7 Alasan Mengapa Guru Juga Perlu Mendapatkan Self Reward

teaching 5 Jul 2021

Setiap hari manusia sibuk oleh berbagai macam rutinitas yang tidak jarang membuat penat. Hal ini juga kerap kali dirasakan oleh para pekerja kantoran dan para guru yang sibuk dengan tujuan pembelajaran yang harus dicapai di setiap harinya. Setelah berhasil mencapai tujuan dan target yang sudah direncanakan, ada baiknya seseorang memberi penghargaan untuk dirinya sendiri, atau biasa disebut dengan self reward. Self reward bagus untuk dilakukan oleh setiap orang, termasuk guru. Mengapa guru memerlukan self reward?

Self reward merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan untuk diri sendiri. Self reward biasanya akan dilakukan ketika seseorang telah berhasil mencapai goal atau tujuan (impian) yang sudah direncanakan sebelumnya. Self reward menunjukkan kepada diri sendiri bahwa Anda menghargai diri sendiri atau sebagai bentuk dari mencintai diri sendiri.

Apakah self reward itu harus mahal? Jawabannya adalah tidak. Self reward tidak harus dilabelkan dengan harga mahal, karena setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk bahagia. Misalnya, seperti seseorang yang hanya sekadar menikmati alam bersama keluarga sudah bahagia, atau mereka yang bahagia karena pergi berbelanja, dan lain sebagainya.

Alasan Mengapa Guru Memerlukan Self Reward

Setiap orang memerlukan self reward, terutama guru. Mengapa? Jika diperhatikan secara saksama, guru lebih banyak mengeluarkan waktu untuk berinteraksi dengan banyak orang, seperti siswa, sesama guru, staf di sekolah, kepala sekolah, dan lain sebagainya. Kita buat satu sampel, misalnya kelas 2 SD yang terdiri dari 20 orang yang di mana memiliki sifat yang berbeda-beda dan penanganan guru terhadap 20 siswa tersebut pun tentu saja berbeda pula. Berikut merupakan alasan mengapa self reward sangat diperlukan guru.

1. Bentuk Mencintai Hidup

Orang pertama yang harus mencintai hidup seseorang yaitu diri kita sendiri, karena jika kita saja tidak mencintai hidup yang kita jalani, bagaimana kita menghadapi hidup, rutinitas, dan berbagai macam masalah yang muncul di setiap harinya? Seperti dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas, tidak jarang sebagian guru merasa lelah dan jenuh dengan rutinitas yang dihadapinya setiap hari. Oleh karena itulah, guru membutuhkan self reward atau quality time untuk dirinya sendiri. Dengan cinta dan waktu yang guru sisihkan untuk diri sendiri akan sangat bermanfaat untuk diri Anda yang sedang lelah bekerja di setiap harinya.

2. Meningkatkan Motivasi dalam Mengajar

Kerap kali seseorang akan merasa bosan dengan pekerjaan yang sedang dikerjakannya. Lantas, bagaimana cara meningkatkan atau membangun motivasi itu lagi? Salah satu cara yang dapat meningkatkan motivasi guru dalam mengajar yaitu dengan self reward ini. Ada kepuasan sendiri jika setiap jerih payah yang selama ini Anda lakukan dihargai dengan hadiah yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik lagi. Sehingga semangat dan motivasi Anda untuk mengajar semakin besar.

3. Positive Reinforcement

Positive reinforcement merupakan perilaku berulang yang dilakukan setelah memperoleh hadiah atau imbalan. Pada umumnya, manusia cenderung akan lebih semangat jika suatu pekerjaan yang dilakukannya akan mendapatkan sesuatu atau imbalan. Dengan demikian, mereka akan terbiasa untuk melakukan dan mengerjakan suatu pekerjaan dengan maksimal dan tepat waktu supaya reward yang akan dia dapatkan bisa diterimanya di kemudian hari (sama halnya dengan gaji atau pendapatan yang diterima orang setiap bulan). Kebiasaan tersebut dapat berdampak pada produktivitas seseorang yang akan semakin semangat dalam bekerja.

4. Baik untuk Kesehatan Mental

Selain itu, mengapa guru memerlukan self reward? Selain memberikan kebahagiaan, self reward juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Dengan melakukan self reward, seseorang dapat melepaskan penat, rasa stres yang ada di dalam dirinya, serta bisa juga dijadikan sebagai salah satu sarana untuk memanjakan diri. Dengan demikian, perasaan yang didapatkan yaitu perasaan rileks, bahagia, dan menjadi lebih segar serta semakin bersemangat dalam memulai aktivitasnya lagi. Selain itu, di balik kesehatan mental Anda yang semakin baik, Anda juga dapat menularkan energi positif kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda, seperti siswa, guru, dan lain sebagainya.

7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Guru saat Liburan
Ada banyak hal produktif yang bisa dilakukan guru ketika liburan, mulai dari melakukan hobi, membersihkan rumah, hingga menyiapkan rencana pembelajaran.

5. Keluar dari Kebiasaan Negatif

Ketika seseorang merasa sangat lelah dan stres, tidak jarang mereka akan memiliki pemikiran yang negatif dan akan berdampak buruk jika tidak diatasi secara langsung. Oleh karena itu, self reward dapat membantu Anda dalam melepaskan diri dari aura negatif yang dapat membuat hari-hari dan keadaan fisik serta mental Anda semakin buruk. Untuk permasalahan ini, biasanya Anda membutuhkan orang lain sebagai pengingat untuk tetap berpikiran positif atau rehat sebentar dari segala macam rutinitas dan mengambil waktu sejenak untuk berlibur, seperti mengunjungi keluarga dan menikmati kekayaan alam yang biasanya akan membuat pemikiran menjadi lebih segar.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Self reward dapat membantu Anda sebagai pengingat bahwa Anda mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Apalagi di tengah era yang dipenuhi oleh berbagai macam orang yang kompetitif. Dengan demikian, rasa percaya diri Anda akan semakin meningkat dan semakin semangat dalam mengajar.

7. Sebagai Hadiah dari Kerja Keras

Di tengah pekerjaan yang banyak sekaligus membuat pemikiran menjadi penat, hadiah adalah bentuk penghargaan serta obat terbaik yang dapat membuat diri Anda menjadi pulih lagi. Dengan diri yang pulih dari rasa lelah, Anda akan terhindar dari pemikiran buruk, kembali membangun energi yang positif, dan bisa melangsungkan hidup dengan baik.

Contoh Self Reward yang Positif

1. Quality Time

Setelah sibuk bekerja dan bertemu dengan orang banyak, Anda memerlukan waktu untuk santai dan teman untuk ngobrol bareng, atau sekadar bersenang-senang. Quality time bisa Anda lakukan secara sendiri, bersama teman, maupun bersama keluarga. Quality time tidak hanya sekadar penghubung atau pelunas rindu untuk bertemu dengan orang terdekat saja, tetapi juga dapat dijadikan sarana untuk melepas stres yang selama ini mungkin sulit untuk dilepaskan.

2. Menonton Film

Ada banyak film seru yang harus Anda tonton di akhir pekan! Menonton film bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk penghargaan diri yang berdampak positif bagi diri sendiri. Anda bisa menonton di bioskop atau hanya sekadar menggunakan layanan Netflix, Viu, Disney & Hotstar, dan berbagai macam aplikasi menonton lainnya di rumah.

3. Melakukan Hobi

Anda memiliki hobi? Nah, Anda bisa melakukan hobi Anda tersebut di akhir pekan. Dengan mengerjakan hal-hal yang disenangi, mood Anda akan kembali baik dan suasana hati yang dulunya berantakan dan jenuh akan sembuh.

7 Bentuk Reward yang Ideal untuk Murid yang Berprestasi di Kelas
Reward atau penghargaan yang diberikan kepada siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka, menumbuhkan motivasi belajar dan mengembangkan diri.

4. Makan-Makanan yang Enak

Makanan enak adalah obat dari rasa penat setiap orang. Percayakah Anda jika makanan adalah suatu jembatan terbaik untuk mengembalikan stamina dan semangat yang sudah hampir luntur karena rutinitas yang dilakukan setiap hari? Namun, walaupun begitu Anda harus bisa mengendalikan diri, ya. Jangan terlalu berlebihan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai self reward dan alasan mengapa guru memerlukan self reward. Semoga bermanfaat dan habiskan akhir pekan dengan hal-hal positif yang bisa meningkatkan motivasi diri, ya. Semangat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.