Bermain Catur Dapat Meningkatkan Kecerdasan? Yuk Simak Berikut 7 Fakta Mengenai Permainan Catur

edukasi 12 Apr 2021

Banyak yang berpendapat bahwa bermain catur dapat meningkatkan kecerdasan otak, pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah mengingat bermain catur diperlukan berpikir dan strategi yang tepat. Bermain catur bukan hanya seru dan menantang, tetapi juga dapat mencerdaskan otak dan melatih kemampuan memecahkan masalah bagi anak.

Bahkan, tak sedikit sekolah yang seringkali mengadakan kompetisi bermain catur dan para pesertanya biasanya berasal dari siswa yang ahli dalam bermain catur dan memiliki kecerdasan. Jika Anda adalah orang tua yang memiliki anak remaja, tak ada salahnya Anda mengajak anak untuk bermain catur.

Lalu, Apakah benar bermain catur dapat meningkatkan IQ?

Hal tersebut memanglah benar. Ahli saraf dari Colombia Medical Center di Amerika Serikat menyatakan jika bermain catur dapat meningkatkan IQ, mengurangi risiko alzheimer, meningkatkan pertumbuhan otak, serta membantu pemulihan stroke dan disabilitas.

Bukan hanya itu, menurut study yang dilakukan Murray Thompson, Ph.D pada anak-anak yang bermain catur, mereka dapat meningkatkan IQ selama 4,5 bulan. Bahkan hal ini bukan hanya untuk anak-anak saja tetapi untuk orang yang bermain catur pada umumnya.

Dalam permainannya sendiri catur membutuhkan analisa dan ketajaman otak pemain, dalam membuat strategi yang tepat mulai dari menentukan langkah, rencana, risiko yang didapat serta kapan harus berkorban supaya menang.

7 Fakta unik Mengenai Permainan Catur

6 Tips Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Gamifikasi
Gamifikasi adalah pendekatan kegiatan belajar mengajar menggunakan elemen yang ada pada video game untuk konteks non-game, seperti pendidikan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan partisipasi, motivasi, dan prestasi siswa.

Catur merupakan permainan papan strategi yang dilakukan oleh 2 orang pada papan kotak-kotak terdiri dari 64 kotak yang dibagi sama rata yaitu masing-masing 32 kotak dalam kelompok warna putih dan hitam. Catur juga biasa disebut sebagai olahraga otak yang dimainkan jutaan orang dari seluruh dunia.

Catur bukan hanya memiliki fakta dapat mencerdaskan otak dan meningkatkan IQ, tetapi juga ads fakta unik lainnya dari permainan ini. Berikut 7 fakta unik mengenai permainan catur yang bisa diketahui, di antaranya yaitu:

1. Permainan Catur Berasal dari India

Saat ini, catur yang dikenal sebagai permainan yang cukup populer di dunia dan dimainkan oleh banyak orang dari seluruh dunia. Pasalnya permainan Ini pertama kali ada pada masa kekaisaran Gupta sekitar 1400 tahun yang lalu dan berasal dari India. Permainan ini awalnya bernama “Chaturanga” yang berarti “Empat bagian militer”.

2. Permainan Catur Mulai Menyebar ke Persia dan Timur Tengah

Lama-kelamaan karena permainan catur mulai menyebar ke negara lain. Di Persia, permainan ini disebut dengan nama 'chatrang' dan memiliki beberapa aturan baru dalam memainkannya. Misalnya pemain harus berkata "Shah" (bahasa Persia untuk 'raja') ketika raja lawan diancam oleh pemain, dan menyebut  "Syah mat" (bahasa Persia untuk 'raja sudah selesai') ketika raja tak bisa bergerak. Mungkin saat ini, kalau di Indonesia sendiri sebutan ini disebut "Skak mat"

Permainan catur juga masuk ke negara Timur Tengah setelah muslim menduduki negara Persia. Kemudian dari sana kembali menyebar ke wilayah Eropa dan Rusia. Seiring penyebarannya, cara bermainnya pun berubah. Salah satu perubahan yang terkenal yaitu perubahan yang terjadi di Spanyol tahun 1280, dimana Pion dapat melangkah dua kota ke depan.

3. Bentuk Catur Berubah Dari Pertama Kali Diperkenalkan

Bidak catur yang pertama kali diciptakan di India dengan yang modern sangat berbeda. Mulai dari bidak catur kavaleri yang menjadi cikal bakal ksatria modern), kereta perang yang digantikan menjadi benteng, gajah yang digantikan oleh uskup dan infanteri yang merupakan versi awal dari pion. Tempat bidak catur ini memiliki posisi kemiliteran pada masa itu.

4. Biji Catur Tradisional

Diketahui biji catur tradisional tidak berbentuk nyata seperti prajurit, raja dan menteri. Hal ini dikarenakan sebelum catur menyebar ke Eropa, catur lebih dulu menyebar di dunia muslim, di mana dalam Islam patung berbentuk binatang atau manusia dilarang.

Oleh sebab itu, biji catur bentuknya disamarkan. Namun ketika catur menyebar ke wilayah Eropa Kristen, biji catur kembali mengalami perubahan bentuk yang lebih nyata.

5. Tahun 1575 menjadi Turnamen Catur Pertama

Saat ini mungkin ada banyak kompetisi atau turnamen catur dari berbagai dunia. Namun tahukah Anda, bahwa pertama kali turnamen catur diadakan jatuh pada tahun 1575. Turnamen catur ini pertama kali dilakukan oleh pemain Italia, Leonardo da Cutri dan Paolo Boi, di mana mereka pergi ke istana Phillip II di Madrid untuk bermain dengan Ruy Lopez dan Alfonso Ceron dari Spanyol.

Leonardo dan Paolo setelah dikalahkan oleh Ruy Lopez pada pertandingan sebelumnya. Dan tim Italia pun kalah dari tim Spanyol pada dua pertandingan pertama. Tim Italia pun melakukan pembalasan dengan memenangkan 3 pertandingan berturut-turut guna mengamankan kemenangan pada turnamen catur pertama di dunia ini.

6. Permainan Catur Pada Komputer Pertama Kali Dibuat Tahun 1950

Pada pertengahan abad ke-20, komputer menjadi teknologi yang sangat canggih dan dapat mengubah segalanya. Lalu pada tahun 1948, David Champernowne dan Alan Turing menciptakan Turochamp yang merupakan sebuah program catur dalam komputer.

Dan pada tahun 1950 Claude Shannon menciptakan makalah mengenai metode algoritma catur pada komputer. Dari situ, game catur pada komputer pun semakin canggih dan pada tanggal 11 Mei 1997, Deep Blue, yang merupakan super komputer buatan IBM berhasil mengalahkan Garry Kasparov yang merupakan juara catur dunia.

Sebelumnya, pertandingan ini juga dilakukan pada tanggal 10 Februari 1996 dan dimenangkan oleh Gary Kasparov.

7 Tips Efektif Penerapan Pembelajaran Berbasis Game Digital
Model pembelajaran berbasis game merupakan metode pembelajaran yang menggunakan dan melibatkan aplikasi permainan yang sudah dirancang khusus untuk membantu proses pembelajaran siswa.

7. Catur dan Otak Anda

Seperti yang diketahui sebelumnya, permainan catur memiliki banyak manfaat untuk perkembangan otak dan dapat mencerdaskan otak. Tak sedikit psikolog yang menyatakan bahwa catur merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan fungsi memori dan memungkinkan seseorang dapat memecahkan masalah kompleks.

Bermain catur juga dapat melatih seseorang menciptakan strategi yang tepat, bekerja melalui ide serta berhati-hati dalam mengambil langkah. Maka tidak heran jika permainan catur ini diperkenalkan di distrik sekolah dan berbagai negara lainnya untuk meningkatkan nilai anak dan mendapatkan efek positif lainnya.

Bahkan di beberapa sekolah Indonesia juga seringkali mengadakan kompetisi atau lomba catur di lingkungannya pada hari-hari tertentu. Permainan ini bukan hanya mengasah kompetisi siswa, tetapi juga mencerdaskan siswa.

Itulah 7 fakta unik mengenai permainan catur. Anda bisa mengajak anak untuk bermain catur bersama untuk mengasah otak mereka dan meningkatkan kecerdasan mereka. Selain itu, bermain bersama anak juga dapat mendekatkan hubungan orangtua dan dan anak lebih erat.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.