7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Guru saat Liburan

edukasi 28 Jun 2021

Saat liburan tiba, kira-kira aktivitas apakah yang bapak atau ibu guru lakukan? Sebagian orang menganggap hari libur sama seperti hari biasa dengan melakukan berbagai aktivitas rutin. Padahal hari libur harus dimanfaatkan dengan baik, karena tidak seorangpun bisa bekerja sepanjang waktu tanpa beristirahat sejenak. Tak ada salahnya guru menikmati liburan dengan efektif dan me-refresh otak dari aktivitas rutin mengajar siswa-siswi setiap hari.

Meski begitu, bukan berarti hari libur hanya dihabiskan untuk diam dan bermalas-malasan di rumah, karena hal tersebut sama seperti membuang-buang waktu berharga. Anda bisa menghabiskan liburan dengan melakukan hobi dan kegiatan bermanfaat, habiskan waktu bersama keluarga, serta aktivitas produktif dan menyenangkan lainnya.

Ciri orang sukses yaitu dapat memanfaatkan waktu dengan baik, sekalipun saat liburan. Sebagai guru, Anda juga bisa melakukan hal produktif dan memberi manfaat positif ketika liburan. Hal tersebut jauh lebih bermanfaat dibandingkan melakukan liburan tanpa perencanaan yang tepat.

7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Guru saat Liburan

Menikmati liburan bukan berarti harus dilakukan dengan bepergian atau melakukan perjalanan panjang. Hal tersebut memang bisa saja dilakukan, namun bukan berarti Anda yang tidak jalan-jalan tidak bisa menikmati liburan Anda. Jika Anda bingung melakukan aktivitas apa ketika hari libur, Anda bisa melakukan 7 hal produktif untuk mengisi liburan Anda berikut ini:

1. Merencanakan Sesuatu

Ketika liburan, saatnya Anda mulai merencanakan sesuatu untuk dijalankan pada rutinitas selanjutnya. Orang yang sukses menjalani pekerjaannya yaitu orang yang terencana. Jika pada hari biasa Anda tidak memiliki waktu untuk membuat rencana, maka di hari libur Anda bisa membuatnya.

Saat akhir pekan tiba, Anda bisa membuat rencana aktivitas yang dijalankan selama 1 pekan selanjutnya. Sebagai guru, mungkin Anda bisa menyiapkan materi pelajaran yang akan disampaikan pada siswa-siswi Anda nanti atau membuat tugas untuk mereka.

Selain itu, Anda juga bisa membuat rencana pencapaian yang ingin Anda capai dalam waktu dekat. Tak perlu menyusun sejumlah agenda yang sulit dicapai, karena bisa melelahkan Anda. Bisa dimulai dengan membuat rencana yang bermanfaat dan menyenangkan serta mudah dicapai.

Dengan membuat rencana, Anda tersisa untuk melakukan segala sesuatu lebih tertarget dan sesuai keinginan.

Pemasalahan/Tantangan yang Dihadapi Guru dan Solusinya
Menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi guru saat mengajar. Berikut solusi untuk menghadapi tantangan guru.

2. Melakukan Hobi

Menjadi guru bukanlah hal yang mudah karena banyak tugas yang harus Anda lakukan mulai dari mengajar, mendidik, melakukan penilaian, evaluasi pembelajaran, menyelesaikan administrasi, dan lainnya. Pekerjaan tersebut membuat Anda sedikit sibuk, sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan hobi.

Oleh sebab itu, ketika hari libur tiba tak ada salahnya Anda melakukan hobi yang belum terlaksana selama ini. Lupakan sejenak semua masalah pekerjaan dan nikmati waktu Anda untuk melakukan hobi.

Jika hobi Anda memasak, buatlah makanan terenak dan yang diinginkan. Atau jika anda hobi menanam, Anda bisa menanam bunga, membersihkan pot, menyiram bunga, menata tanaman, dan lainnya. Atau jika hobi memancing, Anda bisa mengajak rekan Anda untuk pergi memancing. Melakukan hobi membuat diri lebih bahagia dan dengan begitu Anda bisa menikmati liburan dengan produktif.

3. Membersihkan Tempat Tinggal

Aktivitas produktif ketika liburan selanjutnya yaitu dengan membersihkan tempat tinggal dan lingkungan sekitar. Setidaknya Anda merapikan kamar, membersihkan meja kerja, dan lainnya, sehingga terlihat seperti suasana baru dan berbeda.

Pasalnya suasana baru bisa membuat pikiran lebih segar dan menghilangkan bosan. Selain itu, lingkungan yang bersih juga membuat nyaman dan dapat menenangkan pikiran.

4. Mengurangi Penggunaan Gadget dan Media Sosial

Daripada terus-menerus bermain gadget dan membuka media sosial, lebih baik Anda melakukan hal produktif lainnya di hari libur. Setidaknya Anda memiliki waktu spesial untuk memerhatikan dunia sekitar dengan melakukan kegiatan lainnya, dibandingkan membuka smartphone. Apalagi jika selama pembelajaran daring Anda lebih sering membuka HP, rasanya sangat membosankan jika di hari libur pun Anda masih membuka HP.

Dengan mengurangi penggunaan gadget, pikiran Anda akan lebih fresh dan mendapatkan pengalaman yang lebih seru dan menyenangkan. Anda bisa bersosialisasi dengan keluarga atau orang-orang di sekitar secara langsung.

5. Olahraga

Sibuknya pekerjaan menjadi guru, mungkin membuat Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Apalagi jika seharian Anda harus mengajar siswa, membuat tugas, melakukan penilaian dan lainnya, atau seharian menghadap komputer karena harus mengisi pembelajaran daring, tak jarang membuat seluruh tubuh terasa pegal dan lelah.

Saat hari libur tiba, Anda bisa mengisinya dengan melakukan olahraga. Lakukan olahraga bersama teman atau keluarga. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan mulai dari jogging atau lari pagi, bersepeda, berenang, bermain futsal, dan lainnya. Selain menyehatkan, olahraga juga membuat diri lebih bahagia.

6. Baca Buku

Sebagai guru, Anda dituntut untuk memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, agar bisa dibagi kepada siswa dan berguna untuk masa depan mereka. Membaca buku menjadi salah satu cara untuk meningkatkan wawasan.

Ketika hari biasa mungkin Anda hanya membaca materi pelajaran untuk disampaikan pada siswa nanti dan jarang membaca buku genre lainnya karena sibuk bekerja. Nah, ketika hari libur, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk membaca buku, seperti buku motivasi, buku agama, opini, esai, tips-tips, dan lainnya untuk menambah wawasan baru.

7. Tingkatkan Keterampilan

Meskipun Anda sudah menjadi guru profesional, dapat mengajar dengan baik, dan melakukan tugas lainnya dengan optimal, namun tak ada salahnya Anda mengasah keterampilan yang sudah dimiliki. Biasanya guru-guru mengikuti program pelatihan dari sekolah atau Anda bisa mencari pelatihan sendiri secara daring.

Apalagi saat ini ada banyak webinar atau pelatihan yang bisa diikuti untuk guru dan bermanfaat untuk mengasah keterampilan, mulai dari pelatihan pengajaran digital, pelatihan mengurus administrasi yang baik, pelatihan membuat dan mengatur pembelajaran yang efektif, dan lainnya.

Kompetensi Pedagogik yang Perlu Dimiliki Guru dan Cara Mengembangkannya
Ada 4 kompetensi guru, seperti kompetisi pedagogik. Apa saja kompetensi pedagogik yang harus dimiliki seorang guru?

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan keterampilan dengan mengikuti komunitas guru yang bermanfaat. Di mana dalam komunitas tersebut banyak guru yang sharing ilmu dan berbagi pengalaman. Anda bisa memanfaatkan smartphone dengan baik untuk meningkatkan keterampilan.

Selain mengasah keterampilan yang sudah dimiliki, Anda juga bisa menambah keterampilan baru, misalnya belajar bahasa asing, belajar menulis, belajar membuat konten yang bermanfaat, dan lainnya.

Itulah 7 hal produktif yang bisa dilakukan saat guru ketika liburan. Dengan melakukan hal produktif, Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Namun, jangan lupa untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan istirahat yang cukup.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.