10 Jurusan SMK yang Ada di Indonesia

pendidikan 15 Des 2023

Mendapatkan kehidupan yang layak di masa depan adalah impian setiap orang. Untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan terjamin, seseorang harus merancang masa depannya dengan baik, mau belajar, tidak pantang menyerah, dan mau bekerja keras. Namun, untuk bisa bekerja dengan keras dan kemauan belajar tidak mudah luntur, Anda harus mengenali apa passion atau minat Anda supaya apa yang sedang Anda kerjakan bisa dikerjakan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Jika Anda memilih jurusan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Anda juga perlu pertimbangan. Banyak sekali SMK favorit di Indonesia dengan jurusan yang menjamin dan menjadi fondasi awal siswa untuk berkembang menuju sukses. Beberapa jurusan SMK di Indonesia yang menjadi rekomendasi untuk setiap anak didik akan dibahas pada artikel ini.

Apa yang dimaksud dengan SMK?

sumber: https://www.pexels.com/

Sebelum membahas tentang jurusan-jurusan yang dimiliki SMK yang ada di Indonesia, ada baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud SMK.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan di Indonesia yang sederajat dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada SMA, jenjang yang dipersiapkan kepada siswa yaitu untuk melanjutkan ke Universitas, sedangkan pada SMK, sekolah mempersiapkan seluruh siswanya untuk mampu bekerja setelah lulus sekolah dan sebagian siswa juga kerap kali memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang Universitas.

Dengan bersekolah di SMK, siswa akan diajarkan keahlian yang telah mereka pilih dan akan bermanfaat untuk bidang pekerjaan yang akan mereka pilih ketika lulus sekolah.

Cara Memilih Jurusan yang Tepat untuk Siswa

sumber: https://www.pexels.com/

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh siswa ketika sedang mengalami kesulitan dalam memilih jurusan di SMK. Cara ini juga bisa diterapkan oleh siswa yang ingin memilih jurusan atau masa depannya kelak. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa diterapkan oleh Anda dan siswa.

1. Mengetahui Bakat dan Minat yang Dimiliki

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu bakat dan minat yang dimiliki siswa. Hal ini dilakukan supaya siswa bisa menentukan jurusan yang sesuai dengan passion dan kemampuan yang dimilikinya. Dengan mengetahui bakat dan minat yang dimiliki sebelum memilih jurusan, Anda bisa meminimalisir terjadinya kejadian "salah jurusan" yang akan berdampak pada jenjang pendidikan siswa dan kegiatan belajar mereka di kelas.

2. Melakukan Riset Mengenai Jurusan Kuliah yang Akan Dipilih setelah Lulus

Setelah Anda menemukan bakat dan minat yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan riset mengenai jurusan kuliah yang akan dipilih siswa ketika sudah lulus nanti. Walaupun mayoritas tujuan siswa dan orang tua yang menginginkan anak didik untuk bekerja setelah lulus SMK, akan ada sebagian siswa yang memilih untuk lanjut kuliah, jika ada kesempatan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga harus melakukan riset mengenai jurusan kuliah yang akan dipilih setelah lulus. Kemudian, sesuaikan dengan jurusan yang akan dipilih siswa saat SMK. Dengan begitu, siswa bisa melanjutkan pemahamannya.

3. Berkonsultasi dengan Orang Tua atau Seseorang yang Berpengalaman

Lakukanlah konsultasi dengan orangtua atau seseorang yang lebih berpengalaman mengenai jurusan dan prospek kerja yang akan bisa dipakai pada jurusan tersebut. Dengan begitu, Anda memiliki rancangan masa depan yang akan Anda hadapi di masa yang akan datang.

4. Jangan Ikut-ikutan dengan Teman

Jangan mengikuti apa yang dipilih teman adalah hal terpenting. Namun, kerap kali hal ini sering dilakukan oleh anak-anak. Pastikan bahwa siswa memilih jurusan sesuai dengan kemampuannya, bukan karena ingin ikut dengan teman. Selain itu, banyak sekali jurusan SMK di Indonesia yang bisa dipilih siswa.

5. Berpikir secara Realistis

Selanjutnya, berpikirlah secara realitis. Anda harus realistis terhadap kemampuan yang Anda miliki, keadaan ekonomi saat itu apakah cukup atau masih kurang untuk memilih jurusan tersebut. Pasalnya, dalam menempuh jenjang di SMK, siswa akan sering melakukan praktik kejuruan yang mana membutuhkan banyak biaya.

8 Cara Mencetak Siswa Yang Adaptif, Kreatif, dan Inovatif
Strategi pembelajaran kreatif dan menarik harus dimiliki oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan membuat perubahan baik pada diri siswa.

10 Jurusan SMK yang Ada di Indonesia

Beberapa jurusan SMK yang bisa dipilih siswa, yaitu sebagai berikut.

1. Farmasi

Seseorang yang lulusan dari jurusan Farmasi tidak akan diragukan lagi kemampuan dan profesi yang akan didapatnya. Dengan basic yang dipelajari oleh siswa Farmasi selama di bangku sekolah, mereka bisa memasuki bangku kuliah untuk memperdalam kemampuannya dan mendapatkan pekerjaan yang lebih potensial dengan gaji yang tinggi. Walaupun tidak kuliah, siswa yang menjadi lulusan Farmasi juga bisa bekerja di lapangan dan memiliki banyak lapangan pekerjaan di bidang medis.

2. Akuntansi

Pada sekolah kejuruan, jurusan akuntansi memegang grade tertinggi. Pada jurusan ini, siswa diharuskan untuk memiliki kemampuan yang bagus dalam hitung menghitung. Selain itu, prospek kerja yang dimiliki oleh siswa jurusan akuntansi terjamin dan banyak dibutuhkan oleh setiap bidang pekerjaan. Seseorang yang lulus dari jurusan akuntansi bisa menjadi staf accounting perusahaan, perbankan, dan lain sebagainya.

3. Animasi dan Multimedia

Pada era digital ini, setiap bidang pekerjaan membutuhkan kemampuan dan skill informatika yang bagus dan kreatif. Dengan memilih jurusan ini, masa depan Anda akan cerah di masa yang akan datang. Pekerjaan yang bisa dimiliki oleh jurusan ini yaitu seorang ahli desain grafis, animator dan juga seorang layouter. Jurusan ini memiliki banyak peminat.

4. Pariwisata

Pelajaran yang dipelajari dalam jurusan Pariwisata yaitu mengenai kepariwisataan, bahasa asing, administrasi umum, perencanaan dan pengelolaan perjalanan wisata dan lain sebagainya. Jurusan ini akan memiliki banyak lahan pekerjaan dengan prospek pekerjaan yang terjamin. Hal ini disebabkan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi wisata yang besar.

5. Otomotif

Jurusan teknik otomotif sangat cocok untuk siswa yang memiliki kemampuan untuk merakit atau memodifikasi kendaraan. Setelah lulus dari jurusan ini mereka bisa membuka bisnis sendiri atau belajar dengan orang lain terlebih dulu untuk memperdalam kemampuan. Prospek kerja yang dimiliki oleh jurusan ini memberikan gaji yang cukup tinggi.

6. Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran adalah salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh siswa. Jurusan ini memiliki peluang bekerja di instansi pemerintahan atau perusahaan besar yang ada di Indonesia.

7. Tata Boga

Jurusan tata boga dapat mendukung siswa yang memiliki keahlian memasak yang akan berfungsi untuk diri sendiri ataupun ketika Anda ingin membuka bisnis kuliner. Pelajaran yang dipelajari pada jurusan ini, yaitu mengenai kewirausahaan, ilmu gizi, boga dasar, tata hidang, dan lain sebagainya.

8. Tata Busana

Jika anak Anda berniat menjadi seorang desainer, jurusan ini adalah pilihan yang tepat. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang menarik dan menantang para siswa untuk bisa peka terhadap perkembangan zaman, fashion yang sedang tren, kreativitas yang tinggi, dan tentu saja tidak patah semangat dalam membuat desain atau karya.

9. Teknik Komputer dan Jaringan

Saat ini teknologi dan informasi semakin berkembang dengan pesat. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan bisa dipastikan banyak memiliki lahan kerja saat ini dan di masa yang akan datang. Selain menjadi seorang pekerja, siswa yang menjadi lulusan dari jurusan ini bisa membuka bisnisnya sendiri dan berkembang dengan pesat jika peka terhadap kemajuan teknologi dan semangat belajarnya tidak mudah luntur.

Guru, Ayo Latihan Fundamental Skills (Numerasi, Literasi, Sains)!
Fundamental skills adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki setiap individu, yaitu literasi, numerasi dan sains.

10.  Pelayaran

Seseorang yang lulus dari jurusan SMK Pelayaran telah terjamin gaji yang dimilikinya yang terkenal cukup tinggi. Jurusan pelayaran cocok untuk siswa yang memiliki jiwa petualang, kemampuan fisik yang kuat, dan kemampuan akademik yang cukup mumpuni juga. Profesi yang bisa didapatkan oleh siswa jurusan pelayaran misalnya adalah staf kapal pesiar.

Demikianlah penjelasan mengenai SMK dan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan jurusan. Seperti yang diketahui bahwa jurusan SMK di Indonesia itu sangatlah banyak, maka dari itu Anda harus memastikan bahwa jurusan yang dipilih nanti sesuai dengan kemampuan supaya prospek kerja yang dimiliki pun jelas.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.