7 Rekomendasi Chanel YouTube untuk Belajar Ilmu Parenting

parenting 8 Feb 2024

Semua pasti tahu, menjadi orang tua adalah sebuah proses belajar sepanjang hayat. Saat menjadi orang tua banyak hal baru yang harus dipelajari. Mulai saat menjalani masa-masa kehamilan, saat baru melahirkan dan belajar tentang menyusui hingga belajar bagaimana membesarkan serta mendidik anak dengan baik dan benar.

Orang tua masa kini sangat beruntung. Banyak sekali sumber informasi yang bisa digunakan sebagai tempat belajar menjalani peran pengasuhannya. Tak hanya bisa bertanya pada generasi sebelumnya, orang tua masa kini bisa mandiri belajar parenting. Mulai dari mengikuti kelas edukasi, membaca buku hingga menonton kanal YouTube.

Di era digital seperti ini, media sosial memegang pengaruh kuat dalam kehidupan sehari-hari. Media sosial menjadi referensi utama dalam mencari informasi, termasuk informasi parenting.

YouTube menjadi salah satu media sosial yang banyak diakses untuk mencari ilmu seputar parenting. Melihat video keseharian tentang pengasuhan anak, teras lebih menyenangkan untuk dipelajari.

Berikut adalah tujuh rekomendasi channel YouTube untuk belajar parenting.

1. Keluarga Kita

sumber: https://www.youtube.com/@keluargakita6740

Chanel YouTube untuk belajar ilmu parenting pertama adalah YouTube Keluarga Kita. Keluarga Kita adalah sebuah komunitas parenting yang didirikan oleh pakar pendidikan dan keluarga, Najelaa Shihab pada tahun 2013.

Keluarga Kita memiliki program relawan yang bernama RANGKUL (Relawan Keluarga Kita) yang sudah tersebar di 83 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Ada tiga kurikulum parenting yang dibahas di Keluarga Kita ini, yakni : Hubungan Reflektif, Disiplin Positif dan Belajar Efektif.

Dalam chanel YouTube Keluarga Kita ini, orang tua bisa belajar banyak seputar parenting. Selain itu, Keluarga Kita juga mendukung setiap orang tua untuk bisa berdaya menjalani peran pengasuhannya. Adapun prinsip dari Keluarga Kita adalah “Mencintai dengan Lebih Baik”.

2. AIMI ASI

Menjadi orang tua tidak hanya fokus dalam persoalan mendidik anak saja. Parenting juga berkaitan dengan pemberian nutrisi terbaik bagi anak. Saat anak masih bayi, pastinya ASI (Air Susu Ibu) adalah nutrisi yang terbaik.

Sayangnya, tidak semua bayi bisa mendapatkan ASI secara eksklusif. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya edukasi seputar menyusui.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua baru untuk mengikuti YouTube AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). AIMI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang peningkatan angka menyusui di Indonesia.

Di kanal YouTube AIMI ini, ada banyak informasi seputar ASI yang sangat membantu para ibu untuk bisa sukses menyusui bayinya hingga usia 2 tahun atau lebih.

Banyak video edukatif di YouTube AIMI ini, mulai dari persiapan menyusui, beragam posisi menyusui yang tepat, persiapan menyusui bagi ibu bekerja dan masih banyak lagi.

Pastinya sangat membantu bagi para orang tua untuk memberikan nutrisi terbaik bagi bayinya.

3. Kriwilife

Kriwilife adalah kanal YouTube dari seorang bidan yang bernama Ony Christy. Bidan Ony menyadari bahwa pengetahuan dan perawatan bayi dan anak adalah hal yang sangat penting untuk diketahui setiap orang tua. Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa bidan Ony membuat kanal YouTube Kriwilife ini.

Pada kanal YouTube ini, bidan Ony banyak membagikan tips perawatan bayi baru lahir. Selain itu, banyak juga video yang membahas beragam kesehatan ibu dan anak.

Mulai dari informasi seputar kehamilan, persalinan, nifas, KB , ASI, Kesehatan reproduksi hingga hal-hal lain seputar kesehatan ibu dan anak.

Mengikuti dan menonton video di kanal YouTube Kriwilife ini akan memberikan banyak pengetahuan parenting yang dibutuhkan oleh setiap orang tua.

4. Parentalk ID

sumber: https://www.youtube.com/@ParentalkID

Parentalk ID adalah sebuah chanel YouTube yang banyak dijadikan referensi oleh banyak orang tua untuk belajar ilmu parenting. Parentalk ID awalnya hadir dalam platform Instagram. Konten-konten Parentalk ID ditujukan kepada orang tua milenial.

Nucha Bachri adalah inisator dari Parentalk ID ini. Konten-konten yang dibagikan oleh Parentalk ID ini berfokus pada masa-masa kehamilan hingga menjalani peran sebagai orang tua.

Parentalk ID bertujuan memberikan informasi yang relevan kepada setaip orang tua dalam menjalani setiap peran pengasuhannya.

Konten yang sangat menarik menjadi kunci mengapa Parentalk ID banyak diakses oleh orang tua. Informasi yang diberikan sangat tepat dengan kebutuhan orang tua milenial saat ini.

5. Pamella Arteliana

Pamella Arteliana adalah seorang dokter di Kudus Jawa Tengah. Dokter Pamella, begitu biasa disapa seringkali membuat konten-konten seputar kesehatan ibu dan anak.

YouTube miliknya membahas beragam persoalan kesehatan ibu dan anak dari kacamata medis, meski begitu penyampaiannya dilakukan secara sederhana. Ini yang membuat orang awam bisa mudah memahami beragam istilah medis yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak.

Menonton YouTube dokter Pamella ini membuat orang tua memiliki panduan yang lengkap. Dimulai saat menjalani masa kehamilan, mempersiapkan persalinan, menyusui hingga beragam tips pengasuhan lainnya.

6. Jenifer Bachdim

Siapa yang tidak kenal dengan Jenifer Bachdim? Model papan atas ini semakin terkenal saat resmi menjadi istri pesepak bola, Irfan Bachdim.

Sejak memiliki anak, Jenifer mulai menarik diri dalam dunia hiburan. Dia lebih fokus pada pengasuhan ketiga buah hatinya.

Cerita keseharian Jenifer dalam mengasuh ketiga buah hatinya tanpa ART (Asisten Rumah Tangga) banyak menginspirasi orang tua lainnya. Konten-konten yang dibagikan Jenifer tak hanya menghibur, tetapi juga sangat mendidik.

7 Eksperimen Sains untuk Siswa
Tugas eksperimen siswa SD. Metode eksperimen, membuat pembelajaran sains akan lebih menyenangkan dan tidak memusingkan siswa.

Ada banyak nilai-nilai baik dalam setiap konten yang dibagikan oleh Jenifer. Mulai dari menomorsatukan keluarga, mengasuh anak tanpa ART dan gadget, makan sehat, olahraga hingga tetap menjadi ibu yang produktif.

Konten-konten yang dibagikannya di sosial media, membuat Jenifer meraih penghargaan dari Influence Asia pada 2017 lalu. Jenifer menjadi pemenang dalam dua kategori, yaitu kategori Parenting dan Breakout.

7. Hey Bjorka Halo Mars!

Mau belajar parenting dengan cara yang menghibur? Chanel Hey Bjorka Halo Mars adalah tempatnya. Kanal YouTube ini adalah milik Ringgo Agus Rahman. Aktor sekaligus komedian yang sudah sangat terkenal.

Dalam kanal YouTube ini, Ringgo kerap membagikan cerita harian keluarga kecilnya. Bersama sang istri, Sabai dan dua anaknya, yaitu Bjorka dan Mars, Ringgo berbagi bagaimana pengalaman mengasuh anak.

Ini Topik yang Bisa Diangkat Saat Mengobrol dengan Siswa
Komunikasi merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memberikan informasi dan pengertian dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

Tentunya disampaikan dengan bahasa yang kocak dan menghibur, khas Ringgo pastinya.

Menonton kanal YouTube Hey Bjorka Halo Mars ini, orang tua bisa belajar ilmu parenting dengan cara menyenangkan. Tak terasa digurui, tapi lebih seperti dihibur.

Misalnya saja, ada salah satu video yang berjudul “Pesan untuk Bjorka, Kalau Kamu Diputusin”. Ada-ada saja kan videonya, padahal anak masih kecil tapi sudah dikasih tips saat diputusin. Pastinya sangat menghibur penonton.

Demikian tujuh rekomendasi chanel YouTube untuk belajar ilmu parenting. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin mencari referensi lain seputar pengasuhan. Pastikan, Anda juga tetap melakukan filterisasi terhadap pesan-pesan yang dibagikan oleh chanel YouTube ini. Sesuaikan dengan nilai-nilai yang Anda anut.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.