7 Kanal Youtube yang Menawarkan Tutoring Gratis untuk Siswa

teknologi 18 Feb 2022

Salah satu kemudahan yang dimiliki anak-anak zaman sekarang adalah kemudahan untuk mengakses berbagai ilmu pengetahuan. Hanya dengan duduk manis di depan laptop atau gawai mereka di rumah, berbagai ilmu pengetahuan bisa didapatkan. Ini sangat berbeda dengan generasi orang tua mereka yang harus bersusah payah untuk menuntut ilmu. Mulai dari perjalanan ke tempat belajar yang cukup memakan waktu, buku-buku pelajaran yang beratnya bisa membuat bahu merasa pegal, dan penjelasan guru yang tidak bisa diulang. Jika saat belajar, kita kehilangan fokus, maka materi yang dijelaskan akan lewat begitu saja.

Hal ini tidak akan terjadi pada zaman mileial sekarang. Setiap orang yang membutuhkan ilmu pengetahuan, bisa mencarinya di laman Youtube. Berbagai tutorial tersedia di sana. Mulai dari tutorial memasak, mengatur rumah, membuat pernak-pernik, hingga tutorial belajar  bagi siswa. Berikut ini, 7 kanal Youtube yang menawarkan tutorial bagi siswa, yaitu:

1.  Kejarcita.id

Kanal Youtube kejarcita memuat materi-materi pelajaran lengkap dengan pembahasan soal-soalnya. Misinya untuk menjangkau lebih banyak siswa yang kurang mampu di berbagai daerah Indonesia, agar mendapatkan pendidikan yang memadai. Ribuan soal berbagai mata pelajaran tersedia di kanal ini. Siswa bisa belajar materi yang dinginkan, berlatih mengerjakan kuis secara online, dan mendapatkan bimbingan dari guru pembimbing yang ada. Kejarcita.id menyediakan layanan yang bisa diakses secara gratis dan layanan premium yang berbayar. Para siswa bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ada juga video-video yang menampilkan sosok siswa inspiratif dari berbagai daerah.

2. BeFit

Saat kondisi PPKM seperti sekarang, aktivitas sosial sangat terbatas, termasuk kegiatan berolahraga. Jika selama ini, siswa bisa berolahraga bersama, berenang bersama, bermain basket bersama, atau kegiatan olahraga lainnya. Siswa-siswa yang suka olahraga, ada kanal BeFit yang bisa dikunjungi, sebagai alternatif untuk tetap berolahraga selama masa pandemi ini.

Kanal ini menampilkan berbagai konten olahraga yang bisa diikuti. Mulai dari tutorial yoga, pilates, aerobik, hingga high intensity interval training. Kanal ini lebih cocok untuk siswa laki-laki yang ingin membentuk badannya menjadi lebih atletis. Durasinya yang singkat cocok untuk aktivitas olahraga sehari-hari bagi siswa. Selain itu, kanal ini juga memuat resep-resep makanan sehat dengan gizi seimbang, yang dapat mendukung program olahraga kalian.

3. Asapscience

Pelajaran Kimia merupakan pelajaran yang sangat menantang. Siswa dikenalkan dengan berbagai reaksi kimia, yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Siswa yang menyukai Kimia bisa memilih kanal ini sebagai teman belajar science. Siswa yang membutuhkan panduan belajar science, bisa mengunjungi kanal Youtube Asapscience. Di kanal ini tersedia tutorial tentang materi-materi science, seperti tabel periodik, unsur, dan materi lainnya.

Ada hal yang menarik di kanal ini, adalah cara belajarnya yang menggunakan lagu. Hal ini memudahkan bagi para siswa yang ingin menghapal tabel periodik atau unsur-unsur. So, belajar science menjadi lebih menyenangkan, bukan? Khususnya bagi anak-anak dengan tipe belajar audio. Masih ingat ketika masih di Taman Kanak-kanak, bukan? Betapa menyenangkannya belajar dan menghapal sesuatu dengan menggunakan lagu.

4. Kok Bisa

Alam semesta merupakan sumber ilmu pengetahuan. Berbagai hal terjadi pada alam. Bagi siswa yang menyukai fenomena-fenomena alam dan penasaran dengan proses terjadinya, bisa mencari jawabannya di kanal Youtube Kok Bisa. Dalam kanal ini, ada banyak penjelasan mengenai fenomena yang terjadi. Misalnya, ada video tentang proses terjadinya cegukan, proses terjadinya gerhana matahari, dan kejadian-kejadian alam lainnya.

Disajikan melalui video yang mudah dimengerti dan menarik, sehingga proses belajar menjadi menyenangkan. Bagi anak-anak kelas menengah atas, kanal ini bisa sangat bermanfaat untuk mengikuti kompetisi IPA di sekolah.

5. Tobikin.com

Menghadirkan berbagai macam tutorial yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kanal ini baru terbit tahun 2015 dan sudah memiliki 100-an video tutorial. Di antaranya adalah tutorial membuat penyiram tanaman otomatis, membuat kipas angin portable tanpa listrik, membuat AC tanpa listrik, membuat pompa air otomatis, membuat penghisap debu, dan masih banyak lagi.

Tutorial-tutorial ini menggunakan bahan-bahan sederhana seperti botol bekas, kardus bekas, dan bahan-bahan lainnya yang ada di sekitar kita. Kanal ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi siswa-siswi yang ingin mengikuti kompetisi di sekolah. Ide-ide kreatifnya bisa diaplikasikan siswa dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan sekolah.

7 Alat Pembelajaran Digital untuk Anak Belajar Mandiri
Di masa PJJ ini, anak perlu memiliki aplikasi digital yang memudahkan pembelajaran secara mandiri. Apa sajakah itu? simak di sini

6. Lyinda.com

Pada masa KBM Online seperti sekarang, siswa membutuhkan berbagai program software untuk mendukung tugas-tugas mereka. Seperti membuat tabel, membuat grafik, ilustrasi, dan slide presentasi. Oleh karena itu, siswa membutuhkan tutorial untuk menggunakan program-program tersebut. Bagi siswa yang membutuhkan tutorial menggunakan software-software di komputer, maka kanal ini bisa menjadi pilihan.

Siswa bisa memilih program apa yang ingin dipelajari. Mulai dari Microsof Excel, Photoshop, AutoCad dan program-program Office lainnya. Menguasai program-program komputer ini merupakan nilai tambah bagi siswa. Tidak hanya memudahkan pengerjaan tugas-tugas sekolah, tapi juga memudahkan jika nanti masuk ke dunia kerja.

5 Alasan Guru Harus Meng-upgrade Diri dalam Mengajar
Guru tentu memiliki kemampuan mengajar dan ilmu pengetahuan yang lebih banyak. Meski begitu, guru perlu meningkatkan skill dalam mengajar.

7. SoCraftastic

Saat kegiatan belajar berlangsung  secara online seperti sekarang, siswa-siswi memiliki waktu luang yang lebih banyak. Khususnya bagi siwa yang memiliki sifat kreatif dan tidak bisa duduk diam. Ada banayak kanal Youtube yang bisa mendukung minat siswa terhadap hal-hal kreatif ini. Seperti kanal  SoCraftastic, kamu bisa menemukan video-video DIY (Do it Yourself) yang menginspirasi.

Ada tutorial mendekor ruangan, membuat bantal, bahkan membuat casing handphone. Kanal ini cocok untuk siswa yang menyukai art, karena bisa melukis dengan berbagai teknik dan media yang berbeda. Selain kamu jadi punya kegiatan positif, nantinya hasil kerajinan tanganmu berpotensi untuk dijual, lho. Kamu jadi mendapat uang jajan tambahan, deh.

Wah, ternyata banyak sekali kanal-kanal youtube yang menawarkan video tutorial bagi siswa-siswi, ya. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga pengetahuan siswa semakin bertambah. Seperti halnya sebilah pisau yang memiliki dua sisi, begitu juga media sosial seperti Youtube.

Jika dimanfaatkan dengan bijaksana, Youtube bisa dimanfaatkan sebagai tempat mencari ilmu pengetahuan baru. Tidak hanya sebagai kanal untuk mencari hiburan,  dan hal-hal lainnya. Mempelajari  materi pelajaran di sekolah memang penting, tetapi juga mempelajari hal-hal lain yang berhubungan dengan life skill juga tak kalah pentingnya.

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.