7 Aplikasi Editing Video Mobile yang Mudah Digunakan oleh Guru

teknologi 8 Jun 2021

Pandemi COVID-19 yang berlangsung selama setahun terakhir ini telah mengubah praktik pembelajaran. Kini, belajar tidak lagi dalam ruang kelas dan bertatap muka. Pembelajaran selama pandemi berlangsung secara online atau biasa disebut PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Saat PJJ, guru dituntut lebih kreatif agar pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif meski secara online. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan saat PJJ adalah video.

Manfaat Pembelajaran Menggunakan Video

Menggunakan video sebagai media pembelajaran ternyata memiliki banyak manfaat, yaitu :

Metode Pembelajaran yang Efektif

Pembelajaran berbasis video memfasilitasi dalam memproses informasi lebih cepat, mempertahankan pengetahuan dan mengingatnya dengan akurat. Sekitar 90% dari informasi yang diterima peserta didik dari dunia luar untuk bertahan dan berkembang dalam bentuk visual. Karena pada dasarnya, manusia memiliki kemampuan untuk memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks biasa. Pembelajaran berbasis video sering terbukti lebih efektif daripada pembelajaran di kelas tradisional.

Video Menjelaskan Hal-Hal Lebih Baik Daripada Teks

Metode penulisan kuno di papan tulis, mencoba membuat korelasi dengan menggambar garis dengan dua dimensi akan membosankan bagi para murid. Dengan menggunakan video, ada banyak cara kreatif pengetahuan dapat disajikan sehingga siswa dapat benar-benar memahami pelajaran. Pembelajaran berbasis video meliputi: animasi, live action, video tutorial singkat, dokumenter, vlog, dan lain lain.

Jenis-jenis video tersebut tidak hanya menarik tetapi juga dapat digunakan untuk menjelaskan konsep lebih baik dari teks. Seperti contoh, untuk mengajarkan peserta didik sebelum melakukan praktikum kimia lebih baik menggunakan video daripada buku teks. Gerakan dan pengisi suara yang termasuk dalam video membantu meringkas konten pelatihan dalam waktu kurang dari satu menit, mempersingkatnya menjadi materi berukuran kecil tetapi mudah diingat.

Hemat Biaya Pengeluaran dalam Proses Belajar

Pembelajaran berbasis video menghemat biaya bagi semua pihak dengan berbagai cara. Seperti contoh :

1. Peserta didik dapat belajar menjadi ahli dengan mandiri hanya dengan menonton video tutorial dari YouTube gratis.

2. Peserta didik tidak membutuhkan waktu dan biaya transportasi untuk pergi ke sekolah.

3. Pembelajaran dengan video, hanya satu kali melakukan perekaman materi, namun dapat disaksikan ke generasi yang selanjutnya tanpa kehilangan konsistensi dalam materi, isi, efek, animasi,  dan lain lain.

Aplikasi Editing Video Mobile yang Mudah Digunakan oleh Guru

Konten video adalah salah satu konten yang cukup banyak digemari anak muda zaman sekarang. Selain mudah ditemukan di media-media sosial seperti Instagram dan Facebook, konten video juga sebenarnya sangat mudah dibuat.

Biasanya video dengan kualitas bagus dibuat menggunakan kamera profesional dan diedit di komputer. Namun seiring perkembangan zaman, smartphone pun juga mencoba mengeluarkan aplikasi untuk mengedit video. Mengingat semakin ke sini smartphone keluaran terbaru juga mempunyai kamera bawaan yang sangat mumpuni untuk kualitas gambar videonya.

Soal kualitas, Anda tidak boleh memandang sebelah mata dulu sebelum mencobanya. Aplikasi-aplikasi video editor yang banyak beredar saat ini sangat mudah digunakan dan tetap menghasilkan kualitas standar.

Aplikasi-aplikasi ini juga mudah digunakan oleh guru. Sehingga sangat membantu guru dalam membuat konten pembelajaran. Berikut 7 aplikasi editing video mobile yang mudah digunakan oleh guru.

1. FilmoraGo

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap. FilmoraGo bisa memotong, menggabungkan, menambahkan musik atau backsound, transisi, ragam efek, dan subtitle. Namun sayang, kekurangannya aplikasi ini tidak memiliki fitur layer.

2. Power Director

Dengan aplikasi ini Anda bisa menggunakan tiga layer yang berbeda dalam mengedit. Kelebihannya Power Director ini juga memiliki efek beragam dan menghasilkan kualitas warna yang apik.

Selain mudah digunakan dan memiliki beragam fitur seperti mampu mengganti layar hijau dengan background lain, aplikasi video editor ini juga bisa mengirimkan hasil editan ke Google Drive dengan mudah.

3. Kinemaster

Akhir-akhir ini kinemaster berhasil menjadi salah satu aplikasi edit video android yang terbaik dan paling populer. Pasalnya aplikasi ini memiliki berbagai fitur keren layaknya software edit video profesional di perangkat PC, salah satunya fitur chrome key yang bisa membuat latar belakang video menjadi transparan dengan memanfaatkan green screen.

Selain itu, kinemaster juga memiliki fitur yang tergolong lengkap yang mampu menyulap video anda menjadi lebih keren. Anda bisa mengatur kecepatan video untuk membuat video slowmotion maupun timelapse dengan mudah. Tersedia juga fitur transisi yang dapat membuat video Anda menjadi lebih sinematis.

Meski aplikasi edit video ini di khsusukan untuk pengguna kelas menengah dan profesional, namun tak ada salahnya bila editor video pemula ingin mencoba aplikasi ini. Karena tutorial edit video yang keren menggunakan kinemaster kini sudah banyak tersedia di youtube.

4. Quick

Quik video editor adalah aplikasi edit video yag  di rancang khusus untuk anda yang baru belajar di dunia video editing atau film maker. Tampilan aplikasi ini simpel dan user friendly untuk pemula, meski begitu fitur – fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini juga tergolong lengkap.

Anda bisa trim maupun edit rotasi video dengan mudah, terdapat juga ratusan musik gratis dan 20 pilihan lebih tema yang lengkap dengan transisi dan grafik yang bisa anda gunakan dengan mudah. Selain itu anda juga bisa mengatur kecepatan video dengan mudah untuk membuat video slowmotion maupun time lapse.

Alasan Mengapa kejarcita.id Jadi Pilihan yang Tepat Sebagai Aplikasi Belajar
Kejarcita.id merupakan salah satu edutech terbaik untuk guru dan murid. Kehadirannya memberi inovasi dalam dunia pendidikan. Kamu bisa memanfaatkannya dimanapun dan kapanpun.

5. Action Director

Suka mengedit video aksi atau olahraga? Mungkin aplikasi ActionDirector ini bisa menjadi pilihan yang terbaik di perangkat android. Pasalnya aplikasi ini memang di optimalkan untuk mengedit video aksi yang dilengkapi dengan berbagai efek film aksi.

Selain itu aplikasi ini juga menawarkan tampilan yang simpel dan user friendly. maka dari itu actiondirector ini cocok bagi anda yang menginginkan aplikasi edit video aksi keren di handphone android yang bisa digunakan dengan mudah, sehingga cocok untuk pemula.

6. Video.Guru

Cari aplikasi edit video youtube untuk android? maka aplikasi video guru ini bisa menjadi opsi terbaik untuk anda yang ingin berkarya lewat platform youtube. pasalnya aplikasi ini sudah di optimalkan untuk edit video youtube, terutama video musik dan sosial media lainnya seperti instagram.

Aplikasi memiliki beberapa keunggulan yang jarang ditemui pada aplikasi edit video lainnya. Misalnya, anda bisa meggabungkan beberapa video menjadi sebuah film dengan kualitas yang tetap bagus, tersedia rasio 16:9 yang cocok untuk video youtube serta rasio 1:1 yang bagus untuk video instagram.

7 Tips Mengoptimalkan Self Organized Learning Environments (SOLE) dalam KBM Daring
SOLE atau Self Organized Learning Environment adalah program pembelajaran yang dirancang untuk mendukung pendidikan secara mandiri.

Selain itu, pihak inshot sebagai developer mengklaim bahwa aplikasi ini bisa mengkompres video tanpa mengurangi kualitas.

7. Vlogit

Suka bikin video vlog tapi bingung cara mengeditnya ? Ini adalah rekomendasi aplikasi edit video vlog untuk android yang di desain khusus untuk vlogger. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk vlogger ataupun youtuber pemula. Sebagai pelengkap, Vlogit juga menyediakan berbagai template animasi yang di khususkan untuk membuat intro video dengan mudah dan cepat.

Fitur standard video editing lainnya juga tersedia didalam aplikasi ini, seperti rotasi maupun reverse video, berbagai pilihan emoji dan stiker, berbagai pilihan efek, video transisi, filter hingga efek tulisan yang dapat membuat video vlog anda menjadi lebih menarik.

Itulah 7 aplikasi editing video yang bisa bapak atau ibu guru coba untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Semoga bermanfaat.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.