Ini Topik yang Bisa Diangkat Saat Mengobrol dengan Siswa

edukasi 17 Jan 2022

Sulit melakukan komunikasi adalah salah satu masalah yang kerap kali terjadi dalam proses kegiatan belajar siswa. Masalah komunikasi ini tidak hanya terjadi kepada siswa saja, tetapi guru juga pernah mengalami kendala tersebut. Bukankah seorang guru harus pandai berkomunikasi? Tentu saja jawabannya iya, karena kemampuan berkomunikasi adalah jembatan bagi guru untuk bisa memahami siswa. Oleh karena itu, selain memahami materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa, guru juga harus mengetahui beberapa topik yang bisa diangkat saat mengobrol dengan siswa. Topik-topik yang akan dibahas bersama tidak harus tentang pelajaran yang belum dimengerti maupun tugas yang harus diselesaikan.

Namun, sebelum membahas tentang topik-topik yang cocok untuk dijadikan bahan komunikasi antara guru dan siswa, Anda harus tahu terlebih dulu apa sih yang dimaksud dengan komunikasi dan manfaat komunikasi bagi proses kegiatan belajar siswa. Simak penjelasan di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan komunikasi?

Komunikasi merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memberikan informasi dan pengertian dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain. Dalam kehidupan manusia selaku makhluk sosial, komunikasi adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan kita sehari-hari. Komunikasi tidak hanya dapat membantu kita dalam menjalani rutinitas sehari-hari, komunikasi juga penting untuk para pekerja, pelajar, dan setiap manusia yang ingin beraktivitas. Proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang dalam berkomunikasi bukan perkara mudah, karena masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Dalam proses kegiatan belajar, komunikasi juga memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu siswa. Berikut adalah beberapa manfaat komunikasi dalam kegiatan belajar siswa, antara lain sebagai berikut:

1. Membantu Guru dalam Menyampaikan Tujuan Belajar

Untuk memulai kegiatan belajar, siswa harus tahu tentang pengetahuan yang akan mereka dapatkan atau keterampilan yang akan dipelajari. Dalam hal ini guru juga harus memberitahu siswa mengenai apa yang Anda harapkan dari progres belajar mereka. Oleh karena itu, sebelum memulai KBM guru harus menyampaikan tujuan belajar saat itu. Dengan adanya tujuan belajar, Anda bisa mengetahui apa yang telah dicapai siswa dan apa yang harus dibenahi kembali.

2. Memotivasi Siswa

Selain membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, komunikasi juga dapat membantu guru dalam memotivasi siswa. Tanpa motivasi, sangat memungkinkan pembelajaran yang Anda jelaskan tidak bisa berjalan maksimal. Motivasi yang bisa Anda berikan yaitu seperti memberikan gambaran mengenai masa depan, misalnya seperti usaha yang siswa lakukan ketika sekolah akan berdampak besar bagi masa depan mereka. Dengan semangat yang tinggi dalam belajar dan berkreasi, setiap siswa akan sukses di masa depan kelak.

3. Mengarahkan Kegiatan Belajar Siswa

Pengarahan dalam proses kegiatan belajar siswa itu penting sekali. Untuk membuat proses kegiatan belajar berjalan dengan baik, guru harus memiliki komunikasi yang baik. Selain dapat mengarahkan kegiatan belajar siswa, komunikasi juga dapat membantu Anda dalam merangsang kegiatan diskusi siswa. Diskusi yang dilakukan siswa tidak hanya membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang telah diberikan, tetapi juga dapat membantu siswa supaya bisa lebih aktif, bisa belajar untuk bekerja sama dengan temannya yang lain, dan melatih komunikasi siswa.

Mengapa Harus Menjadi Guru Penggerak? Apa Keuntungannya?
Tujuan program guru penggerak yaitu memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran pada guru serta kompetensi pedagogik agar menjadi penggerak dalam komunitas belajar.

Rekomendasi Topik yang Bisa Diangkat Saat Guru Ingin Mengobrol dengan Siswa

Adapun beberapa topik yang bisa diangkat saat mengobrol dengan siswa. Beberapa topik yang akan Anda bahas tidak harus selalu tentang pelajaran maupun tugas, bisa saja seperti impian, mimpi maupun tujuan hidup. Berikut merupakan beberapa rekomendasi topik yang bisa Anda bahas dengan siswa.

1. Passion

Setiap orang memiliki passion-nya masing-masing, begitu juga dengan siswa. Berbicara tentang passion dapat membangkitkan antusiasme siswa sehingga topik tersebut bisa menjadi salah satu topik obrolan yang menyenangkan. Selain bisa membangun hubungan yang dekat dengan siswa melalui topik bahasan ini, Anda juga dapat bisa lebih memahami apa yang bisa dilakukan siswa, karakter siswa, serta pandangan hidupnya. Hal ini bisa dapat terjadi karena passion yang dimiliki seseorang cenderung bisa dimiliki karena karakter yang dimiliki, rutinitas yang selalu dilakukan, serta hobi mereka.

2. Pengalaman Hidup

Topik pengalaman hidup adalah topik asik yang sulit untuk dilepaskan. Dengan membahas pengalaman hidup, Anda bisa mengobrol sampai berjam-jam. Namun, pada kesempatan ini sebagai seorang guru Anda tidak memiliki waktu yang sebanyak itu untuk membahas pengalaman hidup. Oleh karena itu, Anda bisa melakukannya secara garis besar, misalnya membahas pengalaman yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa saat itu.

3. Berbicara tentang Impian

Impian adalah mimpi indah yang ingin dicapai setiap orang dengan tenaga yang maksimal. Dengan memiliki impian, tujuan hidup seseorang bisa lebih bermakna. Impian dengan cita-cita bisa dikatakan memiliki nilai yang sama dalam meningkatkan motivasi siswa. Bila cita-cita lebih menjurus kepada pekerjaan yang ingin dimiliki siswa di masa depan, maka impian akan membahas tentang mimpi yang ingin diwujudkan siswa, seperti impian untuk belajar sampai luar negeri, memiliki rumah yang besar, pindah tempat tinggal, dan masih banyak lagi.

4. Rekomendasi Buku Bacaan

Berbicara tentang rekomendasi buku bacaan seperti tidak ada ujungnya. Selain belajar dengan baik di kelas, setiap siswa juga harus memiliki kehidupan lain yang positif dan menyenangkan, seperti membaca buku, maupun beberapa kegiatan lainnya. Buku yang dapat dibaca siswa tidak harus tentang pelajaran maupun buku-buku non-fiksi. Anda bisa mengajak siswa untuk membaca buku fiksi, seperti fiksi remaja, sci-fi, fantasi, misteri, thiller, maupun horor. Selain dapat menambah pengetahuan, kegiatan membaca juga dapat meningkatkan literasi anak bangsa.

Tips Mengaitkan Materi Pembelajaran yang Abstrak dengan Kondisi Nyata
pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang menekankan materi pembelajaran yang dipelajari siswa memiliki hubungan dengan situasi kehidupan nyata.

5. Tren

Di era modern seperti saat ini, mengetahui tren terkini sangat mudah didapatkan. Begitu juga dengan siswa, mereka akan selalu tahu tentang tren saat ini. Oleh karena itu, Anda bisa membahas tentang tren masa kini kepada siswa. Selain dapat membantu Anda dalam mengetahui perkembangan zaman, Anda juga bisa memantau apa yang telah diketahui siswa. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tren dalam proses belajar siswa, misalnya seperti memakai aplikasi digital dalam membuat materi pembelajaran, menggunakan aplikasi digital dalam membuat tugas siswa, dan lain sebagainya. Adapun beberapa aplikasi digital yang sering dipakai siswa di setiap harinya yaitu seperti TikTok, Instagram, Twitter, Pinterest, dan Facebook. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut proses kegiatan belajar siswa bisa lebih bervariasi dan menyenangkan.

Demikianlah penjelasan mengenai komunikasi, manfaat komunikasi dalam proses belajar siswa, serta beberapa topik yang bisa diangkat saat mengobrol dengan siswa. Dengan berkomunikasi dengan siswa, Anda tidak hanya bisa lebih dekat dengan siswa saja, tetapi Anda juga bisa lebih memahami siswa. Dengan memahami siswa, tujuan pembelajaran yang Anda tetapkan bisa berhasil dan tercapai secara maksimal.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.