7 Kalimat yang Baik Diucapkan untuk Memotivasi Siswa Saat KBM

edukasi Des 29, 2020

Guru adalah seorang pendidik  yang berprofesional dengan tugas utamanya mendidik,  mengajar,  membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa. Selain itu guru juga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, faktor utamanya adalah kunci keberhasilan dalam proses belajar siswa.

Motivasi belajar siswa amatlah sangat penting bagi pencapaian prestasi belajar siswa serta menjadi kewajiban guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Lalu bagaimana ya peran yang bisa dilakukan guru untuk memotivasi siswa saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), Apa cara yang bisa guru lakukan untuk memotivasi para siswanya?

Cara Guru dalam Memotivasi Siswa

Berikut cara yang bisa dilakukan guru untuk memotivasi siswa.

1.      Membuat siswa  aktif dalam kegiatan belajar mengajar

Guru memberikan materipelajaran lalu membuat pertanyaan dan siswapun mengerjakan  tugas dengan baik dengan tujuan untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam proses belajar sehingga siswa dapat menyelesaikannya dengan tuntas.

Contohnya : setelah guru memberikan materi pelajaran, guru kemudian memberikan pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan dengan tuntas.

2. Menciptakan suasana kelas yang kondusif

Agar bisa memotivasi siswa saat KBM, suasana kelas juga berpengaruh. Kelas yang kondusif disini  kelas yang aman, nyaman dan selalu mendukung siswa untuk bisa belajar dengan suasana yang tenang dan mendukung proses pembelajaran dengan tata ruang yang sesuai dengan standar yang diharapkan.

3.      Menciptakan metode belajar yang variatif

Metode pembelajaran yang bervariasi ini bertujuan agar siswa tidak bosan dan jenuh dalam proses KBM. Tujuannya  agar siswa selalu termotivasi dalam kegiatan proses pembelajaran. Contohnya : Dalam proses belajar siswa tidak hanya mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru, akan tetapi proses belajar siswa didapat melalui diskusi, audio visual, studi kasus (praktek)dan sebagainya dengan tujuan agar siswa tidak bosan dan tidak jenuh dalam proses belajar.

4. Meningkatkan antusias dan semangat guru dalam mengajar

Kepedulian seorang guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Apabila guru tidak antusias dan tidak semangat dalam proses belajar mengajar maka siswa akan tidak termotivasi dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru perlu selalu tampil baik, percaya diri dan selalu antusias di depan kelas. Seorang guru menjelaskan kepada siswa dengan penuh semangat dan antusias kepada siswanya maka siswa pun akan merespon dengan baik dalam pembelajaran dan akan termotivasi dalam proses pembalajaran sehingga daya serap siswa menjadi efektif.

5.      Memberikan reward

Pemberian reward ini bisa berupa nilai, hadiah, pujian dan sebagainya agar siswa termotivasi akan belajar dan selalu ingin menjadi yang terbaik. Cara  ini dapat menubuhkan motivasi terhadap siswa agar selalu berpacu terus.

Contoh pemberian reward bisa dilakukan apabila seorang guru memberikan pertanyaan kepada siswa atau pun tugas kepada siswa, lalu siswa tersebut menyelesaikan dengan baik ataupun kurang tepat maka seorang guru akan memberikan reward berupa acungan jempol atau pujian sehingga siswa termotivasi untuk lebih baik lagi.

6. Menciptakan aktifitas yang melibatkan seluruh siswa dalam kelas.

Ciptakan aktifitas yang melibatkan siswa dengan teman-teman mereka dalam satu kelas. Tujuannya agar satu sama lain akan membagikan pengetahuan, gagasan atau ide dalam penyelesaian tugas individu siswa dengan seluruh siswa di kelas.

Caranya, saat siswa diberikan tugas oleh guru dalam bentuk latihan, kemudian siswa tersebut mengungkapkan atau diskusi apa yang mereka kerjakan dan diberi tanggapan oleh teman sekelasnya atau kelompok lainnya dan diawasi oleh guru.

7. Berikan petunjuk pada para siswa agar sukses dalam belajar

Jangan biarkan siswa berjuang sendiri dalam belajar. Sampaikan pada mereka apa yang perlu dilakukan. Buatlah mereka yakin bahwa mereka bisa sukses dan bagaimana cara mencapainya.

8. Hindari kompetisi antarpribadi

Kompetisi bisa menimbulkan kekhawatiran, yang bisa berdampak buruk bagi proses belajar dan sebagian siswa akan cenderung bertindak curang. Kurangi peluang dan kecendrungan untuk membanding-bandingan antara siswa satu dengan yang lain dan membuat perpecahan diantara para siswa. Ciptakanlah metode mengajar dimana para siswa bisa saling bekerja sama.

9. Berikan Masukan

Berikan masukan para siswa dalam mengerjakan tugas mereka. Gunakan kata-kata yang positif dalam memberikan komentar. Para siswa akan lebih termotivasi terhadap kata-kata positif dibanding ungkapan negatif. Komentar positif akan membangun kepercayaan diri. Ciptakan situasi dimana Anda percaya bahwa seorang siswa bisa maju dan sukses di masa datang.

10. Hargai kesuksesan dan keteladanan

Hindari komentar negatif terhadap kelakuan buruk dan performa rendah yang ditunjukan siswa Anda, akan lebih baik bila Anda memberikan apresiasi bagi siswayang menunjukan kelakuan dan kinerja yang baik. Ungkapan positif dan dorongan sukses bagi siswa Anda merupakan penggerak yang sangat berpengaruh dan memberikan aspirasi bagi siswa yang lain untuk berprestasi.

11. Kenali minat siswa

Para siswa mungkin berada dalam satu kelas, namun mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Pahamilah siswa Anda, bagaimana tanggapan mereka terhadap materi dan apa minat,cita-cita, harapan dan kekhawatiran mereka. Pergunakanlah berbagai contoh dalam pembelajaran Anda yang ada kaitannya dengan minat mereka untuk membuat mereka tetap termotivasi dalam belajar

12. Hindarilah komentar buruk

Gunakanlah komentar yang positif dan perilaku yang baik. Banyak siswa yang percaya diri akan performa dan kemampuan mereka. Jangan membuat pernyataan yang negatif kepada para siswa di kelas Anda berkaitan dengan prilaku dan kemampuan mereka. Anda harus selektif dalam menggunakan kata-kata dan berbicara dalam kelas. Apabila tidak hati-hati, kepercayaan diri siswa  akan jatuh.

Kalimat yang Bisa Meningkatkan Motivasi Siswa Saat KBM

Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya, sangat penting bagi guru untuk selalu megunkapkan kalimat-kalimat positif pada siswa-siswanya. Kalimat positif ini terbukti bisa meningkatkan motivasi siswa saat KBM.

Kalimat-kalimat positif yang diucapkan oleh guru terbukti akan mempengaruhi kesuksesan siswanya di masa yang akan datang. Seperti contoh penelitian yang dilakukan oleh Douglas Bloch. Douglas Bloch mewawancarai dua kelompok, yakni orang-orang yang sukses dan orang-orang yang tinggal dipenjara. Ternyata ada perbedaan besar sekali mengenai kata-kata apa yang dulu sering mereka dengar dari guru mereka.

Inilah kata-kata yang dulu sering didengar sebagian besar kelompok orang yang dipenjara: “Kamu memang siswa nakal, lihat saja nanti kelak hidupnu akan berakhir dipenjara!” Sementara itu inilah kata-kata yang dulu sering didengar oleh orang-orang sukses. Kalimat penghargaan : “ Lihat betapa bagusnya kamu melakukan itu.”

Lalu seperti apa ya contoh kalimat yang bisa meningkatkan motivasi siswa saat KBM. Berikut contohnya:

• Tak cuma sebatas gelar

"Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan." -Shakuntala Devi, Penulis

• Ingat teman-teman

"Apa yang aku ingat tentang sekolah adalah kenangan-kenangan yang aku buat bersama teman-teman." J. J. Watt, Atlet American Football

• Mengubah dunia

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia." -Nelson Mandela

• Demi masa depan

"Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, untuk hari esok yang dimiliki oleh mereka yang mempersiapkannya hari ini." -Malcolm X, Aktivis Muslim AS

7 Kecakapan Hidup yang Perlu Diajarkan Guru Kepada Siswa Saat KBM Daring
Berikut kecakapan hidup yang dapat diajarkan guru selama masa pembelajaran daring. Dalam bukunya yang inovatif “Mind in the Making” Ellen Galinsky menjelaskan tujuh keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam semua aspek kehidupan, baik sekolah, hubungan dan pekerjaan.

• Bodoh sepanjang hidup

"Barangsiapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." -Imam Syafi'i rahimahullah

• Jangan pernah berhenti belajar

"Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan." -Anonim

10 Strategi Menumbuhkan Mindfulness pada Anak
Salah satu pemicu dari stress yaitu di mana kita tidak bisa menerima sesuatu hal yang tidak sesuai dengan harapan kita. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mindfulness adalah solusi dalam menangani stress dan kecemasan berlebih bagi manusia.

Siapkan dari sekarang

"Masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini." -Anonim

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.