8 Situs Penyedia Informasi Seputar Pendidikan

edukasi 3 Feb 2023

Situs penyedia informasi seputar pendidikan kini menjadi salah satu alat pembelajaran di Indonesia dan seluruh dunia. Sumber tak terbatas dan mudah digunakan menjadi keunggulan dari situs ini. Siswa hanya membutuhkan perangkat elektronik dan kuota internet saja untuk menggali berjuta informasi di situs ini.

Situs penyedia informasi seputar pendidikan merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi pada bidang pendidikan. Situs pendidikan online memiliki banyak manfaat bagi instrumen pendidikan, diantaranya yaitu:

Manfaat Situs Pendidikan Online

1. Media Pendukung Pembelajaran

Keberadaan situs penyedia informasi seputar pendidikan bisa menjadi media pendukung proses pembelajaran. Mereka menyediakan banyak informasi menarik yang bisa dimanfaatkan instrumen pendidikan; mulai dari siswa, orangtua siswa, maupun pengajar. Selain itu, keberadaan situs penyedia informasi seputar pendidikan ini akan mengubah paradigma distribusi pendidikan yang sebelumnya hanya terpaku pada penjelasan guru di kelas atau buku catatan saja, tetapi bisa ditelusuri dengan mudah melalui situs online.

2. Penyampaian Informasi Menjadi Lebih Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu kegunaan situs penyedia informasi seputar pendidikan yaitu menjadi media pendukung proses pembelajaran. Dengan demikian, penyampaian informasi juga menjadi lebih cepat.

Bahkan siswa atau guru bisa langsung mendapatkan update pengetahuan secara global dalam hitungan menit saja dimana pun mereka berada. Keren sekali, kan? Ya, itu merupakan salah satu keunggulan penerapan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu proses pembelajaran tak terbatas ruang dan waktu.

3. Meningkatkan Kualitas Tenaga Pengajar

Sebelum teknologi informasi dan komputer (TIK) dipraktekkan secara nyata di dunia pendidikan, tenaga pengajar hanya memiliki tiga cara untuk menggali ilmu pengetahuan; bertanya kepada tenaga pengajar senior, membaca buku di perpustakaan, dan pertukaran pelajar ketika masih bersekolah.

Kini, tenaga pengajar bisa mendapatkan beragam ilmu terbaru hanya bermodalkan internet dan gawai pintar melalui situs penyedia informasi seputar pendidikan. Mulai dari metode mengajar hingga bank soal, semuanya bisa ditemui dengan mudah.

Jika dimanfaatkan secara optimal, maka kualitas tenaga pengajar akan terus meningkat. Ketika kualitas tenaga pengajar sangat memuaskan maka siswa yang diajarnya juga memiliki kualitas yag tidak perlu diragukan.

4. Mengenalkan Teknologi kepada Siswa dan Orangtua Siswa

Tak hanya berguna bagi guru saja, situs penyedia informasi seputar pendidikan juga sangat berguna bagi siswa dan orang tua siswa. Secara tidak sengaja, keberadaan situs ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan teknologi kepada siswa dan orang tua siswa. Melek teknologi merupakan softskills yang sangat penting dimiliki di era globalisasi ini agar bisa bersaing dengan masyarakat dari negara lain.

5. Membangun Kemandirian dan Kreativitas Siswa

Selain mengenalkan teknologi kepada siswa, adanya situs penyedia informasi seputar pendidikan dapat membangun kemandirian dan kreativitas siswa. Mereka tidak berpaku pada penjelasan guru dan buku cetak saja, tetapi mereka bisa bebas bereksplorasi melalui situs online. Tahap selanjutnya adalah bagaimana pengajar dapat mengarahkan siswa untuk percaya diri dalam bereksplorasi.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era Digital dan Merdeka Belajar
Cara meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital dan merdeka belajar ini adalah mengajak siswa membuat tujuan belajar.

Manfaatnya banyak sekali, bukan? Sekarang, kita akan mengetahui 8 situs penyedia informasi seputar pendidikan yang bisa kamu jadikan media pembelajaran. Simak baik-baik, ya.

8 Situs Penyedia Informasi Seputar Pendidikan

1. Kejarcita.id ( https://blog.kejarcita.id/ )

Kejarcita.id adalah platform pendidikan yang berdiri pada tahun 2017. Dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita, platform ini memiliki visi untuk memberikan kesempatan pendidikan yang merata untuk anak-anak Indonesia.

Selain memberikan akses materi pembelajaran (rangkuman, latihan, video, lembar kerja) gratis kepada publik, Kejarcita.id juga memberikan informasi seputar dunia pendidikan melalui laman blog mereka. Mulai dari tips pembelajaran hingga perkembangan IPTEK terkini, pembaca bisa menemukan seluruh informasinya secara detail di blog Kejarcita.id.

2. Ruangguru ( https://www.ruangguru.com/blog )

Ruangguru merupakan aplikasi bimbingan belajar online yang berdiri sejak tahun 2014. Bergerak di bawah PT RUANG RAYA INDONESIA, Ruangguru berfokus pada layanan video belajar berlangganan, kelas virtual, les privat, dan platform ujian online. Selain itu, mereka menyediakan blog yang memuat informasi seputar pendidikan dan bisa diakses gratis oleh pembaca.

3. Zenius ( https://www.zenius.net/blog/ )

Zenius merupakan bimbingan belajar online interaktif di bawah naungan PT Zona Edukasi Nusantara. Layanan akses pendidikan yang memuat 11 subjek pelajaran ini berdiri sejak tahun 2007. Selain sebagai platform bimbel online, Zenius juga menyediakan blog yang memuat informasi seputar pendidikan. Blog tersebut terdiri dari beragam topik, mulai dari materi pelajaran, biografi tokoh, hingga tips and tricks pembelajaran.

4. Rumah Belajar KEMDIKBUD                  

( https://belajar.kemdikbud.go.id/ )

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang memfasilitasi beragam jenis bahan belajar dan fasilitas komunikasi pendukung untuk menumbuhkan interaksi pengguna. Portal yang diprakarsai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang bisa diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja secara gratis.

Portal ini diperuntukkan bagi siswa di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

5. Matematika Studi Center

( https://matematikastudycenter.com/ )

Bagi anda yang suka dengan Matematika, portal ini bisa menjadi opsi menarik untuk mengetahui informasi seputar studi matematika. Walaupun belum diketahui siapa dibalik portal ini, Matematika Studi Center memuat macam-macam bank soal Matematika. Selain itu, situs ini juga memuat beragam soal Ujian Nasional dari berbagai jenjang pendidikan beserta pembahasannya.

6. Indonesia Montessori ( https://indonesiamontessori.com/ )

Indonesia Montessori adalah platform pendidikan yang menyediakan informasi seputar metode montessori untuk anak berusia 0 sampai 12 bulan. Situs yang diinisiasi oleh Elvina Lim Kusumo ini menyediakan beragam artikel yang sangat berguna bagi para ibu yang ingin menerapkan metode montessori mandiri kepada anaknya. Mulai dari subjek pendidikan formal hingga practical live, informasi ini bisa diakses secara gratis di situs mereka.

Sarana Prasarana di Sekolah untuk Mendukung Kemajuan Belajar Era Sekarang
Sarana pendidikan adalah perlengkapan yang digunakan dalam proses pendidikan, misalnya seperti meja, kursi, dan media pembelajaran.

7. Sekolah.mu ( https://www.sekolah.mu/ )

Sekolah.mu merupakan sekolah yang menerapkan sistem blended learning pertama di Indonesia. Situs ini bertujuan untuk menyediakan program belajar bagi semua orang. Dengan sistem blended learning, situs ini beroperasi dengan mengandalkan teknologi dan kolaborasi antar instrumen pendidikan di dalamnya.

Ada beragam jenis informasi pendidikan yang bisa anda temukan, mulai dari bahasa asing, mata pelajaran pendidikan formal, hobi, hingga tips dan trik mengajar. Sekolah.mu bertekad untuk menyediakan akses pembelajaran dengan struktur kurikulum yang fleksibel, personal, dan terintegrasi secara digital.

8. Kelas Pintar ( https://www.kelaspintar.id/blog/ )

Kelas Pintar merupakan platform belajar online yang diinisiasi oleh Fernando Uffie. Bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap materi pelajaran di sekolah, situs ini memberikan informasi pendidikan melalui metode penyampaian materi yang beragam menyesuaikan karakter siswa, baik secara audio, visual, maupun kinestetik.

Kelas Pintar juga memiliki blog dengan beragam jenis topik tulisan. Mulai dari tips pembelajaran hingga pengetahuan umum bisa anda temukan di situs tersebut.

Demikian artikel mengenai 8 situs penyedia informasi seputar pendidikan. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.