7 Sekolah Non-Formal yang Memiliki Program Pembelajaran yang Unik

sekolah 22 Mei 2024

Sejatinya, pendidikan tidak hanya bisa didapat siswa dari sekolah formal saja, tetapi mereka juga bisa mendapatkan pendidikan yang sama dan tetap berkualitas dari sekolah non-formal.

Di Indonesia sudah terdapat beberapa sekolah non-formal yang memiliki program pembelajaran yang unik. Artikel ini akan membahas mengenai 7 sekolah non-formal dengan program pembelajaran unik. Namun, sebelum membahas ketujuh sekolah tersebut, apa sih yang dimaksud dengan pendidikan non-formal itu?

Pendidikan non-formal merupakan salah satu layanan pendidikan yang bersifat sebagai pengganti, penambah maupun pelengkap dari pendidikan formal. Visi yang dimiliki pendidikan non-formal pun sama dengan pendidikan formal yaitu sebagai medium pembelajaran atau pendidikan sepanjang hayat.

Pernyataan ini juga terdapat pada UU Nomor 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa, “Jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, non-formal, dan informal yang dapat saling memperkaya dan melengkapi.”

Dengan adanya pedoman dari standar nasional pendidikan maka bisa dikatakan bahwa status dari pendidikan non-formal setara dengan fungsi dari pendidikan formal sendiri. Adapun perbedaan dari pendidikan formal, non-formal dan informal yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

Perbedaan Pendidikan Formal, Non-formal, dan Informal

sumber: https://www.pexels.com

Berdasarkan pendapat Abdulloh Ugi (2013), dikatakan bahwa persamaan yang melekat di antara pendidikan formal, non-formal dan informal yaitu sama-sama terfokus kepada masyarakat untuk memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan, baik asal usul dari pendirian, pendanaan, pengelolaan dan aspek-aspek lain yang dibutuhkan dalam membangun sekolah tersebut.

Berikut adalah penjelasan dari perbedaan pendidikan formal, non-formal dan informal, yaitu sebagai berikut.

Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang memiliki sistem terstruktur dan jenjang pendidikannya terdiri atas pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi yang dikelola oleh negara dan sudah diakui keberadaannya.

Pendidikan Non-formal

Pendidikan non-formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang bersifat nyata dan bisa dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Namun, keberadaan dari pendidikan non-formal tidak diwajibkan untuk dimiliki oleh masyarakat. Pendidikan non-formal lebih terfokus untuk menunjang soft skill yang dimiliki seseorang dan menempuh pendidikan ini.

Pendidikan Informal

Pendidikan informal merupakan jalur pendidikan yang diperoleh dari lingkungan sosial berdasarkan asas-asas dan nilai-nilai tertentu supaya setiap orang dapat berkembang sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

Adapun tujuan dari pendidikan non-formal yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

Tujuan Pendidikan Non-formal

  1. Untuk memenuhi kebutuhan belajar tingkat dasar, seperti pengetahuan tentang alam, pendidikan keaksaraan, pengetahuan umum, dan lain sebagainya.
  2. Untuk keperluan pendidikan lanjutan dalam melengkapi pendidikan tingkat dasar dan pendidikan nilai hidup, seperti meditasi, pendidikan kesenian, pengajian, sekolah minggu, dan lain sebagainya.

Selain tujuan, pendidikan non-formal juga memiliki beberapa manfaat, yaitu:

Manfaat Pendidikan Non-formal

  1. Memberikan kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan kepribadian dan mengaktualisasikan diri.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tantangan hidup, baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat.
  3. Meningkatkan kemampuan dalam membina keluarga yang sejahtera.
  4. Meningkatkan wawasan yang luas tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara.
  5. Meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dalam rangka menciptakan pembangunan manusia dan masyarakat.
  6. Meningkatkan kemampuan dalam menciptakan atau membantu dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Memasukkan Anak di Sekolah yang Dekat atau Sekolah Unggulan?
Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu pendidikan yang disediakan sekolah. Apakah bagus? Biasa saja? Atau bahkan kurang? Nah, dalam hal ini kita harus cermat dalam melihat kemampuan sekolah dan juga kemampuan guru.

7 Sekolah Non-formal yang Memiliki Program Pembelajaran yang Unik

sumber: https://www.pexels.com

Adapun 7 sekolah non-formal dengan program pembelajaran unik yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Ganesha Operation

Ganesha Operation atau biasa disebut dengan GO sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar. Sampai saat ini, GO sudah memiliki 600 cabang yang tersebar di 256 kota. Adapun metode belajar terkenal yang menjadi andalan dari bimbel GO ini yaitu metode belajar ‘The King’ yang akan membantu siswa untuk menjawab soal dengan kreatif, cepat dan tepat.

Selain itu, Ganesha Operation juga menyediakan beragam kelas yang bisa diikuti dari tingkat SD, SMP, SMA, sampai dengan alumni. Adapun beberapa program belajar yang ditawarkan oleh bimbel Ganesha Operation (GO), yaitu kelas tryout, psikotes, kelas intensif untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri (PTN), hingga menyediakan layanan pertemuan untuk orang tua.

2. BTA Group

Bimbingan Tes Alumni (BTA) Group adalah lembaga kursus atau bimbel yang didirikan oleh alumni sebuah PTN ternama di Indonesia. BTA Group lebih mengedepankan modul materi belajar.

Modul belajar tersebut telah disusun sesuai dengan kebutuhan siswa yang didukung oleh bank data soal yang lengkap dan bervariasi. Dengan  mengikuti bimbel di GTA Group ini, siswa akan mendapatkan layanan tes minat dan bakat yang dapat membantu mereka dalam menemukan passion sebelum memasuki perguruan tinggi.

3. Kak Seto Homeschooling

Lokasi dari Kak Seto Homeschooling yaitu terletak di Jl. Taman Makam Bahagia ABRI, No. 3A, Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan, 15400. Kak Seto Homeschooling adalah salah satu rekomendasi sekolah formal yang bagus di daerah Jakarta.

Latar belakang dari dibuatnya homeschooling ini yaitu karena banyaknya anak yang mengalami trauma karena kasus bullying, permasalahan dengan guru atau tidak nyaman dengan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah formal, ada permasalahan siswa yang lebih personal sehingga tidak bisa bersekolah dengan baik, dan alasan lainnya.

Karena permasalahan-permasalahan seperti itulah Kak Seto mendirikan Homeschooling ini dengan harapan supaya anak-anak tersebut bisa sekolah dan nyaman dengan pendidikannya. Adapun Homeschooling Kak Seto (HSKS) ini dapat dinikmati oleh berbagai jenjang pendidikan yang dimulai dari SD, SMP, dan SMA.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tergantung program belajar yang dipilih. Program yang ada di HSKS yaitu program komunitas, distance learning, dan pendidikan khusus.

4. Sony Sugema College (SSC)

SSC sudah mengantarkan ribuan siswa ke perguruan tinggi negeri terkenal seperti UI. SSC ini sudah berdiri sejak tahun 1990 dan sudah menerapkan pengajaran secara komprehensif yang dilengkapi dengan cara-cara menarik yang lebih mudah dipahami siswa. Selain itu, SSC juga menawarkan kelas offline dan online yang mana SSC juga menyediakan les privat bagi siswa yang ingin belajar secara intensif di rumah.

5. Primagama

Pimagama sudah berdiri sejak tahun 1982. Adapun tim pengajar yang mengajar di Primagama sudah tidak diragukan lagi kehandalannya dalam menguasai materi pelajaran sehingga mereka akan dengan mudah mentransfer ilmu dengan cara yang lebih menyenangkan.

Adapun program pembelajaran yang ditawarkan oleh Primagama yaitu program Konsep Pengajaran REC atau bisa disebut dengan Remidial, Enrichment, dan Consultation yang dapat membantu siswa untuk memahami setiap pelajaran.

6. Sinergia Homeschooling

Sinergia Homeschooling terletak di gedung STC yang berada di Jl. Asia Afrika No. 51/54, RT.1/RW.3, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta, 10270. Sinergia Homeschooling memiliki kurikulum jenjang yang dimulai dari TK, SD, Secondary 1, 0 Level/ IGCSE, dan A/AS Level. Selain itu, Sinergia Homeschooling juga memberikan layanan yang bagus untuk seluruh siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus.

Adapun materi, kurikulum, dan program belajar yang bisa dipilih di Sinergia Homeschooling sangat beragam. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, minat dan bakat anak-anak.

7 Fakta Sekolah Penggerak yang Harus Kamu Tahu!
Sekolah Penggerak adalah salah satu kebijakan baru yang telah disahkan oleh Kemendikbud untuk seluruh sekolah di Indonesia.

7. Nurul Fikri

Bimbel Nurul Fikri mengajari siswa tentang strategi belajar dengan sistem pemahaman konsep dasar dan strategi kognitif. Selain memberikan layanan bimbingan belajar, Nurul Fikri juga memiliki program beasiswa untuk para alumni yang sedang berkuliah di PTN.

Demikianlah informasi mengenai 7 sekolah non-formal dengan program pembelajaran unik. Semoga dengan adanya sekolah non-formal ini, pendidikan di Indonesia akan bisa berkembang dengan pesat dan lebih baik lagi.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.