10 Tips Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Agar Lebih Menarik

teaching 26 Mei 2021

Pelajaran bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran yang penting untuk dikuasai oleh murid-murid. Kemampuan bahasa Inggris tidak hanya dibutuhkan untuk pelajaran di sekolah saja. Tetapi juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini sudah menjadi era globalisasi. Dimana hubungan antar bangsa menjadi semakin intensif. Tentu penting untuk bisa saling berinteraksi, karena itu kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan.

10 Tips Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Bahasa Inggris seringkali menjadi mata pelajaran favorit bagi murid-murid. Mereka senang jika belajar bahasa Inggris. Apalagi jika guru mengajar dengan cara yang menyenangkan.

Namun banyak juga siswa yang kesulitan untuk bisa memahami pelajaran bahasa Inggris. Mereka yang kesulitan seringkali merasa malas dan tidak antusias lagi untuk belajar. Tentu ini menjadi tantangan yang harus ditaklukkan oleh guru. Guru harus bisa membuat murid-murid  agar tertarik belajar bahasa Inggris. Kalau mereka sudah tertarik, pasti bisa memahami materi pelajaran dengan baik. Oleh karena itu guru harus selalu cara bagaimana untuk membuat murid tertarik dan senang belajar mata pelajaran bahasa Inggris.

Berikut adalah 10 tips mengajar mata pelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan, yaitu:

1. Jangan terpaku grammar

Agar belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan, jangan terpaku grammar. Saat mengajarkan bahasa Inggris pada murid lupakan sejenak masalah grammar. Buatlah mereka familiar dahulu dengan vocabulary bahasa Inggris. Jika mereka melakukan kesalahan saat berbicara, guru tak perlu terus menerus membenarkannya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan murid agar mereka berani mengekspresikan dirinya serta tidak kehilangan minat dalam belajar bahasa Inggris.

2. Gunakan lagu

Lagu masih menjadi sarana belajar yang efektif dan menyenagkan dalam mengajarkan bahasa Inggris pada murid. Lagu adalah cara yang paling efektif untuk belajar kosakata baru dan memperbaiki cara pengucapan. Nyanyian dengan tarian sangat baik untuk murid karena dapat mengikuti gerakan meskipun belum bisa menyanyikan lagunya. Tarian tersebut sering menggambarkan makna atau arti dari lagu. Tak hanya itu, irama lagu yang catchyakan membuat murid lebih mudah mengingat kata-kata bahasa Inggris. Apalagi jika lagunya dari idola mereka, pasti akan lebih antusias belajar.

3. Gunakan kartun bahasa Inggris

Film kartun masih menjadi tontonan favorit murid-murid. Ini bisa digunakan sebagai cara yang bagus untuk mengajar bahasa Inggris pada murid. Menonton kartun dalam bahasa Inggris  sering kali bisa menjadi cara yang baik dalam membiasakan mereka untuk mendengar kata dalam bahasa Inggris. Sebagai hasilnya, mereka akan belajar kata dan frasa. Berkat televisi digital dan internet, sekarang ada begitu banyak kartun yang mendidik bagi murid untuk belajar bahasa Inggris secara daring sambil bersenang-senang.

4. Bacakan cerita bahasa Inggris

Murid-murid juga senang jika dibacakan cerita oleh gurunya. Membacakan cerita dari buku bahasa Inggris juga bisa menjadi cara yang menyenaangkan untuk belajar bahasa Inggris. Pilihlah buku dengan ilustrasi menarik atau buku interaktif sehingga murid lebih tertarik. Bisa juga dengan membacakan buku cerpen khusus untuk belajar bahasa Inggris. Sekali-kali ajak murid secara bergantian membaca cerita bahasa Inggris.

5. Belajar melalui games

Semua orang suka games. Itulah yang mendasari kenapa games adalah salah satu metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan. Games bisa menghilangkan penat yang menyerang otak.

Bahasa yang dipakai kebanyakan games adalah bahasa Inggris. Maka, ingin mahir dalam bermain games, otomatis murid seolah dipaksa untuk bisa menguasai bahasa inggris. Perintah-perintah apa yang ada di dalam games, petunjuk-petunjuk dan juga pengaturan dalam games itu pasti menggunakan bahasa Inggris. Jika tidak mengerti apa maksudnya, tidak bisa bermain dengan nyaman dan benar. Dengan bermain games, murid bisa semakin semangat belajar bahasa Inggris.

6. Pakai topik kesukaan murid

Agar mempermudah murid mengingat kosakata bahasa Inggris, guru bisa menyesuaikan dengan topik kesukaan mereka. Pasti murid akan tertarik jika yang dibahas dalam pelajaran adalah hal-hal yang mereka sukai. Misanya idola atau hobi favorit mereka. Maka dari itu, guru perlu eksplor lebih jauh mengenai kesukaan murid agar dapat mengetahui kegiatan apa yang mereka sukai untuk memotivasi minat belajar. Ini akan membuat belajar mata pelajaran bahasa Inggris menjadi menyenangkan.

7. Belajar melalui YouTube

Youtube bisa menjadi alternatif untuk metode pembelajaran bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan.

Semua bisa kita dapatkan di youtube. Semua hal. Entah itu video lucu, video bola, ataupun video stand up comedy yang bisa menjadi media belajar bahasa Inggris.

Youtube pun menyediakan semacam toolbar subtitle yang kelak sangat membantu murid untuk belajar bahasa Inggris senyaman mungkin. Murid bisa belajar speaking, listening, bahkan reading hanya dari youtube ini.

8. Gunakan Tik Tok

Tik Tok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh murid-murid saat ini. Belajar mata pelajaran bahasa Inggris lewat Tik Tok bisa menjadi cara belajar yang menyenangkan. Di Tik Tok banyak konten video bahasa Inggris yang bisa dijadikan materi belajar. Apalagi banyak juga native speaker yang membuat konten belajar bahasa Inggris di Tik Tok. Guru bisa meminta murid melihat satu video di Tik Tok, kemudian dibahas sebagai materi belajar di kelas. Tentu ini akan menjadi cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan bagi mereka.

7 Tips Membuat Video Tik Tok untuk PJJ
TikTok menjadi platform yang potensial sebagai media pembelajaran di Indonesia. Saat ini Tik Tok menjadi platform yang paling banyak diakses. Pengguna Tik Tok adalah mereka yang berusia 14 tahun keatas. Sehingga Tik Tok sangat cocok untuk PJJ bagi murid SMP dan SMA.

9. Fokus pada praktik

Belajar mata pelajaran bahasa Inggris tentu akan lebih menyenangkan jika tidak berfokus pada teori saja. Tapi dengan memperbanyak praktik. Ajak murid untuk selalu berbicara dalam bahasa Inggris setiap jam belajar bahasa Inggris. Gunakan saja percakapan sederhana. Dalam belajar bahasa, akan lebih cepat fasih jika lingkungan di sekitar juga menggunakan bahasa yang sedang  dipelajari. Jika guru terbiasa berbicara bahasa Inggris dengan murid, maka murid-murid juga akan lebih terbiasa.

6 Tips Membuat Rangkuman Materi yang Menarik dan Interaktif
Selain memangkas waktu belajar, rangkuman materi juga membuat peserta didik tidak perlu membawa buku cetak pelajaran yang cukup berat ketika belajar di luar rumah. Belajar pun menjadi praktis karena bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu mengkhawatirkan cara membawa buku cetak pelajaran.

10.  Bangun kebiasaan

Membangun kebiasaan untuk selalu mencoba berbicara dalam bahasa Inggris juga menjadi cara belajar yang menyenangkan. Bila sekolah membiasakan murid untuk sellau menggunakan bahasa Inggris, pasti murid akan semakin mahir. Bisa dilihat pada sekolah-sekolah bilingual. Dimana dalam penyapaian belajar dan percakapan sehari-hari di sekolah menggunakan bahasa Inggris. Bagi sekolah yang tidak bilingual, kebijakan ini bisa ditiru. Meski tidak sama persis. Misalnya ditetapkan satu hari dalam seminggu sebagai english day. Dimana saat itu, semua warga sekolah wajib berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Atau saat jam belajar mata pelajaran bahasa Inggris berlangsung, tidak ada percakapan dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Bahkan saat murid izin ke toilet, juga wajib menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu kebiasaan berbahasa Inggris akan terbentuk. Mata pelajaran bahasa Inggris bisa semakin mudah dikuasai. Murid-murid bisa berbahasa Inggris karena terbiasa.

Demikian 10 tips yang bisa dicoba untuk mengajar mata pelajaran bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Belajar dengan menyenangkan tentu akan menjadi lebih mudah dipahami. Selamat mencoba.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.