7 Tips Membuat Video Tik Tok untuk PJJ

edukasi Jan 27, 2021

Pembelajaran Jarak Jauh atau yang dikenal dengan istilah PJJ, menjadi solusi pendidikan di masa pandemi COVID-19. Melalui PJJ ini proses pendidikan bisa tetap berlangsung tanpa membuat anak-anak tertular virus yang belum ada obatnya ini.

Saat PJJ, proses pembelajaran dilakukan secara daring. Beragam aplikasi digunakan untuk membantu kelancaran PJJ ini, termasuk aplikasi sosial media. Sosial media menjadi salah satu media belajar saat PJJ. Salah satu sosial media yang sering digunakan saat PJJ adalah Tik Tok.

Tentang Tik Tok

Tik Tok adalah sebuah platform sosial video pendek yang didukung dengan musik. Baik itu musik untuk tarian, gaya bebas ataupun performa. Para pengguna di dorong untuk berimajinasi sebebas-bebasnya dan menyatakan ekpresinya dengan bebas dan nantinya bisa dibagikan ke teman atau ke seluruh dunia. Tik Tok sendiri diklam oleh pengembangnya dapat melakukan pengenalan wajah dengan kecepatan tinggi yang akan disugestikan pada fitur wajah menarik seperti ekpresi imut, keren, konyol dan memalukan.

Tik Tok juga memiliki special effect yang dapat digunakan para penggunanya untuk membuat video-video pendek agar hasil video mereka lebih menarik. Selain itu Tik Tok juga menyediakan background musik dari berbagai artis terkenal dengan berbagai kategori mulai dari DJ, Dance, R&B, Western, Cute, KKC, Addict, Populer dan masih banyak lagi.

Tik Tok untuk PJJ

TikTok menjadi platform yang potensial sebagai media pembelajaran di Indonesia. Saat ini Tik Tok menjadi platform yang paling banyak diakses. Pengguna Tik Tok adalah mereka yang berusia 14 tahun keatas. Sehingga Tik Tok sangat cocok untuk PJJ bagi murid SMP dan SMA.

Terlebih, saat ini pemerintah menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Peluang TikTok sebagai sarana edukasi sangat terbuka lebar. Bahkan, pihak TikTok sendiri sudah berkolaborasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) dalam memajukan kecerdasan bangsa Indonesia melalui program #SamaSamaBelajar.

Melalui Tik Tok, guru bisa membuat video pembelajaran dengan tampilan yang lebih menarik. Ini akan membuat murid-murid antusias menyimak materi belajar. Semakin menarik tampilan materi belajar, semakin murid bisa memahami materi.

Tik Tok bisa sangat membantu saat PJJ, karena video singkat yang ada di Tik Tok bisa menjadi media yang tepat untuk menyampaikan materi pembelajaran, mengingat murid-murid saat ini adalah generasi Z yang hampir 100 persen konsumsi internetnya ditujukan untuk online video, karena sifat video singkat yang interaktif dan menarik.

Bahkan, menurut beberapa penelitian, murid-murid yang duduk di bangku SMP dan SMA lebih banyak menggunakan TikTok dibanding platform video lainnya seperti Youtube. Mereka berpendapat bahwa TikTok lebih mudah digunakan dan video didalamnya berdurasi pendek.

Saat memberikan materi pembelajaran, baiknya Guru menyampaikannya dengan video yang menyenangkan dan dipadukan dengan materi pembelajaran sehingga menciptakan sebuah karya yang membantu dalam proses belajar. Selain itu, Guru harus mengetahui konten apa yang disukai dan relevan dengan kehidupan murid-muridnya. Hal ini bisa digunakan agar materi yang disampaikan bisa terserap dengan baik oleh murid.

Tips Membuat Video Tik Tok untuk PJJ

1.      Download aplikasi Tik Tok

Langkah awal untuk bisa menggunakan atau mengakses aplikasi TikTok dan mengetahui bagaimana cara membuat video TikTok, tentunya anda harus punya akun TikTok. Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau Apple AppStore.

Setelah mengunduh aplikasi Tik Tok, pastikan segera membuat akun. Buat akun sesuai dengan tujuan anda, misalkan jika membuat akun untuk PJJ gunakan nama yang berhubungan, bisa nama anda atau mata pelajaran yang anda ampu. Ini akan memudahkan pencarian akun anda.

2.      Buat script

Sama seperti membuat film, membuat video pembelajaran juga membutuhkan script. Script ini berfungsi sebagai pemandu ke mana arah pembicaraan anda ketika direkam nanti. Tulis ringkasan materi bahan ajar yang nantinya bisa dibacakan di depan kamera. Script ini membantu anda untuk tetap fokus saat merekam video.

3.      Rekam video

Sediakan tripod dan lighting untuk mendukung proses rekaman agar lebih bagus dan stabil. Apabila tidak punya, sebenarnya bisa menggunakan kamera smartphone. Saat ini sudah banyak smatphone yang memiliki kualitas kamera mumpuni.

Jika tidak yakin suara akan terekam dengan baik dan jelas, anda bisa menyediakan alat voice recorder atau menggunakan smartphone, lalu letakkan di saku baju atau yang dekat dengan mulut.

Jangan lupa sesuaikan durasi video. Di Tik Tok Biasanya video di TikTok hanya berdurasi 15 detik hingga 1 menit saja. Untuk mengatasi hal ini, guru bisa memecah materi yang panjang ke dalam beberapa video. Atau, para guru bisa repost video yang sudah ada dan hanya memberikan penjelasan tambahan.

Dalam menjelaskan materi melalui TikTok pun guru dituntut untuk mengemasnya secara sederhana. Ini dilakukan agar para murid tidak salah menangkap arti yang dimaksud. Selain itu, intonasi suara yang helas, mimic wajah dan gerakan tangan pun harus diperhatikan. Ini semua bisa membuat tampilan video semakin menarik.

4.      Gunakan ilustrasi

Ketika sudah merekam seluruh materi, langkah selanjutnya ialah memastikan video tersebut didukung oleh ilustrasi yang tepat. Misalnya saja tabel, diagram, animasi, gambar, atau data-data lain. Pastikan anda mencantumkan sumber saat memasukkan ilustrasi ini ke dalam video. Ilustrasi ini bisa membuat video semakin menarik dan mudah dimengerti.

5.      Editing

Ketika rekaman video dan ilustrasi sudah terkumpul, saatnya meng-edit video pembelajaran. Ada banyak software yang bisa digunakan, misalnya saja Movie Maker dari Windows, Adobe Premiere, Corel Video Studio, dan lain-lain.

Dalam proses ini, anda dituntut untuk bisa berkreasi dan berpikir out of the box agar video pembelajaran bisa tetap seru, menyenangkan, dan tidak membuat jenuh murid.

Jika video dan ilustrasi sudah tergabung, silakan render video dalam format mp4 atau lainnya yang sesuai dengan ketentuan.

6.      Upload

Bila videonya sudah jadi, langkah terakhir yang harus Bapak/Ibu Guru lakukan ialah mengunggahnya ke Tik Tok. Pastikan anda sudah punya akun dan melakukan proses log in, lalu pilih unggah video. Bila proses mengunggah sudah berhasil, maka anda bisa membagikan URL video pembelajaran tersebut kepada murid-murid anda.

Mungkinkah Tik Tok Bisa jadi Media Ajar untuk PJJ
Penyampaian materi yang sama setiap harinya bisa membuat anak-anak didik merasa jenuh. Tidak ada salahnya jika guru mencoba aplikasi-aplikasi lain, selama fitur aplikasi tersebut bisa mengakomodir dunia pendidikan, yaitu Tik Tok.

7.      Gunakan hastag

Saat meng upload video jangan lupa gunakan hastag. Pembuatan hashtag ini snagat penting, karena ini adalah salah satu cara yang bisa membuat anda terkenal melalui video-video TikTok yang anda buat.

Panduan Lengkap Guru untuk Mengatur Kelas Virtual
Kelas virtual juga bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran secara langsung atau dengan tatap muka, serta dapat digunakan untuk membantu pembelajaran jarak jauh murid dengan guru.

Pemberian hashtag #foryourpage akan membawa anda pada halaman “For You” dan “Following”, di mana nantinya video anda berpotensi muncul di sana juga. Anda juga bisa menambahkan hashtag lainnya yang dapat disesuaikan dengan video yang dibuat.

Demikian 7 tips membuat video Tik Tok untuk PJJ. Semoga tips ini bisa membantu anda menggunakan Tik Tok sebagai media pembelajaran saat PJJ. Selamat Mencoba.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.