5 Komunitas Guru di Indonesia yang Inspiratif dan Kreatif

edukasi 28 Mei 2022

Ada banyak komunitas yang bisa Anda temui di tengah-tengah masyarakat mulai dari komunitas olahraga, komunitas seni, komunitas sehobi, komunitas profesi dan lainnya. Pengertian komunitas sendiri yaitu sarana sosial yang biasa digunakan masyarakat guna berkumpul atau berbagi pengalaman, pengetahuan dan lainnya sesuai dengan minat.

Komunitas terdiri dari 2 orang anggota atau lebih, yang biasanya melakukan banyak kegiatan sesuai dengan minat. Setiap anggota dalam komunitas memiliki kesamaan kriteria sosial, yang memberikan dukungan satu sama lain agar bisa berkembang bersama. Suatu komunitas muncul dari keinginan atau tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Manfaat Mengikuti Komunitas

Salah satu contoh komunitas yaitu komunitas berdasarkan profesi. Jika Anda merupakan seorang guru, Anda bisa mencari komunitas yang sama dengan profesi Anda. Pasalnya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika mengikuti komunitas yang sama, sesuai minat dan bakat. Tentu kesempatan ini tidak boleh dilewatkan. Adapun berikut beberapa manfaat mengikuti komunitas, di antaranya yaitu:

1. Sebagai Sarana Informasi

Dengan mengikuti komunitas, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dan terupdate dengan cepat sesuai komunitas yang Anda ikuti. Misalnya, jika Anda mengikuti komunitas guru, Anda akan mendapatkan informasi seputar kependidikan, teknik mengajar, berbagai kebijakan pendidikan dan lainnya dengan cepat. Anda bisa memberi atau menerima informasi sebuah komunitas.

2. Menambah Relasi

Seperti yang diketahui, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam melakukan aktivitas kehidupannya. Dengan mengikuti komunitas, Anda bisa membangun atau menambah relasi yang lebih baik dengan orang lain. Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki hobi, karakteristik atau profesi yang sama.

3. Saling Dukung dan Membantu

Setiap anggota dalam komunitas tentu memiliki minat atau ketertarikan pada bidang yang sama. Sehingga Anda bisa saling mendukung dan membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Dukungan ini tentu sangat diperlukan agar Anda bisa berkembang lebih baik.

Dalam komunitas biasanya juga saling membantu apabila terdapat salah satu anggota yang terkena masalah, di mana anggota lainnya akan mencoba membantu memecahkan masalah dan mendapat solusi yang tepat.

5 Facebook Group Guru Terbaik untuk Saling Belajar dan Bertukar Informasi
Guru bisa belanja ide mengajar dari banyak tempat. Salah satunya melalui Facebook Group. Banyak sekali Facebook Group Guru. Dan ada lima Facebook Group Guru terbaik untuk saling belajar dan bertukar informasi.

4. Belajar dan Berbagi Pengalaman

Dengan mengikuti komunitas, Anda memiliki kesempatan belajar yang lebih besar dan terbuka luas bagi siapapun yang ada dalam komunitas tersebut. Bertukar pikiran ini menjadi salah satu kegiatan positif dalam sebuah komunitas untuk menambah wawasan atau pengetahuan baru.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa sharing experiences atau berbagi pengalaman sesama anggota komunitas. Pasalnya pengalaman adalah guru terbaik. Tentu setiap orang memiliki kehidupan dan pengalaman yang berbeda, dengan saling berbagi pengalaman, Anda bisa saling belajar satu sama lain.

Pengalaman yang bisa dibagikan cukup beragam, mulai dari pengalaman bekerja, pengalaman mengikuti kompetisi, pengalaman menghadapi masalah yang terjadi, dan pengalaman hidup lainnya. Namun Anda juga harus bisa menjaga privasi, jangan sampai hal-hal yang bersifat pribadi dibagikan kepada khalayak ramai.

5. Belajar Hal Baru

Beberapa anggota dalam sebuah komunitas pasti memiliki keahlian lain yang berbeda-beda. Mereka dapat berbagi dan mengajari keahlian tersebut kepada anggota lainnya agar bisa saling mempelajari hal baru. Misalnya ketika mengikuti komunitas guru, pasti Anda akan menemukan anggota lain yang juga ahli memasak, ahli dalam bidang teknologi dan lainnya. Anda bisa belajar banyak dari mereka.

5 Komunitas Guru di Indonesia yang Inspiratif dan Kreatif

Selain mengikuti komunitas yang ada di lingkungan Anda, Anda juga bisa menemukan komunitas guru di media sosial. Pasalnya ada banyak komunitas yang bertebaran di media sosial yang bisa Anda temukan di media sosial. Aktivitas komunitas tersebut yaitu berbagi informasi, pengalaman dan lainnya. Adapun berikut 5 komunitas guru di Indonesia yang inspiratif dan kreatif yang bisa Anda ikuti, di antaranya yaitu:

1. Forum Merdeka Belajar Guru Kece

Jika Anda memiliki media sosial Facebook, Anda bisa mengikuti Forum Merdeka Belajar Guru Kece. Komunitas yang berada di Facebook grup tersebut bisa dijadikan sebagai media berdiskusi, sharing informasi dan pengalaman sesama guru di Indonesia. Di sini Anda akan bertemu dengan guru-guru lainnya dari seluruh Indonesia yang mengajar di berbagai tempat di Indonesia.

Selain itu, Facebook grup ini juga mengajak Anda untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi guna mencari informasi seputar pendidikan dan meningkatkan kemampuan mengajar. Komunitas guru yang dibuat pada tahun 2020 ini telah memiliki anggota sekitar 2,6 ribu orang hingga saat ini.

Adapun topik yang dibahas dalam grup ini mulai dari info pendidikan, tips untuk guru, video pembelajaran, sharing inspirasi, berdiskusi dan FB Talk atau video live FB. Semua topi yang ada dalam grup ini bertujuan untuk menambah wawasan atau pengetahuan bagi guru. Komunitas ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan, Anda bisa langsung bergabung dengan mengklik yang berikut https://www.facebook.com/groups/kejarcita.id

2. Media Guru Indonesia

Masih dari Facebook, Grup Media Guru Indonesia ini dibuat pada tanggal 5 Juni 2016. Berbeda dengan sebelumnya, komunitas guru ini bertujuan untuk memotivasi guru mempunyai kemampuan dalam bidang menulis, baik tulisan fiksi maupun nonfiksi.

Pasalnya kemampuan menulis sangat penting dimiliki oleh setiap orang, tak terkecuali guru. Namun sayangnya, banyak guru yang kesulitan menghasilkan karya tulis. Apabila Anda juga hobi menulis, Anda bisa mengikuti komunitas ini.

3. Komunitas Gurucita by Kejarcita

Selain di Facebook, Anda juga bisa menemukan komunitas guru di channel Telegram, salah satunya "gurucita". Komunitas ini digunakan sebagai wadah berdiskusi, sharing pengalaman dan pengetahuan setiap guru serta berbagi informasi event seperti webinar dan lainnya.

7 Rekomendasi Grup FB yang Ditujukan untuk Guru
Facebook Group Guru bermanfaat untuk Anda berbagi informasi, pengalaman dan memperluas relasi dengan sesama guru di Indonesia.

Salah satu kegiatan mingguan yang dilakukan dalam forum ini yaitu TeleTalk. TeleTalk adalah diskusi ringan yang menghadirkan pemateri profesional untuk menyampaikan beberapa hal atau pengetahuan. Semua guru boleh mengikuti grup Telegram ini, Anda bisa langsung bergabung dengan mengklik tautan berikut: https://t.me/kejarcitauntukguru.

4. Ikatan Guru Indonesia

Ikatan guru Indonesia merupakan sebuah komunitas untuk guru dari seluruh Indonesia. Komunitas ini digunakan untuk mencari informasi, berbagi pengalaman dan lainnya. Anda bisa menemukan komunitas ini di grup Facebook ataupun channel telegram.

5. Guru Pembelajar (SIM PKB) 2020

Komunitas guru selanjutnya Anda bisa menemukan di Facebook yaitu Guru Pembelajaran (SIM PKB) 2020. Komunitas yang dibuat pada tahun 2020 ini digunakan untuk berbagi informasi program pemerintahan, pengembangan kompetensi guru dan berbagi pengetahuan.

Itulah beberapa manfaat mengikuti komunitas beserta komunitas untuk guru di media sosial yang bisa Anda ikuti. Kami menyarankan Anda untuk mengikuti komunitas dari kejarcita di Facebook dan Telegram, yaitu gurucita.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.