5 Influencer Ini Nggak Cuma Populer, Tapi Juga Menjadi Panutan di Dunia Pendidikan

pendidikan 7 Feb 2024

Siapa yang tidak kenal dengan Jerome Polin? Gita Savitri? Keduanya adalah influencer yang banyak memberi pengaruh pada pengguna media sosial.

Perkembangan media sosial yang begitu masif selama satu dekade terakhir ini, membuat para influencer menjadi sorotan. Segala tindakan dan pemikirannya banyak diikuti oleh para pengikut sosial medianya.

Ada beberapa influencer yang tidak hanya populer, tetapi mereka tetap peduli terhadap pendidikan. Artikel ini selanjutnya akan membahas 5 influencer yang tidak hanya populer, tetapi juga menjadi panutan di dunia pendidikan.

Tentang Influencer

sumber: https://www.pexels.com/

Sebelum membahas siapa saja 5 influencer yang tidak hanya populer, tetapi juga menjadi panutan di dunia pendidikan, terlebih dahulu membahas apa itu influencer. Sesuai dengan namanya, influencer adalah orang yang mampu memberikan influence (pengaruh) pada orang lain, dalam hal ini adalah para pengikut sosial medianya.

Seorang influencer biasanya memiliki banyak pengikut di sosial medianya, mereka juga punya tingkat enggagement yang tinggi. Inilah mengapa seorang influencer bisa memberikan pengaruhnya. Pengaruh di sini bisa bermacam-macam, mulai dari pengaruh untuk melakukan sebuah tindakan hingga pemikiran tertentu.

Influencer di sini juga bermacam-macam jenisnya. Ada yang memang sebelumnya adalah orang biasa, ada juga yang memang sudah menjadi selebritis sebelumnya. Bidang-bidangnya pun beragam, mulai dari bidang bisnis, kecantikan, kuliner, gaya hidup hingga pendidikan.

Seorang influencer bisa memberikan pengaruh yang negatif maupun positif. Tergantung dari apa yang diposting dalam laman sosial medianya. Di sinilah peran aktif seorang pengikut sosial media diperlukan. Hendaknya para pengikut sosial media ini pilih-pilih dalam mengikuti influencer. Pilihlah influencer yang memberikan pengaruh yang positif.

Salah satunya adalah pengaruh dalam bidang pendidikan. Banyak influencer yang tidak hanya populer, tetapi juga sangat peduli dalam dunia pendidikan. Para influencer dalam bidang pendidikan ini selalu membagikan kegiatan positifnya dalam mengenyam pendidikan. Mereka juga tak segan berbagi tips agar bisa meraih prestasi dalam dunia pendidikan.

Para influencer inilah yang sebaiknya diikuti oleh para siswa. Harapannya, para siswa tersebut bisa termotivasi dalam menjalani proses pendidikan. Agar para siswa juga semakin semangat dalam mengenyam pendidikan.

Berikut adalah 5 influencer yang tidak hanya populer, tetapi juga menjadi panutan di dunia pendidikan.

1. Maudy Ayunda

Siapa yang tidak kenal dengan Maudy Ayunda? Dara cantik kelahiran Jakarta ini, bernama asli Ayunda Faza Maudya, B.A, MA, MBA. Maudy dikenal sebagai aktris, penyanyi, model, penulis hingga aktivis.

Maudy Ayunda memulai debutnya dalam sebuah film layar lebar, besutan Miles Film. Tahun 2005, Maudy membintangi film pertamanya yang berjudul, Untuk Rena. Setelah itu, beberapa film lain pun dibintanginya yaitu Perahu Kertas (2012), Refrain (2013) dan Habibie & Ainun (2019).

Tak hanya sukses berakting, Maudy Ayunda juga memiliki suara merdu. Dia merilis album pertamanya pada tahun 2011. Pada album pertama yang berjudul Panggil Aku, salah satu single hitesnya adalah Tiba-Tiba Cinta Datang. Jika ditotal, hingga saat ini Maudy Ayunda memiliki lima buah album.

Kesuksesan dalam dunia hiburan, tidak membuat Maudy melupakan pendidikan. Setelah luus SMA, Maudy melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Menempuh pendidikan S1 nya di Oxford University dan meraih gelar M.B.A dan M.A di Stanford University.

Pengaruh positifnya membuat Maudy Ayunda mendapat banyak gelar. Maudy memenangkan BUBU Awards, sebagai “Influencer Digital Terbaik”. Maudy Juga meraih penghargaan sebagai "Milenial Paling Berpengaruh", dari Style Awards.

2. Cinta Laura

Cinta Laura Kiehl atau yang akrab disapa Cinta Laura ini adalah artis cantik keturunan Jerman. Cinta tak hanya memiliki darah Jerman saja, dia juga dilahirkan di Jerman. Ini membuatnya memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Indonesia dan Jerman.

Cinta awalnya dikenal sebagai pemain sinetron. Pada tahun 2007, Cinta Laura memulai debutnya di layar kaca. Dia langsung menjadi tokoh utama dalam sineteron Cinderella (Apakah Cinta Hanyalah Mimpi?). Aktingnya yang sangat piawai membuatnya memanangkan penghargaan sebagai Artis Ngetops SCTV pada tahun 2007.

Cinta juga mencoba dunia tarik suara. Dimulai dengan menyanyikan soundtrack sinetron keduanya, yang berjudul Upik Abu dan Laura. Cinta menyanyikan single Oh My Baby.

Cinta Laura tidak hanya sukses dalam dunia hiburan dalam negeri. Karir selebritasnya pun merambah mancanegara. Pada tahun 2013, Cinta memulai debutnya di Hollywood. Dia membintangi film After the Dark.

Dunia hiburan tidak membuat Cinta Laura lupa akan pendidikannya. Setelah lulus dari Jakarta Intercultural School, Cinta Laura melanjutkan pendidikannya ke Colombia University. Dia pun menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Cinta Laura lulus dengan predikat cumlaude dari Colombia University.

3. Tasya Kamila

Siapa yang tidak kenal dengan Tasya Kamila? Sejak kecil Tasya sudah menjadi artis. Tasya dikenal sebagai penyanyi cilik yang menelurkan banyak album. Albumnya yang paling terkenal adalah Libur Telah Tiba. Tasya juga menjadi bintang iklan dari beragam produk. Tasya juga bermain dalam sinetron dan film. Sinetron yang dibintanginya berjudul Takdir.

7 Tips Guru Membuat Konten Video Pembelajaran yang Menarik
Video pembelajaran yaitu suatu media yang menyajikan materi-materi pembelajaran dalam wujud audio dan visual.

Karir di dunia hiburan tidak membuat Tasya melupakan pendidikan. Setelah SMA, Tasya berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Kemudian, dia melanjutkan program S2 nya di Colombia University melalui beasiswa LPDP.

Kini, Tasya lebih fokus menjalankan perannya sebagai ibu. Selain tetap menjadi bintang iklan dan pengisi acara-acara talkshow.Dia juga mengedukasi bahwa setiap perempuan harus berpendidikan, terlepas apapun karir yang akan dipilihnya nanti.

4. Jerome Polin

Jerome Polin Sijabat atau yang akrab disapa Jerome Polin adalah influencer asal Surabaya. Jerome Polin berasal dari keluarga sederhana, ayahnya seorang pendeta dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi keinginannya untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Setelah lulus dari SMA Negeri 5 Surabaya, Jerome Polin melanjutkan pendidikannya ke Jepang.

Jerome berkuliah di Universitas Wasenda Jepang, melalui beasiswa penuh dari sebuah perusahaan yang bernama Mitsui-Busan. Jerome Polin memiliki akun YuoTube yang bernama Nihongo Mantappu. Melalui akun YouTube tersebut Jerome membagikan konten-konten pendidikan.

Mulai dari cara belajar bahasa Jepang hingga soal-soal matematika terapan. Jerome juga membagikan kesehariannya saat berkuliah di Jepang.

5. Turah Prathayana

Turah Prathayana adalah seorang influencer yang berasal dari Bali. Turah Prthayana mendapakan beasiswa untuk berkuliah di luar negeri. Dia mengambil jurusan Manajemen Bisnis di Tomsk State University, Rusia.

Dalam kanal YouTube miliknya, Turah banyak membagikan konten kesehariannya selama menjadi mahasiswa di Rusia.

Dia juga aktif berbagi tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Turah juga sering berbagi konten seputar kebudayaan Rusia di kanal YouTube nya.

Pentingnya Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
TIK merupakan mata pelajaran perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat-perangkat komputer, software, hardware dan tips atau trik menggunakan komputer lainnya.

Demikian adalah kisah dari 5 influencer yang tidak hanya populer, tetapi juga menjadi panutan di dunia pendidikan. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk tetap menomorsatukan pendidikan. Pendidikan adalah hal yang paling penting dan mendasar dalam kehidupan.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.