5 Youtuber Inspiratif di Dunia Pendidikan

edukasi 31 Jul 2021

Proses belajar di era teknologi mengalami perkembangan yang jauh berbeda dengan di masa lalu. Saat ini siswa bisa mendapatkan informasi, menyerap ilmu, dan menambah pengetahuan baru lewat berbagai opsi. Salah satunya adalah melalui media daring  Youtube. Asalkan melalui filter yang ketat, belajar melalui Youtube akan sangat menunjang peningkatan kecerdasan anak.

Saat ini Youtube bisa jadi diakses berkali-kali dalam sehari oleh masyarakat, apalagi kalangan anak muda. Tidak jarang media daring ini menjadi rujukan setiap kali mereka kesulitan dalam memahami suatu hal, baik dalam pembelajaran atau pun di luar topik akademik.

Hal ini diperkuat dengan hasil riset yang telah dilakukan oleh Hootsuite dan We Are Social di awal tahun 2021. Penelitian yang mereka lakukan mendapatkan angka 98,5 persen dari 181,9 juta masyarakat Indonesia yang sering melakukan streaming video. Angka ini lebih spesifik pada usia 16-24 tahun.

Besarnya antusias warganet terhadap konten video menunjukkan akan sangat berpengaruhnya media Youtube dalam masa belajar anak. Tercatat bahwasanya ada 135,1 juta orang yang melakukan aktivitas di dunia maya lebih sering menonton vlog dan video blog. Oleh karena itu, memanfaatkan Youtube sebagai media belajar sangat memungkinkan di era digital.

Rekomendasi Youtuber Inspiratif dan Edukatif

Banyak sekali konten-konten inspiratif yang ditayangkan oleh para youtuber. Agar orangtua tidak was-was untuk memperbolehkan anaknya mengakses media ini, sebaiknya orangtua juga rajin mencari tahu konten apa saja yang layak untuk ditonton.

Melalui artikel ini, kami ingin memberikan rekomendasi yang memudahkan Anda dalam memilihkan konten yang edukatif. Telah kami rangkum 5 youtuber yang sangat memotivasi subscriber-nya pada dunia pendidikan. Mereka menyajikan pesan dalam setiap video yang tayang di kanal Youtubenya dengan sentuhan kehidupan sehari-hari yang inspiratif.

1. Jerome Polin

Nama Jerome Polin sudah lumayan dikenal di kalangan anak muda. Mahasiswa jurusan matematika di Waseda University, Jepang ini memberikan dampak yang luar biasa lewat konten di kanal Youtubenya, yakni Nihongo Mantappu. Meskipun berasal dari keluarga yang tidak kaya, semangatnya dalam pendidikan sangat tinggi. Berkat ketekunan dan kesabarannya, ia menjadi salah satu penerima beasiswa S1 ke Jepang yang berhasil mengalahkan ribuan pendaftar.

Semangat yang paling tampak dari Jerome dalam hal pendidikan adalah usahanya untuk mencapai yang dicita-citakan. Ia sangat ingin menjadi Menteri Pendidikan di masa depan! Sebuah cita-cita yang mulia dan sangat menantang. Hal ini memberikan suntikan semangat pula kepada subscriber-nya yang kini sudah mencapai 7,07 juta.

Bersama ketiga sahabatnya, si Waseda Boys (Tomo, Yusuke, dan Otsuka), Jerome mengemas konten Youtubenya dengan menarik dan kocak. Tidak hanya menceritakan kehidupannya di Jepang, dia sangat sering membuat konten yang edukatif. Berbagi tips tentang mengerjakan rumus matematika dengan menyenangkan.

Influencer asal Surabaya ini juga sering mengenalkan budaya Indonesia kepada teman-temannya di Jepang. Membuat konten battle pengetahuan yang memberikan edukasi kepada followers-nya dengan sentuhan hiburan. Sebab itulah banyak kaula muda yang tertarik untuk menikmati kontennya. Bahkan, tidak sedikit para guru menjadikan kontennya sebagai tambahan referensi untuk anak didik mereka.

Berikut 7 Kanal Youtube yang Menyediakan Konten Dongeng Edukatif untuk Anak
Ada beragam jenis konten edukatif untuk anak yang dapat orang tua temukan di YouTube. Khusus untuk anak berusia dini, banyak ahli parenting yang menyarankan dongeng sebagai sarana pengasuhan orang tua dan media edukasi.

2. Gita Savitri Devi

Kisah hidup Gita Savitri Devi sangat menarik dan inspiratif. Ia memulai karirnya sebagai influencer dan youtuber sejak menjalani pendidikan di Jerman. Selama menempuh S1 di Freie Universitat, Berlin, Gita aktif membuat vlog yang edukatif. Kian hari, dukungan datang dari netizen karena konten yang dibuatnya berkualitas. Saat ini sudah ada 1,21 juta subscriber yang menikmati karyanya tersebut.

Berbeda dengan Jerome Polin yang kocak, pembawaan Gita terbilang kalem dan elegan. Setiap kali menyampaikan opini mengenai suatu isu, salah satunya tentang pendidikan, ia menyampaikannya dengan santai, lugas, dan sarat dengan referensi. Namun kendati demikian, konten youtuber asal Jakarta ini tidak selalu bernuansa serius. Ada juga sentuhan-sentuhan entertainment di dalamnya. Apalagi jika ia membuat konten bersama sang suami, Paulus Partohap yang humoris.

Selain berbagi pemikiran berkaitan dengan pendidikan, Gita juga sering berbagi tentang isu sosial, budaya di Jerman, travelling, serta opini-opini pribadinya tentang keperempuanan. Influencer kelahiran tahun 1992 ini juga tidak berhenti untuk terus memotivasi para pemuda Indonesia untuk memperjuangkan cita-citanya.

3. Nadhira Nuraini Afifa

Rekomendasi selanjutnya adalah youtuber yang berbagi inspirasi bernuansa Amerika Serikat. Perempuan berprestasi ini bernama Nadhira Nuraini Afifa. Ia pernah menjadi sorotan media karena berkesempatan menyampaikan pidato kelulusan mewakili seluruh mahasiswa Harvard University. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Indonesia memiliki pemuda yang inspiratif sepertinya.

Melalui beasiswa LPDP, Nadhira berhasil lolos di kampus ternama di dunia, Harvard University. Perjuangan beserta kehidupannya untuk bisa sampai pada titik ini, ia bagikan melalui channel Youtubenya. Konten yang memotivasi kaula muda untuk semangat belajar dapat ditemukan di sana.

Perempuan yang mengambil jurusan Master of Public Health tersebut menunjukkan potret kehidupan di Amerika Serikat. Ia juga sering melakukan Campus Tour dan berbagi tentang kebudayaan di negara adidaya tersebut. Isu-isu tentang kesehatan juga menjadi perbincangan menarik untuk 228 ribu subscriber-nya.

Keberhasilan Nadhira dalam aspek pendidikan sudah tercermin sejak ia lulus SMA. Menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia dengan jurusan kedokteran juga melalui jalur beasiswa. Semangat belajarnya patut diapresiasi. Dia pun tidak pelit berbagi ilmu kepada semua followers-nya. Jadi, tidak salah jika akun Youtubenya kini menjadi salah satu referensi anak muda untuk mendapatkan motivasi dan informasi terkait pendidikan.

4. Indah Gilang Pusparani

Setelah dari Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat, kini beralih pada youtuber yang menempuh pendidikan di Inggris. Namanya adalah Indah Gilang Pusparani. Ia menjadi salah satu mahasiswa di University College London. Seperti halnya Jerome, Gita, dan Nadhira, Indah Gilang juga membuat konten tentang pendidikan di luar negeri. Budaya beserta kehidupan di sana juga menjadi konten utama.

Perempuan bertalenta ini banyak memberikan informasi mengenai beasiswa kuliah, suka duka mahasiswa di Inggris beserta model pendidikannya. Dengan gaya penyampaiannya yang khas, Indah Gilang menarik banyak minat warganet untuk menikmati konten inspiratif yang ia buat. Kini kanal Youtubenya telah diikuti oleh 2,78 ribu subscriber.

5. Vincent Ricardo

Tidak kalah menarik dengan 4 youtuber sebelumnya, Vincent Ricardo patut untuk dijadikan rekomendasi. Vincent bahkan membuat konten lebih spesifik mengenai pendidikan. Terutama pembahasan yang berkaitan dengan filsafat, sains, budaya, dan sejarah. Dia memberikan insight kepada penontonnya tanpa merasa sedang belajar sesuatu yang serius dan berat.

Konten yang sarat edukasi ciptaan Vincent membuka mata kita untuk bisa mengeksplorasi pengetahuan dan menerapkannya secara tepat. Kesadaran Vincent akan rendahnya literasi di Indonesia membuat hatinya tergerak untuk membuat perubahan besar, yakni melalui media daring Youtube.

Sebagai lulusan Universitas Indonesia jurusan hukum, pemuda asal Medan ini juga berprestasi di bidang sinematografi. Tidak heran jika tampilan kontennya begitu ciamik dan memanjakan mata subscribernya. Ia pernah menyabet juara pertama dalam festival film yang diadakan oleh Daesang Holdings di tahun 2019 lalu. Kemampuan dan prestasi tersebut menginspirasi banyak pemuda, terkhusus para subscriber-nya yang kini telah mencapai lebih dari 105 ribu akun.

Berikut 7 Kanal Youtube yang Menggabungkan Konten Pelajaran dan Pendidikan Karakter
Melalui platform Youtube, Anda dapat memperoleh banyak referensi untuk anak. Supaya terhindar dari konten-konten yang tidak berfaedah, kami punya 7 rekomendasi channel Youtube untuk putra putri Anda.

Nah, dari kelima youtuber inspiratif dan edukatif di atas, siapakah yang paling Anda sukai? Semoga mereka diberikan kesehatan, umur panjang, dan semangat untuk berkarya. Semoga konten baru mereka akan selalu hadir untuk memberikan sumbangsih dalam pendidikan di Indonesia.

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.