7 Cara Kreatif Guru Luar Negeri dalam Mengelola Pembelajaran

teaching 10 Agt 2021

Di balik prestasi yang dimiliki siswa, ada peran guru yang berprestasi dan bekerja keras dalam mengelola kegiatan belajar menjadi lebih asik, aktif, dan tujuan pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal. Adapun cara yang dilakukan guru untuk membangun kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan terarah yaitu dengan cara kreatif dan cerdas. Seperti yang kita ketahui bahwa semua guru itu cerdas, tetapi tidak semua guru memiliki sikap yang kreatif. Pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai beberapa cara kreatif guru dalam mengelola pembelajaran  yang harus Anda ketahui. Namun, sebelum itu kita harus mengetahui apa sih yang dimaksud dengan kreatif?

Kreatif merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menemukan terobosan baru dalam menghadapi situasi tertentu atau dalam menemukan pemecahan masalah dengan cara baru atau berbeda dan lebih baik dari cara sebelumnya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa guru kreatif adalah guru yang memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menemukan sesuatu yang berbeda dan lebih baik dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik peserta didik.

Dalam kasus ini, masih banyak guru-guru yang belum kreatif, padahal guru kreatif sangat diperlukan untuk membawa siswa menjadi pribadi yang lebih baik tanpa menghambat perkembangan kemampuan akademik siswa. Jika kita perhatikan, siswa kerap kali merasa jenuh dengan gaya belajar yang diterapkan guru di dalam kelas. Dengan begitu, apa yang disampaikan guru saat mengajar tidak tersampaikan dengan baik pada pemahaman siswa. Sehingga, bisa dikatakan bahwa siswa membutuhkan guru yang lebih energik dan kreatif yang bisa membuat suasana kelas menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Ciri-ciri Guru Kreatif

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri dari guru kreatif yang harus Anda ketahui.

1. Memiliki Kemampuan untuk Menciptakan Ide Baru

Salah satu ciri-ciri dari guru yang kreatif yaitu guru yang bisa menemukan ide baru yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan akademik peserta didik dan kelangsungan kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan. Untuk mendapatkan ide baru yang kreatif tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Guru membutuhkan waktu dan juga disertai dengan perencanaan yang baik. Selain itu, ide baru yang kreatif bisa diperoleh jika seseorang belajar dengan tekun dan rajin dalam mencari referensi.

2. Berani Tampil Beda

Guru yang kreatif adalah mereka yang berani tampil beda dan memiliki cara unik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Guru kreatif cenderung memiliki ciri khas sendiri dan biasanya akan disukai banyak siswa.

3. Bersifat Fleksibel

Guru kreatif adalah guru yang fleksibel, tidak kaku tetapi masih menunjukkan sikap bijaksana dan memiliki prinsip. Mereka cenderung memiliki kemampuan dalam memahami karakter siswa dan gaya belajar siswa. Walaupun mereka lebih pengertian dan dekat dengan siswa, sikap mereka tidak berubah menjadi lembek, tetap tegas dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

4. Mudah Bergaul

Selain itu, guru kreatif lebih mudah bergaul dengan para siswanya dan tetap bersikap profesional ketika sedang mengajar di kelas atau di luar kelas.

5. Bersifat Menyenangkan

Guru kreatif adalah guru yang menyenangkan, tidak membosankan dan memiliki selera humor yang baik. Biasanya dengan sifat menyenangkan tersebut kegiatan belajar akan lebih hidup, suasana kelas lebih menyenangkan dan tidak tegang terlalu lama.

6. Cekatan

Hal lain yang bisa dilihat dari guru kreatif yaitu mereka bekerja dengan cekatan supaya dapat menangani berbagai masalah dengan cepat dan baik. Mereka tidak suka menunda pekerjaan dan menyelesaikan suatu permasalahan.

7. Menyukai Eksperimen

Selain itu, guru yang kreatif adalah mereka yang senang melakukan eksperimen atau uji coba. Mereka tidak pernah jenuh dalam mencoba sesuatu yang baru, apalagi dalam mencoba suatu hal yang dapat meningkatkan kemampuan akademik peserta didik dan pastinya mereka juga tidak mudah patah semangat dalam mencapai kata berhasil.

7 Tips Mengetahui Setiap Karakteristik Siswa di Kelas
Setiap siswa pasti memiliki karakteristiknya masing-masing, hal ini menjadi tantangan guru untuk mengenal karakter siswa.

7 Cara Kreatif Guru di Negara Lain dalam Mengelola Pembelajaran

Berikut merupakan beberapa cara kreatif guru negara lain dalam mengelola pembelajaran yang harus Anda ketahui.

1. Memanfaatkan Studi Kasus

Pemanfaatan studi kasus sudah cukup sering diterapkan oleh setiap guru di kelas. Dengan menggunakan contoh studi kasus yang terkait dengan mata pelajaran atau topik yang sedang diajarkan akan membantu siswa dalam mempermudah pemahaman mereka dalam menemukan solusi atau pemecahan masalah.

2. Menggunakan Media Pengajaran

Cara lain yang bisa digunakan oleh guru yaitu dengan menggunakan media pengajaran atau alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Biasanya alat peraga dibutuhkan dalam pembelajaran Matematika dan Sains yang di mana dapat membantu siswa dalam memecahkan suatu permasalahan matematika, serta pembelajaran Seni Budaya yang bertujuan untuk merangsang pemahaman siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

3. Menggunakan Media Sosial

Pada umumnya setiap siswa sudah pandai dalam menggunakan teknologi, terutama ponsel dan media sosial pada saat ini. Oleh karena itu, para guru bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk kegiatan belajar. Metode ini pernah diterapkan oleh salah satu guru Bahasa Inggris di Brazillian Academy of Languages yang menginstruksikan setiap siswanya untuk mengecek grammatical error di tweets artis favorit mereka. Dengan begitu, kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan grammar mereka.

4. Self-Learning

Selain itu ada metode self-learning yang diterapkan dengan menggunakan teknik mind mapping. Pada situasi ini guru akan menyediakan satu topik besar yang nanti akan dikembangkan lagi oleh siswa. Guru akan memberikan kebebasan kepada siswa untuk membahas topik se-detail apapun informasi yang akan dibahas. Dengan adanya metode ini, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa akan semakin meningkat serta mereka akan lebih aktif dalam kegiatan belajar.

5. Talking Stick

Metode belajar ini adalah salah satu bentuk latihan yang digunakan guru untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan cara menjawab beberapa pertanyaan. Pada situasi ini, guru akan memutar musik dan siswa akan melakukan estafet memindahkan tongkat kepada teman-teman yang ada disampingnya dan seterusnya sampai musik berhenti. Kemudian orang terakhir yang memegang tongkat harus menjawab pertanyaan dari guru.

6. Role Playing

Pada metode belajar ini, guru akan menerapkan permainan bermain peran atau kondisi di mana siswa akan berakting. Walaupun hanya sekadar akting, siswa harus benar-benar dalam memainkan perannya. Begitu pun juga dengan guru, mereka harus mengamati karakter siswa. Dengan menggunakan metode ini, biasanya kemampuan berpikir kreatif siswa akan semakin meningkat.

7 Alasan Mengapa Guru Juga Perlu Mendapatkan Self Reward
Setiap orang berhak mendapatkan self reward, tak terkecuali guru. Self reward merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan untuk diri sendiri.

7. Tebak Kata

Metode pembelajaran ini cocok digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam menghafal materi pembelajaran. Selain itu, metode belajar ini dapat disesuaikan dengan tema belajar atau materi yang dipelajari, sehingga setiap guru mata pelajaran dapat menerapkan cara kreatif ini di dalam kelas.

Demikianlah penjelasan mengenai guru kreatif dan beberapa cara kreatif guru dalam mengelola pembelajaran  yang harus Anda ketahui. Selain 7 cara kreatif di atas, masih banyak cara-cara mengajar kreatif lainnya yang bisa Anda temukan di dalam jurnal, artikel ataupun video yang beredar di internet.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.