7 Tips Mengajar Bahasa Inggris yang Baik

teaching 6 Des 2022

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang wajib dipelajari mengingat penggunaan bahasa Inggris semakin pesat di dunia, bahkan di beberapa negara bahasa ini dijadikan sebagai bahasa nasional kedua. Dalam pendidikan Indonesia, bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Mengapa Bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran wajib di sekolah? Hal ini karena pemerintah sadar akan pentingnya bahasa Inggris untuk mempersiapkan generasi Indonesia yang bisa bersaing secara global.

Melalui bahasa Inggris, seseorang bisa berkomunikasi dengan mudah secara internasional dan memperkenalkan keanekaragaman budaya serta bahasa bangsa kepada dunia. Guru Bahasa Inggris memiliki peran penting untuk mendidik siswa agar bisa berbahasa Inggris dengan baik. Lantas, bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang tepat dan baik untuk siswa?

10 Strategi Guru Agar Optimal Dalam Mengajar
Guru memiliki peran penting untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan menyenangkan. Berikut strategi guru dalam mengajar.

7 Tips Mengajar Bahasa Inggris yang Baik

Berikut ini merupakan 7 tip mengajar bahasa Inggris yang baik pada anak agar lebih mudah dipahami.

1. Menggunakan Lagu

Salah satu cara untuk mengajarkan bahasa dengan mudah dan menyenangkan adalah dengan menggunakan lagu dengan bahasa tersebut. Lagu selalu jadi salah satu sarana belajar yang efektif dan menyenangkan dalam mengajarkan bahasa Inggris. Lagu mempermudah siswa untuk belajar kosakata baru dan dapat memperbaiki cara pengucapan menjadi lebih efektif.

Kosakata (vocabulary) akan lebih mudah dipelajari dan bertambah dengan mendengarkan dan menghafalkan lagu bahasa Inggris. Apalagi kalau ditambah dengan tarian di lagu yang catchy, mungkin siswa akan lebih mudah mengerti apa isi dan arti dari lagu tersebut. Terlebih lagi, kalau lagunya adalah lagu dari idola, pasti akan lebih senang dan antusias belajar.

2. Menggunakan Games

Beberapa orang mungkin berpikir bermain games hanya untuk bersenang-senang. Jangan salah, dengan menggunakan games, belajar bahasa inggris akan menjadi semakin seru dan mudah. Bagi siswa, bermain games selain untuk menghilangkan penat yang menyerang otak, bisa sekaligus menambah ilmu juga.

Hal yang bisa dilakukan adalah untuk memainkan games yang kebanyakan berbahasa Inggris. Dengan itu, siswa akan seolah dipaksa untuk bisa menguasai bahasa Inggris untuk bisa memainkan games-nya. Perintah, petunjuk, dan juga pengaturan dalam games pasti menggunakan bahasa Inggris.

Guru bisa memberikan games yang berhubungan dengan pelajaran di kelas juga. Kalau siswa tidak mengerti apa maksudnya, mereka akan susah bermain dengan nyaman dan benar. Dengan bermain games, murid bisa semakin semangat belajar bahasa Inggris.

3. Rutin Berbahasa Inggris

Supaya siswa familiar berbahasa Inggris, mereka sudah harus dibiasakan untuk rutin berkomunikasi dengan bahasa Inggris di sekolah. Kebiasaan itu dapat diawali dengan membuat sesi khusus untuk belajar bahasa Inggris antarsiswa. Mereka bisa berbicara dengan bahasa inggris sambal sekaligus bermain, misalnya dengan menggunakan flash card atau board game.

Dalam melakukan hal ini, jangan sampai terlihat memaksa dan membuat siswa merasa terpaksa. Biarkan juga kalau ada salah supaya kepercayaan dirinya dalam berbicara dalam bahasa Inggris ada. Beri tahu kesalahannya secara pribadi supaya siswa tidak malu dan tidak berhenti berbicara dengan bahasa Inggris.

Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dasar dapat membuat siswa terbiasa untuk berbicara dengan lancar. Berikan terus semangat supaya mereka semakin percaya diri.

Peran Utama Guru dalam Proses Pembelajaran Anak
Peran guru dalam proses pembelajaran anak memang sangat penting dan tidak mudah.

4. Jangan Terlalu Mengikuti Grammar

Grammar atau tata bahasa memanglah penting kalau berbicara tentang bahasa Inggris. Namun, untuk mengajarkan bahasa Inggris pada siswa, lupakan masalah grammar sejenak. Hal yang sebelumnya harus diajarkan adalah untuk familiar dahulu dengan vocabulary (kosakata) dalam bahasa Inggris.

Saat siswa melakukan kesalahan berbicara, guru tak perlu terus-menerus membenarkan kesalahan siswa. Tujuannya adalah untuk membiasakan siswa agar mereka berani mengekspresikan dirinya serta tetap semangat dalam belajar dan berbicara dalam bahasa Inggris.

5. Mengajarkan Pronounciation

Pronounciation atau pelafalan adalah salah satu materi dasar yang dibutuhkan dalam mengajar bahasa Inggris. Pronounciation penting karena salah ucap maka maknanya akan salah atau berubah pula. Guru yang baik harus mengajarkan cara pelafalan kepada siswa supaya mereka terbiasa melafalkan kata-kata dengan benar.

Pelafalan juga sangat penting saat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris supaya lawan bicara dan diri sendiri sama-sama mengerti apa yang sedang dibicarakan. Guru bisa bantu siswa untuk belajar kata-kata dengan beberapa bunyi yang sulit. Banyak huruf-huruf yang sulit dan pelafalannya butuh latihan. Agar siswa mampu menguasainya, guru punya peranan penting.

6. Menonton dengan Bahasa Inggris

Menonton bisa digunakan sebagai cara yang bagus untuk siswa belajar bahasa Inggris. Jenis tontonan yang bisa digunakan ada banyak, misalnya kartun, video Youtube, video Tiktok, film, dan sebagainya.

Dengan menonton dalam bahasa Inggris bisa menjadi cara yang baik dalam membiasakan mereka untuk mendengar (listening) dialog dalam bahasa Inggris. Dengan mendengar, mereka juga akan belajar banyak kata dan frasa. Dengan semakin berkembangnya teknologi, adanya televisi digital dan internet, belajar bahasa Inggris secara daring sangatlah bisa diakses dengan mudah. Bukan hanya itu, belajar bahasa Inggris juga dapat dilakukan sambil bersenang-senang.

Dalam menonton juga bisa menggunakan subtitle bahasa Indonesia, lalu semakin lama ganti jadi subtitle bahasa Inggris, sampai akhirnya bisa menonton tayangan bahasa Inggris tanpa subtitle sama sekali. Saat menggunakan subtitle bahasa Inggris juga, siswa bisa belajar speaking, listening, sekaligus reading secara bersama.

Setelah menonton, guru bisa mengajak siswa untuk kemudian membahasnya sebagai materi belajar di kelas. Ini tentunya dapat menjadi cara belajar yang menyenangkan bagi siswa.

7. Mengajarkan Frasa Umum

Dalam berbicara sehari-hari, frasa umum banyak dan sangat penting untuk diajarkan kepada siswa. Frasa umum digunakan adalah supaya bisa berlatih ekspresi umum dan percakapan sehari-hari.

Beberapa ungkapan sudah memiliki frasa umum. Dengan memperkenalkan kepada siswa, mereka tidak menerjemahkan kata per kata dalam bahasa Inggris karena artinya bisa jadi berbeda.

Itulah 7 tips mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris lebih mudah dan praktis yang bisa dilakukan. Agar bisa berbahasa Inggris dengan cepat, kita harus banyak latihan dan mulai mencoba menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.