fitur lainnya guna mendukung belajar mandiri di rumah untuk siswa sekolah formal.

7. MOOCs Universitas Terbuka

Laman yang satu ini disediakan untuk anak-anak yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini sangat penting untuk memberikan banyak gambaran kepada anak mengenai jurusan serta hal-hal yang dibutuhkan di bangku kuliah. Ada banyak pembelajaran mengenai persiapan tes masuk perguruan tinggi. Aksesnya gratis untuk semua pengguna dan diberikan sertifikat kepada mereka yang berhasil menyelesaikan semua sesi kelas online yang berlangsung.

5 KEUNGGULAN BELAJAR ONLINE UNTUK ANAK
Pembelajaran online memberi banyak kemudahan pada pengguna dan orang tua sebagai pendamping belajar di rumah. Keunggulan yang bisa didapatkan dalam proses belajar online, diantaranya: dari segi waktu, materi, pendampingan, kreativitas, dan pendidikan karakter.

8. Scratch Programming

Apakah Anda ingin mendukung skill dan kreatifitas anak dengan cepat? Situs belajar online yang mendukung hal tersebut adalah Scratch. Anak-anak dapat belajar sembari bermain dengan membuat cerita karya sendiri atau menciptakan permainan hingga animasi dengan bebas biaya. Hasil karyanya bisa dibagikan secara online kepada teman-temannya.

Kemampuan kritis, kreatif, sistematis dan berkolaborasi perlu ditanamkan sejak dini. Dengan mengakses Scratch maka Anda akan lebih mudah membentuk semua itu. Di era sekarang skil semacam ini sangat banyak dibutuhkan. Maka dari itu dukunglah anak Anda untuk terus mengasahnya.

Serunya Berlatih Soal di kejarcita.id Bersama Teman
Anak juga kerap moody ketika diminta untuk belajar, bahkan tidak jarang anak menunjukkan banyak tingkah agar bisa menghindar dari kegiatan belajar. Oleh karena itu, memotivasi anak untuk belajar kelompok bersama teman adalah salah satu pilihan yang cerdas.

Dari sumber-sumber belajar secara oline di atas, situs dan aplikasi apakah yang sudah pernah Anda coba untuk proses belajar anak? Maksimalkan referensi-referensi terbaik ini untuk menjadikan anak Anda yang homeschooling menjadi apa yang diinginkannya. Belajar menjadi lebih berkualitas dengan menyediakan kuota internet yang memadai. Jangan lupa pula tetap berikan referensi buku print out sebagai tambahan sumber yang akurat.

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.