7 Tips Memilih Laptop Untuk Guru yang Bagus

teknologi 11 Okt 2021

Laptop merupakan salah satu perangkat yang dibutuhkan banyak orang untuk bekerja atau belajar, tak terkecuali bagi guru. Apalagi di era digital yang sudah semakin canggih seperti ini, guru diharapkan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer atau laptop, minimal yang dasar atau basic-nya saja. Dengan adanya laptop, guru akan semakin mudah mengajar dan melakukan tugas dengan baik.

Mengingat tugas guru cukup banyak, akan terasa sulit jika tidak memiliki perangkat yang mendukung. Apalagi di zaman sekarang Anda tidak lagi melakukannya secara manual bukan? Karena hal tersebut tidak efektif dan cukup memakan waktu dan tenaga.

Laptop memiliki peran penting dalam dunia pembelajaran, salah satunya mendukung proses terjadinya komunikasi yang interaktif antara guru dengan siswa. Apalagi ketika pembelajaran jarak jauh dan blended learning ini, tentu guru membutuhkan perangkat agar tetap bisa mengajar siswa. Tak sampai di situ, laptop juga membantu guru untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan disukai siswa serta lebih mudah. Di mana guru bisa mengedit video, membuat animasi, membuat gambar dan lainnya melalui aplikasi atau software yang ada di laptop.

Dengan adanya laptop, guru juga tidak perlu mengerjakan tugas secara karena semua bisa dilakukan dengan mudah di laptop, mulai dari mengolah data nilai siswa, mengolah data absensi siswa, membuat RPP satu lembar, membuat soal, membagikan media pelajaran, dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien, hemat tenaga dan praktis.

Alasan Penggunaan Laptop Penting Bagi Guru
Laptop mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran yaitu untuk memberi dukungan proses komunikasi interaktif antara siswa dan guru serta menyiapkan bahan pembelajaran. Menurut Robert Taylor, setidaknya terdapat tiga peran laptop dalam pendidikan yaitu tutor, tutee dan tool.

Tips Memilih Laptop Untuk Guru

Ada berbagai jenis dan merek laptop yang bisa Anda pilih di pasaran. Setiap laptop tersebut tentu memiliki spesifikasi yang berbeda, kegunaan, kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Agar bekerja jadi lebih nyaman dan tugas-tugas terlaksana dengan baik, Anda bisa memiliki laptop yang mumpuni dan spesifikasi bagus. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih laptop untuk guru.

1. Pilih Sistem Operasi yang Tepat

Tips memilih laptop untuk guru yang tepat pertama yaitu Anda harus memilih OS atau operating system yang tepat dan sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menentukan aplikasi apa saja yang membantu anda untuk mengerjakan tugas dan mengajar. Umumnya ada beberapa OS yang dapat Anda pilih, yaitu:

  • Windows, cukup populer dan digunakan banyak orang fleksibel, namun rawan terkena serangan digital.
  • macOS, sistem operasi yang cukup aman, memiliki nilai prestisius namun harganya cukup tinggi karena hanya dimiliki oleh Apple.
  • Chrome OS, sistem operasi yang ringan dan memudahkan, namun tidak bisa menginstal banyak aplikasi
  • Linux, sistem operasi yang gratis namun kurang user friendly.

Ada beberapa aplikasi yang hanya dapat digunakan di sistem operasi tertentu, misalnya Sketch yang bisa digunakan khusus untuk macOS. Jadi cukup penting mempertimbangkan aplikasi dan tool penunjang pekerjaan Anda sebagai guru untuk memilih sistem operasi yang tepat.

2. Spesifikasi Terkini dan Terbaru

Sebagai guru, laptop yang digunakan harus dengan spesifikasi terkini dan terbaru. Yang terpenting adalah spesifikasi laptop yang digunakan harus bisa mendukung aktivitas yang dibutuhkan, yaitu dalam kegiatan belajar mengajar.

Pastikan spesifikasi laptop yang pilih mampu melakukan apa yang guru butuhkan. Misalnya untuk video meeting, mengetik soal dan materi, browsing, sampai editing video sederhana. Sesuaikan dengan kebutuhan guru, karena semakin kencang kinerja laptop, harganya juga akan semakin mahal.

Dengan spesifikasi terkini dan terbaru, guru juga bisa mempelajari hal-hal baru yang ada di laptop. Pasalnya, setiap tahunnya mungkin ada beberapa perubahan dalam kemampuan perangkat teknologi seperti laptop, ini disesuaikan dengan perkembangan zaman yang sudah semakin canggih.

3. Kapasitas RAM Laptop

Random Access Memory (RAM) merupakan hardware yang ada di dalam perangkat laptop yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan data sementara dan bekerja hanya saat laptop hidup atau beroperasi. Untuk kegiatan standar sehari-hari seperti mengetik di Ms Office dan browsing, minimal memori RAM 4GB sudah termasuk cukup.

Kalau mau lebih tinggi seperti RAM 8GB atau RAM 16 GB. Tinggal disesuaikan lagi saja dengan keperluan, misalnya untuk keperluan yang lebih berat seperti mengedit video atau melakukan koding.

Alangkah baiknya memilih kapasitas RAM laptop yang yang cukup tinggi, karena hal tersebut memudahkan Anda menyimpan segala data aplikasi atau file lainnya. Kinerja laptop juga akan lebih cepat dan lancar dengan RAM yang masih luang.

4. Bisa Multitasking

Dalam mengajar khususnya di masa pandemi di mana semua dilakukan secara online atau School From Home (SFH), mengajar online membutuhkan laptop yang sanggup melakukan multitasking karena guru bukan hanya membuka PPT materi tetapi juga membuka video meeting seperti Zoom atau Google Meet.

Dengan spesifikasi yang bagus dan kuat, laptop bisa mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Hal ini membuat Anda jadi lebih nyaman dan melakukan berbagai pekerjaan dengan cepat. Namun perlu diingat, multitasking membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi, alangkah baiknya jika anda fokus terhadap satu tugas terlebih dahulu untuk hasil yang maksimal.

5. Ketahanan Baterai Laptop

Sebagai guru, pastinya akan mengajar dalam waktu yang cukup lama. Gunakanlah laptop dengan daya baterai yang tahan lama. Laptop dengan baterai yang kurang tahan lama bisa mengganggu guru dalam mengajar. Guru harus bolak balik mengisi baterai dan kalau laptop di-charge sambil dipakai secara terus-menerus akan membuat baterai cepat rusak dan semakin cepat habis.

6. Webcam High Definition (HD)

Webcam yang bagus dan jernih sangat diperlukan oleh guru khususnya di masa WFH seperti sekarang. Guru harus menggunakan webcam yang bagus supaya siswa dapat melihat guru dengan baik.

Saat mencari laptop, pilihlah laptop yang webcam-nya HD. Video conference saat mengajar akan jadi nyaman dan lancar, guru dan siswa jadi sama-sama semangat dalam belajar.

Dengan kamera webcam high definition, guru juga bisa membuat video pembelajaran lebih mudah dan praktis langsung menggunakan kamera laptop. Ini cocok bagi guru yang juga ingin menjadi youtuber untuk berbagi ilmu pengetahuan lewat YouTube.

7. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Tips yang satu ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya, membeli laptop membutuhkan biaya yang cukup tinggi yaitu jutaan rupiah. Setiap laptop memiliki harga yang berbeda sesuai dengan spesifikasi dan kecanggihannya. Semakin lengkap spesifikasi dan semakin canggih, laptop memiliki harga yang cukup tinggi.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa membeli laptop entry level yang memiliki harga terjangkau dengan spesifikasi bagus dan mumpuni untuk mengajar dan mengerjakan tugas sebagai seorang guru.

Itulah 7 tips memilih laptop untuk guru agar bekerja dan mengajar jadi lebih mudah dan praktis. Setelah memiliki laptop yang pas untuk mengerjakan tugas, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik, agar performa laptop tetap bagus dan bisa tahan lama.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.