7 Permainan Seru yang Bisa Diterapkan di Whatsapp untuk Selingan Pembelajaran

teknologi Jan 28, 2021

Permasalahan yang sering terjadi dalam Kegiatan Belajar Mengajar secara daring yaitu rasa bosan siswa. Alhasil proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif dan optimal, siswa juga tidak memiliki motivasi untuk meningkatkan semangat belajar. Hal ini disebabkan karena siswa tidak dapat bertemu dan bersosialisasi dengan teman-temannya secara langsung.

Meskipun begitu, kegiatan belajar mengajar secara daring tetap bisa dilakukan dengan optimal, jika pelaksanaannya menarik. Guru memiliki peran penting untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Salah satu cara untuk mengurangi problem KBM online yaitu dengan menciptakan kreativitas dalam mengembangkan metode belajar serta menggunakan media pembelajaran yang menarik.

Oleh sebab itu, Guru harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi serta mengembangkan strategi pembelajaran yang baik. Optimalisasi penggunaan teknologi menjadi pilihan untuk melakukan pembelajaran daring. Sehingga kreativitas dan penggunaan teknologi lah yang menentukan keberlangsungan pembelajaran berjalan baik  dan menyenangkan.

7 Permainan Seru yang Bisa Diterapkan di Whatsapp saat KBM Online

Keberadaan teknologi di masa pandemi semakin masif digunakan sebagai perantara saat bekerja maupun bersekolah. Ada banyak aplikasi yang digunakan ketika KBM online berlangsung, mulai dari Google classroom, video call, video conference, Telegram hingga WhatsApp. WhatsApp menjadi media komunikasi yang paling banyak digunakan karena pemakaiannya yang mudah dan sederhana.

Agar siswa tidak merasa jenuh ketika kegiatan belajar berlangsung, Anda bisa memberikan variasi yang unik dan menarik, salah satunya bermain game bersama. Game bisa dijadikan selingan di tengah pembelajaran untuk membuat suasana belajar tetap menyenangkan. Adapun berikut ini merupakan 7 permainan seru yang bisa diterapkan di WhatsApp saat KBM online, di antaranya yaitu:

1. Tantangan Matematika

Melalui game tantangan matematika pada WhatsApp membuat pembelajaran matematika atau berhitung lebih menyenangkan. Permainan ini cukup menguras otak, tetapi tidak membebani siswa. Anda dapat menggunakan emoji untuk mewakili setiap angka yang ditambahkan atau dikurangi. Emoji yang digunakan bermacam-macam sesuai keinginan, dan setiap emoji memiliki angka tersendiri.

Untuk memulai permainan ini, Anda harus merangkai hitungan atau persamaan matematika terlebih dahulu lalu bagikan dalam grup kelas. Tentukan batas waktu jawab soal untuk menentukan pemenangnya. Seseorang yang menjawab lebih cepat dengan angka yang tepat, maka dialah pemenangnya. Anda dapat mengapresiasi siswa yang benar, lalu melanjutkan game untuk menentukan siapa yang kalah.

Bagi yang kalah, Anda bisa memberikan hukuman ringan. Diskusikan dengan siswa yang lainnya untuk menentukan hukuman yang tepat, agar permainan lebih seru dan asik. Bagi pihak yang kalah harus bisa menerima hukuman tersebut dan sportif dalam mengikuti permainan ini.

2. Truth or Dare

Mungkin Anda sudah familiar dengan games yang satu ini. Truth or Dare bisa dimainkan secara langsung maupun melalui WhatsApp. Permainan ini memberikan tantangan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan dengan jujur atau melakukan tantangan yang harus dihadapi.

Sebelum memulainya, Anda harus membuat daftar pertanyaan Truth or Dare sebanyak 10 poin. Setiap poinnya terdiri dari 5 pertanyaan yang dijawab jujur (truth) dan 5 tantangan atau tindakan yang wajib dilakukan (dare). Jangan langsung beritahu pertanyaan dan tantangan yang telah Anda buat kepada grup kelas, tetapi mintalah kepada mereka untuk memilih angka dari 1 hingga 10.

Setelah semua siswa memilih angka, Anda bisa langsung menunjukkan daftar pertanyaan dan tantangan yang telah dibuat tadi. Mau tidak mau, semua siswa harus melakukan tantangan sesuai dengan angka yang dipilihnya. Berikan pertanyaan atau tantangan yang masuk akal dan tidak sulit, agar siswa tidak merasakan keberatan saat melakukannya.

3. Cerita Bersambung

Cerita bersambung merupakan permainan yang bukan hanya bisa dilakukan secara langsung, tetapi juga secara daring. Permainan ini menumbuhkan kreativitas siswa dalam membuat cerita. Agar tidak terkecoh dan berantakan, Anda bisa menentukan urutan pemain terlebih dahulu, misalnya sesuai urutan absen.

Sebagai guru, Anda bisa memulai permainan ini dengan membuat satu baris kalimat. Setelah itu, siswa dapat melanjutkan baris kalimat lainnya secara berkesinambungan hingga terbentuk sebuah cerita yang utuh. Karena dimainkan secara rame-rame, maka kegiatan belajar lebih seru dan tidak membosankan. Namun Jangan heran jika cerita ini akan berakhir dengan kisah yang absurd.

4. Tebakan dengan Emoji

Mungkin siswa Anda tidak asing dengan permainan tebakan emoji atau bahkan mereka sudah pernah memainkannya di aplikasi. Namun berbeda jika dilakukan bersama-sama, di mana permainan ini akan terlihat lebih seru dan menyenangkan.

Sesuai dengan namanya, permainan ini membuat seseorang harus menebak arti dari emoji yang Anda berikan. Anda dapat membuat tebakan judul film, lagu atau kalimat tertentu dalam bentuk sederet emoji yang telah disusun mendatar.

Setiap emoji yang Anda susun melambaikan kata yang membentuk satu kalimat. Jikabanyak siswa yang merasa kesulitan Anda bisa memberi bantuan berupa 1 huruf awalan dari jawaban tersebut atau clue lainnya. Seseorang yang menjawab dengan cepat dan tepat, Ia-lah pemenangnya.

5. Tangkap Ayam

Tangkap ayam merupakan permainan yang sempat viral beberapa waktu lalu, di mana permainan ini dilakukan secara online dan cukup untuk menghilangkan bosan. Anda juga bisa menggunakan permainan ini sebagai selingan ketika KBM online berlangsung.

Caranya yaitu dengan mengirim video tangkap ayam di grup kelas lalu biarkan siswa mengambil gambar atau screenshot ketika ayam berada di tengah dan dalam garis. Siswa yang cepat melakukannya, adalah pemenangnya. Video tangkap ayamnya sendiri bisa Anda unduh di youtube atau internet.

5 Contoh Game Based Learning yang Bisa Dicoba oleh Guru
Game Based Learning dapat diartikan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan game (permainan) yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi menarik, bahkan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran.

6. Chatting dengan Emoji

Chatting dengan emoji hampir sama seperti tebakan menggunakan emoji, dimana Anda bisa menggunakan emoji untuk merangkai kalimat yang ingin disampaikan. Namun permainan ini tidak menyuruh siswa untuk menebak apa yang dimaksud, tetapi untuk mengobrol di WhatsApp dengan cara yang tak biasa.

Permainan Ini membutuhkan kemampuan berpikir, kreativitas, dan imajinasi yang tinggi, sehingga tak ada salahnya jika Anda mengajak siswa untuk mengobrol dengan emoji tanpa menggunakan huruf sama sekali.

Seruan akan semakin terasa jika banyak siswa yang mengimbangi percakapan tersebut menggunakan emoji, di mana mereka harus mengerti maksud dari rangkaian emoji tersebut. Jadi jangan heran jika obrolan akan terlihat absurd dan proses menerima informasi agak melambat. Meskipun begitu, setidaknya permainan ini ini dapat menghilangkan rasa bosan ketika belajar secara daring.

7. Teka-teki

Teka-teki tentu merupakan permainan yang sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Untuk menghilangkan bosan, Anda bisa memberikan teka-teki yang sulit kepada siswa. Siswa yang berhasil menjawab teka-teki tersebut ialah pemenangnya, dan ia bebas memberikan teka-teki selanjutnya kepada teman-teman yang lain. Permainan ini akan semakin seru ketika teka-teki yang diberikan memiliki jawaban yang kocak.

7 Game Berkelompok Mengasyikan untuk Mengisi Pembelajaran di Kelas
Memainkan game berkelompok dalam kelas bukan hanya menyenangkan, tetapi juga bisa melatih kekompakan, meningkatkan daya ingat, melatih konsentrasi dan menghilangkan rasa jenuh.

Itulah 7 permainan seru yang bisa diterapkan di WhatsApp untuk selingan pembelajaran online. dengan adanya permainan tersebut, diharapkan siswa tidak merasa jenuh dan bosan ketika belajar.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.